Bisnis

7 Ide Usaha Franchise Non Makanan Terlaris Tahun 2023

Admin BFI
19 June 2023
7937
7 Ide Usaha Franchise Non Makanan Terlaris Tahun 2023

Tertarik untuk menjalankan usaha namun belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya? Ide usaha franchise non makanan berikut dapat Anda jadikan inspirasi. Ada apa saja? Yuk, simak selengkapnya di uraian berikut.

 

1. Daftar Franchise Non Makanan Terlaris

Sobat BFI, jika Anda sedang mencari peluang usaha franchise non makanan, berikut ini adalah beberapa franchise yang terbukti sukses dan menawarkan keuntungan yang menarik.

1.1. Franchise Jasa Pengiriman (Ekspedisi)

Seiring berkembangnya zaman serta pergeseran pola konsumsi dari konvensional ke arah digital, banyak orang lebih memilih untuk berbelanja secara online. Hal ini tidak hanya memberikan peluang besar bagi para pebisnis untuk melebarkan bisnisnya, namun juga pihak jasa pengiriman yang diuntungkan dari situasi ini.

Dengan adanya peningkatan kebutuhan pengiriman barang dan paket, Anda dapat memanfaatkan permintaan yang tinggi ini untuk menghasilkan pendapatan stabil dengan memulai usaha ekspedisi

Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah terpercaya dan mampu memberikan dukungan dalam menjalankan operasi harian. Anda bisa membandingkan ekspedisi satu dengan yang lainnya sebelum mantap memilih satu franchise jasa ekspedisi.

 

Baca Juga: Prospek Usaha Ekspedisi dan Tips Memulainya Bagi Pemula

 

1.2. Franchise Minimarket

Punya modal besar dan berminat untuk memiliki minimarket? Usaha franchise non makanan berupa usaha minimarket bisa jadi pilihan yang tepat buat Anda! Pasalnya, keuntungan yang diperoleh tak perlu diragukan lagi, terlebih jika Anda memilih lokasi yang tepat dan sesuai.

Pergerakan bisnis minimarket terus tumbuh pesat dari masa ke masa, dan ini menjadi peluang yang menarik bagi para pengusaha. Kelebihan franchise minimarket terletak pada kepercayaan dari masyarakat terhadap merek yang sudah dikenal dan reputasi yang sudah terbangun.

Selain itu, minimarket juga menyediakan berbagai produk sehari-hari yang dibutuhkan oleh konsumen, sehingga memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar yang luas dan mendapatkan keuntungan yang konsisten.

 

Baca Juga: Franchise Alfamart: Peluang Usaha, Cara Daftar, dan Keuntungannya

 

1.3. Franchise SPBU

Hampir seluruh warga negara Indonesia memiliki kendaraan. Baik itu kendaraan pribadi maupun golongan. Membuka franchise SPBU bisa menjadi salah satu terobosan yang tepat dalam memperoleh keuntungan yang menjanjikan.

Sebab, permintaan akan bahan bakar terutama untuk kendaraan akan terus meningkat dan bisa dipastikan bisnis ini tidak akan pernah sepi peminat selama harga dan kualitas bahan bakar yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan yang beredar di masyarakat.

Di samping itu, sebagaimana dengan usaha franchise pada umumnya Anda akan memperoleh dukungan penuh dari franchisor terkait pemasaran, persediaan, dan manajemen operasional.

1.4. Franchise Pet Shop

Usaha petshop kini semakin populer dan banyak dilirik oleh para pebisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha petshop namun kebingungan untuk memulainya dari mana serta mengurus manajemen yang ada, Anda bisa bergabung ke usaha franchise petshop.

Dengan bergabung ke dalam franchise memungkinkan Anda untuk memenuhi usaha Anda berjalan dengan lancar, mulai dari menjual makanan hewan, peralatan, mainan, dan layanan grooming. 

 

Baca Juga: Usaha Petshop: Estimasi Modal, Keuntungan, dan Tips Memulainya

 

1.5. Franchise Laundry

Franchise laundry adalah bisnis yang selalu diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang mencari jasa laundry yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Dengan membuka usaha laundry di lokasi yang strategis seperti daerah perkantoran dan daerah mahasiswa, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lumayan bahkan berpotensi untuk dijadikan pemasukan tetap.

Tidak perlu khawatir dalam menjalankan usaha laundry karena franchise laundry menawarkan kemudahan dalam memulai usaha, termasuk penyediaan alat dan barang, pelatihan, sampai dengan pemasaran. Keuntungan lainnya yakni memungkinkan Anda untuk bekerjasama dengan hotel, restoran, dan lain sebagainya yang mampu menambah pendapatan Anda. Menarik bukan?

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

1.6. Franchise Toko Baju / Fashion

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer yang perlu dipenuhi setiap manusia. Membuka usaha toko baju bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan buat Anda. Hal ini dikarenakan target konsumen yang ada cukup luas atau dari berbagai kalangan.

Selain itu, tren fashion terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu yang membuatnya tidak akan pernah sepi selama pakaian yang Anda jual cukup trendy.

Bagi Anda yang tertarik untuk membuka toko pakaian namun tidak ingin repot-repot memulai segala sesuatunya dari nol, Anda bisa memilih franchise yang sudah memiliki nama dan dikenal baik oleh masyarakat luas. Dengan begitu akan lebih mudah buat Anda untuk menarik minat konsumen dan mencapai penjualan tinggi.

Kelebihan lainnya dari franchise toko baju yakni adanya dukungan dalam hal desain produk, manajemen stok, dan strategi pemasaran yang sudah teruji keberhasilannya.

1.7. Franchise Skincare / Perawatan Kecantikan

Ide usaha franchise non makanan berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bisnis skincare! Bisnis yang satu ini belakangan sangat marak dimana-mana dan mampu mendatangkan keuntungan yang fantastis.

Tak heran, banyak para pemain bisnis lama maupun baru berlomba-lomba untuk masuk ke dalam industri ini. Jika Anda tertarik untuk terjun ke dalamnya, Anda tidak perlu khawatir atau memusingkan banyak hal.

Cukup dengan memilih brand yang berkualitas dan sudah memiliki nama yang tenar, Anda bisa memulai bisnis franchise dengan mudah. Yang terpenting, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu terkait brand tersebut, mulai dari keamanan produk, permintaan pasar, serta popularitasnya.

 

Baca Juga: 10 Tips Memulai Bisnis Skincare Bagi Pemula dan Rekomendasi Produknya

 

2. Tips Sukses Memulai Usaha Franchise

Usaha Franchise Non Makanan

Image Source: Unsplash.com/Microsoft365

Bagi pemula yang ingin memulai usaha franchise non makanan, ada beberapa tips yang perlu diikuti dan diperhatikan. Diantaranya yaitu:

2.1. Pilihlah franchise yang sesuai dengan minat dan passion Anda

Usaha yang Anda jalankan dengan passion akan memberikan motivasi dan semangat ekstra untuk mencapai kesuksesan. Anda akan lebih giat untuk mengerjakannya dan tantangan yang ada mampu dihadapi dengan lebih ringan.

2.2. Lakukan riset pasar yang komprehensif sebelum memilih franchise

Pastikan ada permintaan yang cukup untuk produk atau layanan yang ditawarkan di lokasi usaha Anda. Jangan mudah tergiur dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia franchise. Sebab, setiap daerah memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

2.3. Perhatikan perjanjian dan kontrak franchise dengan cermat

Pastikan Anda memahami semua persyaratan, termasuk biaya awal, royalti, dukungan yang diberikan, dan hak serta kewajiban Anda sebagai pemilik usaha. Jika ada poin yang tidak Anda mengerti, segera tanyakan pada pihak franchisor.

2.4. Gunakan pelatihan dan dukungan yang disediakan oleh perusahaan franchise

Manfaatkan sumber daya yang ada untuk mempelajari sistem operasional yang telah teruji dan berhasil. Pastikan Anda paham betul bagaimana bisnis usaha franchise non makanan ini mampu berjalan sedemikian rupa.

2.5. Buatlah rencana bisnis yang jelas dan realistis

Tentukan target keuangan, strategi pemasaran, dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai kesuksesan dalam jangka pendek dan panjang. Pastikan modal yang Anda miliki sudah sesuai dengan jenis franchise yang akan Anda jalankan.

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan terpercaya yang mampu memberikan solusi untuk kebutuhan modal usaha Anda. Dengan mengajukan pinjaman jaminan BPKB kendaraan maupun sertifikat rumah, modal yang Anda butuhkan dapat cair dengan cepat dan bunga yang rendah.

2.6. Jaga hubungan baik dengan pelanggan

Berikan pelayanan yang ramah, kualitas produk yang baik, dan responsif terhadap masukan atau keluhan pelanggan. Dengan menjaga hubungan yang baik, Anda akan memperbesar peluang untuk mendapatkan pelanggan tetap dan mengenalkan produk Anda secara meluas.

Sobat BFI, itulah tips sukses memulai usaha franchise non makanan. Menjalankan di awal memanglah tidak mudah. Dibutuhkan ketekunan, sikap pantang menyerah, dan sabar. Meskipun demikian, semua jerih payah yang ada tidak akan sia-sia dan kelak akan membuahkan hasil yang manis.

3. Cara Mendapatkan Modal Usaha Franchise Non Makanan

Jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha franchise non makanan, Anda bisa mengajukan pinjaman dana ke BFI Finance. BFI Finance menyediakan bermacam jenis pinjaman untuk berbagai keperluan dengan proses yang mudah dan aman.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis