Informasi Umum

Calon Ibu, Ini 16 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan!

Admin BFI
22 May 2024
455
Calon Ibu, Ini 16 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dipersiapkan!

Mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir dengan tepat sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan bayi. Dengan mengetahui daftar perlengkapan yang harus dibawa ke rumah sakit dan tips hemat belanja perlengkapan bayi, Anda dapat mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dan menghemat pengeluaran yang tidak perlu.

 

Lantas, apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda beli dan bawa ke Rumah Sakit? Simak jawabannya di artikel ini!

 

 

1. Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Berikut merupakan list perlengkapan bayi baru lahir anti mubazir yang dapat Anda beli untuk persiapan bayi Anda. Anda dapat membeli perlengkapan bayi 0-3 bulan atau perlengkapan bayi 0-6 bulan, tergantung kesepakatan Anda dan pasangan Anda:

 

1.1 Bedong

Bedong adalah kain khusus yang digunakan untuk membungkus bayi agar merasa aman dan nyaman seperti ketika masih berada dalam kandungan ibu. Bedong membantu mengurangi refleks kaki dan tangan yang dapat mengganggu tidur bayi, serta membantu menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat. Adapun harga bedong terjangkau, dimulai dari Rp 50 ribu dan sudah mendapatkan 2-3 bedong.

 

1.2 Car Seat

Car seat adalah kursi khusus untuk bayi atau balita yang dirancang untuk digunakan saat perjalanan dengan mobil. Car seat penting untuk memberikan perlindungan dan keamanan ekstra pada bayi saat dalam perjalanan, serta memastikan posisi duduk yang aman dan nyaman. Harga Car seat sendiri dimulai dari Rp 500 ribu, tergantung pada merk, kualitas, dan dimana pembeliannya.

 

1.3 Popok Sekali Pakai

Popok sekali pakai adalah solusi yang sangat praktis dan mudah digunakan bagi para orangtua yang sibuk. Dengan menggunakan popok sekali pakai, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencuci popok kain setiap kali digunakan. Penting untuk mempersiapkan beberapa popok sekali pakai yang cukup untuk beberapa hari jika Anda akan membawa bayi ke rumah sakit untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, pastikan untuk memilih ukuran popok yang tepat sesuai dengan berat dan ukuran tubuh bayi baru lahir agar nyaman dipakai dan tidak mengiritasi kulit sensitifnya. Harga popok sekali pakai mulai dari Rp 50 ribu dan sudah mendapatkan 20-40 popok, tergantung merk dan kualitasnya.

 

1.4 Pakaian

Pastikan Anda membawa beberapa pakaian bayi yang cukup untuk beberapa hari di rumah sakit. Pilihlah pakaian yang nyaman dan mudah diganti, seperti bodysuit atau romper. Jangan lupa juga untuk membawa pakaian bayi untuk pulang ke rumah, dan pastikan bahwa pakaian tersebut sesuai dengan iklim tempat Anda tinggal. Adapun pakaian bayi dapat Anda beli dengan harga terjangkau, yaitu dimulai dari Rp 100 ribu dan sudah mendapatkan belasan pakaian new born.

 

1.5 Alat Mandi

Alat mandi bayi seperti sabun mandi khusus bayi, shampoo bayi, dan handuk mandi bayi sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi. Pastikan untuk memilih produk yang lembut dan bebas dari bahan kimia berbahaya agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Alat mandi sendiri dapat dibeli dari harga mulai dari Rp 100 ribu per set sabun, shampoo, dan handuk.

 

1.6 Botol ASI

Botol ASI digunakan untuk menyimpan dan memberikan ASI kepada bayi. Pilihlah botol yang aman, bebas BPA, mudah digunakan, dan mudah dibersihkan. Botol ASI juga dilengkapi dengan puting atau dot yang cocok untuk bayi agar dapat minum ASI dengan nyaman. Harga botol ASI sendiri dimulai dari Rp 100 ribu per botol, bergantung pada merk dan tempat pembelian botol ASI tersebut.

 

1.7 Tas Bayi

Tas bayi atau diaper bag adalah tas khusus yang digunakan untuk membawa perlengkapan bayi saat bepergian. Pastikan tas bayi memiliki banyak kantong dan ruang penyimpanan yang cukup untuk membawa popok, baju ganti, botol, dan perlengkapan mandi bayi lainnya. Pilihlah tas yang praktis, ringan, dan mudah dibawa. Tas bayi dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp 100 ribu.

 

1.8 Gendongan

Gendongan bayi adalah alat yang digunakan untuk memikul dan membawa bayi dengan nyaman. Gendongan membantu meningkatkan ikatan antara orangtua dan bayi, serta memudahkan mobilitas saat bepergian. Pilihlah gendongan yang ergonomis dan aman untuk bayi Anda. gendongan dapat Anda beli dengan harga mulai dari Rp 100 ribu.

 

1.9 Kelambu

Kelambu bayi digunakan untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya saat tidur. Kelambu bayi harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi bayi. Pasang kelambu dengan rapat di sekitar tempat tidur bayi untuk memberikan perlindungan maksimal. Kelambu dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 100 ribu, tergantung kualitas dan tempat Anda membelinya.

 

1.10 Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Sarung tangan dan kaus kaki bayi digunakan untuk melindungi tangan dan kaki bayi agar tidak tergores atau terluka akibat cakarannya sendiri. Pilihlah sarung tangan dan kaus kaki yang nyaman, lembut, dan tidak terlalu ketat agar tidak mengganggu pergerakan bayi. Sarung tangan dan kaus kaki dapat Anda beli satu paket dengan pakaian bayi, namun dapat dibeli secara terpisah juga. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 25 ribu per set.

 

1.11 Celemek Bayi

Celemek bayi digunakan untuk melindungi pakaian bayi dari makanan yang tumpah atau air liur yang keluar saat bayi makan atau mengejan. Celemek harus terbuat dari bahan yang mudah dicuci dan nyaman untuk digunakan. Celemek juga dapat dibeli dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 25 ribu.

 

1.12 Gunting Kuku dan Sisir

Gunting kuku dan sisir bayi penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kuku serta rambut bayi. Gunting kuku harus tajam namun aman untuk digunakan pada kulit bayi yang sensitif. Sisir bayi harus dengan gigi yang lembut dan tidak merusak rambut bayi. Harga gunting kuku dan sisir sendiri dimulai dari Rp 50 ribu per set.

 

1.13 Detergen Khusus Bayi

Detergen khusus bayi digunakan untuk mencuci pakaian bayi agar bebas dari kuman, bakteri, dan iritasi kulit. Pilihlah detergen yang bebas pewangi dan bahan kimia berbahaya agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Detergen khusus bayi dapat dibeli dengan harga Rp 38 ribu per 1 liter, tergantung merk yang Anda pilih.

 

1.14 Asi Booster

Asi booster adalah perlengkapan yang membantu meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Asi booster dapat berupa makanan atau kapsul yang mengandung zat-zat yang dapat merangsang produksi ASI. harga Asi booster sendiri bermacam-macam, mulai dari Rp 100 ribu per pack nya.

 

1.15 Tempat Tidur Bayi

Tempat tidur bayi, seperti box bayi atau crib, digunakan untuk bayi tidur dengan aman dan nyaman. Pilihlah tempat tidur bayi yang memiliki sirkulasi udara yang baik, aman, dan sesuai dengan standar keamanan bayi. Tempat tidur bayi dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 500 ribu, tergantung merk dan tingkat ketahanan dari tempat tidur tersebut.

 

1.16 Stroller

Stroller adalah kereta dorong bayi yang digunakan untuk membawa bayi saat bepergian. Pilihlah stroller yang kokoh, nyaman, dan mudah dikendalikan. Stroller juga harus dilengkapi dengan fitur keamanan seperti rem dan sabuk pengaman. Stroller dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 1 juta.

 

2. Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

Setelah mengetahui daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa, Anda perlu mengetahui juga daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibawa menjelang persalinan ke Rumah Sakit. Berikut merupakan perlengkapan-perlengkapan yang harus dibawa:

 

2.1 Dokumen

Dokumen sendiri mencakup:

  1. Dokumen registrasi rumah sakit
  2. Kartu asuransi kesehatan atau BPJS
  3. Fotokopi KTP Orang Tua
  4. Fotokopi Kartu Keluarga
  5. Catatan kehamilan dengan informasi seputar perkembangan kehamilan dan obat-obatan yang diresepkan selama hamil atau buku KIA

 

2.2 Barang Elektronik

Jangan lupakan barang-barang elektronik Anda dan pasangan Anda seperti ponsel, power bank, dan charger ponsel. Anda juga dapat membawa kamera, baterai, charger, dan memory card jika ingin mengabadikan momen melahirkan.

 

2.3 Barang-Barang Ibu & Ayah

Karena terlalu fokus, seringkali Ibu dan Ayah melupakan barang-barang mereka. Padahal, barang kedua belah pihak juga sangat diperlukan selama proses persalinan. Adapun barang-barang Ibu & Ayah adalah:

  1. Beberapa pakaian dalam, sandal, dan ikat rambut
  2. Baju ganti yang longgar dan praktis digunakan
  3. Perlengkapan mandi Ibu (sikat gigi, pasta gigi, sabun, sampo, handuk, pelembab, serta deodoran)
  4. Kacamata. Hindari menggunakan lensa kontak sewaktu melahirkan
  5. Makanan dan minuman ringan

 

2.4 Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan

Adapun perlengkapan bayi yang harus dibawa ke Rumah Sakit adalah:

  1. Baju bayi
  2. Topi bayi
  3. Selimut bedong
  4. Popok
  5. Tisu basah untuk popok bayi

Selain itu, terdapat perlengkapan ibu untuk bayi yang harus dibawa ke Rumah Sakit, yaitu:

  1. Pembalut wanita untuk darah nifas
  2. Breast pad untuk menyerap ASI bocor
  3. Bra menyusui dan daster kancing untuk memudahkan Ibu menyusui

 

2.6 Tas

Siapkan tas yang cukup besar untuk menampung semua perlengkapan di atas. Susunlah perlengkapan dengan rapi agar mudah dicari dan dibawa saat dibutuhkan. Konsultasikanlah kepada dokter atau bidan untuk mengetahui jika ada tambahan perlengkapan yang perlu Anda bawa.

 

3. Tips Memilih dan Membeli Perlengkapan Bayi Baru Lahir

perlengkapan bayi baru lahir

Image Source: Freepik

 

Menyambut kelahiran bayi adalah momen yang sangat dinantikan oleh setiap orang tua. Namun, persiapan yang matang dalam memilih dan membeli perlengkapan bayi baru lahir adalah hal yang penting untuk memastikan semua kebutuhan bayi terpenuhi. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu orang tua dalam mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir.

 

3.1 Buat Daftar Kebutuhan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar kebutuhan bayi. Daftar ini akan membantu Anda untuk mengingat semua barang yang diperlukan dan memastikan tidak ada yang terlewat. Beberapa barang yang umumnya masuk dalam daftar kebutuhan bayi baru lahir antara lain pakaian, popok, perlengkapan mandi, tempat tidur bayi, botol susu, dan peralatan menyusui. Membuat daftar ini juga memungkinkan Anda untuk merencanakan anggaran dengan lebih baik dan menghindari pembelian barang yang tidak perlu.

 

3.2 Tentukan Prioritas Barang

Setelah membuat daftar kebutuhan, langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas barang. Tidak semua barang harus dibeli sekaligus. Beberapa barang mungkin bisa dibeli kemudian setelah bayi lahir. Fokuskan pembelian pada barang-barang yang sangat penting seperti popok, pakaian bayi, dan tempat tidur bayi. Barang-barang seperti mainan dan aksesoris tambahan bisa dibeli setelah kebutuhan utama terpenuhi.

 

3.3 Sesuaikan dengan Kebutuhan Bayi

Setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan perlengkapan bayi dengan kebutuhan spesifik bayi Anda. Pertimbangkan faktor seperti kondisi kesehatan bayi, cuaca, dan lingkungan tempat tinggal. Misalnya, jika bayi lahir di musim dingin, pastikan Anda membeli pakaian yang lebih hangat. Jika bayi memiliki kondisi kulit sensitif, pilih produk perawatan kulit yang hipoalergenik.

 

3.4 Jangan Mubazir

Meskipun antusiasme untuk membeli perlengkapan bayi sangat tinggi, hindari membeli barang-barang yang berlebihan. Beli barang-barang yang benar-benar diperlukan dan hindari pembelian impulsif. Perlengkapan bayi memiliki masa pakai yang singkat, terutama pakaian yang akan cepat tidak muat seiring pertumbuhan bayi. Fokuskan pembelian pada barang-barang yang benar-benar diperlukan dan memiliki kualitas yang baik.

 

3.5 Mulai Mencari 1-2 Bulan Sebelum HPL

Waktu yang tepat untuk mulai mencari dan membeli perlengkapan bayi adalah sekitar 1-2 bulan sebelum Hari Perkiraan Lahir (HPL). Memulai lebih awal memberikan waktu yang cukup untuk memilih barang dengan cermat tanpa tergesa-gesa. Selain itu, dengan memulai lebih awal, Anda juga memiliki kesempatan untuk membandingkan harga dan mencari diskon atau penawaran khusus yang bisa menghemat anggaran.

 

3.6 Jangan Lupa Cuci Seluruh Perlengkapan Bayi

Sebelum digunakan, pastikan semua perlengkapan bayi, terutama pakaian dan kain, dicuci terlebih dahulu. Kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif, sehingga penting untuk memastikan bahwa semua barang bebas dari debu, kotoran, dan zat kimia yang mungkin ada dari proses produksi atau pengemasan. Gunakan deterjen yang lembut dan bebas pewangi untuk mencuci perlengkapan bayi. Hal ini untuk menghindari iritasi kulit atau alergi pada bayi.

 

4. Tips Hemat Belanja Perlengkapan Bayi

Mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut si kecil memang menyenangkan, namun tak jarang juga menguras kantong. Tak perlu khawatir, berikut beberapa tips hemat untuk membantu Anda berbelanja perlengkapan bayi:

 

4.1 Sewa Perlengkapan Bayi Terlebih Dahulu

Pertimbangkan untuk menyewa beberapa perlengkapan bayi yang hanya digunakan dalam jangka pendek, seperti pompa ASI, box bayi, atau stroller. Sewa dapat menjadi alternatif yang lebih hemat daripada membeli, terutama untuk perlengkapan yang jarang digunakan.

 

4.2 Belanja Saat Diskon

Manfaatkan momen diskon dan promo yang ditawarkan oleh toko perlengkapan bayi, baik online maupun offline. Banyak toko yang mengadakan diskon besar-besaran di momen-momen tertentu, seperti akhir tahun, lebaran, atau hari anak.

 

4.3 Manfaatkan Saudara atau Kerabat Dekat

Tanyakan kepada saudara, teman, atau kerabat yang baru saja memiliki bayi untuk mendapatkan barang-barang bekas yang masih dalam kondisi baik. Anda dapat menghemat banyak biaya dengan memanfaatkan barang-barang preloved tersebut.

 

4.4 Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Jika Anda memiliki kartu kredit, manfaatkan promo cashback atau cicilan 0% yang ditawarkan oleh bank untuk pembelian perlengkapan bayi. Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan yang berlaku agar tidak terjebak dalam hutang.

 

Sobat BFI, berikut yang perlu Anda ketahui untuk daftar perlengkapan bayi baru lahir dan apa saja persiapannya.  Semoga tips ini membantu Anda dalam memilih dan membeli perlengkapan bayi baru lahir dengan bijak dan tepat. Selamat menyambut si kecil!

 

Dalam menyambut si kecil, seringkali orang tua terkendala di dana lahiran atau dana setelah lahiran. Oleh karena itu, jika Anda memerlukan dana tambahan, BFI Finance menjadi jawaban Anda. BFI Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang melayani pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB motor, BPKB mobil, dan sertifikat rumah atau ruko untuk berbagai keperluan Anda. BFI Finance menawarkan pencairan hingga 80% dengan bunga yang rendah dan pencairan hanya 2-3 hari! Ajukan sekarang dan sambut si kecil dengan bahagia.

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum