Artikel

Apakah Pinjaman Dana Solusi Tepat untuk Masalah Keuangan Anda?

2020-03-19 00:00:00 2011

Pinjaman dana merupakan alternatif yang tepat bagi solusi masalah keuangan Anda apabila dimanfaatkan dengan cermat. Sekarang ini, pinjaman dengan jaminan banyak dipilih untuk mendapatkan dana dalam keadaan darurat, contohnya pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan atau dengan jaminan sertifikat rumah. 

Mendengar kata ‘pinjaman dana’, atau ‘pinjaman online’ memang menimbulkan kesan negatif bagi sebagian orang. Terlebih lagi, beberapa kasus pengajuan pinjaman berakhir dengan intimidasi dari rentenir atau kredit macet dengan bunga pinjaman yang semakin menumpuk.

Padahal, kasus-kasus tersebut muncul karena beberapa orang mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang tidak terpercaya atau yang belum terdaftar OJK. Atau, asal mengajukan pinjaman tanpa mempertimbangkan kemampuan membayar.  Untuk menghindari kejadian tersebut, tentunya Anda harus memahami dahulu seluk-beluk pinjaman dana, agar Anda bisa mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

Kebutuhan Apa yang Membutuhkan Pinjaman Dana?

pinjaman dana

Pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Dana pinjaman umumnya digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan berikut ini:

  • Pendidikan

Apabila Anda atau anak Anda berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tentunya banyak pengeluaran untuk berbagai kebutuhan. Contohnya SPP, biaya penelitian, biaya sertifikasi, magang, hingga skripsi. Pinjaman dana untuk mahasiswa bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. 

  • Keadaan Mendesak

Pinjaman dana juga dapat membantu Anda menutupi biaya tak terduga. Contohnya, biaya rumah sakit dan perbaikan kendaraan atau rumah. Tentunya, hal-hal tersebut tidak Anda inginkan dan tidak bisa Anda prediksi sebelumnya. Dengan adanya fasilitas pinjaman, terutama pinjaman online, Anda bisa mendapatkan dana secara cepat dalam hitungan jam atau hari untuk menutupi biaya-biaya tak terduga tersebut. 

  • Investasi Karir atau Modal Usaha

Pinjaman dana juga bisa dimanfaatkan sebagai investasi karir, atau untuk menambah modal usaha. Contohnya, untuk biaya kelas atau pelatihan tambahan, atau modal awal untuk membeli bahan baku atau inventaris usaha. 

Apabila Anda membutuhkan dana untuk salah satu kebutuhan di atas, berarti pinjaman dana merupakan alternatif yang tepat untuk masalah keuangan Anda. 

Tips dalam Mengajukan Pinjaman 

  • Pahami Produk Pinjaman dan Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum Anda mengajukan pinjaman, pastikan bahwa Anda memahami seluk-beluk produk pinjaman yang ditawarkan. Dengan demikian, Anda bisa memilih produk pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pahami tenor, bunga, biaya tambahan, hingga dana yang akan Anda dapatkan melalui produk pinjaman tersebut. 

Pastikan juga Anda memenuhi persyaratan dan mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan, agar pengajuan pinjaman Anda lebih mudah untuk disetujui. 

  • Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Berhubungan dengan tips pertama, setelah Anda memahami produk pinjaman yang Anda tuju, baru Anda bisa mengestimasi berapa dana yang diperlukan dan berapa lama Anda harus melunasi pinjaman tersebut. Anda bisa melakukan simulasi pinjaman melalui website resmi lembaga keuangan yang Anda tuju. Pastikan untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, agar tidak mengalami kredit macet. 

  • Memilih Lembaga Keuangan yang Terpercaya

Yang terakhir, pastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman kepada lembaga keuangan yang terpercaya. Lembaga keuangan yang resmi dan aman haruslah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Dengan begitu, ada regulasi dan sanksi yang jelas apabila terjadi masalah dalam proses transaksi. Anda bisa melakukan cross check mengenai lembaga keuangan yang Anda tuju di situs resmi OJK atau lembaga keuangan itu sendiri. 

Sumber: