BFI Finance Resmikan Sarana Pengadaan Air Bersih untuk Ratusan KK di Sulawesi Tengah

16 Jan 2020

Sigi, 16 Januari 2020 – PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) meresmikan sarana pengadaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sekitar 300 Kepala Keluarga (KK) serta dimanfaatkan juga untuk fasilitas umum, seperti masjid dan sekolah, di wilayah Kabupaten Sigi dan Kota Palu. BFI Finance bekerja sama dengan Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI), Ikatan Alumni Arsitektur UI (ILUNIArsUI), dan FUSI Foundation untuk membangun tempat penampungan air bersih dalam bentuk water torn dan bak.

Acara peresmian dihadiri oleh Regional Manager BFI Finance Wilayah Sulawesi 1 Khenriek Tjandra, Ketua Umum ILUNI FTUI Cindar Hari Prabowo, serta Kepala Desa Lambara Enos, S.Pd. Upaya rehabilitasi infrastruktur ini merupakan bentuk komitmen BFI Finance dalam pemulihan pascabencana Sulawesi Tengah (Sulteng).

Proyek sarana penampungan air bersih ini berkonsep dua hal, antara lain:

  • Instalasi air terbuka: mengambil supply air baku dari sungai di pegunungan menggunakan instalasi pipa. Dengan memanfaatkan daya dorong gravitasi, air dialirkan ke bak-bak penampungan untuk kemudian disalurkan lagi kepada masyarakat yang membutuhkan.
  • Berbasis masyarakat: hulu dari pipa air bersih ini berada di Desa Daenggu dan hilirnya di Kelurahan Donggala Kodi, Kota Palu. Masyarakat sekitar turut terlibat membangun bak penampungan dan memasang jalur pipa sepanjang lima kilometer.

Pihak BFI Finance bersama Tim ILUNI FTUI dan perwakilan tokoh masyarakat
setempat saat peninjauan instalasi pipa air bersih

Lokasi pusat filtrasi air minum untuk masyarakat

 

Kembali >