Pinjaman

Sekolahin BPKB Motor, Gak Jadi Masalah Di Tengah Pandemi!

Admin BFI
26 October 2021
5216
Sekolahin BPKB Motor, Gak Jadi Masalah Di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi ini, tak sedikit orang yang pemasukannya lebih sedikit dari pengeluarannya walaupun sudah hidup hemat. Ketika terjadi sesuatu dan butuh dana besar, maka salah satu yang umum dilakukan adalah dengan ‘menyekolahkan’ atau menggadaikan aset yang dimiliki.Salah satu produk pinjaman yang umum dipilih adalah jaminan BPKB Motor

Pasalnya,  di masa pandemi ini, banyak orang yang terkena pemutusan hubungan kerja atau dirumahkan untuk sementara. Usaha sampingan pun menjadi sumber pemasukan utama, dan tentunya menjalankan usaha dibutuhkan modal ekstra. Serta kebutuhan finansial lainnya. 

Diungkapkan oleh Sekretaris PT Pegadaian Persero, R Swasono Amoeng Widodo, BPKB motor adalah aset berharga yang cukup banyak dijaminkan sebagai langkah untuk mendapatkan dana tambahan di tengah pandemi. Dengan menjaminkan BPKB motor, seseorang bisa mendapatkan pencairan dana hingga 60-80% dari nilai aset yang dijaminkan. 

Nah, bagi Anda yang hendak mengajukan jaminan BPKB motor di tengah pandemi, yuk simak panduan lengkapnya berikut!

Cara Menjaminkan BPKB Motor Saat Pandemi

Jaminan bpkb motor

Lihat Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Sebelum anda mengajukan pinjaman, anda perlu memperhatikan berapa total pengeluaran anda dalam satu bulan. Apakah nantinya pendapatan Anda tersebut masih mencukupi untuk membiayai pengeluaran rutin Anda? Hal tersebut harus Anda pertimbangkan.

Karena nantinya, pengeluaran Anda akan bertambah dengan cicilan bulanan yang harus dibayarkan. Idealnya, jumlah pinjaman tidak boleh melebihi 30% dari total penghasilan Anda. 

Pastikan  BI Checking Aman

BI Checking adalah suatu sistem yang ada pada Bank Indonesia yang mencatat seluruh  history seorang debitur.  Yang didalamnya terdapat berbagai informasi tentang kolektibilitas kredit Anda. Apakah Anda memiliki kredit macet atau tidak, bagaimana kelancaran pembayaran cicilan, semuanya terlihat jelas pada sistem ini. 

Agar pinjaman disetujui, Anda harus memastikan bahwa tidak ada tangguhan pinjaman kredit lainnya seperti KPR atau KTA. Jika Anda memiliki kartu kredit, perhatikan performance pembayaran kartu kredit Anda.

Siapkan Dokumen Pendukung

Setiap lembaga keuangan memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya dokumen pendukung yang perlu anda persiapkan untuk pengajuan dana kepada dengan menggunakan BPKB dan sertifikat rumah adalah: 

  • Fotocopy KTP dan NPWP

  • Fotocopy KK

  • Dokumen Asli surat kepemilikan aset yang akan ada jadikan jaminan, BPKB atau Sertifikat Rumah. 

  • Slip gaji

  • Surat keterangan bekerja

  • Fotocopy rekening koran selama 3 bulan terakhir.

Setelah kelengkapan dokumen sudah terpenuhi, Anda bisa mendatangi kantor lembaga keuangan yang telah dipilih. Nantinya, Anda akan dijelaskan lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuannya. Kemudian Anda juga akan mendapatkan informasi berapa suku bunga yang diberlakukan, serta cicilan yang akan Anda bayarkan.

Pilih Pinjaman Jaminan BPKB Motor Terpercaya

Banyak perusahaan pembiayaan yang ada di Indonesia, namun pilihlah lembaga yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Sebab, lembaga pinjaman tersebut sudah memiliki legalitas yang sah. Yang artinya, jika terjadi sesuatu, Anda bisa mendapatkan perlindungan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaminkan BPKB motor Anda di tengah pandemi. 

Jika Anda saat ini berniat untuk melakukan pinjaman dengan menggunakan BPKB motor, PT BFI Finance Indonesia Tbk adalah perusahaan pembiayaan yang bisa Anda percaya. 

BFI Finance telah berdiri sejak tahun 1982 dan diawasi oleh OJK. Dapatkan pembiayaan jaminan BPKB motor dengan bunga ringan dan proses yang cepat dan aman untuk kebutuhan Anda di tengah pandemi.

Kategori : Pinjaman