Bisnis

Tips Sukses Usaha Konter Pulsa dan Cara Mudah Mendapatkan Modalnya!

Admin BFI
11 October 2022
47963
Tips Sukses Usaha Konter Pulsa dan Cara Mudah Mendapatkan Modalnya!

Usaha konter pulsa adalah salah satu usaha yang cukup prospektif. Sebab, kebutuhan akan smartphone dan penggunaannya sangat lekat dengan keseharian kita.

Hal ini membuat para pengguna smartphone akan terus menerus membutuhkan pulsa, kuota, dan produk penunjang lainnya.

Berangkat dari kondisi ini, tentunya membuka usaha konter pulsa bisa jadi ide bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan buat Anda.

Sebelum memulai, perhatikan dulu tips dan estimasi keuntungan usahanya lewat informasi berikut ini, ya!

 

Tips Sukses Usaha Konter Pulsa Ala BFI Finance

Memulai usaha konter pulsa boleh dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, usaha yang satu ini memiliki banyak kompetitor, bahkan hampir di setiap sudut lokasi yang ada.

Maka dari itu, supaya usaha konter pulsa Anda mampu bersaing dengan baik dan memperoleh banyak keuntungan, pastikan Anda mengikuti tips berikut ini.

1. Tentukan Model Usaha

Usaha konter pulsa adalah salah satu jenis usaha yang fleksibel. Sebab, untuk memulai usaha ini bisa dimulai dari modal kecil sampai besar. Tergantung dari model usaha seperti apa yang akan Anda terapkan.

Misalnya Anda hanya ingin fokus berjualan pulsa dan kuota provider tertentu. Nah, modal yang diperlukan tentu tidak harus banyak. Bahkan, jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menjualnya tanpa sewa tempat sekalipun! Cukup bermodalkan HP dan gencar promosi dari mulut ke mulut ataupun secara online.

Lain halnya jika Anda berencana berjualan pulsa secara offline. Tentunya modal yang harus dipersiapkan relatif lebih banyak. Modal tersebut akan digunakan untuk sewa tempat usaha, spanduk atau banner konter, meja etalase, aksesoris HP, kartu perdana, dan lain-lain.

Jadi, sebelum memulai usaha konter pulsa pastikan Anda sudah memikirkan model usahanya terlebih dahulu, ya!

2. Pilih Distributor Terpercaya

Memilih distributor terpercaya merupakan satu hal krusial dalam memulai usaha konter pulsa. Pastikan untuk memilih distributor pulsa elektronik yang memiliki track record bagus, terpercaya, dan menjual harga pulsa terjangkau. Jadi, bukan hanya mudah untuk menjualnya, Anda juga bisa memperoleh keuntungan yang lumayan.

Sebagai tambahan tips terkait pemilihan distributor, Anda bisa mengumpulkan beberapa distributor ternama lalu mensortir setiap keuntungan dan kekurangan dari masing-masing distributor tersebut.

3. Sewa Tempat yang Strategis

Memulai usaha konter pulsa memang bisa dilakukan di mana saja, bahkan dari rumah Anda sekalipun. Tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menjualnya sambil rebahan atau secara online.

Walaupun terkesan mudah, jika Anda berencana untuk membuka konter milik pribadi, pastikan untuk memilih tempat usaha yang strategis.

Poin-poin berikut ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum menyewa ruko atau memilih tempat usaha:

  • Pastikan tempat yang dipilih berlokasi tidak jauh dari pusat keramaian
  • Banyak orang yang berlalu lalang di sekitaran lokasi
  • Terdapat tempat parkir yang memadai
  • Area bebas banjir dan terhindar dari tempat yang rawan akan pencurian

usaha konter pulsa

Image Source: Twitter/GrabKios

4. Jual Dengan Harga Wajar

Konter pulsa bisa dengan mudah kita temui di mana saja. Nah, salah satu jalan yang bisa Anda tempuh untuk menarik pembeli yaitu dengan cara menjualnya dengan harga wajar atau lebih murah dari kompetitor sekitar Rp500 - Rp1.000. Di sinilah pentingnya memilih distributor yang sesuai demi keberlangsungan usaha Anda.

5. Jual Aksesoris HP dan Kebutuhan Lainnya

Berjualan pulsa dan kuota mungkin hanya menghasilkan untung yang tidak seberapa. Nah, untuk mensiasati hal ini dan meraup banyak keuntungan dari usaha konter pulsa, Anda bisa juga menjual kebutuhan smartphone lainnya.

Misalnya aksesoris HP seperti kabel charger, kepala charger, tempered glass, case HP dengan beragam pilihan, sampai dengan menjual HP keluaran terbaru jika memungkinkan.

Carilah distributor aksesoris HP yang terpercaya dan menjual beragam produk dengan harga grosir yang murah. Setelah itu, Anda bisa menyediakan aksesori HP dengan 3 kualitas berbeda. Yakni kualitas bagus, sedang, dan kualitas murah. Jadi, nanti para pelanggan bisa memilih sendiri sesuai dengan keinginan mereka.

6. Rajin Promosi

Mustahil agaknya suatu usaha bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya promosi. Di era yang serba digital ini, Anda bisa melakukan promosi dengan beragam cara. Mulai dari yang berbayar sampai dengan promosi yang bersifat gratis.

Sebagai contoh Anda bisa membuat akun sosial media untuk konter pulsa Anda. Setelah itu Anda bisa mulai berjualan dengan memposting jualan Anda atau melakukan soft selling agar lebih banyak audience yang mengikuti akun Anda.

Di samping itu Anda juga bisa ikut bergabung dengan penjual lainnya untuk berjualan di marketplace. Jangan lupa untuk menyematkan foto produk yang Anda jual, jam buka, keterangan produk, dan lain sebagainya.

Adapun strategi lainnya yang bisa Anda coba untuk melakukan promosi usaha konter pulsa yakni dengan memanfaatkan strategi promosi seperti word of mouth dan endorse.

Nah, untuk promosi secara offline yang bertujuan untuk menarik masyarakat sekitar, Anda bisa memasang spanduk, lampu-lampu, dan aksesoris pendukung lainnya agar terlihat seperti konter pulsa pada umumya.

7. Hindari Konsumen yang Ingin Berhutang

Omzet bulanan yang didapatkan dari membuka usaha konter pulsa memanglah menggiurkan. Namun, jangan sampai Anda lengah dan membiarkan orang lain berhutang pada Anda. Apalagi jika modal usaha yang Anda miliki cukup terbatas.

Coba pikirkan baik-baik, jika ada orang yang berhutang pulsa senilai Rp5.000 secara terus menerus, bukan tidak mungkin keuntungan bulanan yang Anda miliki jadi berkurang dan lantas merugi.

Oleh karenanya, jangan pernah membiarkan siapa saja untuk berhutang, tak terkecuali orang terdekat supaya penghasilan yang ada bisa diputar untuk mengembangkan usaha Anda.

Jikalau nantinya Anda terpaksa memberikan hutang pulsa, jangan pernah ragu untuk menagih piutang yang menjadi hak Anda.

8. Pelayanan yang Ramah

Kualitas pelayanan yang baik adalah salah satu kunci usaha konter pulsa yang Anda jalankan bisa terus bertahan dan mendapat lebih banyak pelanggan. 

Pasalnya, tidak ada seorangpun yang tidak senang diperlakukan dengan baik dan disambut dengan ramah. Saat para pelanggan merasa puas dengan harga dan pelayanan yang Anda berikan, bukan tidak mungkin nantinya mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Jadi, pastikan untuk selalu ramah saat melayani pembeli, ya!

9. Sabar dan Konsisten

Sabar dan konsisten, dua hal tersebut nyaris tidak bisa dipisahkan dalam meraih kesuksesan berbisnis, khususnya usaha konter pulsa.

Meskipun keuntungan yang didapatkan dari berjualan pulsa dan aksesoris hp tidaklah banyak. Namun, jika usaha tersebut dijalakan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin usaha Anda bisa menjadi besar atau bahkan membuka cabang baru.

Selalu ingat, jika sesuatu yang berbuah manis selalu diawali dengan kerja keras tanpa rasa lelah dan tidak pernah putus asa.

Modal dan Estimasi Keuntungan Usaha Konter Pulsa

Semua tips usaha konter pulsa yang perlu Anda tahu sudah semua dipaparkan. Selanjutnya mari kita bahas terkait modal usaha yang dibutuhkan. Berapa besaran modalnya? Simak rincian berikut ini!

Modal Awal Usaha Konter Pulsa
Modal Awal
No Uraian Jumlah Harga Satuan Total Harga
1. Sewa Tempat Usaha Per Tahun 1 Rp6.500.000 Rp6.500.000
2. Meja Etalase 1 Rp1.400.000 Rp1.400.000
3. Kursi Plastik 4 Rp22.500 Rp90.000
4. Saldo Pulsa All Operator - Rp2.500.000 Rp2.500.000
5. Dekorasi Tempat Usaha - Rp500.000 Rp500.000
6. Banner 3X1 1 Rp52.300 Rp52.300
7. Aksesoris HP - Rp1.000.000 Rp1.000.000
Jumlah Rp12.042.300

 

Rincian modal di atas memanglah cukup besar. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa memulai usaha ini dengan modal yang lebih kecil. Perhitungan di atas lebih diperuntukan bagi siapa saja yang ingin memulai usaha tersebut secara offline dan berlokasi di tempat yang strategis.

 

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Modal 10 Juta. Tertarik Untuk Mencoba?

 

Cara Mendapatkan Modal Usaha di BFI Finance

Tertarik untuk memulai usaha konter pulsa? BFI Finance menyediakan peminjaman modal dengan pencairan dana yang cepat dan mudah untuk kebutuhan usaha Anda!

Anda tidak perlu khawatir karena BFI Finance sudah terverifikasi oleh OJK. Pasti aman dan lancar! Untuk pengajuan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dapat diakses melalui link di bawah ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance dan wujudkan impian Anda untuk memiliki bisnis sendiri!

Dapatkan informasi menarik seputar keuangan, bisnis, pinjaman, dan lainnya di BFI Blog. Sampai ketemu lagi artikel kami selanjutnya. Salam bisnis!

 

Selalu ada jalan bersama BFI Finance.

 

Kategori : Bisnis