Gaya Hidup

Gak Buruk, Ini Sederet Keuntungan Beli Barang dengan Kartu Kredit

Admin BFI
27 November 2023
509
Gak Buruk, Ini Sederet Keuntungan Beli Barang dengan Kartu Kredit

Kartu kredit seringkali mendapatkan reputasi buruk dalam dunia finansial, terutama karena penyalahgunaannya dapat memicu masalah utang yang serius. Namun, pada kenyataannya, penggunaan yang bijak dari kartu kredit dapat memberikan sejumlah keuntungan yang signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas keuntungan-keuntungan yang dapat Anda nikmati saat menggunakan kartu kredit dengan bijak, serta tips untuk menjaga keseimbangan keuangan Anda.

 

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Melalui BFI Finance Sekarang!

 

1. Keuntungan Beli Barang dengan Kartu Kredit

1.1 Ada Poin Reward untuk Pengguna

Salah satu keuntungan utama dari menggunakan kartu kredit adalah kemungkinan mendapatkan poin reward. Banyak penyedia kartu kredit menawarkan program poin reward yang memungkinkan Anda untuk mengumpulkan poin setiap kali Anda menggunakan kartu kredit. Poin-poin ini dapat ditukarkan dengan berbagai manfaat, seperti diskon pada belanja berikutnya, perjalanan gratis, atau barang-barang lain yang menarik. Dengan program poin reward, Anda bisa mendapatkan manfaat tambahan dari pembelanjaan Anda.

 

1.2 Membangun Track Record yang Baik

Menggunakan kartu kredit secara bertanggung jawab juga dapat membantu membangun track record yang baik dalam hal kredit. Ini bisa sangat bermanfaat jika Anda berencana untuk mengajukan pinjaman, seperti hipotek atau pinjaman kendaraan, di masa depan. Memiliki sejarah kredit yang kuat dapat membantu Anda mendapatkan persetujuan lebih mudah dan bahkan suku bunga yang lebih baik. Penting untuk selalu membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan menghindari keterlambatan pembayaran yang dapat merusak sejarah kredit Anda.

 

1.3 Dapat Membayar Belakangan

Salah satu keuntungan besar dari menggunakan kartu kredit adalah kemampuan untuk membayar belanjaan Anda nanti. Dengan tanggal jatuh tempo yang biasanya terletak beberapa minggu setelah Anda melakukan pembelian, Anda memiliki waktu untuk mengatur keuangan Anda. Ini berarti Anda tidak perlu membayar secara tunai segera setelah berbelanja, yang bisa sangat berguna jika Anda membutuhkan waktu untuk memproses dan mengatur dana Anda.

 

1.4 Memudahkan Pengaturan Budget

Kartu kredit juga dapat memudahkan Anda dalam mengatur anggaran keuangan. Sebagian besar penyedia kartu kredit menyediakan laporan yang rinci tentang pengeluaran Anda setiap bulan. Ini memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas di mana uang Anda pergi dan membuat keputusan yang lebih bijak tentang bagaimana mengelola keuangan Anda. Anda dapat memantau pola pengeluaran Anda, mengidentifikasi area di mana Anda bisa menghemat, dan membuat perubahan yang diperlukan.

 

Baca Juga: Mengenal Kolektibilitas Kredit, Skor Penting Sebelum Ajukan Kredit

 

1.5 Dapat Dicicil

Selain itu, kartu kredit juga memberikan fleksibilitas dalam hal pembayaran. Jika Anda melakukan pembelian besar yang sulit untuk dibayar sekaligus, kartu kredit memungkinkan Anda untuk mencicil pembayaran. Dengan membagi pembayaran menjadi beberapa bulan, Anda dapat mengelola tagihan dengan lebih baik tanpa harus membayar bunga jika Anda membayar tepat waktu. Namun, penting untuk selalu membaca syarat dan ketentuan dari penyedia kartu kredit Anda untuk memahami bagaimana program pembayaran cicilan berfungsi.

 

2. Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Kartu Kredit

Selain manfaat-manfaat yang signifikan yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan kartu kredit, ada sejumlah hal yang harus Anda perhatikan agar penggunaan kartu kredit tetap positif dan bijak. Di bawah ini adalah faktor-faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan saat menggunakan kartu kredit.

 

2.1 Cari Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Pertama-tama, sebelum Anda mengambil keputusan dalam memilih kartu kredit, penting untuk memahami kebutuhan dan gaya hidup keuangan Anda dengan baik. Terdapat berbagai jenis kartu kredit yang ditawarkan oleh berbagai penyedia, dan setiap kartu memiliki manfaat dan poin reward yang berbeda. Sebelum Anda mendaftar, pertimbangkan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

 

Misalnya, jika Anda sering bepergian, Anda mungkin ingin memilih kartu kredit dengan program poin reward yang terfokus pada travel, seperti diskon penerbangan atau akomodasi hotel. Sebaliknya, jika Anda lebih sering menggunakan kartu kredit untuk belanja sehari-hari, mencari kartu dengan poin reward yang lebih menguntungkan untuk toko-toko atau restoran bisa lebih masuk akal. Pertimbangkan juga biaya tahunan kartu kredit, suku bunga, dan manfaat lainnya sebelum Anda membuat pilihan akhir.

 

2.2 Pastikan Keuangan Aman

Keamanan finansial adalah prioritas utama ketika Anda menggunakan kartu kredit. Anda harus selalu menjaga informasi kartu kredit Anda dengan baik dan tidak pernah membagikannya kepada siapapun yang tidak dapat Anda percayai sepenuhnya. Pastikan Anda memeriksa laporan kartu kredit Anda secara teratur untuk mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Ketika Anda menerima laporan bulanan dari penyedia kartu kredit, periksa transaksi dengan teliti dan pastikan tidak ada biaya atau transaksi yang tidak sah.

 

Selain itu, banyak penyedia kartu kredit menawarkan layanan pemberitahuan transaksi. Dengan mengaktifkan layanan ini, Anda akan menerima pemberitahuan melalui pesan teks atau email setiap kali ada transaksi yang dilakukan dengan kartu kredit Anda. Hal ini dapat membantu Anda mendeteksi aktivitas yang mencurigakan dengan cepat dan mengambil tindakan yang diperlukan.

 

2.3 Tentukan Limit Kartu Sesuai Kemampuan

Saat Anda mengajukan kartu kredit, ada kesempatan untuk menentukan batas kredit yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Ini adalah pilihan yang penting, dan Anda harus berpikir dengan hati-hati sebelum menetapkan batas kredit. Jangan terlalu ambisius dengan menetapkan batas kredit yang sangat tinggi jika Anda tidak yakin bahwa Anda dapat mengelola pembayaran tagihan dengan baik.

 

Menetapkan batas kredit yang lebih tinggi dapat memicu risiko pengeluaran berlebihan, yang pada gilirannya dapat mengarah pada masalah utang yang serius. Selalu pertimbangkan kemampuan Anda untuk membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu dan dengan aman. Dengan memilih batas kredit yang sesuai, Anda dapat menjaga kontrol atas keuangan Anda dan mencegah pemborosan yang tidak perlu.

 

Baca Juga: Limit Kredit Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Menaikan Kredit

 

2.4 Jangan Kalap Saat Menggunakan

Salah satu bahaya besar yang harus dihindari saat menggunakan kartu kredit adalah risiko pengeluaran berlebihan. Kartu kredit dapat memberi Anda rasa tak terbatas dalam berbelanja, tetapi perlu diingat bahwa setiap pembelian harus dibayar kembali. Jangan sampai terjebak dalam utang yang tidak terkendali hanya karena Anda merasa bisa membeli apapun yang Anda inginkan.

 

Disiplin diri adalah kunci untuk menjaga keuangan yang sehat ketika menggunakan kartu kredit. Buatlah anggaran dan patuhi batasan Anda. Ketika Anda menggunakan kartu kredit, ingatkan diri Anda tentang kewajiban untuk membayar tagihan Anda. Saat Anda memahami pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak, Anda dapat merasakan manfaat kartu kredit tanpa risiko jatuh ke dalam utang yang berat.

 

Sebagai kesimpulan, menggunakan kartu kredit dengan bijak dapat memberikan sejumlah keuntungan signifikan. Dari poin reward hingga kemampuan untuk mengatur keuangan dengan lebih baik, kartu kredit dapat menjadi alat yang kuat dalam manajemen keuangan Anda. Namun, penting untuk selalu memahami risiko dan mematuhi praktik pengelolaan keuangan yang bijak. Dengan pendekatan yang hati-hati dan tanggung jawab, Anda dapat memanfaatkan keuntungan-keuntungan ini tanpa jatuh ke dalam utang yang tidak terkendali.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Kategori : Gaya Hidup