Gaya Hidup

Kebiasaan yang Tidak Sengaja Jadi Penyebab Jerawat

Admin BFI
30 November 2023
1130
Kebiasaan yang Tidak Sengaja Jadi Penyebab Jerawat

Kulit bersih, sehat, dan bebas jerawat adalah dambaan banyak orang. Namun, terkadang, jerawat muncul tanpa diundang, dan tampaknya tidak ada hubungan langsung dengan rutinitas perawatan kulit yang Anda lakukan. Apakah Anda tahu bahwa ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang tidak sengaja bisa menjadi penyebab jerawat?

 

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Melalui BFI Finance Sekarang!

 

1. Kebiasaan Penyebab Jerawat

1.1 Memencet Jerawat

Salah satu kebiasaan yang paling umum dan tidak disadari yang bisa menjadi penyebab jerawat adalah memencetnya. Ketika Anda memencet jerawat, Anda sebenarnya bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah dan infeksi. Hal ini juga dapat mengakibatkan bekas luka dan bintik gelap. Sebaiknya hindari untuk memencet jerawat dan biarkan kulit memulihkan diri dengan sendirinya.

 

1.2 Terlalu Sering Cuci Muka

Mencuci wajah adalah bagian penting dari perawatan kulit, namun, terlalu sering mencuci wajah bisa menjadi penyebab jerawat. Kulit memiliki lapisan pelindung alami yang disebut mantel asam, dan mencuci wajah terlalu sering bisa merusak lapisan ini. Sebaiknya cuci wajah dua kali sehari dengan lembut menggunakan pembersih yang cocok untuk jenis kulit Anda.

 

1.3 Tidak Mengganti Sarung Bantal

Seringkali, kita tidak menyadari bahwa sarung bantal yang jarang diganti bisa menjadi sarang untuk kuman dan minyak yang menyumbang pada jerawat. Kepala kita bersentuhan dengan bantal setiap malam, dan jika bantal tidak bersih, kuman bisa berpindah ke wajah kita. Ganti sarung bantal secara teratur dan pastikan itu bersih.

 

1.4 Konsumsi Makanan Manis Berlebihan

Diet Anda juga dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Konsumsi makanan manis berlebihan, seperti gula dan karbohidrat olahan, dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit, yang dapat menyumbang pada munculnya jerawat. Cobalah untuk mengurangi asupan makanan manis dan berfokus pada makanan yang kaya akan nutrisi untuk kulit sehat.

 

1.5 Skincare dan Makeup yang Tidak Cocok

Menggunakan produk perawatan kulit atau makeup yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda dapat memicu masalah kulit, termasuk jerawat. Sebelum menggunakan produk baru, lakukan uji coba kecil pada area kulit yang tidak terlihat untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi. Pilih produk yang sesuai untuk jenis kulit Anda, misalnya, produk berlabel "non-comedogenic" cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat.

 

1.6 Stres

Stres adalah faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat. Ketika kita stres, tubuh kita melepaskan hormon stres seperti kortisol, yang dapat merangsang kelenjar minyak di kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Minyak berlebih ini dapat menyumbang pada munculnya jerawat. Penting untuk mengelola stres melalui teknik relaksasi, meditasi, atau olahraga.

 

1.7 Jarang Keramas

Ketika Anda jarang keramas atau tidak membersihkan rambut Anda dengan benar, minyak rambut dan produk perawatan rambut dapat berpindah ke wajah Anda saat rambut menyentuh wajah. Ini bisa menyumbang pada jerawat di sekitar garis rambut dan dahi. Pastikan untuk menjaga kebersihan rambut Anda dengan mencuci rambut secara teratur.

 

Baca Juga: Biar Gak Kelihatan Tua, Ini Perawatan yang Dapat Anda Lakukan

 

2. Cara Atasi Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit umum yang bisa memengaruhi siapa saja, tidak hanya remaja. Meskipun munculnya jerawat tidak selalu dapat dihindari sepenuhnya, ada banyak cara untuk mengatasi jerawat dan meminimalkan risiko jerawat yang meradang. Dalam bagian ini, kami akan membahas beberapa langkah konkret yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat.

 

2.1 Cuci Wajah dengan Benar

Salah satu langkah pertama dan terpenting dalam merawat kulit dan mengatasi jerawat adalah mencuci wajah dengan benar. Mencuci wajah membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbang pada munculnya jerawat. Berikut beberapa panduan untuk mencuci wajah dengan benar:

  1. Pilih Pembersih yang Tepat: Pilih pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilih pembersih yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Jika kulit Anda sensitif, pilih pembersih yang lembut dan bebas pewangi.
  2. Jangan Menggosok Terlalu Keras: Hindari menggosok wajah terlalu keras atau menggunakan kain kasar, karena hal ini dapat merusak kulit dan memicu iritasi. Gunakan tangan Anda dan usap dengan lembut.
  3. Cuci Wajah Dua Kali Sehari: Idealnya, cuci wajah dua kali sehari: pagi dan malam sebelum tidur. Mencuci wajah terlalu sering juga tidak dianjurkan, karena bisa menghilangkan minyak alami kulit Anda.
  4. Bilas dengan Air Hangat: Gunakan air hangat untuk membilas pembersih wajah. Air terlalu panas bisa merusak kulit, sementara air terlalu dingin mungkin tidak membersihkan dengan efektif.

 

2.2 Pemakaian Skincare dengan Lemak Tinggi

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat adalah langkah penting dalam mengatasi jerawat. Produk yang berlabel "non-comedogenic" adalah pilihan yang baik, karena mereka dirancang khusus untuk tidak menyumbang pada penyumbatan pori-pori kulit. Beberapa langkah perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi jerawat meliputi:

  1. Pembersih: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan pastikan itu tidak mengandung bahan yang bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori.
  2. Pelembap: Pemakaian pelembap adalah langkah penting, bahkan jika Anda memiliki kulit berminyak. Memilih pelembap yang ringan dan bebas minyak akan membantu menjaga kulit tetap lembap tanpa menyumbang pada jerawat.
  3. Penggunaan Produk Anti-Jerawat: Jika Anda memiliki jerawat yang membandel, pertimbangkan menggunakan produk yang mengandung bahan aktif seperti asam salisilat atau benzoyl peroxide. Namun, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kulit atau dermatologis sebelum menggunakan produk ini.

 

2.3 Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah elemen penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Selama tidur, tubuh memiliki kesempatan untuk memulihkan diri, termasuk perbaikan kulit. Kurang tidur dapat meningkatkan stres, yang dapat memicu munculnya jerawat. Berikut beberapa tips untuk mendapatkan istirahat yang cukup:

  1. Tentukan Jadwal Tidur Tetap: Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan selama akhir pekan. Ini membantu mengatur jam biologis tubuh Anda.
  2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman: Pastikan kamar tidur Anda gelap, sejuk, dan tenang. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman untuk mendukung tidur yang berkualitas.
  3. Hindari Aktivitas yang Merangsang Sebelum Tidur: Hindari menggunakan gadget elektronik atau menonton acara yang merangsang secara mental sebelum tidur. Cobalah untuk rileks sebelum tidur, misalnya dengan membaca buku atau mendengarkan musik yang menenangkan.

 

2.4 Makanan dengan Kadar Lemak Rendah

Diet Anda juga memiliki peran dalam kesehatan kulit Anda. Mengurangi konsumsi makanan tinggi gula dan lemak dapat membantu mengurangi produksi minyak kulit, yang bisa memicu munculnya jerawat. Sebaliknya, makan makanan kaya akan vitamin dan mineral dapat mendukung kesehatan kulit. Beberapa tips dalam pemilihan makanan yang baik untuk kulit meliputi:

  1. Makan Sayuran dan Buah-buahan: Sayuran dan buah-buahan kaya akan vitamin dan antioksidan yang baik untuk kulit.
  2. Kurangi Konsumsi Gula: Gula dapat merangsang peradangan dan menyebabkan fluktuasi gula darah yang bisa memicu munculnya jerawat.
  3. Pilih Lemak Sehat: Konsumsi lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda (ditemukan dalam minyak zaitun, ikan berlemak, dan kacang-kacangan) dapat mendukung kesehatan kulit.

 

Baca Juga: Benarkah Harus Minum Air Putih 8 Liter? Ini Faktanya

 

2.5 Hindari Stres

Mengelola stres adalah faktor penting dalam mengatasi jerawat. Stres dapat merangsang kelenjar minyak kulit untuk menghasilkan lebih banyak minyak, yang dapat menyumbang pada munculnya jerawat. Beberapa cara untuk mengelola stres meliputi:

  1. Meditasi: Meditasi adalah teknik relaksasi yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
  2. Yoga: Yoga menggabungkan gerakan fisik dengan meditasi, sehingga baik untuk tubuh dan pikiran.
  3. Olahraga Teratur: Olahraga adalah cara yang efektif untuk melepaskan endorfin, yang bisa membantu mengurangi stres.
  4. Tidur yang Cukup: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tidur yang cukup juga penting untuk mengelola stres.

 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi perlu waktu untuk menemukan rutinitas perawatan kulit yang paling cocok untuk Anda. Konsultasikan dengan seorang ahli kulit atau dermatologis jika Anda memiliki masalah jerawat yang parah atau membutuhkan saran yang lebih khusus tentang perawatan kulit Anda. Dengan perawatan yang tepat dan perubahan gaya hidup yang sehat, Anda dapat mengatasi jerawat dan meraih kulit yang lebih sehat dan bersih. Ingatlah bahwa hasilnya mungkin tidak segera terlihat, jadi bersabarlah dan terus berkomitmen untuk merawat kulit Anda.

 

Dengan menghindari kebiasaan yang tidak sengaja menjadi penyebab jerawat dan mengikuti panduan perawatan kulit yang tepat, Anda dapat mencapai kulit yang bersih dan sehat. Jerawat mungkin sulit dihindari sepenuhnya, tetapi dengan perhatian pada rutinitas perawatan kulit dan kebiasaan sehari-hari yang lebih sehat, Anda dapat mengurangi risiko jerawat yang merusak kepercayaan diri. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi perlu waktu untuk menemukan rutinitas perawatan kulit yang paling cocok untuk Anda.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup