Bisnis

6 Tips Memulai Usaha Dimsum beserta Rincian Modalnya, Dijamin Untung!

Admin BFI
21 March 2023
16692
6 Tips Memulai Usaha Dimsum beserta Rincian Modalnya, Dijamin Untung!

Siapa yang tidak kenal dengan dimsum? Jajanan kekinian yang satu ini banyak disukai berbagai lapisan masyarakat di seluruh Indonesia. Tak ayal, usaha dimsum cukup menjamur di mana-mana.

Memulai usaha dimsum bisa dimulai dengan modal yang minim dan sangat memungkinkan untuk dijual dimana saja, termasuk di rumah. Wah, menggiurkan sekali ya? Maka dari itu, yuk kita simak cara mudah memulai usaha yang satu ini.

 

1. Mengapa Usaha Dimsum Menjanjikan?

Ada beberapa alasan kuat mengapa usaha dimsum layak untuk Anda pertimbangkan, khususnya bagi Anda yang tengah mencari usaha sampingan yang bisa dijalankan secara fleksibel dan mudah. Berikut ini beberapa alasannya.

1.1. Modal Terjangkau

Dimsum merupakan salah satu makanan populer yang kini banyak disukai orang-orang. Selain karena rasanya yang enak, harga yang dibanderol pun sangat terjangkau. Tak ayal, dalam proses pembuatan dimsum dapat dibuat dengan modal yang minim.

1.2. Tidak Sulit Membuatnya

Salah satu keuntungan lainnya dari berjualan dimsum yakni kemudahan dalam membuatnya. Kudapan yang satu ini dapat dengan mudah Anda buat dengan peralatan seadanya yang Anda miliki di rumah.

Anda bisa membuatnya dengan melihat tutorial yang ada di internet secara gratis. Selain mengikuti resep yang ada, Anda juga bisa berinovasi untuk menciptakan varian dimsum yang lebih menarik.

1.3. Mudah Untuk Dipasarkan (Offline / Online)

Usaha dimsum termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang mudah untuk dipasarkan. Pasalnya, target pasar makanan yang satu ini sangatlah luas. Tingginya permintaan yang ada menjadikan dimsum hadir dalam berbagai varian yang memungkinkan untuk dijual secara offline maupun online.

Anda bisa menawarkan dimsum ke kerabat terdekat, kenalan, dan tetangga sekitar. Untuk strategi berjualan secara online, Anda bisa berjualan di marketplace, menggunakan sistem pre-order, sampai dengan membuka reseller dan dropshipper.

1.4. Disukai Berbagai Lapisan Masyarakat

Dimsum banyak disukai orang-orang karena memiliki varian menu yang sangat beragam, tampilannya yang unik dan menarik, rasanya yang enak, harganya yang terjangkau, serta  cocok untuk dimakan kapan saja. Dengan begini, tidak akan sulit bagi Anda untuk menjualnya.

2. Estimasi Modal Usaha Dimsum

Dimsum adalah salah satu kudapan asal Tiongkok yang kini booming di mana-mana. Memulai usaha dimsum ternyata dapat dilakukan dengan modal yang minim, loh! Ini rincian modalnya.

Estimasi Modal Usaha Dimsum
No. Item Kuantitas Harga Per Kuantitas Total
1. Daging Ayam Fillet 1 kg Rp 43.000 Rp 43.000
2. Bawang Putih ¼ kg Rp 13.000 Rp 13.000
3. Kulit Dimsum / Kulit Pangsit 1 Pack (isi 50 lembar) Rp 12.000 Rp 12.000
4. Udang 300 gram Rp 40.000 Rp 40.000
5. Telur ¼ kg Rp 16.500 Rp 16.500
6. Tepung Tapioka 1 Bungkus Rp 24.500 Rp 24.500
7. Saus Tiram / Kecap Asin 1 Botol Rp 11.900 Rp 11.900
8. Wortel Secukupnya Rp 5.000 Rp 5.000
9. Daun Bawang Secukupnya Rp 5.000 Rp 5.000
10. Bumbu Penyedap (Garam, Gula, Merica, Minyak Wijen, Kaldu Jamur) 1-2 Bungkus Rp 20.000 Rp 20.000
Total Rp 190.900

Rincian di atas merupakan estimasi modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha dimsum. Harga yang tertera dapat berubah mengikuti dengan harga yang berlaku saat ini di pasaran dan domisili Anda.

Selain memulainya dari nol, Anda juga dapat membuka usaha dimsum secara mudah dan praktis dengan bergabung ke dalam bisnis franchise dimsum yang kini sudah banyak dimana-mana. 

Modal yang dibutuhkan untuk tergabung ke dalam franchise cukup terjangkau, mulai dari Rp 3 juta sampai dengan Rp 12 juta, tergantung dari franchise yang Anda pilih. Namun umumnya, harga tersebut sudah termasuk bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha dimsum, seperti bahan baku, kukusan dimsum, klakat bambu, kompor gas, kemasan dimsum, booth portable, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menentukan lokasi usaha dan merekrut karyawan.

3. 6 Tips Sukses Usaha Dimsum

Bagaimana? Apakah sejauh ini Anda sudah semakin tertarik untuk memulai usaha dimsum? Agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar, beberapa tips di bawah ini bisa Anda jadikan salah satu referensi untuk melancarkan usaha Anda. Yuk, simak tipsnya!

usaha dimsum

Ilustrasi Usaha Dimsum | Image Source: Freepik/@jcomp

3.1. Tentukan Target Konsumen

Tips sukses usaha dimsum yang pertama adalah menentukan target konsumen. Anda harus mampu menentukan kepada siapa makanan tersebut akan dijual. Sebab, target konsumen akan mempengaruhi besaran modal dimsum yang dibutuhkan untuk bahan baku, kemasan, sampai dengan biaya promosi.

3.2. Pilih Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi usaha memainkan peranan penting dalam keberhasilan usaha Anda. Pastikan Anda memilih lokasi yang bukan hanya strategis namun juga dekat dengan target konsumen Anda.

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih lokasi yang tepat adalah sebagai berikut.

  • Berlokasi di Tempat yang Ramai

  • Mudah Diakses

  • Dekat dengan Target Konsumen

  • Bersih, jauh dari Tempat Kotor

3.3. Analisa Kompetitor

Terdapat belasan atau bahkan puluhan penjual dimsum di domisili Anda. dengan melakukan analisa kompetitor, Anda akan memahami kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor serta mengevaluasi usaha yang Anda jalani.

Umumnya, analisa kompetitor mencakup beberapa poin penting sebagai berikut:

 

Baca Juga: Apa Itu Analisis Peluang Usaha? Ini Tujuan dan Metode Analisisnya

 

3.4. Selalu Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah salah satu prinsip yang harus Anda pegang saat memulai usaha di ranah F&B. Pasalnya, makanan yang diolah secara higienis dengan bahan makanan yang fresh dapat membuat rasa yang ada pada makanan lebih nikmat.

Tentu, hal ini bisa menjadi point plus tersendiri untuk usaha Anda. Makanan yang dibuat secara sembarangan akan menciptakan rasa yang kurang sedap dan membuat pelanggan enggan untuk membeli makanan Anda kedua kalinya.

3.5. Pertimbangkan Untuk Berjualan Secara Offline dan Online

Dalam praktiknya, usaha dimsum bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, Anda dapat memulainya dengan cara konvensional atau berjualan secara offline. Misalnya Anda berjualan dari rumah atau sewa ruko di lokasi yang strategis. Dengan berjualan secara konvensional, Anda dapat menawarkan jualan Anda ke keluarga, tetangga, maupun mereka yang bermukim tidak jauh dari tempat usaha Anda.

Kedua, Anda dapat berjualan dimsum secara online, seperti di sosial media dan marketplace. Beberapa strategi penjualan yang bisa Anda terapkan diantaranya yaitu membuka sistem pre-order, reseller, dropshipper, maupun berjualan di marketplace dengan mempelajari cara berjualan di Shopee, cara berjualan di Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Ketiga, Anda bisa mencoba berjualan melalui aplikasi pesan antar makanan sebagai salah satu mitra usaha mereka. Dengan bekerja sama dengan aplikasi pesan antar makanan, usaha Anda berpotensi menjangkau banyak pelanggan dan semakin dikenal khalayak luas.

3.6. Hitung Kisaran Modal yang Dibutuhkan

Terakhir, jangan lupa untuk menghitung anggaran modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha dimsum. Perhitungkan biaya operasional seperti bahan baku dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat dimsum. Jika semua peralatan yang dibutuhkan sudah Anda miliki, maka modal yang akan Anda keluarkan bisa lebih  murah lagi.

4. Solusi Efektif Mendapatkan Modal Usaha

Tertarik untuk memulai usaha dimsum? Ajukan pinjaman modal usaha di BFI Finance!

Dengan jaminan BPKB Motor, Mobil, dan Sertifikat Rumah, pengajuan pinjaman modal usaha Anda akan kami proses dengan cepat dan tentunya dengan penawaran suku bunga yang  rendah. 

Informasi lebih lanjut terkait pinjaman dan penawaran menarik lainnya dapat Anda akses melalui tautan berikut ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Demikian informasi mengenai 6 Tips Memulai Usaha Dimsum beserta Rincian Modalnya, Dijamin Untung! Semoga bisa menjadi inspirasi untuk ide usaha Anda!

Cek artikel dan informasi menarik lainnya hanya di BFI Blog.

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis