Bisnis

Panduan Lengkap Memulai Usaha Toko Plastik dan Modal Usahanya

Admin BFI
10 July 2024
941
Panduan Lengkap Memulai Usaha Toko Plastik dan Modal Usahanya

Usaha toko plastik bisa menjadi salah satu bisnis menjanjikan dan jangka panjang karena akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sebelum membuka bisnis ini, pastikan Anda sudah memikirkan 3 faktor utama, yaitu besaran modal yang diperlukan, potensi keuntungan, serta prospek ke depannya.

Nah, jika penasaran bagaimana tips memulai usaha toko plastik, maka bisa simak informasi seputar kelebihan, tantangan hingga perhitungan modalnya di bawah ini.

 

 

1. Kelebihan Usaha Toko Plastik

Usaha toko plastik bisa dibilang menjanjikan karena memiliki beberapa kelebihan berikut:

1.1 Tidak Ada Masa Kadaluwarsa

Tak seperti produk lain, plastik menjadi produk yang minim risiko karena tidak memiliki masa kadaluwarsa. Alhasil, produk plastik bisa awet alias tahan lama tanpa mengalami kerusakan sedikit pun. Oleh sebab itu, usaha toko plastik menjadi bisnis yang menarik untuk Anda geluti.

1.2 Modal Usaha Relatif Kecil

Jika ingin memulai usaha toko plastik, Anda tak perlu khawatir soal modal karena bisnis ini bisa dilakukan dengan modal kecil, yaitu sekitar belasan sampai puluhan juta.

Modal yang perlu Anda siapkan dapat menyesuaikan dengan ukuran toko serta banyaknya produk yang akan dijajakan. Jadi, walaupun modalnya kecil, Anda bisa mengembangkannya dan meningkatkan keuntungannya seiring waktu.

Menarik sekali, ‘kan?

1.3 Permintaan yang Tinggi dan Konsisten (Ada Setiap Tahun)

Kelebihan usaha toko plastik berikutnya adalah memiliki permintaan yang tinggi dan konsisten. Sebab, plastik menjadi produk yang sering digunakan sehari-hari, sehingga setiap tahun akan selalu ada dan terus meningkat. Terutama, saat ini pertumbuhan e-commerce semakin besar yang membuat permintaan terhadap berbagai jenis produk plastik semakin besar.

1.4 Konsumen Beragam

Plastik merupakan produk yang memiliki konsumen beragam karena dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat. Mulai dari plastik kresek, plastik sampah, sterofoam hingga wadah plastik menjadi produk yang dibutuhkan oleh konsumen rumah tangga maupun UMKM.

Dengan target pasar yang luas tersebut, potensi bisnis toko plastik tentunya tak boleh Anda sia-siakan, bukan?

1.5 Potensi Keuntungan Berkali Lipat

Anda bisa menetapkan harga sendiri untuk setiap produk plastik yang dipasarkan sambil tetap memberikan nilai tambah kepada para konsumen. Jika mampu menawarkan plastik berkualitas tinggi, desain menarik, higienis, dan harga terjangkau, maka sudah pasti Anda dapat menarik banyak pelanggan dengan mudah.

Bahkan, pelanggan Anda akan meningkat seiring berjalannya waktu dan mendapatkan keuntungan berkali lipat dari penjualan tersebut.

1.6 Keterikatan dengan Industri Lain

Saat menjalankan usaha toko plastik, Anda berpeluang untuk bekerjasama dengan industri lain yang bergerak di bidang makanan, minuman sampai tekstil. Sebab, hampir seluruh industri itu membutuhkan plastik untuk produk-produknya. Mulai dari membungkus makanan, membuat botol atau gelas minuman plastik menarik, hingga membungkus produk tekstil dengan kualitas tinggi.

Menariknya, Anda memiliki kesempatan bekerjasama dengan industri besar dengan keuntungan tinggi, lho.

1.7 Mudah Dikelola

Kelebihan usaha toko plastik lainnya adalah pengelolaannya mudah daripada bisnis lain, seperti fashion maupun kuliner. Anda hanya perlu menyetok dagangan, melakukan promosi, lalu tunggu konsumen membeli.

Asalkan rajin memantau stok serta memastikan produk selalu lengkap, maka toko plastik milik Anda pasti lancar dan minim terjadinya risiko.

1.8 Potensi untuk Berinovasi

Menjalankan bisnis toko plastik akan membuat Anda terus belajar dan memiliki potensi untuk berinovasi secara terus menerus. Terutama dalam hal desain, material serta teknologi produksinya.

Anda dapat menyesuaikan produk plastik yang dipasarkan sesuai dengan minat dan tren saat itu. Tak heran, bisnis ini membuka peluang pertumbuhan jangka panjang serta menjadi top of mind dalam industri kemasan.

 

2. Tantangan Usaha Toko Plastik

Walaupun memiliki peluang yang menjanjikan, tak bisa dipungkiri jika usaha toko plastik mempunyai sejumlah tantangan besar, diantaranya:

2.1 Persaingan Ketat

Tantangan pertama menjalankan usaha dalam industri plastik adalah terdapat persaingan yang ketat dan kompetitif. Anda harus bisa bersaing dengan para pebisnis plastik lain yang menghasilkan produk berkualitas tinggi dan harga kompetitif.

Namun, tak perlu khawatir, untuk bisa bersaing dengan baik, pastikan Anda memiliki kemampuan berinovasi, menawarkan produk yang solutif, serta mampu memenuhi permintaan pasar yang terus berubah. Dengan menguasai kunci dalam menghadapi persaingan tersebut, maka bisnis plastik Anda dapat berjalan dengan baik.

2.2 Isu Lingkungan

Anda pasti sudah mengetahui kalau industri plastik menjadi sorotan tajam karena berkontribusi dalam polusi udara dan masalah sampah yang merusak lingkungan. Hal ini membuat regulasi lingkungan terkait produksi plastik menjadi lebih ketat, seperti persyaratan peraturan yang rumit, memperoleh izin sesuai, serta melakukan metode produksi yang lebih ramah lingkungan.

Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi tantangan isu lingkungan. Mulai dari mengurangi produksi plastik sekali pakai, memproduksi plastik ramah lingkungan, serta memperhatikan proses pembuatan plastik yang bisa didaur ulang.

2.3 Fluktuasi Harga Bahan Baku

Fluktuasi harga bahan baku akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapatkan saat menjalankan bisnis plastik. Sebab, bisnis ini menggunakan pasokan bahan baku dari gas alam serta minyak bumi.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi tantangan ini, Anda harus melakukan manajemen risiko yang baik serta mengidentifikasi alternatif bahan baku lain yang lebih berkelanjutan.

2.4 Manajemen Stok

Karena perkembangan teknologi dan inovasi yang pesat, Anda harus bisa menyediakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Dalam hal ini, kemampuan manajemen stok menjadi sangat penting untuk Anda pelajari.

Tentunya, menyediakan plastik ramah lingkungan dengan desain menarik bisa Anda coba. Selain itu, pastikan stok plastik yang diinginkan konsumen selalu ada dan mudah ditemukan di toko Anda.

Usaha toko plastik menjanjikan

Image Source: Unsplash

 

3. Tips Memulai dan Menjalankan Usaha Toko Plastik

Jika sudah yakin ingin mencoba memulai dan menjalankan usaha toko plastik, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut.

3.1 Riset dan Pilih Lokasi Strategis

Tips pertama memulai usaha toko plastik adalah melakukan riset terkait lokasi strategis dan tentukan produk plastik yang akan dijual. Anda dapat menggunakan analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang hingga ancaman bisnis.

Mulai lakukan riset di area sekitar lokasi yang rencananya akan Anda gunakan untuk membuka toko, apakah prospek pembelinya banyak atau tidak. Biasanya, prospek pembeli plastik berasal dari UMKM kuliner maupun pasar yang memerlukan bungkus plastik. Pastikan belum ada toko plastik lain di sekitarnya agar tidak menurunkan potensi penjualan nantinya.

Lokasi strategis yang cocok untuk membuka toko plastik adalah di pinggir jalan yang sering dilewati banyak orang atau kendaraan. Lokasi yang cocok untuk membuka bisnis ini adalah area pinggir jalan menuju pasar.

Jika sudah menentukan lokasi strategis untuk membuka toko, selanjutnya Anda harus menetukan produk plastik yang akan dijual. Sebab, ada banyak jenis produk plastik yang bisa Anda jual, tetapi pilihlah produk plastik yang memiliki potensi untung besar dan dibutuhkan oleh banyak masyarakat.

Jika modal yang Anda miliki terbatas, pilihlah produk plastik yang benar-benar memiliki target pasar tinggi. Misalnya, kantong plastik berbagai warna dan wadah plastik untuk minuman dan makanan.

3.2 Siapkan Modal Usaha

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan modal untuk usaha toko plastik tersebut. Ingat, modal usaha untuk bisnis plastik tak perlu besar di awal karena bisa Anda kembangkan seiring waktu. Apalagi jika sudah memiliki tempat sendiri, maka modal yang diperlukan pun bisa lebih ringan.

Dalam memenuhi kebutuhan modal usaha, Anda dapat menggunakan tabungan yang telah Anda kumpulkan atau melalui pembiayaan produktif pada bank dan perusahaan pembiayaan. BFI Finance dapat menjadi solusi pembiayaan modal usaha Anda dengan berbagai keuntungan seperti nilai pencairan tinggi dan suku bunga yang kompetitif. BFI Finance melayani pembiayaan dengan jaminan BPKB Kendaraan mobil, motor, dan sertifikat rumah untuk berbagai kebutuhan produktif. Informasi selengkapnya mengenai produk dan keuntungan pembiayaan lainnya dapat diakses melalui tautan berikut ini.

3.3 Ajukan Perizinan Usaha

Supaya usaha toko plastik bisa berjalan lancar dalam jangka waktu panjang, pastikan mulai mengajukan perizinan usaha supaya bisnis Anda tercatat resmi dan legal. Perizinan usaha terkait bisnis plastik memang cukup rumit dan memiliki persyaratan yang banyak. Meski begitu, izin usaha ini penting supaya Anda dapat berjualan dengan aman serta menemukan lebih banyak konsumen.

3.4 Pilih Supplier Terbaik dan Terpercaya

Pemilihan supplier yang baik menjadi salah satu hal penting yang mesti Anda perhatikan. Pastikan memilih supplier terpercaya yang memiliki variasi produk plastik beragam serta tidak rumit saat diminta untuk mengirim barang.

Kalau memungkinkan, usahakan memilih supplier yang memberikan penawaran harga murah, tetapi berkualitas tinggi. Pastikan juga bahwa supplier tersebut selalu memastikan stok tersedia supaya potensi keuntungan lebih meningkat.

3.5 Penuhi Stok Produk Plastik dengan Lengkap

Selanjutnya, Anda harus bisa memenuhi stok produk plastik agar tetap lengkap dan mampu memenuhi permintaan konsumen. Caranya dengan memilih distributor yang tepat dan mampu menawarkan harga termurah, berkualitas tinggi serta memiliki kelengkapan produk plastik terbaik.

Manfaatkan media sosial untuk menemukan daftar distributor plastik, lalu bandingkan harga, kualitas serta kelengkapan produk yang mereka tawarkan. Tentunya, menjalin hubungan dengan distributor sangat penting supaya stok produk yang Anda jual selalu lengkap.

3.6 Promosi Usaha Toko Plastik di Sekitar

Tips selanjutnya yang penting Anda lakukan adalah mempromosikan usaha toko plastik tersebut. Tujuannya agar banyak konsumen yang mengenal usaha Anda serta menarik lebih banyak pelanggan nantinya.

Beberapa cara promosi yang bisa Anda coba, yaitu memasang spanduk di depan toko yang memuat informasi penting seputar nama toko dan kelengkapan produknya. Pastikan nama toko yang Anda buat mudah diingat para konsumen. Spanduknya pun harus terlihat menarik supaya banyak konsumen yang tertarik untuk mencoba belanja di toko Anda.

Selain itu, buat promosi dari selebaran dengan desain menarik, lalu berikan kepada para pelanggan maupun calon pelanggan yang lewat di area sekitar toko. Manfaatkan juga media sosial untuk promosi, baik itu melalui Instagram, Facebook, Twitter dan lainnya.

Anda juga dapat memberikan promo atau diskon menarik untuk setiap pembelian dalam jumlah tertentu. Tentunya, promosi seperti ini akan lebih menarik perhatian banyak pembeli.

Menariknya, promosi pun bisa dilakukan dari mulut ke mulut atau word of mouth, lalu kenalkan usaha ini ke saudara, teman, maupun siapapun yang berpotensi menjadi calon pelanggan.

3.7 Manajemen Keuangan yang Baik

Sebuah bisnis dapat berjalan lancar jika memiliki manajemen keuangan yang baik. Pastikan untuk selalu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukkan setiap hari dan per bulan. Dengan itu, Anda dapat mengatur keuangan dengan tepat tanpa mengalami risiko kerugian.

3.8 Kembangkan Usaha Anda di E-Commerce

Selain membuka toko plastik secara offline, Anda dapat mengembangkan usaha secara online melalui e-commerce juga. Buatlah toko di beberapa e-commerce populer, lalu gunakan strategi marketing terbaik untuk menarik perhatian calon konsumen.

3.9 Tim dan Karyawan

Sebuah toko plastik yang baik akan berjalan lancar jika memiliki tim dan karyawan solid. Jadi, pastikan Anda mencari tim serta karyawan yang mampu bekerja dengan baik dan mengetahui setiap deskripsi produk yang ditawarkan.

3.10 Bangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Tips memulai usaha toko plastik selanjutnya adalah Anda harus membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Hindari membeda-bedakan pelayanan terhadap pelanggan yang membeli produk dengan jumlah besar dan sedikit.

Tetap berikan pelayanan yang baik dan memberikan penjelasan secara lengkap ketika pelanggan bertanya. Selain itu, pastikan senantiasa menerima kritik dan saran dari para pelanggan untuk meningkatkan pelayanan toko menjadi semakin baik.

3.11 Ikuti Tren dan Perkembangan

Supaya bisnis selalu berjalan lancar, pastikan Anda aktif mengikuti tren dan perkembangan zaman. Tujuannya supaya bisa bersaing dengan pebisnis lain di industri sama. Ciptakan produk plastik dengan desain menarik, berkualitas tinggi, serta ramah lingkungan untuk menarik perhatian masyarakat.

3.12 Pelayanan Terbaik

Berikan pelayanan terbaik kepada para konsumen yang datang ke toko plastik Anda. Mulai dari penampilan bersih, rapi, ramah, ruangan wangi serta tidak membedakan pelayanan terhadap pembeli yang membeli dengan jumlah besar maupun kecil.

Selain itu, berikan fasilitas jasa antar gratis supaya pembeli merasa nyaman dan berpotensi menjadi pelanggan tetap ke depannya. Pastikan senantiasa memberikan informasi secara jujur, valid, dan mudah dimengerti konsumen.

 

4. Estimasi Modal Awal dan Keuntungan Usaha Toko Plastik

Sebenarnya, tidak ada acuan pasti terkait modal awal untuk memulai bisnis usaha plastik. Sebab, besaran modal yang Anda butuhkan bisa disesuaikan dengan seberapa besar bisnis yang akan Anda jalankan.

Meskipun begitu, berikut perkiraan modal awal serta keuntungannya yang bisa Anda simak untuk merintis usaha toko plastik, yaitu:

4.1 Modal Awal

Untuk modal awal, setidaknya Anda harus menyiapkan sebesar Rp26.500.000 dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sewa Toko: Rp20.000.000 per tahun
  2. Etalase Kaca: Rp3.000.000
  3. Rak Kayu: Rp3.500.000

4.2 Biaya Operasional

Sementara untuk biaya operasional per bulan, budget yang mesti Anda persiapkan sekitar Rp21.900.000.

  1. Gaji Karyawan: Rp3.000.000 per bulan
  2. Tagihan Air dan Listrik: Rp800.000 per bulan
  3. Produk Plastik Per Bulan: Rp15.000.000
  4. Produk Lain (alat tulis): Rp100.000
  5. Biaya Promosi: Rp2.000.000 per bulan
  6. Biaya Tidak Terduga: Rp1.000.000

Jika dijumlahkan, maka estimasi modal awal dan biaya operasional per bulan pertama yang mesti Anda siapkan sebesar Rp48.400.000 atau dibulatkan menjadi Rp50.000.000.

Besaran budget itu tentu masih bisa Anda kurangi tergantung banyaknya stok belanjaan produk plastik yang akan dijual kembali. Kebutuhan modal juga dapat dipangkas kalau Anda membuka bisnis di rumah.

Jika memiliki modal lebih, cobalah untuk menambah pasokan variasi produk plastik agar terlihat lebih beragam dan lengkap. Sehingga, daya tarik konsumen terhadap bisnis Anda menjadi tinggi dan berpeluang meraup untung besar.

4.3 Estimasi Keuntungan Usaha

Jika ingin mengetahui estimasi keuntungan usaha, Anda mesti menghitung jumlah penjualan plastik per bulannya, lalu dikurangi biaya operasional. Perhitungan keuntungan untuk plastik kecil sekitar 5-10%, sementara plastik berukuran besar sekitar 10-20%.

Rumus yang digunakan untuk estimasi keuntungan usaha, yaitu:

Keuntungan - Biaya Operasional.

Contohnya:

Jika Anda berhasil menjual sekitar 250 ikat plastik berukuran kecil dengan keuntungan setiap plastik sebesar Rp1.000 dan 500 ikat plastik berukuran besar dengan keuntungan setiap plastik besar senilai Rp2.000, maka:

250 ikat plastik kecil x margin 1.000 = Rp250.000 per hari

500 ikat plastik besar x margin 2.000 = Rp1.000.000 per hari

Jadi, dalam sebulan Anda bisa menghasilkan untung sebesar:

Plastik kecil (Rp250.000 x 30 hari = Rp7.500.000) + Plastik besar (Rp1.000.000 x 30 hari = Rp30.000.000) = Rp37.500.000.

Keuntungan tersebut dikurangi biaya operasional per bulan sebesar Rp21.900.000, maka keuntungan bersih Anda sebesar Rp15.600.000 per bulan.

Demikian informasi seputar tips usaha toko plastik, keuntungan dan tantangannya yang bisa Anda ketahui. bagaimana, sangat menggiurkan, bukan? Anda dapat memulai bisnis ini sekarang juga dengan budget fleksibel sesuai kemampuan, lalu kembangkan bisnis secara perlahan seiring waktu berjalan.

---

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan yang melayani pembiayaan dengan jaminan kendaraan bermotor dan sertifikat rumah. Ajukan pembiayaan Anda untuk berbagai keperluan seperti untuk tambahan modal usaha, renovasi rumah, pendidikan, dan lain sebagainya. Nikmati pencairan dana yang tinggi dan suku bunga kompetitif untuk setiap pengajuan pembiayaan Anda. #SelaluAdaJalan bersama BFI Finance!

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis