Gaya Hidup

Gaya Hidup Minimalis: Kelebihan dan Pentingnya di Era Modern

Admin BFI
5 June 2023
3722
Gaya Hidup Minimalis: Kelebihan dan Pentingnya di Era Modern

Tertarik untuk mempelajari gaya hidup minimalis? Di artikel kali ini Tim BFI Finance akan membahas mengenai apa itu gaya hidup minimalis dan mengapa gaya hidup yang satu ini begitu penting untuk diterapkan di zaman sekarang.

Selain itu, artikel ini juga turut membahas berbagai perspektif tentang gaya hidup berikut ini, manfaatnya yang didukung oleh ilmu pengetahuan, serta beberapa cara mudah dan praktis untuk memulai gaya hidup sederhana. Tanpa perlu menunggu lama, yuk, mari kita simak artikel yang satu ini!

 

1. Mengapa Gaya Hidup Minimalis Penting untuk Diterapkan di Jaman Sekarang

Di tengah kemajuan teknologi dan gaya hidup modern yang cepat, seringkali kita terjebak dalam rutinitas yang penuh dengan barang dan tuntutan yang berlebihan.

Gaya hidup minimalis menekankan pentingnya mengurangi kebutuhan akan benda-benda material yang tidak perlu. Di era konsumsi yang berlebihan seperti saat ini, mengadopsi gaya hidup sederhana dapat memberikan banyak manfaat positif, baik itu untuk diri kita sendiri maupun lingkungan sekitar.

2. Pengertian Gaya Hidup Minimalis dari Berbagai Perspektif

Gaya hidup minimalis dapat didefinisikan dengan berbagai cara, tergantung pada perspektif yang digunakan. Secara umum, gaya hidup ini berfokus pada kesederhanaan, pengurangan kebutuhan yang tidak perlu, dan memprioritaskan apa yang benar-benar penting.

Bagi sebagian orang, gaya hidup sederhana mungkin berarti mengurangi jumlah barang yang dimiliki, sementara bagi yang lain, itu bisa berarti menyederhanakan rutinitas sehari-hari atau menghindari pemborosan.

3. 4 Manfaat Utama dari Gaya Hidup Minimalis

Dilansir dari modernminimalism.com, ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menerapkan gaya hidup minimalis, khususnya jika hal tersebut didukung dengan ilmu pengetahuan.

Beberapa manfaat yang ada antara lain yaitu:

3.1. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Dengan meminimalisasi keberadaan benda-benda yang tidak penting, Anda dapat menciptakan ruang dan ketenangan di dalam hidup Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa hidup dalam lingkungan yang teratur dan bersih dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

3.2. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Dengan mengurangi berbagai gangguan yang ada, gaya hidup minimalis dapat membantu kita untuk lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup kita. Dengan begitu, kita dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam berbagai aktivitas.

3.3. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Kebersihan dan ketertiban di sekitar Anda dapat berdampak positif pada kualitas tidur Anda. Dengan gaya hidup ini, Anda dapat menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman, yang dapat membantu kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

3.4. Mengurangi Konsumsi Berlebihan yang Dapat Berdampak Pada Lingkungan

Gaya hidup sederhana mendorong kita untuk menyadari apa yang benar-benar penting dan membedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Sebab, dengan mengurangi konsumsi berlebihan, kita dapat mengurangi limbah dan polusi yang dihasilkan oleh produksi dan pembuangan barang.

 

Baca Juga: 8 Resolusi Keuangan Untuk Tahun 2023 yang Lebih Baik!

 

4. Cara Mudah dan Praktis Memulai Gaya Hidup Minimalis

Bagaimana, apakah sejauh ini Anda tertarik untuk memulai gaya hidup minimalis? Jika ya, berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang bisa Anda coba.

hidup minimalis

Image Source: Pexels/Yan Krukau

4.1. Mulailah dengan Mengurangi Keberadaan Barang yang Tidak Digunakan

Lakukan pemilahan barang terhadap barang-barang yang sudah tidak digunakan ataupun memberikan nilai tambah dalam hidup. Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkannya untuk dijual maupun disumbangkan kepada mereka yang lebih membutuhkan.

4.2. Atur Ruangan Agar Terlihat Lebih Bersih dan Rapi

Buang sampah, susun barang-barang Anda, dan beri tempat yang sesuai untuk barang Anda miliki. Semakin teratur dan terorganisir ruangan Anda, semakin mudah untuk menjaga gaya hidup minimalis.

4.3. Fokus Pada Pengalaman Daripada Kepemilikan

Alihkan perhatian Anda pada kegiatan dan momen yang berarti dalam hidup Anda. Cobalah untuk mengurangi keinginan untuk membeli barang-barang baru yang tidak benar-benar Anda butuhkan, dan alihkan energi yang Anda miliki untuk mendapatkan pengalaman yang lebih berharga.

4.4. Periksa Kembali Kebiasaan dan Rutinitas Anda

Cari cara untuk menyederhanakan rutinitas sehari-hari, seperti membatasi waktu layar atau merencanakan jadwal yang lebih efisien. Dengan mempertimbangkan kembali rutinitas Anda, Anda dapat menghemat waktu dan energi. Hal ini juga membantu Anda untuk menggunakan waktu yang ada untuk sesuatu yang lebih berharga..

5. Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Secara Konsisten

Saat menerapkan kebiasaan baru seringkali kita dihadapi dengan berbagai tantangan. Salah satunya yakni bagaimana kita mempertahankan gaya hidup yang baru dan bisa terus konsisten dalam menerapkannya.

Nah, jika Anda khawatir hal ini akan menimpa Anda, Tim BFI Finance punya beberapa tips yang bisa Anda jadi acuan untuk menerapkan gaya hidup minimalis secara konsisten. Apa saja? Yuk, simak uraian berikut.

tips menerapkan gaya hidup minimalis

Infografis Tips Menerapkan Gaya Hidup Minimalis. Source: Degital Department Asset.

5.1. Mulailah dengan Pembersihan Menyeluruh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, untuk menerapkan gaya hidup sederhana, Anda bisa memulainya dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh.

Memilah kembali mana barang yang masih diperlukan dan digunakan terus-menerus dan yang tidak. Dengan mengurangi jumlah barang yang dimiliki, Anda akan memiliki lebih banyak waktu yang bisa digunakan untuk hal lainnya yang lebih penting.

5.2. Belajar Mempraktikkan "Pertanyaan Satu Tahun"

Ketika Anda mempertimbangkan untuk membeli barang baru, tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah saya akan menggunakan barang ini dalam satu tahun ke depan?" Pertanyaan ini bisa  membantu Anda untuk membedakan antara keinginan sesaat dan kebutuhan yang nyata.

Dengan membatasi pembelian barang-barang yang hanya memberikan kepuasan sementara, Anda dapat mengurangi akumulasi barang yang tidak perlu.

5.3. Fokus pada Kualitas daripada Kuantitas

Pilih barang dengan kualitas yang baik daripada membeli banyak barang dengan kualitas rendah. Investasikan waktu dan uang Anda pada barang-barang yang tahan lama dan memberikan nilai tambah dalam jangka panjang. Hal ini akan membantu menghindari pemborosan dan penggantian barang secara terus-menerus.

5.4. Praktikkan "Aturan Satu Masuk, Satu Keluar"

Sebelum membeli barang baru, terapkan aturan bahwa Anda harus mengeluarkan satu barang yang sudah Anda miliki. Misalnya, jika Anda ingin membeli pakaian baru, pilih satu pakaian yang sudah tidak Anda gunakan lagi untuk disumbangkan atau dijual. Dengan menerapkan aturan ini, Anda tetap menjaga jumlah barang Anda tetap terkendali.

5.5. Ubah Pola Pikir Konsumtif

Sadarilah kebutuhan dan keinginan Anda yang sebenarnya. Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut atau hanya tergoda oleh iklan atau tren. Praktikkan pengambilan keputusan yang lebih bijaksana dan berfokus pada hal-hal yang memberikan nilai sejati dalam hidup Anda.

 

Baca Juga: Konsumtif Adalah: Pengertian, Faktor Penyebab, Tips Menghindarinya

 

5.6. Hindari Penumpukan Kembali

Setelah Anda membersihkan dan menyederhanakan, penting untuk menjaga agar tidak terjadi penumpukan kembali. Pertimbangkan untuk memiliki kebijakan "satu keluar, satu masuk" untuk mencegah akumulasi barang yang tidak perlu. Tetap disiplin dan kritis dalam memilih barang-barang baru yang masuk ke dalam rumah Anda.

5.7. Fokus pada Pengalaman dan Hubungan

Alihkan perhatian Anda pada pengalaman dan hubungan daripada kepemilikan barang. Berinvestasilah dalam pengalaman yang memberikan kebahagiaan dan kenangan berarti, seperti liburan bersama keluarga atau menjalin hubungan yang lebih dalam dengan orang-orang terdekat Anda.

Pada dasarnya, menerapkan gaya hidup minimalis secara konsisten membutuhkan kesadaran, kesabaran, dan komitmen. Ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang Anda ambil menuju gaya hidup minimalis membawa Anda lebih dekat untuk hidup dengan lebih sederhana dan bermakna.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup