Gaya Hidup

10 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Berpuasa

Admin BFI
29 March 2022
4214
10 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Saat Berpuasa

Olahraga menjadi salah satu aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh seseorang. Selain kesehatan fisik, adapun manfaat olahraga yang baik untuk kesehatan mental seperti memperbaiki suasana hati, membuat menjadi lebih percaya diri, menghilangkan stres, meningkatkan memori, dan meredakan kecemasan. Dari banyaknya manfaat olahraga yang bisa dirasakan, sebagian orang memilih untuk melakukannya diluar bulan puasa. Padahal, berolahraga di bulan puasa justru bisa menambah stamina tubuh, lho. Apalagi, jika sebelumnya Anda memang sudah rutin melakukan olahraga. Agar badan tidak terasa lemas saat berpuasa, simak informasi di bawah ini. 

 

1. Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Olahraga di Bulan Puasa

1.1. Asupan Nutrisi pada Saat Sahur dan Berbuka 

Badan yang lemas disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi atau karbohidrat sebagai salah satu sumber energi. Agar asupan nutrisi terpenuhi, Anda dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang membuat Anda terasa lebih kenyang tahan lama. Kandungan karborhidrat komplek dapat ditemukan pada makanan seperti beras merah, sayuran, gandum, dan kacang-kacangan. Bukan hanya karbohidrat, protein juga bisa menjadi sumber cadangan energi yang bisa Anda penuhi kebutuhannya pada saat sahur dan berbuka. 

1.2. Waktu Olahraga 

Yang berikutnya adalah waktu berolahraga. Waktu berolahraga disarankan dilakukan pada saat pagi hari setelah sahur, menjelang berbuka puasa, dan setelah berbuka puasa. Hal ini tentu sangat tepat mengingat cadangan energi masih banyak pada saat tersebut. Dengan melakukan olahraga di sore hari, Anda dapat langsung menggantikan energi yang hilang menjelang berbuka puasa nanti. 

1.3. Durasi dan Intensitas Olahraga 

Selanjutnya adalah durasi dan intensitas olahraga. Olahraga yang sebaiknya Anda lakukan adalah olahraga ringan dan sedang dengan durasi kurang lebih 30 menit dan dilakukan minimal 2-3 kali dalam satu minggu. Apabila dirasa masih mampu dan terbiasa berolahraga, Anda dapat meningkatkan intensitas serta durasinya. 

1.4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh 

Tidak bisa dihindari bahwa saat berpuasa, tubuh akan mengalami kekurangan sebagian cairan. Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, Anda bisa memenuhi kebutuhan cairan minimal 2 liter sehari pada saat sahur dan berbuka puasa. Hindari mengonsumsi minuman yang bersifat diuretik atau minuman yang mampu mengikat garam dan air untuk dikeluarkan melalui urin dan bisa menyebabkan cairan tubuh berkurang. Adapun minuman tersebut adalah kopi, teh, dan soda. 

1.5. Pastikan Istirahat Cukup 

Jika ingin berolahraga saat puasa, Anda juga harus memastikan istirahat yang dilakukan sudah cukup. Agar tidak mudah lemas, pastikan waktu tidur berkisar 7-9 jam per hari agar kinerja tubuh tetap terjaga. 

1.6. Pahami Kemampuan Tubuh Anda

Yang terakhir adalah memahami kesanggupan dari tubuh Anda. Bila dirasa tidak mampu dan mengalami gejala lemas, pusing, gemetar, hingga sempoyongan, sebaiknya berhenti berolahraga dan beristirahat. Memaksakan diri berolahraga saat berpuasa justru sangat membahayakan tubuh. 

2. 10 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa

Adapun jenis olahraga yang dianggap aman dilakukan saat puasa namun tidak membuat badan terasa lemas dan lelah. Berikut ulasannya. 

2.1. Jogging

Jenis olahraga pertama yang bisa Anda lakukan adalah Jogging. Jogging merupakan olahraga ringan dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa memulai jogging menjelang berbuka puasa dengan mengelilingi komplek rumah ataupun menggunakan treadmill jika enggan untuk keluar rumah. Anda dapat melakukan jogging 10-15 menit agar tubuh tidak terlalu lelah dan lemas. 

2.2. Yoga

Jenis olahraga saat puasa yang dapat Anda coba selanjutnya adalah yoga. Yoga juga merupakan olahraga ringan yang dapat memberikan kesehatan fisik dan mental untuk Anda. Anda dapat melakukan olahraga ini di rumah atau mengunjungi klub yoga terdekat. Namun, sekarang sudah banyak tutorial melakukan yoga dari ahlinya sehingga memudahkan untuk dilakukan di rumah saja. 

2.3. Zumba

Jika Anda ingin melakukan olahraga yang mampu membakar banyak kalori, olahraga satu ini bisa jadi solusi. Zumba merupakan olahraga kardio yang dapat meningkatkan fungsi sistem jantung dan menjaga kebugaran tubuh. 

2.4. Olahraga Kardio

Selain zumba, Anda juga bisa melakukan olahraga kardio dengan gerakan high knee, jumping jack, dan squat untuk meningkatkan fungsi jantung dan membuat badan berkeringat. 

2.5. Bersepeda

Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat puasa adalah bersepeda. Anda bisa melakukannya pada sore hari saat udara dan cuaca lebih sejuk. Bersepeda juga bisa menghilangkan stres dengan melihat pemandangan sekitar. Pilih lokasi bersepeda yang berada di dekat taman dan hindari bersepeda di jalan raya untuk kenyamanan dan keamanan. 

2.6. Skipping

Jika enggan atau malas keluar rumah, skipping bisa menjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Dengan bantuan alat lompat tali ini, Anda dapat meningkatkan fungsi jantung, keseimbangan tubuh, kepadatan tulang, hingga membakar kalori yang lebih banyak lagi. Selain lompat mengikuti putaran tali, ada beberapa gaya bermain skipping yang bisa Anda coba dan tiru dari tutorial youtube. 

2.7. Angkat Beban 

Olahraga satu ini memang termasuk dalam olahraga yang cukup berat. Namun, olahraga ini bisa menjadi olahraga yang ringan jika beban yang diangkat adalah beban ringan. Olahraga ini cocok dilakukan saat menjelang berbuka dengan cara mengangkat barbel yang tidak terlalu berat. Anda bisa memilih barbel dengan berat mulai dari 1 kilogram di marketplace pilihan Anda.

2.8. Ball Crunch 

Jenis Olahraga Saat Puasa - Ball Crunch

Bukan hanya diperuntukan untuk ibu hamil, olahraga ball crunch juga dapat dilakukan saat bulan puasa. Olahraga ini dapat meregangkan otot yang kaku dan membuat tubuh menjadi lebih lentur dan fleksibel. 

2.9. Bowling

Olahraga selanjutnya adalah bowling. Anda dapat melakukan olahraga ini bersama rekan, sahabat, ataupun keluarga. Bermain bowling menjadi olahraga yang dapat membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan senang. Olahraga permainan ini dilakukan di ruangan berAC sehingga tidak membuat Anda merasa lelah dan mengurangi potensi kehausan. Olahraga ini bisa menjadi aktivitas killing time sembari menunggu waktu berbuka. 

2.10. Cross Jack

Jenis Olahraga Saat Puasa - Cross Jack

Image Source : Workout Trends

 

Jenis olahraga saat puasa yang terakhir adalah cross jack. Hampir mirip dengan jumping jack, olahraga ini dilakukan dengan menyilangkan tangan dan kaki saat melompat menyerupai gunting. Olahraga ini dapat melatih kekuatan otot, kepadatan tulang, dan membuat tubuh menjadi bugar. 

Itulah beberapa jenis olahraga saat puasa yang bisa Anda lakukan di rumah. Agar ibadah jauh lebih tenang, pastikan untuk tetap prima, ya. Semoga Sobat BFI bisa mendapatkan kenikmatan yang berlimpah di bulan penuh berkah. 

Untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan di bulan puasa, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance dengan jaminan BPKB Mobil atau Motor Anda. Dengan proses mudah, cepat, dan terpercaya, semua masalah keuangan jadi terselesaikan. 

Klik link berikut untuk pengajuan pinjaman. 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup