Fitch Menetapkan Peringkat Obligasi Berkelanjutan V BFI Finance Indonesia di ‘A+(idn)’


Fitch Ratings – Jakarta, 7 Juni 2021 - Fitch Ratings Indonesia telah menetapkan peringkat ‘A+(idn)/Stabil’ untuk program Obligasi Berkelanjutan V BFI Finance Indonesia dengan jumlah hingga Rp6 triliun dan Obligasi Berkelanjutan V BFI Finance Indonesia Tahap I Tahun 2021 yang diterbitkan dalam program tersebut dalam 2 Seri, yang terdiri dari:

  • Seri A: senilai Rp200 miliar dengan jangka waktu 370 hari yang akan jatuh tempo pada tanggal 8 Juni 2022; dan 
  • Seri B: senilai Rp400 miliar dengan jangka waktu tiga tahun yang jatuh tempo pada tanggal 28 Mei 2024.

Peringkat nasional di kategori ‘A’ menunjukkan ekspektasi akan risiko gagal bayar yang rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di Indonesia.

FAKTOR-FAKTOR PENGGERAK PERINGKAT

Obligasi tersebut di peringkat pada tingkat yang sama dengan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI Finance sesuai dengan kriteria Fitch, karena mewakili kewajiban langsung BFI Finance dan peringkat pari passu dengan kewajiban lainnya dalam kelas utang yang sama. Kewajiban tersebut akan dijamin sebagian dengan piutang perusahaan seperti yang biasa terjadi pada Obligasi yang diterbitkan oleh BFI Finance, dan Fitch memandang obligasi tersebut memiliki prospek pemulihan rata-rata sejalan dengan penerbitan BFI Finance lainnya di kelas utang yang sama.

Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI Finance didorong oleh profil mandirinya. Untuk lebih jelasnya, lihat tautan artikel “Fitch Revises Outlook on Indonesia’s BFI to Stable; Affirms at ‘A+(idn)’”, di https://www.fitchratings.com/site/pr/10155013

SENSITIVITAS PERINGKAT

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, mengarah pada tindakan pemeringkatan positif/peningkatan peringkat:

Peningkatan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI Finance akan menghasilkan peningkatan peringkat program dan Obligasinya.

Faktor-faktor yang dapat, secara individual atau kolektif, menyebabkan tindakan pemeringkatan negatif/penurunan peringkat:

Penurunan Peringkat Nasional Jangka Panjang BFI Finance akan menyebabkan penurunan peringkat program dan Obligasinya.

Informasi tambahan dapat diperoleh di www.fitchratings.com.