Bisnis

Tips Bisnis; Kesalahan Yang Harus Dihindari Pengusaha

Admin BFI
25 May 2021
3735
Tips Bisnis; Kesalahan Yang Harus Dihindari Pengusaha

Memiliki bisnis yang sukses tentunya merupakan impian setiap pengusaha. Namun, tentunya butuh usaha dan strategi yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam bisnis. Simak tips bisnis berikut bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis!

Dalam kondisi perekonomian yang kurang stabil seperti sekarang, sebagai pebisnis, Anda harus memikirkan setiap strategi dan langkah kedepannya dengan cermat. Sehingga, kerugian yang Anda alami bisa diminimalisir dan Anda pun bisa meraih kesuksesan. 

Sebagai pengusaha, Anda harus memikirkan segala sesuatu dengan cermat sebelum mengambil keputusan. Jangan sampai Anda membuat keputusan yang salah yang nantinya akan menghambat perkembangan bisnis Anda. 

Apa saja kesalahan bisnis yang harus dihindari oleh para pengusaha? Yuk, simak ulasan berikut!

Tips bisnis sukses

Investasi Tanpa Perhitungan Matang

Kesalahan pertama yang dilakukan oleh pengusaha adalah berinvestasi tanpa perhitungan yang matang. Investasi yang dimaksud disini adalah dalam bentuk kegiatan dan strategi usaha. Seperti pemilihan lokasi usaha, stok barang, hingga merekrut karyawan yang tepat. Tentunya, hal ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. 

Sebelum melakukan investasi, seorang pengusaha Anda harus melakukan analisa dan perhitungan yang jelas. 

Memang, keadaan pasar fluktuatif dan tidak bisa ditebak. Namun, sebagai pengusaha, Anda harus mampu untuk memiliki spekulasi tentang arah pasar yang jelas. Sehingga, uang yang Anda keluarkan tidak sia-sia dan bisa benar-benar menghasilkan keuntungan. 

Tidak Mempersiapkan Rencana Cadangan

Sebagai pebisnis, tentunya Anda telah memiliki rencana bagaimana bisnis Anda akan dibawa selanjutnya. Sayangnya, beberapa pebisnis melakukan kesalahan yaitu tidak mempersiapkan rencana cadangan apabila rencana tersebut tidak berjalan semestinya. 

Sebagai pebisnis, Anda harus siap untuk segala kemungkinan, termasuk kemungkinan terburuk. Terlebih lagi dalam keadaan ekonomi yang masih kurang stabil seperti sekarang ini, Anda harus bisa memiliki rencana cadangan untuk mengantisipasi kerugian atau keadaan tak terduga. 

Mencampur Kas Pribadi dan Bisnis

Kesalahan umum para pengusaha yang harus Anda hindari adalah mencampur kas pribadi dan bisnis. Hal ini akan menyebabkan keuangan bisnis Anda tidak terpantau. Sehingga akan menyulitkan Anda dalam menerapkan strategi bisnis Anda. Sebaiknya, pisahkan supaya Anda tahu pengeluaran apa yang harus ditekan demi kebaikan bisnis Anda. 

Menggunakan Aset Pribadi

Kesalahan terakhir yang harus Anda hindari adalah menggunakan aset pribadi untuk kebutuhan bisnis. Terutama jika Anda baru memulai bisnis dan malah menghabiskan aset pribadi. Sebaiknya, siapkan aset khusus yang digunakan untuk modal bisnis. Sehingga, jika usaha Anda mengalami kesulitan, aset pribadi Anda masih aman. 

Bagaimana agar aset yang sudah dipersiapkan bisa dimanfaatkan lebih maksimal? Anda bisa menjaminkan aset Anda sebagai jaminan pinjaman di BFI Finance Indonesia. BFI Finance siap membantu Anda mengembangkan usaha Anda dalam bentuk pembiayaan berjaminan BPKB atau sertifikat rumah. 

Itulah tips bisnis mengenai kesalahan dalam berbisnis yang harus Anda hindari. Semoga bisnis Anda sukses selalu, ya!

Kategori : Bisnis