Informasi Umum

Mau Beli Mobil Bekas? Cek Indikator-Indikator Berikut Biar Gak Salah Pilih!

Admin BFI
24 November 2023
850
Mau Beli Mobil Bekas? Cek Indikator-Indikator Berikut Biar Gak Salah Pilih!

Membeli mobil bekas adalah pilihan cerdas bagi banyak orang. Anda bisa mendapatkan mobil impian dengan harga yang lebih terjangkau daripada membeli mobil baru. Namun, memilih mobil bekas yang tepat memerlukan pengetahuan dan perhatian ekstra.

 

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Melalui BFI Finance Sekarang!

 

1. Tips Beli Mobil Bekas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan Anda mendapatkan kendaraan yang layak. Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan:

 

1.1 Cek Status Kendaraan

Penting untuk memeriksa status kendaraan secara teliti. Pastikan kendaraan tersebut dalam kondisi terkendali dan memiliki pajak serta STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang masih berlaku. Periksa juga apakah kendaraan tersebut bebas dari masalah hukum, seperti adanya tuntutan hukum atau masalah kepemilikan. Anda dapat memeriksa dokumen-dokumen tersebut secara langsung atau meminta bantuan dari layanan yang menyediakan riwayat kendaraan.

 

1.2 Beli dari Pemilik Asli

Sebaiknya Anda membeli mobil bekas langsung dari pemilik asli daripada melalui perantara atau dealer mobil bekas. Dengan membeli dari pemilik asli, Anda memiliki akses langsung ke informasi tentang sejarah kendaraan, pemeliharaan, dan kondisi aktual nya. Anda dapat bertanya kepada pemilik tentang bagaimana kendaraan itu digunakan, apakah pernah terlibat dalam kecelakaan, dan apakah pernah mengalami kerusakan serius. Informasi dari pemilik asli dapat menjadi sumber berharga dalam membuat keputusan pembelian.

 

1.3 Gunakan Jasa Inspeksi

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang otomotif, pertimbangkan untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas. Inspektur mobil bekas adalah profesional yang dapat memeriksa kendaraan secara menyeluruh dan memberikan laporan tentang kondisi kendaraan tersebut. Mereka akan memeriksa mesin, sistem kelistrikan, sistem suspensi, rem, dan berbagai komponen lainnya. Dengan laporan dari inspektur, Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi mobil bekas tersebut dan potensi masalah yang mungkin perlu diperbaiki. Biaya jasa inspeksi biasanya sebanding dengan keamanan dan keyakinan yang Anda dapatkan dalam pembelian mobil bekas.

 

1.4 Perhatikan Indikator Panel Instrumen

Ketika Anda menguji mobil bekas, perhatikan indikator pada panel instrumen. Pastikan tidak ada lampu indikator yang menyala, seperti lampu mesin, lampu oli, atau lampu sistem rem. Lampu indikator yang aktif dapat menunjukkan masalah potensial dalam kendaraan. Misalnya, lampu mesin yang menyala mungkin menandakan adanya masalah pada mesin, dan lampu sistem rem yang menyala bisa mengindikasikan masalah pada sistem pengereman. Penting untuk memastikan bahwa semua indikator berfungsi dengan baik dan tidak ada yang mengindikasikan masalah yang serius.

 

Baca Juga: Biaya Servis Mobil Terbaru dan Tips Hemat Servis Mobil

 

1.5 Jangan Lupa Test Drive

Test drive adalah langkah penting dalam proses pembelian mobil bekas. Selama test drive, Anda dapat merasakan bagaimana mobil tersebut merespon saat digunakan. Perhatikan bagaimana mesin berjalan, apakah ada suara-suara yang tidak biasa, dan seberapa nyaman Anda saat mengemudi. Juga, pastikan untuk memeriksa sistem kemudi, rem, suspensi, dan transmisi. Selama test drive, Anda dapat mendeteksi masalah yang mungkin tidak terlihat saat mobil dalam keadaan diam. Jangan ragu untuk mengemudi dalam berbagai kondisi, termasuk di jalan raya, jalan bebas hambatan, dan jalan perkotaan.

 

1.6 Nyalakan Mesin Mobil Selama 10-15 Menit

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk menjalankan mesin kendaraan selama 10-15 menit. Ini akan memberikan Anda kesempatan untuk memeriksa bagaimana mesin berjalan saat mesin sudah panas. Selama waktu ini, perhatikan apakah ada suara-suara yang tidak biasa, seperti ketukan, gemeretak, atau bunyi mesin yang tidak wajar. Juga, pastikan bahwa mesin berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah yang muncul selama proses pemanasan. Jika ada tanda-tanda masalah mesin, ini bisa menjadi pertanda bahwa kendaraan memerlukan perbaikan yang mungkin mahal.

 

2. Beli Mobil Bekas Enaknya Dimana?

Ketika Anda ingin membeli mobil bekas, Anda memiliki beberapa pilihan tempat untuk mencari mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa tempat yang biasanya digunakan oleh calon pembeli mobil bekas:

 

2.1 Dealer Resmi

Salah satu tempat yang paling umum untuk mencari mobil bekas adalah dealer resmi. Dealer resmi biasanya memiliki inventaris mobil bekas yang telah diperiksa dan dijamin kualitasnya. Sebelum mobil bekas dijual, mereka sering melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mungkin juga melakukan perbaikan jika diperlukan. Selain itu, dealer resmi seringkali menawarkan garansi terbatas untuk mobil bekas yang mereka jual. Meskipun harga mobil bekas di dealer resmi mungkin sedikit lebih tinggi daripada dari individu atau dealer kecil, Anda dapat memiliki keyakinan bahwa mobil yang Anda beli telah melalui pemeriksaan yang mendalam dan memenuhi standar tertentu.

 

2.2 Pengguna Asli

Membeli mobil bekas langsung dari pemilik asli adalah opsi yang umum digunakan. Ini dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda ingin mendapatkan informasi langsung tentang sejarah kendaraan dan bagaimana mobil tersebut digunakan. Anda dapat berbicara langsung dengan pemilik mobil bekas dan mendapatkan wawasan tentang riwayat kendaraan, pemeliharaan, dan kondisi aktual nya. Namun, penting untuk berhati-hati saat membeli mobil bekas dari individu karena pembelian ini dapat melibatkan risiko yang lebih besar. Pastikan untuk melakukan pengecekan yang cermat, seperti memeriksa dokumen kendaraan, riwayat servis, dan melakukan test drive, sebelum membuat keputusan pembelian.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil Ringan dan Dalam

 

2.3 Marketplace

Platform online seperti situs web jual-beli mobil bekas dan aplikasi seluler telah menjadi sumber populer untuk mencari mobil bekas. Anda dapat dengan mudah mencari berbagai pilihan mobil bekas dari berbagai merek dan model dengan berbagai kisaran harga. Keuntungan dari menggunakan marketplace adalah Anda memiliki akses yang lebih luas untuk membandingkan berbagai penawaran dari penjual yang berbeda.

 

Namun, perlu berhati-hati dan teliti saat bertransaksi melalui marketplace. Pastikan untuk memeriksa riwayat kendaraan, menghubungi penjual untuk pertanyaan yang relevan, dan jika memungkinkan, bertemu dengan penjual secara langsung sebelum membuat keputusan pembelian. Tindakan ini akan membantu Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan harapan Anda.

 

3. Rekomendasi Tempat Jual Mobil Bekas di Jakarta

Bagi Anda yang berada di Jakarta dan ingin membeli mobil bekas, kota ini memiliki berbagai tempat yang dapat Anda kunjungi. Berikut adalah beberapa tempat rekomendasi untuk membeli mobil bekas di Jakarta:

 

3.1 Bursa Mobil Thamrin City, Jakarta Pusat

Bursa Mobil Thamrin City adalah salah satu pusat jual beli mobil bekas terbesar di Jakarta. Anda dapat menemukan berbagai merek dan model mobil bekas dengan berbagai harga. Tempat ini sering dikunjungi oleh calon pembeli mobil bekas di Jakarta.

 

3.2 WTC Mangga Dua, Jakarta Utara

WTC Mangga Dua juga merupakan salah satu tempat terkenal untuk mencari mobil bekas. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai pilihan mobil bekas yang beragam. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli.

 

3.3 Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat

Pasar Mobil Kemayoran adalah tempat lain di Jakarta di mana Anda dapat menemukan berbagai penjual mobil bekas. Anda dapat menelusuri berbagai penawaran dan melakukan negosiasi harga dengan penjual.

 

3.4 Bursa Mobil Gading, Jakarta Utara

Bursa Mobil Gading juga merupakan tempat yang cukup populer untuk mencari mobil bekas di Jakarta Utara. Anda akan menemukan berbagai penjual mobil bekas dan berbagai pilihan kendaraan yang dapat Anda pilih.

 

3.5 Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat

Mega Glodok Kemayoran adalah pusat perbelanjaan yang dikenal sebagai tempat di mana Anda dapat menemukan berbagai barang elektronik. Namun, Anda juga dapat menemukan dealer mobil bekas di sini yang menawarkan berbagai pilihan kendaraan.

 

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas di salah satu tempat di atas, pastikan untuk melakukan penelitian yang cermat, memeriksa riwayat kendaraan, dan menguji kendaraan tersebut secara menyeluruh. Dengan perhatian ekstra dan pengetahuan yang baik, Anda dapat memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli adalah investasi yang bijak.

 

Membeli mobil bekas adalah pilihan cerdas untuk menghemat uang dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, penting untuk memahami indikator-indikator yang perlu diperhatikan dan tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi saat mencari mobil bekas. Dengan perencanaan yang baik dan perhatian terhadap detail, Anda dapat menemukan mobil bekas yang berkualitas dan sesuai dengan anggaran Anda.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum