Informasi Umum

Wajib Coba! Ini 7 Minuman Khas Surabaya Paling Segar!

Admin BFI
15 June 2023
6298
Wajib Coba! Ini 7 Minuman Khas Surabaya Paling Segar!

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, bukan hanya terkenal dengan kekayaan budayanya, tetapi juga dengan beragam minuman khasnya. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati kelezatan minuman-minuman segar yang menggugah selera.

Dalam artikel ini, Sobat BFI akan diajak untuk menjelajahi 7 minuman khas Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan. Siapkan diri Anda untuk petualangan rasa yang tak terlupakan!

 

1. 7 Minuman Segar Khas Surabaya

Berikut ini beberapa minuman segar di Surabaya yang sangat sayang untuk Anda lewatkan. Ada apa saja? Yuk, kita bahas bersama-sama.

1.1. Es Degan Madura

Minuman pertama yang wajib Anda coba adalah Es Degan Madura. Terbuat dari air kelapa muda yang segar dan manis, minuman ini cocok untuk melepas dahaga di tengah cuaca panas Surabaya.

Anda dapat menemukan Es Degan Madura di Jalan Dukuh Kupang, Surabaya dengan harga sekitar Rp10.000 per gelas. Minuman ini cocok untuk dinikmati saat matahari sedang terik-teriknya.

1.2. Es Pacar Keling

Minuman khas Surabaya berikutnya yaitu Es Pacar Keling. Salah satu warung es yang selalu ramai pengunjung adalah warung es milik Hj. Mujiono yang dikenal juga dengan sebutan Es Teler Pak No.

Beroperasi sejak tahun 1978, es pacar keling di warung pak no menyediakan berbagai pilihan potongan buah berukuran besar, seperti apel, melon, mangga, kelapa muda, nanas, anggur, dan lain sebagainya. Untuk harganya sendiri relatif terjangkau yakni berkisar Rp9.000 per porsi. 

1.3. Bandrek Bubuk

Ingin mencoba minuman khas Surabaya yang hangat? Bandrek Bubuk adalah pilihan yang tepat. Terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula merah, minuman ini akan memberikan sensasi hangat yang menyegarkan di tengah cuaca Surabaya yang kadang-kadang berubah-ubah.

Anda bisa membeli Bandrek Bubuk di Pasar Genteng, Surabaya dengan harga sekitar Rp20.000 per bungkus. Nikmati kehangatan dan aroma rempahnya yang khas.

 

Baca Juga: 14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

 

1.4. Es Campur Surabaya / Es Campur Tidar

Penggemar es campur? Jangan lupa untuk mencicipi Es Campur Tidar saat Anda berada di Kota Surabaya. Minuman khas Kota Pahlawan ini memiliki rasa yang unik dan membuat ketagihan.

Dengan porsinya yang cukup besar, es campur ini terdiri dari berbagai isian seperti es serut, kelapa muda, alpukat, cincau, kolang kaling, dan beberapa jenis buah lainnya.

Bagi Anda yang tidak terlalu suka manis, Anda tidak perlu khawatir karena kuah susu yang digunakan dalam es campur ini terkenal lezat dan manisnya pas. Sangat cocok untuk dijadikan sebagai pelepas dahaga.

1.5. Wedang Ronde

Jika Anda ingin mencoba minuman yang cocok untuk menemani cuaca dingin Surabaya, Wedang Ronde adalah pilihan yang tepat. Terdiri dari bola-bola ketan yang kenyal, daun pandan, jahe, dan kuah jahe manis, minuman ini akan menghangatkan tubuh Anda sekaligus memanjakan lidah.

Anda dapat menikmati Wedang Ronde di Jalan Kendangsari, Surabaya dengan harga sekitar Rp8.000 per mangkuk. Rasakan minuman hangat dengan kelembutan bola-bola ketan yang kenyal.

1.6. Es Legen

Es Legen adalah minuman khas Surabaya yang terbuat dari buah legen segar yang diisi dengan es serut dan sirup manis. Keunikan minuman ini terletak pada tekstur buah legen yang kenyal dan rasa manisnya yang menggoda.

Anda dapat menemukan Es Legen di Jalan Kupang Kertajaya, Surabaya dengan harga sekitar Rp10.000 per porsi. Rasakan sensasi segar yang bercampur dengan rasa manis alami dari buah legen yang lezat.

 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Surabaya Paling Hits Tahun 2023

 

1.7. Soda Gembira

Terakhir, tetapi tidak kalah menarik dari minuman khas Surabaya lainnya, ada Soda Gembira. Minuman ini terdiri dari campuran soda, sirup berbagai rasa, jelly, dan es serut yang menyegarkan.

Soda Gembira menjadi favorit masyarakat Surabaya, terutama pada musim panas. Anda dapat menikmati Soda Gembira di Jalan Embong Malang, Surabaya dengan harga sekitar Rp20.000 per gelas. Rasakan kegembiraan yang terpancar dari segarnya minuman ini.

1.8. Es Sinom

minuman khas surabaya

Image Source: Kompas.com

Satu lagi minuman khas Surabaya yang terkenal menyegarkan dan memiliki manfaat kesehatan, yaitu es sinom.

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, es sinom adalah minuman khas Surabaya yang terbuat dari campuran berbagai bahan alami tradisional. Tak ayal, selain menyegarkan dan mampu melepas dahaga, es sinom juga berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh.

1.9. Es Krim Zangrandi

Siang hari merupakan waktu yang pas untuk pergi ke toko es krim dan mencicipi es krim legendaris yang ada di Surabaya.

Sebut saja namanya es krim zangrandi. Es krim yang satu ini terkenal karena sejarahnya yang panjang serta rasanya yang enak.

Dibuat menggunakan bahan berkualitas, es krim zangrandi sudah ada sejak tahun 1933. Selain rasanya, toko es krim yang satu ini memiliki nuansa klasik yang membuat para pengunjung seakan diajak untuk bernostalgia ke masa lalu.

 

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Recommended dan Tahan Lama

 

1.10. Es Jus Purnama Ria

Mau coba minuman segar nan sehat? Jangan lupa untuk mencoba Jus Purnama Ria! Depot jus yang satu ini sudah sangat terkenal di Surabaya dan menjadi salah satu yang melegenda. Pasalnya, Jus Purnama Ria sudah ada sejak tahun 1969.

Menawarkan berbagai pilihan jus yang menyehatkan, depot jus buah ini punya pilihan menu unik seperti jus kopyor susu, jus nangka, dan lain sebagainya.

Sobat BFI, itulah bahasan terkait 10 minuman khas Surabaya yang tak boleh Anda lewatkan. Jangan lupa untuk mencoba masing-masing minuman dengan harga yang terjangkau. Selamat menikmati minuman khas Surabaya!

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum