Artikel

Mengenal Kegiatan Gadai Elektronik dan Barang yang Bisa Dijaminkan

2022-06-03 00:00:00 1138
Mengenal Kegiatan Gadai Elektronik dan Barang yang Bisa Dijaminkan

Sobat BFI! Pernahkan Anda mengalami kondisi dimana membutuhkan dana yang sangat darurat? Beberapa orang mungkin akan mencari pinjaman secara online,  menjual barang ataupun menggadaikan barang berharga di lembaga jasa keuangan. Kali ini, BFI Finance akan memberikan ulasan seputar kegiatan gadai. 

 

Pengertian Gadai 

Gadai elektronik - pengertian gadai

Gadai merupakan kegiatan meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan atau jaminan. Jika dalam waktu yang ditentukan barang tidak ditebus, maka barang akan menjadi hak dari yang memberikan pinjaman tak terkecuali lembaga pergadaian. 

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, gadai adalah hak tanggungan atas barang bergerak ; barang jaminan harus lepas dari kekuasaan debitur. 

Jenis Barang yang Bisa Digadaikan

Berbicara soal gadai, tidak semua barang bisa digadaikan lho Sobat BFI! Barang yang tidak bisa digadaikan antara lain barang milik pemerintah, barang inventaris, barang yang habis pakai dan barang yang sukar ditaksir nilainya seperti barang antik dan lukisan. Berikut adalah beberapa harta benda yang bisa digadaikan oleh Sobat BFI di lembaga pergadaian. 

Gadai Logam Mulia

Jenis logam mulia yang dapat digadaikan untuk mengajukan pinjaman antara lain intan, emas, berlian, intan, dan permata. Namun, untuk kebanyakan orang lebih sering menggadaikan logam mulia berupa perhiasan emas. Padahal, bentuk emas lain seperti emas batang juga dapat ditanggukan. 

Sertifikat 

Selanjutnya adalah sertifikat. Sobat BFI bisa mengajukan pinjaman di lembaga pergadaian dengan jaminan sertifikat. Adapun sertifikat yang ditanggukan berupa sertifikat tanah, bangunan, dan rumah. Beberapa orang menjaminkan sertifikat rumah untuk mendapatkan dana pinjaman dalam jumlah yang besar. 

Bukan hanya di lembaga pergadaian, Sobat BFI juga bisa mendapatkan pinjaman besar hingga Rp 3 miliar di BFI Finance. Ada 3 paket yang disediakan oleh BFI Finance seperti berikut. 

Paket Produktif

Paket ini ditunjukan untuk para pengusaha yang membutuhkan modal mulai dari 1 miliar dengan jaminan sertifikat rumah. Adapun syarat dokumen yang harus dimiliki seperti pembukuan atau invoice usaha 1 tahu terakhir, bukti pendapatan, rekening koran 6 bulan terakhir, SIUP/TDP, dan NPWP usaha. Untuk syarat profil diri dan rumah/ruko yang dijaminkan silakan cek informasinya pada tautan berikut ini

Paket Karyawan 

Selanjutnya adalah pinjaman dana besar dengan jaminan sertifikat rumah bagi yang berstatus sebagai karyawan atau pekerja swasta maupun BUMN. Paket karyawan ini memiliki beberapa keuntungan yaitu tenor yang panjang hingga 7 tahun berlaku bagi calon konsumen yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun dan minimal 1 tahun bekerja di perusahaan terakhir. Untuk informasi lebih lanjut, cek pada tautan berikut ini.

Paket Reguler 

Paket ini merupakan paket umum yang ada di BFI Finance. Dikhususkan untuk semua profesi baik karyawan maupun wiraswasta. Pencairannya hingga 3 miliar. 

Kendaraan 

Barang selanjutnya yang bisa digadaikan di lembaga pergadaian adalah kendaraan. Sobat BFI hanya perlu menyerahkan dokumen kepemilikan kendaraan seperti BPKB dan bukti pembelian jika ingin mengajukan pinjaman dengan gadai kendaraan. 

Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Gadai Elektronik 

Gadai elektronik - jenis barang yang bisa digadaikan

Yang terakhir adalah gadai elektronik dimana barang yang ditanggukan adalah barang elektronik seperti : 

  • Laptop

  • Kamera

  • Televisi

  • Play Station 

  • Handphone

  • Proyektor

  • Smartwatch 

  • Drone

  • Komputer

  • Keyboard 

Masing-masing barang elektronik tersebut akan ditaksir oleh kreditur atau pemberi pinjaman. Proses pengajuannya bisa langsung datang ke lembaga pergadaian atau pada beberapa lembaga pergadaian menyediakan layanan pengambilan barang elektronik. 

Keuntungan Gadai Elektronik 

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengajukan pinjaman melalui gadai elektronik seperti di bawah ini. 

Mudah dan Cepat 

Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dengan mudah dan cepat karena biasanya hanya perlu pengecekan terhadap kelayakan dari elektronik yang dimiliki. Pihak kreditur atau peminjam tidak perlu meminta dokumen lainnya yang perlu pengecekan ke beberapa instansi lainnya. Anda bisa mengajukan pinjaman dana melalui gadai elektronik secara online maupun datang ke gerai pergadaian terdekat. Perlu dicatat, pastikan untuk memilih lembaga pergadaian dengan bijak yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. 

Sistem Cicilan

Keuntungan selanjutnya adalah Anda dapat mengembalikan dana pinjaman dengan cara dicicil. Jangka waktu yang ditentukan biasanya maksimal 120 hari. Jika dalam periode tersebut cicilan Anda sudah lunas, maka Anda bisa melakukan peminjaman berulang dengan periode waktu yang telah ditentukan. 

Kekurangan Gadai Elektronik 

Bukan hanya keuntungan saja, ada beberapa kekurangan gadai elektronik yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman dengan menggadaikan barang. Apa sajakah kekurangannya? Simak infonya di bawah ini. 

Barang Tidak Bisa Digunakan Lagi 

Jika Anda berniat untuk mengajukan pinjaman dengan melakukan gadai elektronik, salah satu konsekuensi yang harus diterima adalah Anda tidak dapat menggunakan barang elektronik tersebut dikarenakan barang elektronik akan ditahan oleh pihak kreditur atau pemberi pinjaman sebagai jaminan. 

Anda bisa mendapatkan barang tersebut kembali setelah menyelesaikan kewajiban membayar cicilan atau angsuran pinjaman sesuai tenor atau periode pinjaman yang telah ditentukan dan disetujui kedua belah pihak. 

Harga Penyusutan 

Dikarenakan harga barang elektronik mengalami penyusutan nilai aset, maka besaran jumlah pinjaman yang diberikan tidak bisa sebanding atau kurang mendekati harga dari aset tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Anda belum menyelesaikan kewajiban cicilan padahal masa pinjaman atau tenor sudah pada akhir waktu, kreditur akan memberikan perpanjangan dengan catatan Anda harus membayarkan juga barang yang dijaminkan sesuai dengan nilai penyusutan atau sekitar 10-20%an. 

gadai elektronik

Itulah informasi mengenai kegiatan gadai dan gadai elektronik yang perlu Anda ketahui. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda memiliki barang elektronik lebih dari satu dan tidak digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari atau media mencari nafkah, pilihan gadai elektronik bisa jadi pilihan karena proses pinjaman yang cepat. Namun, jika barang elektronik yang akan ditangguhkan adalah barang yang dijadikan sebagai benda untuk bekerja, maka hal ini bisa dipertimbangkan. 

Ada pilihan lainnya seperti mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah. Hal tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan Anda karena barang yang dijaminkan hanya berupa dokumen kepemilikan bukan kendaraan atau rumahnya. 

Demikian informasi mengenai gadai spesifiknya mengenai gadai elektronik yang bisa jadi ilmu dan pengetahuan baru untuk Sobat BFI. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sumber: