Informasi Umum

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Motor

Admin BFI
23 August 2023
3130
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perawatan Motor

Memiliki sepeda motor yang berfungsi dengan baik adalah impian setiap pemilik kendaraan bermotor. Untuk mencapai tujuan tersebut, perawatan motor secara rutin dan tepat adalah kunci utama. Melalui perawatan yang baik, Anda tidak hanya dapat memperpanjang umur kendaraan, tetapi juga meningkatkan performa serta mengurangi risiko kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan motor Anda:

 

 

1. Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Perawatan Motor

1.1 Penggantian Oli Secara Berkala:

Oli mesin adalah darah kehidupan bagi sepeda motor Anda. Pastikan untuk mengganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan atau manual kendaraan. Oli yang bersih dan segar membantu menjaga suhu mesin yang optimal dan melumasi komponen-komponen internal untuk mengurangi gesekan yang berlebihan.

1.2 Periksa Sistem Bahan Bakar:

Pastikan untuk secara rutin memeriksa sistem bahan bakar Anda, termasuk filter udara dan filter bahan bakar. Filter udara yang kotor dapat mengurangi aliran udara ke mesin, sedangkan filter bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan masalah pada sistem pembakaran.

1.3 Periksa Ban dan Tekanan Udara:

Memeriksa kondisi ban adalah kewajiban yang harus dilakukan secara berkala. Pastikan untuk memeriksa keausan, kerusakan, serta ketebalan tapak ban. Selain itu, periksa tekanan udara dalam ban karena tekanan yang tepat akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan memperpanjang umur ban.

1.4 Perawatan Sistem Rem:

Sistem rem yang berfungsi dengan baik adalah aspek kritis dalam keselamatan berkendara. Pastikan untuk memeriksa dan mengganti bantalan rem, cairan rem, serta piringan rem sesuai dengan jadwal perawatan yang ditentukan.

1.5 Perhatikan Sistem Kelistrikan:

Pastikan seluruh sistem kelistrikan berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan lampu sein. Ganti lampu yang sudah mati dengan segera dan periksa juga kabel-kabel yang mungkin rusak.

1.6 Lindungi Cat dan Bagian Luar Motor:

Menjaga penampilan luar motor adalah hal penting untuk mengurangi korosi dan kerusakan akibat paparan cuaca dan lingkungan. Cuci motor secara teratur dan gunakan lapisan pelindung, seperti wax, untuk melindungi cat dan permukaan lain dari kerusakan.

1.7 Periksa Kelistrikan Mesin:

Pastikan sistem pengapian dan busi berfungsi dengan baik. Ganti busi secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan dan sesuaikan jarak elektroda busi.

1.8 Periksa Sistem Transmisi:

Periksa keausan rantai atau sabuk transmisi serta tensionernya. Pastikan juga untuk mengganti oli gardan sesuai dengan jadwal perawatan.

1.9 Suhu Mesin:

Jaga agar mesin tetap berada dalam suhu yang optimal. Hindari mengendarai motor dengan mesin yang terlalu panas karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen internal.

1.10 Perhatikan Peringatan dan Suara Tidak Wajar:

Jika ada lampu peringatan yang menyala atau ada suara yang tidak wajar dari mesin, segera periksakan motor Anda ke bengkel untuk diagnosis lebih lanjut.

 

Baca juga: 11 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet Layaknya Motor Baru

 

Menjaga perawatan motor secara rutin adalah investasi jangka panjang untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Selain itu, perawatan yang baik juga akan meningkatkan nilai jual motor Anda jika nanti Anda berniat untuk menjualnya. Jangan ragu untuk mengikuti panduan dalam manual kendaraan Anda atau berkonsultasi dengan mekanik profesional untuk mendapatkan saran terbaik tentang perawatan motor Anda. Memiliki cat motor yang tetap terlihat kinclong adalah dambaan setiap pemilik kendaraan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga kilau cat motor Anda tetap prima:

2. Tips Menjaga Cat Motor Tetap Prima

2.1 Cuci Motor Secara Berkala:

Lakukan pencucian motor secara rutin untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda yang menempel pada permukaan cat. Gunakan sabun khusus untuk mencuci kendaraan yang tidak mengandung bahan yang merusak cat.

2.2 Hindari Pencucian di Bawah Sinar Matahari Langsung:

Pencucian motor sebaiknya dilakukan di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jika air cepat mengering di permukaan cat yang panas, bisa meninggalkan bercak-bercak air yang mempengaruhi tampilan kinclong cat.

 

Baca juga: Tips Cara Merawat Motor Saat Musim Hujan

 

2.3 Gunakan Lap Mikrofiber:

Setelah mencuci motor, keringkan permukaan cat dengan menggunakan lap mikrofiber. Lap ini sangat lembut dan tidak akan menyebabkan goresan pada cat motor.

2.4 Gunakan Wax:

Gunakan lapisan wax atau polish yang cocok untuk permukaan cat motor Anda. Wax membentuk lapisan pelindung yang akan melindungi cat dari noda, debu, dan sinar UV. Aplikasikan wax secara berkala untuk mempertahankan kilau cat.

2.5 Hindari Bahan Kimia yang Berbahaya:

Jauhkan motor dari bahan kimia yang dapat merusak cat, seperti cairan pembersih rumah tangga atau bensin. Gunakan produk perawatan yang diformulasikan khusus untuk cat kendaraan.

2.6 Gunakan Selimut Motor:

Gunakan selimut motor ketika parkir di luar ruangan untuk melindungi cat dari paparan langsung sinar matahari, hujan, dan debu.

2.7 Perhatikan Parkir:

Parkirkan motor Anda di tempat yang aman dan terhindar dari kemungkinan benturan atau goresan dengan kendaraan atau benda lainnya.

2.8 Hindari Mencuci Mesin dengan Air:

Jika ingin membersihkan mesin motor, hindari menyemprotkan air langsung ke mesin. Gunakan kain lembab untuk membersihkan bagian-bagian mesin yang kotor.

2.9 Perhatikan Penggunaan Produk Pembersih Khusus:

Gunakan produk pembersih khusus untuk membersihkan bagian-bagian krom, pelat nomor, dan jok motor. Produk pembersih yang tidak tepat dapat merusak permukaan krom dan plastik.

 

Selain menjaga tampilan luar, perawatan interior motor juga penting. Pastikan kondisi mesin, sistem kelistrikan, dan komponen lainnya tetap dalam kondisi baik. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga cat motor tetap kinclong dan terlihat seperti baru meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selalu perhatikan cara membersihkan dan merawat motor Anda dengan benar agar tetap terlihat memukau setiap saat.

Baca juga: Cara Agar Pinjaman Dengan Jaminan BPKB Motor Diterima

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum