Artikel

Cara Memperoleh Pinjaman Modal Usaha Untuk UMKM

2021-02-22 00:00:00 527

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan. Jumlah pelaku usaha UMKM pun semakin banyak dan persaingan juga semakin ketat. Sehingga, mereka mulai memikirkan berbagai strategi untuk mengembangkan usaha mereka. Hal ini mendorong para pelaku usaha untuk mencari bantuan dalam bentuk pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usahanya. 

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai sekitar 64 juta di tahun 2020. Namun, tidak semua pelaku usaha mampu mengembangkan usaha mereka. Salah satu kendala mereka adalah kurangnya modal usaha. Tentunya, tanpa modal usaha yang cukup, pelaku usaha akan kesulitan merealisasikan rencana dan strategi bisnis mereka.  

Apakah Anda salah satu pelaku usaha UMKM yang membutuhkan modal tambahan? Dikutip dari Kompas.com, berikut beberapa cara untuk mendapatkan modal tambahan serta pinjaman modal usaha untuk mengembangkan usaha Anda!

 

Pinjam modal usaha 

 

Menjual Aset atau Barang Bekas

Untuk mendapatkan modal usaha, Anda bisa menjual apapun yang bisa dijual di rumah Anda. Mulai dari aset, hingga barang bekas. Anda bisa mengumpulkan barang-barang yang kondisinya masih layak, namun sudah tidak terpakai di rumah Anda. Contohnya pakaian atau alat-alat elektronik. Setelahnya, Anda bisa menjualnya di marketplace atau membuat garage sale. 

 

Anda juga bisa mendapatkan tambahan modal usaha dari hasil menjual aset. Seperti kendaraan, perhiasan, dan lain sebagainya. Namun, jangan lupa untuk memperhitungkan juga kebutuhan serta untung ruginya. 

 

Menggandeng Partner atau Investor

Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha dengan menggandeng partner atau investor untuk mengembangkan bisnis Anda. Investor bisa berasal dari orang-orang terdekat Anda, seperti teman atau keluarga. Namun, untuk meyakinkan partner atau investor, tentukanlah visi, konsep dan arah bisnis yang jelas. Dengan demikian, partner atau investor tidak akan ragu untuk menyuntikan dana pada bisnis Anda. 

Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengajukan pinjaman modal usaha kepada lembaga keuangan terpercaya. Anda bisa menggadaikan aset Anda sebagai jaminan pinjaman modal usaha. Sekarang ini, banyak layanan pinjaman online tersedia yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Pilihlah layanan pinjaman yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Selain itu, pastikan bahwa layanan pinjaman yang Anda tuju telah terdaftar di OJK seperti BFI Finance agar terhindar dari resiko yang tidak diinginkan. 

Semoga tips diatas dapat membantu Anda mendapatkan pinjaman modal usaha yang dibutuhkan, ya!

Sumber: