Bisnis

Tipe Pengusaha Berdasarkan Kepribadian dan Jenis Usaha, yang Manakah Anda?

Admin BFI
28 October 2022
13937
Tipe Pengusaha Berdasarkan Kepribadian dan Jenis Usaha, yang Manakah Anda?

Ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dunia wirausaha, tentunya Anda akan menemui bermacam-macam orang. Dengan kemampuan yang berbeda-beda, mereka menjalankan bisnisnya dengan berbagai macam cara. Terlepas dari itu, inilah 4 tipe pengusaha yang mungkin tanpa sadar sering Anda temui di lapangan pekerjaan. Nah, jika Anda berniat untuk terjun ke dunia wirausaha, tak ada salahnya mengetahui termasuk tipe yang manakah Anda. Dengan mengetahui Anda termasuk tipe pengusaha yang mana, Anda lebih bisa menyusun strategi untuk mempertahankan bisnis Anda dengan bekerja sesuai dengan kepribadian Anda. 

 

Definisi Pengusaha

Menurut KBBI, pengusaha adalah orang yang mengusahakan (perdagangan, industri, dan sebagainya); orang yang berusaha di bidang perdagangan; saudagar, usahawan.

Sedangkan menurut pakar ilmu manajemen, Robbin & Coulter, definisi pengusaha adalah suatu kelompok atau individu yang dapat membuat sebuah peluang atau kesempatan menjadi sebuah keuntungan bagi semua pihak yang terlibat didalamnya.

Menjadi seorang pengusaha identik dengan karakter kerja keras, disiplin, dan tanggung jawabnya. Karena memang menjadi seorang pengusaha dituntuk untuk belajar melalui proses yang naik turun. Di era yang semakin kompetitif ini, seorang pengusaha juga harus mampu beradaptasi dan memiliki inovasi yang tinggi agar dapat bersaing dengan baik.

Tipe Pengusaha Berdasarkan Jenis Kepribadian

Kenali 4 tipe atau karakter pengusaha berdasarkan jenis kepribadian berikut ini, manakah yang paling merepresentasikan diri Anda?

1. Innovator

Apakah Anda suka menciptakan sesuatu yang baru? Misalnya, resep makanan baru atau konsep bisnis yang berbeda dari yang ada sebelumnya. Jika iya, Anda termasuk tipe pengusaha innovator. Pengusaha tipe innovator cenderung mengedepankan inovasi dan terobosan baru untuk diaplikasikan ke bisnis mereka. Contohnya adalah bisnis kuliner kekinian. 

Melahirkan ide-ide baru tentunya bagus bagi perkembangan bisnis Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda tetap harus fokus dengan apa yang sudah dijalani ketimbang terus-menerus berfokus untuk menciptakan sesuatu yang baru. 

2. Peniru

Tipe pengusaha peniru menjalankan bisnisnya dengan meniru konsep bisnis yang sudah sukses, lalu memperbaiki kesalahan yang ada dari konsep tersebut. Setelah meniru konsep yang ada, mereka membuat produk yang lebih baik dan bisa bersaing di pasar.

Jika Anda merupakan tipe pengusaha ini, disarankan bahwa Anda meniru konsep bisnis yang telah sukses dari daerah yang lebih maju agar bisa diaplikasikan di daerah Anda. 

3. Spesialis

Apabila Anda memiliki keahlian dalam bidang khusus, maka Anda termasuk dalam tipe pengusaha spesialis. Umumnya, seseorang dengan keahlian khusus setia pada satu jenis usaha dalam jangka waktu yang lama. Dengan ini, mereka bisa fokus mengembangkan usahanya dalam jangka waktu yang cukup panjang. Contohnya adalah seseorang dengan keahlian desain, perbankan, teknologi, dan lainnya. 

4. Visioner

Apabila Anda selalu memiliki rencana untuk beberapa bulan ke depan untuk bisnis Anda, maka Anda adalah tipe visioner. Pengusaha dengan tipe ini cenderung memiliki strategi yang sudah disesuaikan dengan visi mereka ke depan, baik itu untuk jangka pendek maupun panjang. Termasuk juga rencana cadangan untuk mengantisipasi kegagalan.

Tipe pengusaha

Tipe-tipe pengusaha. Image Source: Unsplash/Maranda Vandergriff

Tipe Pengusaha Berdasarkan Jenis Usaha

Selain dibedakan menjadi jenis kepribadiannya, pengusaha juga dibedakan berdasarkan jenis usahanya. Berikut selengkapnya:

1. Pengusaha Besar

Tipe pengusaha berdasarkan jenis usaha yang pertama adalah tipe pengusaha besar. Pengusaha besar adalah umumnya individu atau kelompok yang memiliki usaha yang cukup dikenal oleh masyarakat dan telah didirikan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pengusaha besar biasanya sudah memiliki karyawan yang membantu untuk mengelola usaha tersebut. Seorang pengusaha besar tidak harus memantau operasional kerja setiap harinya.

2. Pengusaha Bisnis Kecil

Tipe pengusaha ini juga termasuk kedalam jenis usaha mikro dan usaha kecil. Contoh dari jenis usaha ini adalah usaha industri rumahan, kerajinan tangan, mini market, pedagang kaki lima, dan lain-lain. Jenis usaha kecil ini juga dibedakan berdasarkan jumlah karyawannya. Biasanya terdiri kurang dari 10 orang atau bahkan masih mengelola secara sendiri.

3. Pengusaha Online

Pengusaha online adalah tipe pengusaha yang menjual barang atau jasanya melalui media daring. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin digital, dapat dikatakan hampir seluruh jenis usaha dapat diperjualbelikan secara online. Namun, kelebihan ini menjadikan oknum tidak bertanggungjawab melakukan berbagai kejahatan digital.

Cara pengusaha online menjual barang atau jasanya dapat melalui berbagai cara yaitu:

1. Website

2. Media Sosial

3. E-commerce (Seperti Tokopedia, Lazada, dll)

4. Pengusaha Influencer

Sementara itu, influencer adalah jenis pengusaha yang menjual jasa untuk memasarkan produk atau jasa milik orang lain. Influencer umumnya memiliki audiens atau followers yang loyal. Sehingga, melalui influencer para pemilik brand percaya akan dapat meningkatkan brand awareness bahkan penjualan produk atau jasa mereka. Influencer biasanya akan memasarkan produk atau jasa menggunakan media sosial, website (blogging), youtube (video), atau podcast (audio).

5. Investor

Jenis pengusaha terakhir yang dibedakan berdasarkan jenis usaha yaitu investor. Seorang investor pada awalnya termasuk kedalam pengusaha bisnis kecil maupun besar. Seorang investor biasanya telah memiliki penghasilan dari aktivitas usahanya yang besarannya lebih dari cukup. Dari penghasilan tersebut, selanjutnya seorang investor akan menanamkan modalnya ke perusahaan lain yang dianggap memiliki prospek bisnis yang cerah.

Contoh Pengusaha Sukses di Indonesia yang Bisa Jadi Inspirasi

Berikut adalah contoh pengusaha sukses Indonesia yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin terjun sebagai pengusaha. Simak cerita inspiratifnya berikut ini. 

1. Nadiem Makarim

Siapa yang tidak mengetahui sosok inspiratif yang satu ini? Nadiem Makarim adalah salah satu pendiri perusahaan transportasi online pertama di Indonesia, Gojek. Nadiem merupakan lulusan dari Harvard University dengan gelar MBA (Master of Business Administration). Kisahnya menjadi pendiri start-up yang saat ini berstatus decacorn tentunya harus melalui proses yang panjang. Mulai dengan menjadi consultant di McKinsey, Co-Founder di Zalora Indonesia, dan Chief Innovation Officer di Kartuku.

Ide mendirikan Go-Jek bermula ketika Nadiem merasa perlu sistem transportasi yang cepat untuk mendukung mobilitas tingginya. Berawal dari 20 driver Gojek saat awal berdirinya, hingga saat ini Gojek sudah memiliki ratusan ribu driver yang loyal dan tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini, Nadiem menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Pengusaha Nadiem Makarim

Nadiem Makarim. Image Source: kuyou.id

2. Susi Pudjiastuti

Profil pengusaha inspiratif berikutnya adalah Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Periode 2014 – 2019, Ibu Susi Pudjiastuti. Sebelum Ia menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti merupakan pebisnis handal di bidang perikanan dan aviasi.

Perjalanan bisnisnya bermula pada tahun 1983 ketika Ia menjadi pengepul ikan di Pangandaran. Dengan modal Rp 750.000 yang merupakan hasil dari penjualan perhiasan pribadi miliknya, Ia gunakan sebagai modal awal bisnis pengepul ikan tersebut. Awal mula berbisnis pastinya mengalami fase yang tidak mengenakkan, seperti Ia harus menjual ikan di sekeliling pantai menggunakan sepeda. Namun, berkat kerja keras dan sifat pantang menyerahnya, Ia berhasil mendirikan pabrik pengolahan ikan pada tahun 1996 yang bernama PT. ASI Pudjiastuti Marine Product.

Sukses menjalankan bisnis di bidang perikanan, Susi Pudjiastuti mengembangkan bisnis di industri lainnya yaitu industri aviasi. Pada tahun 2004, Ia mendapatkan pinjaman dari Bank Mandiri sebesar USD 4,7 Juta atau Rp 47 Miliar yang kemudian Ia gunakan untuk membangun landasan terbang pesawat dan membeli pesawat Cessna Grand Caravan senilai Rp 20 Miliar. Pada awalnya bisnis aviasi tersebut berfokus untuk mengangkut hasil tangkapan dari laut antar wilayah di Indonesia maupun luar Indonesia sebagai komoditi ekspor. Seiring berjalannya waktu, bisnis aviasi tersebut berkembang menjadi bisnis penerbangan komersial yang melayani penerbangan beberapa wilayah tertentu di Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan, bisnis aviasi yang kita kenal tersebut bernama Susi Air.

Pengusaha Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti. Image Source: Pikiran Rakyat

3. William Tanuwidjaja

Beralih ke profil pengusaha inspiratif berikutnya yang merupakan pendiri salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, William Tanuwidjaja. Ia lahir dan tumbuh dari keluarga yang biasa-biasa saja, tetapi tidak membuat pria kelahiran Medan 41 tahun yang lalu ini patah semangat dalam belajar dan bekerja. Hingga suatu saat, Ia memiliki ide untuk mendirikan salah satu platform jual beli online terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Ide mendirikan Tokopedia datang dari momen saat Ia menjadi moderator pada forum online Kafegaul yang memiliki fitur jual beli. Saat itu, Ia ingin mendirikan platform yang menghubungkan antara pembeli dan penjual dari seluruh Indonesia secara online. Dengan background pendidikan IT yang dimilikinya menjadi bekal dan kepercayaan diri untuk mewujudkan mimpinya tersebut.

Berkat kegigihan dan kepintarannya, bersama dengan Gojek, kini Tokopedia menjadi salah satu start-up yang berstatus decacorn atau start-up yang memiliki valuasi sebesar US$ 10 Miliar.

Pengusaha Wiliam Tanuwidjaja

William Tanuwidjaja. Image Source: Detik

 

Itulah pemahaman mengenai tipe-tipe pengusaha dan beberapa contoh pengusaha sukses yang dapat menjadi inspirasi Sobat BFI sekalian yang ingin terjun di dunia wirausaha. Nah, jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha, Anda dapat mengajukan melalui BFI Finance ya! Cukup dengan jaminan BPKB Kendaraan maupun Sertifikat Rumah, Anda berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan tingkat suku bunga yang rendah dan approval yang cepat.

Informasi dan ketentuan lainnya terkait pengajuan pinjaman melalui BFI Finance dapat diakses pada tautan dibawah ini.

 

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

 

Mengetahui tipe pengusaha merupakan salah satu langkah penting untuk menyusun rencana bisnis yang cocok dengan kinerja Anda. Jadi, tipe pengusaha manakah Anda?

 

 

Kategori : Bisnis