Gaya Hidup

Mengenal MBTI yang Dianggap Lebih Akurat dari Zodiak, Bagaimana Cara Taunya?

Admin BFI
13 October 2023
2366
 Mengenal MBTI yang Dianggap Lebih Akurat dari Zodiak, Bagaimana Cara Taunya?

Jika Anda suka membaca personality seseorang berdasarkan Zodiak, tidak ada salahnya untuk mengetahui tentang MBTI. Konon katanya, MBTI sendiri dianggap lebih akurat dibandingkan Zodiak. MBTI, atau Myers-Briggs Type Indicator, adalah alat yang digunakan untuk mengidentifikasi tipe kepribadian seseorang berdasarkan preferensi mereka dalam empat domain yang berbeda. Tes ini telah menjadi alat yang sangat berguna dalam berbagai konteks, termasuk pengembangan pribadi, manajemen sumber daya manusia, dan pemahaman diri.

 

Baca Juga: Ini 5 Besar Zodiak yang Paling Setia, Zodiak Anda Termasuk?

 

Dengan memberikan serangkaian pertanyaan yang dirancang secara cermat, MBTI membantu individu mengeksplorasi cara mereka berpikir, berinteraksi dengan orang lain, mengambil keputusan, dan menangani dunia sekitar. Melalui pemahaman tipe kepribadian, seseorang dapat mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka, meningkatkan komunikasi interpersonal, dan membuat keputusan yang lebih tepat sesuai dengan preferensi mereka.

 

1.  Domain yang Dikembangkan

Dalam prakteknya, terdapat empat domain yang dikembangkan oleh Briggs dan Myers.

1.1 Introvert (I) - Extrovert (E)

Introvert adalah individu yang mendemonstrasikan kepribadian yang cenderung aktif dalam domain pemikiran mereka. Mereka merasa paling berenergi ketika mereka berada dalam situasi yang memberikan mereka waktu untuk merenung secara pribadi dan cenderung mengutamakan interaksi yang lebih intim dengan kelompok kecil.

 

Sementara itu, Extrovert adalah individu yang cenderung bersifat lebih sosial, dan mereka mendapatkan semangat dari berinteraksi dengan berbagai orang. Selain itu, mereka menekankan tindakan lebih daripada refleksi.

 

1.2 Sensing (S) - Intuition (N)

Sensing mengacu pada individu yang memiliki kecenderungan untuk mengumpulkan informasi berdasarkan apa yang dapat mereka amati secara langsung dalam lingkungan sekitar mereka. Mereka cenderung menjadi observan dan langsung terlibat dalam situasi-situasi baru.

 

Di sisi lain, Intuition adalah ciri yang dimiliki oleh individu-intuition. Mereka cenderung berpikiran lebih abstrak dan sering mengandalkan intuisi dalam pengambilan keputusan.

 

1.3 Thinking (T) - Feeling (F)

Individu dengan kepribadian Thinking adalah mereka yang cenderung membuat keputusan berdasarkan pertimbangan logis. Keputusan mereka didasarkan pada fakta-fakta yang mereka peroleh melalui pengamatan atau analisis rasional.

 

Sementara itu, individu dengan ciri kepribadian Feeling adalah individu yang lebih memasukkan perasaan dan emosi mereka dalam pengambilan keputusan. Mereka cenderung mempertimbangkan dampak emosional serta pendapat orang lain dalam proses pengambilan keputusan.

 

1.4 Judging (J) - Perceiving (P)

Kepribadian Judging adalah karakteristik yang mengarah pada individu yang cenderung memiliki sikap tegas dan kaku dalam memutuskan hal-hal. Mereka memiliki pendirian yang kuat dan tidak suka mengambil kompromi dalam berbagai situasi.

 

Sebaliknya, Perceiving adalah sifat kepribadian yang cenderung lebih fleksibel dan adaptif. Individu dengan sifat ini lebih menerima perubahan dan lebih terbuka terhadap ide-ide baru, bahkan jika sebelumnya mereka tidak mempertimbangkan hal tersebut.

 

Baca Juga: Gaji UMR? Simak Tips Berikut Supaya Tetap Bisa Menabung!

 

2.  16 Tipe Kepribadian MBTI

Personality Test MBTI adalah alat pengukuran yang digunakan untuk memahami kepribadian seseorang berdasarkan preferensi mereka dalam empat domain yang berbeda. Tes ini telah mengelompokkan individu ke dalam 16 tipe kepribadian yang berbeda, yang masing-masing merupakan kombinasi unik dari preferensi dalam keempat domain tersebut. Mari kita telusuri lebih dalam tentang 16 tipe kepribadian MBTI ini dan coba memahami karakteristik utama dari masing-masing tipe.

 

2.1 INFP - "The Mediator"

INFP adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving. Orang dengan tipe kepribadian INFP cenderung introvert, lebih memilih waktu sendiri untuk merenungkan nilai-nilai dan prinsip dalam hidup. Mereka memiliki imajinasi yang kuat dan cenderung memahami emosi orang lain dengan baik. INFP sering dianggap sebagai para mediator yang baik karena kemampuan mereka untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain.

 

2.2 INTJ - "The Architect"

INTJ merupakan singkatan dari Introvert, Intuitive, Thinking, dan Judging. Individu INTJ adalah pemikir yang analitis dan terstruktur. Mereka cenderung fokus pada tujuan jangka panjang dan memiliki kemampuan yang kuat dalam merencanakan strategi. INTJ sering dianggap sebagai arsitek yang mampu merancang solusi kompleks untuk masalah yang rumit.

 

2.3 INFJ - "The Advocate"

INFJ adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Feeling, dan Judging. Orang dengan tipe ini adalah individu yang sangat peduli dengan orang lain dan memiliki intuisi yang kuat tentang perasaan dan kebutuhan mereka. Mereka sering bertindak sebagai advokat atau pembela penyebab yang mereka yakini. INFJ cenderung memiliki pemahaman yang mendalam tentang hubungan dan nilai-nilai moral.

 

2.4 INTP - "The Logician"

INTP merupakan singkatan dari Introvert, Intuitive, Thinking, dan Perceiving. Individu INTP adalah pemikir yang sangat analitis dan suka melakukan pemecahan masalah. Mereka cenderung bersifat skeptis dan ingin memahami dunia melalui pemikiran logis. INTP dikenal sebagai logikus yang mampu menyelidiki ide-ide kompleks.

 

2.5 ENTJ - "The Commander"

ENTJ adalah singkatan dari Extrovert, Intuitive, Thinking, dan Judging. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah pemimpin yang kuat dan tegas. Mereka memiliki kemampuan organisasi yang luar biasa dan sering mengambil peran kepemimpinan dalam situasi yang kompleks. ENTJ dianggap sebagai komandan yang efisien dan ambisius.

 

2.6 ENTP - "The Debater"

ENTP merupakan singkatan dari Extrovert, Intuitive, Thinking, dan Perceiving. Individu ENTP adalah orator yang ulung dan suka berdebat. Mereka memiliki kreativitas yang tinggi dan suka mencari tantangan intelektual. ENTP sering dianggap sebagai pendebat yang cerdas dan penuh semangat.

 

2.7 ENFJ - "The Protagonist"

ENFJ adalah singkatan dari Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Judging. Orang dengan tipe ini adalah individu yang sangat sosial dan peduli dengan kesejahteraan orang lain. Mereka sering bertindak sebagai pemimpin yang memotivasi dan mendukung. ENFJ dianggap sebagai protagonis yang inspiratif dan empatik.

 

2.8 ENFP - "The Campaigner"

ENFP merupakan singkatan dari Extrovert, Intuitive, Feeling, dan Perceiving. Individu ENFP adalah kreatif dan penuh semangat. Mereka cenderung mencari pengalaman baru dan memiliki kecenderungan untuk menjadi visioner. ENFP dianggap sebagai pendukung yang bebas pikiran dan inspiratif.

 

2.9 ISFJ - "The Defender"

ISFJ adalah singkatan dari Introvert, Sensing, Feeling, dan Judging. Orang dengan tipe ini adalah individu yang sangat peduli dengan kebutuhan orang lain dan suka membantu. Mereka cenderung menjadi pembela yang setia dan bertanggung jawab. ISFJ dianggap sebagai pelindung yang dapat diandalkan.

 

Baca Juga: Mengenal Zodiak, dan Bagaimana 12 Zodiak Berelasi dengan Pasangannya. Kalau Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

 

2.10 ISFP - "The Adventurer"

ISFP merupakan singkatan dari Introvert, Sensing, Feeling, dan Perceiving. Individu ISFP adalah seniman yang kreatif dan penuh gairah. Mereka memiliki kemampuan untuk mengekspresikan diri melalui seni dan sering mencari pengalaman baru. ISFP dianggap sebagai petualang yang bebas.

 

2.11 ISTJ - "The Inspector"

ISTJ adalah singkatan dari Introvert, Sensing, Thinking, dan Judging. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah individu yang sangat disiplin dan terstruktur. Mereka cenderung mematuhi aturan dan memiliki integritas yang tinggi. ISTJ dianggap sebagai inspektur yang dapat diandalkan.

 

2.12 ISTP - "The Virtuoso"

ISTP merupakan singkatan dari Introvert, Sensing, Thinking, dan Perceiving. Individu ISTP adalah pemecah masalah yang sangat terampil dan suka tantangan fisik. Mereka memiliki kemampuan teknis yang kuat dan sering mencari kesempatan untuk beraksi. ISTP dianggap sebagai virtuoso yang ahli.

 

2.13 ESFJ - "The Consul"

ESFJ adalah singkatan dari Extrovert, Sensing, Feeling, dan Judging. Orang dengan tipe ini adalah individu yang sangat sosial dan peduli dengan perasaan orang lain. Mereka sering mengambil peran perawat dan memiliki kemampuan organisasi yang kuat. ESFJ dianggap sebagai konsul yang perhatian.

 

2.14 ESFP - "The Entertainer"

ESFP merupakan singkatan dari Extrovert, Sensing, Feeling, dan Perceiving. Individu ESFP adalah entertainer yang penuh semangat dan suka menjadi pusat perhatian. Mereka memiliki kemampuan untuk menghibur orang lain dan sering mencari kesenangan. ESFP dianggap sebagai entertainer yang ceria.

 

2.15 ESTJ - "The Executive"

ESTJ adalah singkatan dari Extrovert, Sensing, Thinking, dan Judging. Orang dengan tipe ini adalah individu yang sangat praktis dan fokus pada tujuan. Mereka memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan sering mengambil peran eksekutif. ESTJ dianggap sebagai eksekutif yang efisien.

 

2.16 ESTP - "The Entrepreneur"

ESTP merupakan singkatan dari Extrovert, Sensing, Thinking, dan Perceiving. Individu ESTP adalah pengusaha yang suka mengambil risiko dan mencari tantangan. Mereka memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan sering mencari peluang bisnis. ESTP dianggap sebagai pengusaha yang berani.

 

Baca Juga: Mengenal Zodiak, dan Bagaimana 12 Zodiak Berelasi dengan Pasangannya. Kalau Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

 

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat memiliki kombinasi preferensi yang berbeda-beda dari keempat domain ini, dan kepribadian kita dapat berkembang seiring waktu. MBTI adalah alat yang bermanfaat untuk memahami diri sendiri dan orang lain lebih baik, serta dapat membantu dalam komunikasi, kolaborasi, dan pengambilan keputusan. Namun, penting untuk diingat bahwa MBTI hanyalah salah satu cara untuk memahami kepribadian, dan tidak boleh digunakan sebagai satu-satunya panduan dalam membuat keputusan penting dalam hidup.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup