Gaya Hidup

Lakukan Hal-Hal Ini untuk Dapat Kesan Pertama yang Baik di Kantor Baru

Admin BFI
19 October 2023
2024
Lakukan Hal-Hal Ini untuk Dapat Kesan Pertama yang Baik di Kantor Baru

Ketika Anda memulai pekerjaan baru, menciptakan kesan pertama yang baik di tempat kerja adalah kunci untuk membangun hubungan yang positif dengan rekan-rekan kerja dan atasan. Kesuksesan awal Anda di kantor baru dapat mempengaruhi pengalaman kerja Anda selama masa mendatang. Artikel ini akan membahas berbagai langkah yang dapat Anda lakukan untuk memberikan kesan pertama yang positif di kantor baru, termasuk di hari pertama kerja dan sebelum Anda memulai tugas resmi.

 

Baca Juga: Cara Ampuh Hilangkan Kantuk Saat Kerja

 

1. Ciptakan Kesan Positif di Hari Pertama Kerja

1.1 Inisiatif

Pada hari pertama kerja, tunjukkan inisiatif Anda dengan bersedia menerima tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Jangan duduk menunggu perintah, tetapi tanyakan kepada atasan atau rekan kerja Anda tentang cara Anda dapat berkontribusi pada tim. Berikan pesan bahwa Anda siap bekerja keras dan berdedikasi.

 

Anda dapat memulai dengan bertanya kepada atasan atau rekan kerja yang sudah berpengalaman tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan. Ini akan menunjukkan bahwa Anda ingin memahami peran Anda sebaik mungkin. Jika ada tugas-tugas kecil yang perlu diselesaikan, segera lakukan dengan semangat dan teliti. Inisiatif seperti ini akan memberikan kesan bahwa Anda adalah seseorang yang proaktif dan berniat serius dalam pekerjaan.

 

1.2 Jangan Segan Minta Bantuan

Tidak apa-apa jika Anda tidak tahu segalanya pada hari pertama. Justru, bertanya adalah langkah yang bijak. Jika Anda memerlukan bantuan atau penjelasan lebih lanjut mengenai tugas atau prosedur, jangan ragu untuk bertanya kepada rekan kerja atau atasan Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli untuk memahami peran Anda dengan baik.

 

Ketika Anda bertanya, pastikan untuk mendengarkan dengan baik dan mencatat instruksi atau penjelasan yang diberikan. Ini akan membantu Anda untuk tidak hanya sekedar bertanya, tetapi juga untuk benar-benar memahami bagaimana tugas-tugas tersebut harus diselesaikan. Jangan merasa malu atau takut terlihat tidak kompeten karena bertanya; justru, hal ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang peduli dengan kualitas kerja Anda.

 

1.3 Hafalkan Nama Rekan

Salah satu hal yang bisa memberikan kesan positif adalah dengan berusaha untuk menghafalkan nama-nama rekan kerja Anda. Ini mungkin memerlukan waktu, tetapi upaya ini sangat dihargai. Menggunakan nama seseorang saat berbicara dengan mereka menunjukkan perhatian dan rasa hormat Anda terhadap mereka.

 

Cara yang baik untuk menghafalkan nama-nama rekan kerja adalah dengan mencatatnya dan mengulanginya dalam benak Anda setiap kali Anda berbicara dengan seseorang. Selain itu, cobalah untuk melakukan percakapan santai dengan rekan kerja Anda untuk lebih mengenal mereka, termasuk tentang minat atau kegiatan di luar pekerjaan. Ini akan membantu Anda mengingat nama-nama mereka dengan lebih baik dan juga membangun hubungan yang lebih akrab.

 

1.4 Tunjukkan Sikap Positif

Sikap positif adalah kunci untuk menciptakan kesan pertama yang baik. Cobalah untuk selalu tersenyum, bersikap ramah, dan terbuka terhadap orang-orang di sekitar Anda. Jangan biarkan ketegangan atau kecemasan mengganggu sikap positif Anda. Orang yang optimis dan energik cenderung lebih disukai oleh rekan-rekan kerja dan memiliki dampak yang lebih positif di tempat kerja.

 

Jika Anda menghadapi situasi atau tugas yang sulit, berusaha untuk tetap tenang dan berpikir positif. Fokus pada solusi daripada masalah. Ketika Anda memiliki sikap positif, Anda juga akan menjadi sumber energi positif bagi orang lain di sekitar Anda. Hal ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang baik dan memperoleh dukungan dari rekan kerja.

 

Baca Juga: Simak Efek yang Terjadi Jika Terapkan Positive Thinking dalam Hidup

 

2. Siapkan Ini Sebelum Mulai Kerja

2.1 Alat Kerja

Pastikan Anda telah menyiapkan semua alat kerja yang Anda perlukan sebelum hari pertama. Hal ini termasuk membawa laptop, telepon, atau perangkat lain yang diperlukan untuk pekerjaan Anda. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan. Persiapan yang baik akan menghindari situasi stres di hari pertama.

 

Selain itu, pastikan Anda sudah memiliki akses ke perangkat lunak dan sistem yang diperlukan untuk pekerjaan Anda. Jika Anda memerlukan akses khusus atau perizinan, pastikan semuanya sudah disiapkan sebelum hari pertama kerja. Dengan memastikan semua alat kerja tersedia dan berfungsi, Anda akan dapat memulai tugas-tugas Anda dengan lancar.

 

2.2 Pelajari Materi

Jika Anda telah diberikan akses ke materi atau dokumen yang terkait dengan pekerjaan Anda sebelum hari pertama, luangkan waktu untuk mempelajarinya. Memahami lebih banyak tentang pekerjaan Anda sebelum Anda mulai dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan siap untuk tugas yang akan datang.

 

Mulailah dengan membaca dengan teliti semua materi yang telah Anda terima sebelum hari pertama kerja. Ini termasuk panduan perusahaan, prosedur operasional standar, atau materi pelatihan yang relevan. Informasi ini akan memberikan wawasan awal tentang perusahaan, budaya kerja, dan pekerjaan Anda.

 

Selain membaca materi, jadilah proaktif dalam memahami bagaimana informasi tersebut dapat diterapkan dalam pekerjaan Anda. Cobalah untuk merancang beberapa pertanyaan yang lebih mendalam tentang pekerjaan Anda berdasarkan materi yang telah Anda pelajari. Ini akan menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda benar-benar memahami dan tertarik untuk memberikan kontribusi yang bermakna.

 

2.3 Cara Menuju Kantor

Teliti semua opsi transportasi yang tersedia untuk mencapai kantor Anda. Ini mungkin mencakup transportasi umum seperti bus, kereta api, atau subway, atau menggunakan kendaraan pribadi. Ketahui jadwal dan rute transportasi umum jika Anda memilih opsi tersebut.

 

Hitung perkiraan waktu perjalanan dari tempat tinggal Anda ke kantor baru Anda. Ini akan membantu Anda membuat rencana perjalanan yang tepat waktu. Jika Anda menggunakan transportasi umum, pertimbangkan kemungkinan keterlambatan yang mungkin terjadi dan berangkat lebih awal jika perlu.

 

Jika memungkinkan, lakukan perjalanan uji coba beberapa hari sebelum hari pertama kerja. Ini akan membantu Anda menjadi lebih familiar dengan rute dan menghindari kebingungan pada hari pertama. Cobalah untuk mencari tahu lebih banyak tentang fasilitas parkir jika Anda menggunakan kendaraan pribadi.

 

Pastikan juga Anda memiliki nomor kontak yang diperlukan dalam perjalanan, seperti nomor telepon rekan kerja yang dapat dihubungi jika Anda menghadapi kendala dalam perjalanan. Dengan merencanakan perjalanan dengan baik, Anda dapat memastikan bahwa Anda tiba dengan tenang dan tepat waktu di kantor baru Anda, memberikan kesan positif sejak awal.

 

Baca Juga: Tips Ngirit di Kantor, Hilangkan Gengsi Bawa Bekal!

 

2.4 Tidur Cukup

Tidur yang cukup sangat penting sebelum hari pertama kerja. Cobalah untuk tidur cukup malam sebelumnya agar Anda merasa segar dan siap menghadapi hari yang sibuk. Kehabisan tidur dapat mempengaruhi kinerja dan sikap Anda di tempat kerja.

 

Pastikan untuk tidur dalam lingkungan yang nyaman dan tenang. Hindari begadang atau mengonsumsi minuman berkafein terlalu larut malam sebelum hari pertama kerja. Ketika Anda tidur dengan cukup, Anda akan memiliki energi dan fokus yang lebih baik untuk mengatasi semua tugas yang dihadapi.

 

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda memberikan kesan pertama yang positif di kantor baru Anda. Ini akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dengan rekan-rekan kerja, mengurangi tingkat stres, dan memulai pekerjaan baru Anda dengan keyakinan dan semangat yang tinggi. Ingatlah bahwa kesan pertama seringkali berdampak jangka panjang, jadi usahakan untuk membuatnya sebaik mungkin.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup