Gaya Hidup

Pengen Kulit Muka Mulus? Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

Admin BFI
10 October 2023
1959
Pengen Kulit Muka Mulus? Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan!

 

Tidak semua orang dianugerahi oleh kulit muka yang mulus. Pada dasarnya, kulit muka mulus menjadi hal yang didamba-dambakan oleh semua orang, terutama wanita. Dengan kulit yang mulus, mereka akan lebih percaya diri dan tentu meningkatkan performa mereka, baik di dunia pekerjaan maupun di kehidupan mereka sehari-hari.

 

Meskipun begitu, tidak berarti hal tersebut mustahil diwujudkan. Terdapat beberapa cara untuk memiliki kulit muka yang mulus. Jika Anda adalah pejuang kulit mulus, simak artikel ini sampai akhir.

 

Baca Juga: Ini Diet Dukan ala Kate Middleton, Tampil Oke Meski Anak 3

 

1. Boleh Dilakukan

1.1 Konsumsi Makanan Bernutrisi

Anda dapat mencapai kulit wajah yang mulus melalui asupan makanan yang tepat. Makanan yang bermanfaat bagi kulit seringkali mengandung berbagai zat berguna seperti antioksidan tinggi, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta omega-3, dan memiliki indeks glikemik yang rendah untuk menjaga stabilitas gula darah.

 

Contohnya termasuk wortel yang kaya akan beta-karoten, selada yang menyediakan nutrisi berlimpah, tomat yang mengandung lycopene, brokoli yang kaya akan vitamin C, biji chia yang mengandung omega-3, kacang merah yang memberikan protein dan serat, kacang almond yang mengandung vitamin E, ikan salmon yang merupakan sumber omega-3 yang luar biasa, ikan sarden yang menyediakan asam lemak omega-3 lainnya, serta buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan kiwi yang memberikan berbagai vitamin dan nutrisi penting untuk kulit Anda.

 

1.2 Banyak Minum Air Putih

Selain itu, perlu diingat bahwa memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari agar kulit Anda tetap lembab dan berkilau. Dengan memasukkan berbagai makanan sehat ini ke dalam pola makan Anda, Anda dapat merasakan manfaatnya tidak hanya bagi kulit wajah Anda, tetapi juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

1.3 Gunakan Skincare

Membersihkan wajah hanyalah langkah awal dalam merawat kulit wajah yang sehat. Untuk hasil yang optimal, Anda perlu memasukkan langkah-langkah perawatan kulit tambahan ke dalam rutinitas harian Anda. Ini termasuk penggunaan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, serum khusus untuk masalah kulit tertentu, dan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

 

Tidak kalah pentingnya, selalu gunakan tabir surya sebagai langkah perlindungan utama terhadap dampak buruk sinar matahari. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang, termasuk penuaan dini dan risiko kanker kulit. Dengan menggunakan tabir surya secara teratur, Anda melindungi kulit wajah Anda dari bahaya ini dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Jadi, pastikan untuk menjalani rutinitas perawatan kulit yang komprehensif dan melibatkan langkah-langkah ini untuk hasil yang maksimal.

 

1.4 Istirahat yang Cukup

Banyak ahli kesehatan dan kecantikan menegaskan bahwa melakukan perawatan kulit yang cermat dan teliti hanya merupakan setengah dari persamaan. Bagian yang sama pentingnya adalah memberikan waktu istirahat yang cukup bagi tubuh Anda. Secara khusus, tidur yang berkualitas adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan kulit dan tampilan wajah yang segar.

 

Tidur yang cukup dan berkualitas berarti Anda memperoleh sekitar 6-8 jam tidur setiap malam. Saat tidur, tubuh Anda memulai proses pemulihan, termasuk regenerasi sel-sel kulit. Ini adalah waktu ketika kulit Anda memperbaiki diri dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan seperti paparan sinar matahari, polusi udara, dan stres sehari-hari. Selama tidur, sirkulasi darah meningkat, memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit Anda, sehingga memberikan tampilan yang lebih segar dan bercahaya.

 

Selain itu, tidur yang cukup juga membantu mengatur hormon dalam tubuh Anda, termasuk hormon stres kortisol. Kortisol yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan masalah kulit seperti jerawat. Oleh karena itu, tidur yang mencukupi dapat membantu mengurangi risiko peradangan kulit.

 

Selain tidur yang cukup, penting juga untuk menjaga kualitas tidur Anda dengan menghindari begadang. Begadang dapat mengganggu pola tidur alami dan mengurangi kualitas istirahat Anda. Kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko masalah kulit seperti kantung mata, kulit kusam, dan kerutan.

 

Baca Juga: Simak Efek yang Terjadi Jika Terapkan Positive Thinking dalam Hidup

 

2. Tidak Boleh Dilakukan

2.1 Tidak Pakai Sunscreen

Meskipun terkesan tidak berbahaya, namun sinar matahari sebenarnya mengandung sinar ultraviolet (UV) yang memiliki potensi merusak bagi kulit Anda. Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat menyebabkan penuaan dini, kerusakan kulit, dan bahkan meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit Anda dari paparan sinar matahari, bukan hanya saat Anda berada di pantai atau di bawah sinar matahari terik, tetapi juga sepanjang tahun.

 

Penting untuk memahami bahwa sinar matahari dapat merusak kulit Anda bahkan ketika langit sedang mendung atau berawan. Sinar UV tetap menembus awan dan mencapai permukaan bumi. Oleh karena itu, penggunaan tabir surya seharusnya menjadi kebiasaan sehari-hari Anda. Pilihlah tabir surya dengan SPF (Sun Protection Factor) spektrum luas, yang dapat melindungi kulit Anda dari sinar UVA dan UVB. Minimal SPF 30 adalah rekomendasi umum. Selain itu, perlu diingat bahwa tabir surya perlu diaplikasikan ulang setiap 2 jam ketika Anda berada di luar ruangan, terutama jika Anda berkeringat atau berenang.

 

Penting untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen dengan cukup banyak. Sebagai panduan, satu sendok teh penuh hampir tepat untuk melindungi wajah Anda. Melindungi kulit dari sinar matahari bukan hanya tentang menjaga tampilan kulit yang cantik, tetapi juga tentang menjaga kesehatan kulit Anda dalam jangka panjang. Dengan melakukan langkah-langkah perlindungan yang tepat, Anda dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dan terhindar dari efek merusak sinar matahari.

 

2.2 Makan Banyak Gula

Beberapa studi ilmiah telah mengungkapkan bahwa konsumsi yang tinggi gula dalam diet dapat mempercepat proses penuaan kulit. Ini termasuk dalam makanan manis seperti permen lolipop dan es krim, serta dalam sumber karbohidrat olahan seperti roti putih dan pasta.

 

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, penting untuk mengarahkan pola makan Anda pada konsumsi makanan yang bermanfaat bagi kulit. Diet yang ramah terhadap kulit seharusnya difokuskan pada konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran segar dapat berperan dalam mencegah kerusakan yang dapat mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang melimpah dalam buah-buahan dan sayuran, yang telah terbukti membantu memperbaiki kerusakan kulit dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

 

2.3 Sering Pencet Jerawat

Saat jerawat muncul di wajah, seringkali keinginan untuk memencetnya agar jerawat tersebut mereda. Namun, tindakan ini sebenarnya tidak disarankan, karena dapat mengakibatkan bekas luka dan bahkan infeksi. Alternatif yang lebih bijak adalah menggunakan perawatan yang telah terbukti efektif, seperti benzoil peroksida dan asam salisilat.

 

Penting untuk diingat bahwa berbagai produk perawatan memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda. Anda tidak perlu menggunakan produk dengan konsentrasi bahan yang sangat tinggi, karena terlalu banyak bahan aktif dapat menyebabkan iritasi, terutama jika jenis kulit Anda cenderung sensitif. Penggunaan produk dengan kandungan 2,5 persen benzoil peroksida dan 2 persen asam salisilat umumnya sudah cukup efektif bagi sebagian besar individu dalam mengatasi jerawat tanpa mengiritasi kulit Anda. Menggunakan dosis yang lebih rendah ini dapat membantu mencegah kulit menjadi merah atau teriritasi, yang justru dapat membuat situasi kulit semakin buruk daripada sebelumnya. Jadi, penting untuk bijak dalam memilih produk perawatan kulit dan selalu mengikuti petunjuk penggunaan yang disarankan.

 

2.4 Merokok

Merokok dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan kulit Anda. Salah satu efek buruknya adalah kemampuan nikotin untuk mengurangi aliran darah ke kulit, yang berpotensi mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit Anda. Selain itu, zat-zat kimia yang terkandung dalam tembakau juga memiliki kemampuan merusak kolagen dan protein elastin, yang berfungsi untuk memberikan struktur dan elastisitas pada kulit. Akibatnya, kulit orang yang merokok cenderung menjadi lebih tipis, kusam, dan mudah keriput. Bahkan, proses penyembuhan luka pada kulit juga bisa berlangsung lebih lama pada perokok.

 

Selain itu, tindakan-tindakan tertentu yang seringkali terkait dengan kebiasaan merokok, seperti mengerutkan bibir untuk menahan rokok atau menyipitkan mata untuk menghindari asap rokok, dapat berkontribusi pada munculnya garis-garis halus dan kerutan di area tersebut. Meskipun penggunaan antioksidan seperti vitamin A dan C dapat membantu mengurangi beberapa kerusakan yang disebabkan oleh merokok, satu-satunya cara pasti untuk menghindari dampak negatif ini adalah dengan berhenti merokok sepenuhnya. Dengan berhenti merokok, Anda dapat memberikan kesempatan pada kulit Anda untuk pulih dan memperbaiki kerusakan yang telah terjadi, sehingga menciptakan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

 

Baca Juga: Hasilkan Cuan dengan Cara Anda, Ini Tips Jadi Content Creator TikTok

 

Sobat BFI, berikut merupakan hal yang dapat dan tidak dapat dilakukan untuk mencapai kulit yang mulus. Walau begitu, penting untuk diingat bahwa kulit yang mulus tidak menjamin kebahagiaan atau kepuasan diri secara keseluruhan. Bagi banyak orang, kepercayaan diri bukan hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang bagaimana mereka merasa dalam diri mereka sendiri.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup