Gaya Hidup

Belajar Lebih Mudah dan Efektif Dengan Teknik Pomodoro, Begini Caranya

Admin BFI
26 September 2022
3638
Belajar Lebih Mudah dan Efektif Dengan Teknik Pomodoro, Begini Caranya

Apakah Anda termasuk orang yang sulit untuk fokus akan sesuatu? Atau justru selalu merasa kawalahan dalam mengatur waktu belajar maupun bekerja?

Jika ya, teknik pomodoro bisa jadi salah satu pintu keluar yang Anda cari selama ini!

Teknik pomodoro adalah salah satu metode praktis yang bisa Anda terapkan untuk mengefisiensikan waktu Anda. Untuk menerapkannya sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan timer dan sederet aktivitas atau tugas yang ingin segera diselesaikan.

Sobat BFI, tanpa menunggu waktu lama, yuk kita kenal lebih dekat teknik belajar yang satu ini. Simak selengkapnya di artikel berikut ini, ya!

 

Sekilas Mengenai Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro adalah salah satu teknik belajar yang menitikberatkan pada manajemen waktu. Teknik belajar yang satu ini ditemukan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980.

Kata ‘pomodoro’ sendiri berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti ‘tomat’. Cirillo menamai metode ini dengan sebutan tomat karena pada saat ia masih menjadi mahasiswa, ia belajar ditemani dengan sebuah kitchen timer berbentuk tomat. Timer tersebut selalu dia gunakan sebagai pengatur waktu belajar. Karena Cirillo merasa bahwa teknik belajarnya ini dinilai ampuh serta efisien, alhasil ia memberi nama teknik belajarnya dengan sebutan ‘pomodoro.’

Saat ini teknik pomodoro banyak digunakan oleh khalayak umum mulai dari pelajar sampai dengan para pekerja agar tetap disiplin dalam menyelesaikan sesuatu dan bisa tetap fokus pada saat mengerjakannya.

Secara singkat, teknik pomodoro adalah sebuah teknik memfoskuskan pikiran dengan interval waktu tertentu dan dihitung menggunakan timer. Misalnya Anda membutuhkan waktu belajar sekitar 20-25 menit, setelah waktu tersebut selesai Anda diharuskan untuk mengambil jeda istirahat selama 5 menit. Nah, teknik ini nantinya Anda lakukan sebanyak 4X berturut-turut. Intinya, waktu jeda istirahat yang Anda luangkan tidak lebih banyak ketimbang waktu belajar.

Cara Mudah Menerapkan Teknik Podomoro

Dari penjelasan sebelumnya tentu sudah cukup terbayang di dalam benak Anda apa itu teknik pomodoro. Selanjutnya, mari kita pahami cara menerapkan teknik ini agar apa yang Anda pelajari bisa lebih mudah untuk dipahami.

teknik pomodoro

Image Source: Pexels/Lil Artsy

1. Siapkan Materi yang Akan Dipelajari atau Hal yang Perlu Diselesaikan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu membuat daftar materi yang akan dipelajari atau hal yang akan Anda lakukan. Untuk membuatnya Anda bisa menuliskan daftar tersebut pada selembar kertas atau aplikasi di smartphone Anda.

2. Tentukan Waktu Belajar dan Berkomitmenlah Untuk Tetap Fokus

Dalam penerapannya, teknik tidak membutuhkan banyak alat bantu kecuali timer. Anda bisa menggunakan timer digital yang ada pada device Anda seperti smartphone atau laptop. Jika menurut Anda khawatir keduanya dapat menjadi sebuah distraksi, Anda bisa menggunakan timer lain, misalnya yang ada pada jam tangan Anda.

Selanjutnya yaitu tentukan waktu belajar Anda. Setiap orang memiliki waktu fokus yang berbeda-beda namun umumnya teknik pomodoro diterapkan selama 25 menit dengan waktu istirahat selama 5 menit. Bilamana waktu tersebut dirasa terlalu lama ataupun sebentar, Anda bisa menyesuaikannya dengan rentan waktu yang Anda rasa ideal. Yang terpenting, waktu jeda untuk istirahat tidak lebih banyak ketimbang waktu belajar. 

3. Ambil Jeda Istirahat yang Sesuai dan Lakukan Aktivitas Menarik

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam teknik pomodoro terdapat waktu istirahat yang berdurasi normalnya 5 menit. Jadi, saat timer belajar sudah berbunyi, selama 5 menit Anda bisa melakukan aktivitas menarik yang Anda suka. Jangan lupa juga untuk menyalakan timer selama aktivitas ini berlangsung agar Anda tidak kelupaan untuk kembali belajar.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama rentan waktu 5 menit yaitu bercengkrama dengan orang terdekat, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.

4. Lakukan Kegiatan Di Atas Sebanyak Empat Kali

Cara terakhir yaitu mengulang semua kegiatan di atas sebanyak empat kali. Nah, ketika sudah Anda lakukan selama empat kali, berikutnya Anda bisa mengambil jeda istirahat lebih lama sekitar 15-30 menit. Anda bisa menggunakan waktu tersebut untuk makan, melihat video kesukaan, ataupun tidur sejenak. Ingat, pastikan untuk tidak lupa menyalakan timer, ya! 

Mengapa Teknik Pomodoro Dianggap Efektif Untuk Diterapkan?

Salah seorang penulis lepas bernama Kat Boogard menceritakan pengalamannya menerapkan metode pomodoro saat ia masih bekerja di The Muse.

Mulanya Kat cukup skeptis dengan tips dan trik meningkatkan fokus dan produktivitas kerja. Baginya, cara paling ampuh untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif yaitu dengan cara membuat to do list dan berusaha kerasa menyelesaikan daftar yang ada.

Sampai suatu ketika Kat mulai tertarik dengan teknik pomodoro dan mencobanya. Setelah mencobanya, Kat berpendapat jika teknik yang satu ini berbeda dari teknik lainnya. Menurut nya, teknik yang satu ini lebih berfokus pada pemanfaatan waktu sebaik-baiknya.

Karena bagi Kat, teknik yang berfokus pada waktu ini memberikan stimulus atau pacuan berupa ‘tekanan’ akibat adanya keterbatasan waktu dalam menyelesaikan suatu hal. Sehingga siapa saja yang menerapkannya akan lebih bisa fokus dan efektif memanfaatkan waktu yang dia miliki. Sebagai contoh menyelesaikan sebuah tugas dalam waktu 25 menit.

Kat juga berkata jika teknik pomodoro ini mampu membuatnya lebih bugar. Hal ini dikarenakan setiap 25 menit sekali dia punya waktu untuk lepas dari komputernya dan hal ini juga membuatnya tidak melulu duduk seharian.

Tidak hanya berbicara mengenai kelebihan, Kat juga memaparkan kekurangan yang ada pada teknik pomodoro. Menurut nya, teknik ini kurang cocok diterapkan saat meeting dimana kita tidak mungkin meminta izin di tengah-tengah meeting untuk sekedar beristirahat selama 5 menit.

Dari cerita di atas bisa kita tarik kesimpulan jika teknik pomodoro memiliki beberapa manfaat antara lain yaitu:

1. Meningkatkan Motivasi

2. Membantu Mencapai Target

3. Menghindari Adanya Multitasking

4. Mengoptimalkan Waktu yang Ada

5. Meminimalisir Terjadinya Distraksi

Rekomendasi Aplikasi Gratis Untuk Penerapan Teknik Pomodoro

Agar proses belajar maupun bekerja Anda lebih mudah untuk ditrack serta membiasakan diri dengan teknik belajar yang baru, beberapa aplikasi pendukung gratis berikut ini bisa diunduh dengan cuma-cuma. 

teknik pomodoro

1. Focus To-Do: Pomodoro & Tasks

Tersedia di Play Store dan App Store

2. Forest: Focus for Productivity

Tersedia di Play Store

3. Pomodoro Timer

Tersedia di Play Store

4. Pomodoro Timer Lite

Tersedia di Play Store

5. Minimalist Pomodoro Timer - Go

Tersedia di Play Store

 

Sobat BFI, demikian penjelasan mengenai Belajar Lebih Mudah dan Efektif Dengan Teknik Pomodoro, Begini Caranya. Teknik ini sudah banyak digunakan dan terbukti efektif, Anda bisa langsung mencobanya di rumah ataupun tempat lainnya. Dengan adanya penerapan metode ini diharapkan Anda bisa menghindari multitasking dan memotivasi diri Anda untuk selalu semangat dalam menyelesaikan segala sesuatunya.

Butuh pinjaman dana cepat untuk beragam kebutuhan finansial Anda? Apapun itu kebutuhannya, ajukan pinjaman di BFI Finance saja! Beragam keperluan dapat kami bantu mulai dari modal usaha, dana pendidikan, investasi, gaya hidup, dan lain-lain.

Informasi lebih lanjut dapat Anda peroleh melalui laman web di bawah ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

 

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya hanya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat. Sampai ketemu lagi di artikel berikutnya!

Kategori : Gaya Hidup