Bisnis

Tips dan Keuntungan Memulai Usaha Air Minum Isi Ulang yang Ramai

Admin BFI
21 June 2024
552
Tips dan Keuntungan Memulai Usaha Air Minum Isi Ulang yang Ramai

Usaha air minum isi ulang atau depot air minum isi ulang kini semakin diminati sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan kebutuhan akan air bersih yang terjangkau, bisnis ini menawarkan prospek yang cerah. Namun, seperti halnya usaha lain, menjalankan bisnis air minum isi ulang memerlukan strategi yang tepat dan persiapan yang matang.

 

 

1. Keuntungan Usaha Air Minum Isi Ulang

Berikut adalah beberapa keuntungan utama dari membuka usaha air minum isi ulang:

 

1.1 Melestarikan Lingkungan

Salah satu keuntungan utama dari usaha air minum isi ulang adalah kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, usaha ini membantu mengurangi limbah plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Penggunaan galon isi ulang yang dapat digunakan berulang kali membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan setiap hari. Dengan demikian, usaha air minum isi ulang tidak hanya menguntungkan dari segi bisnis tetapi juga berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan.

 

1.2 Memberi Kesempatan Masyarakat Hemat Pengeluaran

Air minum isi ulang menawarkan alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli air minum kemasan. Dengan harga yang lebih murah, masyarakat dapat menghemat pengeluaran mereka untuk kebutuhan air minum sehari-hari. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi keluarga besar atau mereka yang memiliki kebutuhan air minum yang tinggi. Usaha air minum isi ulang memberikan solusi praktis dan ekonomis bagi masyarakat untuk mendapatkan air minum berkualitas dengan harga yang terjangkau.

 

1.3 Termasuk Kebutuhan Sehari-hari

Air minum merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Oleh karena itu, usaha air minum isi ulang memiliki pasar yang luas dan stabil. Permintaan akan air minum yang berkualitas selalu ada, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang baik untuk jangka panjang. Konsumen akan selalu membutuhkan air minum, sehingga risiko penurunan permintaan relatif rendah.

 

1.4 Tidak Perlu Keahlian Khusus

Salah satu keuntungan lainnya adalah usaha ini tidak memerlukan keahlian khusus atau pendidikan tinggi. Dengan mengikuti pelatihan singkat dan memahami prosedur operasional standar, siapa saja bisa menjalankan bisnis ini. Hal ini membuat usaha air minum isi ulang menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memulai bisnis dengan keterampilan dasar dan modal pengetahuan yang cukup.

 

1.5 Keuntungan yang Menjanjikan

Dengan biaya operasional yang rendah, usaha air minum isi ulang dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Harga jual air minum isi ulang yang kompetitif memungkinkan Anda untuk menarik banyak pelanggan dan mendapatkan margin keuntungan yang baik. Selain itu, biaya produksi yang rendah membantu meningkatkan profitabilitas bisnis ini.

 

1.6 Tidak Perlu Tempat Luas

Usaha air minum isi ulang tidak memerlukan tempat yang luas untuk beroperasi. Anda bisa memulai bisnis ini dengan ruang yang terbatas, seperti garasi atau bagian depan rumah. Yang penting adalah memastikan tempat tersebut bersih dan memenuhi standar higienitas. Dengan memanfaatkan ruang yang ada, Anda bisa menghemat biaya sewa tempat dan fokus pada pengembangan bisnis.

 

2. Tips Sukses Membuka Usaha Air Minum Isi Ulang

Agar sukses dalam usaha air minum isi ulang, ada beberapa langkah penting yang perlu diikuti. Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu Anda dalam memulai dan menjalankan usaha air minum isi ulang:

 

2.1 Cari Supplier Air Bersih atau Sumber Mata Air

Kualitas air adalah faktor utama dalam bisnis air minum isi ulang. Pastikan Anda memiliki sumber air bersih yang dapat diandalkan. Anda bisa bekerja sama dengan PDAM setempat atau mencari sumber mata air yang memenuhi standar kesehatan. Lakukan uji kualitas air secara berkala sangat penting untuk memastikan bahwa air yang Anda jual aman dan layak dikonsumsi.

 

2.2 Urus Perizinan

Sebelum memulai usaha, pastikan Anda telah mengurus semua perizinan yang diperlukan. Perizinan ini meliputi izin usaha, izin dari Dinas Kesehatan, dan izin lingkungan jika diperlukan. Memiliki izin resmi tidak hanya membuat bisnis Anda legal tetapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Anda.

 

2.3 Siapkan Peralatan yang Lengkap

Investasi dalam peralatan yang lengkap dan berkualitas adalah kunci kesuksesan. Peralatan yang dibutuhkan antara lain mesin filter air, galon, dispenser, dan alat sterilisasi. Pastikan peralatan tersebut dalam kondisi baik dan terawat dengan baik untuk menjaga kualitas air yang Anda jual.

 

2.4 Promosi ke Warga Sekitar

Promosi yang efektif akan membantu menarik pelanggan ke bisnis Anda. Gunakan media sosial, brosur, dan iklan lokal untuk memperkenalkan usaha air minum isi ulang Anda. Berikan informasi tentang manfaat air minum isi ulang dan harga yang kompetitif. Promosi dari mulut ke mulut juga sangat efektif, jadi pastikan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan puas dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

 

2.5 Jaga Kebersihan dan Higienitas Tempat

Kebersihan dan higienitas adalah hal yang tidak bisa ditawar dalam bisnis air minum isi ulang. Pastikan tempat usaha Anda selalu bersih dan steril. Gunakan peralatan kebersihan yang sesuai dan lakukan pembersihan secara rutin. Konsumen akan lebih percaya dan loyal jika mereka yakin bahwa air minum yang mereka beli diproses dalam lingkungan yang bersih dan higienis.

 

2.6 Berikan Harga yang Kompetitif dan Sesuai dengan Kualitas

Menawarkan harga yang kompetitif adalah strategi yang efektif untuk menarik pelanggan. Namun, jangan mengorbankan kualitas demi harga murah. Pastikan harga yang Anda tawarkan sebanding dengan kualitas air yang Anda jual. Pelanggan lebih cenderung loyal jika mereka merasa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang wajar.

 

2.7 Jalin Kerjasama dengan Toko dan Warung Sekitar

Menjalin kerjasama dengan toko dan warung di sekitar lokasi usaha Anda bisa meningkatkan penjualan. Anda bisa menawarkan mereka untuk menjadi agen atau reseller air minum isi ulang Anda. Selain itu, jalin kerjasama dengan instansi atau perkantoran untuk menyediakan air minum bagi karyawan mereka. Dengan memperluas jaringan distribusi, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

 

2.8 Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik dapat menjadi faktor penting mensukseskan usaha air minum isi ulang. Pastikan Anda atau karyawan yang menjaga usaha air minum Anda bersifat ramah dan sopan kepada pelanggan. Pastikan Anda juga menanggapi pertanyaan serta keluhan pelanggan dengan cepat dan sopan atau responsif. Selain itu, tawarkan layanan antar galon gratis kepada pelanggan yang berlokasi dekat tempat usaha Anda. Hal ini memberikan nilai tambah pelanggan serta meningkatkan kepuasan mereka. Layanan online melalui media sosial juga dapat memudahkan pelanggan untuk memesan air minum tanpa harus mendatangi tempat usaha Anda.

 

2.9 Menjual Produk Tambahan

Selain air minum isi ulang, Anda juga dapat menjual produk-produk lain yang berkaitan dengan usaha air minum isi ulang Anda. Produk seperti es batu dan aksesoris air minum seperti dispenser, pompa galon, atau filter air minum dapat menjadi pilihan utama Anda. Selain itu, Anda juga dapat berjualan makanan dan minuman ringan. Dengan begitu, pelanggan akan berpotensi kembali ke tempat usaha Anda untuk membeli produk-produk lain. Ini akan menambah omzet dari usaha Anda, walaupun sedikit.

 

Baca Juga: Kiat Sukses Usaha Laundry dengan Modal Dibawah Rp 10 Juta

 

3. Tantangan Usaha Air Minum Isi Ulang

usaha air minum isi ulang

Image Source: Freepik

 

Meskipun usaha air minum isi ulang memiliki banyak keuntungan, tidak bisa dipungkiri bahwa ada tantangan yang harus dihadapi. Berikut adalah beberapa tantangan yang mungkin Anda temui dalam menjalankan bisnis ini:

 

3.1 Masyarakat Peka Kualitas Akhir

Konsumen semakin peka terhadap kualitas air yang mereka konsumsi. Mereka akan sangat selektif dalam memilih air minum, sehingga Anda harus memastikan kualitas air yang Anda jual selalu terjaga. Uji kualitas air secara berkala dan pastikan air yang Anda sediakan bebas dari kontaminan dan aman untuk dikonsumsi.

 

3.2 Kualitas Galon

Galon yang digunakan untuk mengisi air minum juga harus memenuhi standar kualitas. Galon yang tidak bersih atau berkualitas rendah dapat mempengaruhi rasa dan keamanan air minum. Pastikan Anda selalu menggunakan galon yang bersih dan dalam kondisi baik. Proses pembersihan galon yang tepat sebelum digunakan kembali juga sangat penting.

 

3.3 Proses Pengiriman

Pengiriman air minum isi ulang ke pelanggan bisa menjadi tantangan tersendiri. Pastikan Anda memiliki sistem pengiriman yang efisien dan tepat waktu. Keterlambatan atau masalah dalam pengiriman bisa menurunkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda. Investasikan dalam kendaraan dan sumber daya yang memadai untuk memastikan pengiriman berjalan lancar.

 

3.4 Persaingan yang Ketat

Usaha air minum isi ulang merupakan bisnis yang cukup diminati, sehingga persaingan bisa sangat ketat. Anda harus memiliki strategi yang baik untuk bersaing dengan usaha sejenis. Fokus pada kualitas, pelayanan, dan inovasi untuk membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan juga penting untuk memenangkan persaingan.

 

3.5 Menjaga Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis apa pun. Pastikan Anda selalu memberikan pelayanan terbaik dan mendengarkan masukan dari pelanggan. Tanggap terhadap keluhan dan berikan solusi yang cepat dan tepat. Pelanggan yang puas akan lebih loyal dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

 

3.6 Modal Awal Cukup Besar

Walaupun biaya operasional dari usaha air minum isi ulang relatif murah, modal awal dari usaha ini tidak. Terutama untuk membeli peralatan dan mengurus perizinan. Anda harus mempersiapkan anggaran yang cukup dan mengelola keuangan dengan baik. Cari sumber pendanaan yang tepat jika diperlukan, seperti pinjaman usaha atau investasi dukungan pembiayaan dari pihak ketiga. Salah satu lembaga pembiayaan yang dapat Anda pertimbangkan adalah BFI Finance.

 

Baca Juga: Usaha Jus Buah; Dari Tips Usaha Sampai Dengan Omzet Bulanan

 

4. Estimasi Modal Awal Usaha Air Minum Isi Ulang

Jika Anda tetap tertarik untuk melaksanakan usaha air minum isi ulang, berikut estimasi rincian modal usaha air isi ulang awal yang perlu Anda keluarkan dan perkiraan laba bersih yang Anda dapatkan:

 

4.1 Modal Awal

  1. Paket mesin air isi ulang                     : Rp 25.000.000
  2. Galong kosong 20 (xRp 35.000)        : Rp 700.000
  3. Keranjang galon                                  : Rp 500.000
  4. Tutup galon dan tisu                           : Rp 100.000
  5. Meja dan kursi kasir                            : Rp 550.000

Total Estimasi Modal Awal                          : Rp 25.000.000 + Rp 700.000 + Rp 500.000 + Rp 100.000 + Rp 550.000 = Rp 26.850.000

 

Adapun total biaya tidak termasuk biaya sewa lokasi dan perizinan dengan asumsi Anda telah memiliki tempat dan mengurus perizinan.

 

4.2 Biaya Operasional

  1. Pembelian air per bulan                      : Rp 1.500.000
  2. Penggantian filter                                : Rp 150.000
  3. Listrik per bulan                                  : Rp 200.000
  4. Kebutuhan tidak terduga                    : Rp 400.000

Total Biaya Bulanan                                     : Rp 1.500.000 + Rp 150.000 + Rp 200.000 + Rp 400.000 = Rp 2.250.000

 

4.3 Perhitungan Laba per Bulan

Jika Anda menjual air per galon Rp 5 ribu dengan penjualan rata-rata 80 galon per hari, maka perhitungannya adalah:

 

Rp 5.000 x 80 galon = Rp 400.000 per hari

 

Dengan begitu, rata-rata pendapatan per bulan adalah Rp 400.000 x 30 hari = Rp 12.000.000

 

4.3 Laba Bersih

Rumus laba bersih: Pendapatan per bulan - Biaya Operasional

= Rp 12.000.000 - Rp 2.250.000 = Rp 9.750.000

 

Sobat BFI, membuka usaha air minum isi ulang memang memiliki banyak keuntungan, tetapi juga diiringi dengan tantangan yang harus dihadapi. Dengan perencanaan yang matang, pengelolaan yang baik, dan fokus pada kualitas serta pelayanan, Anda bisa meraih kesuksesan dalam bisnis ini. Selalu berinovasi dan beradaptasi dengan kebutuhan pasar untuk memastikan bisnis Anda terus berkembang dan berkelanjutan.

 

Seperti yang telah diketahui, membuka usaha air minum isi ulang memerlukan modal awal yang cukup besar. Dengan begitu, Anda harus memikirkan bagaimana Anda mendapatkan modal tersebut. Jika Anda tidak memiliki tabungan yang cukup, BFI Finance dapat membantu Anda mendapatkan modal tersebut dengan waktu yang singkat asalkan memenuhi kelengkapan semua persyaratan!

 

BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk modal usaha Anda. Anda dapat memperoleh  pinjaman hingga Rp 2 miliar! Dengan suku bunga yang kompetitif, BFI Finance bisa menjadi solusi modal usaha minum isi ulang Anda. Langsung ajukan pinjaman Anda hanya di BFI Finance!

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis