Informasi Umum

8 Universitas di Surabaya Terfavorit, Kampus Negeri dan Swasta!

Admin BFI
15 May 2023
5871
8 Universitas di Surabaya Terfavorit, Kampus Negeri dan Swasta!

Tahun ajaran baru akan segera dimulai. Sebagai orangtua, tentunya kita ingin yang terbaik untuk buah hati kita. Salah satunya tak lain yakni dalam ranah pendidikan, terutama bagi Anda yang ingin menyekolahkan anaknya di universitas di Surabaya.

Ada beberapa alasan yang cukup masuk akal mengapa para orangtua ingin anaknya bersekolah di tempat yang bagus, seperti kualitas pendidikan yang tinggi, sumber daya dan fasilitas yang mumpuni, peluang karir, koneksi, sampai dengan prestise sosial.

Apapun itu yang menjadi preferensi Anda dalam menentukan maupun merekomendasikan universitas bagi buah hati tercinta, tidak ada salahnya untuk menyimak list universitas di Surabaya berikut yang menjadi favorit banyak orang.

 

8 Universitas di Surabaya Terfavorit

Kota Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan. Julukan ini diberikan karena banyaknya pemimpin bangsa yang lahir di kota ini. Selain itu, ada juga aksi heroik yang dilakukan oleh masyarakat Surabaya saat melawan penjajah Belanda tepatnya tanggal 10 November 1945.

Selain mendapat julukan kota pahlawan dan dikenal sebagai kota dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia, kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memiliki beberapa universitas favorit yang ada di Surabaya. Penasaran apa saja universitas di Surabaya yang menjadi favorit banyak orang? Berikut list lengkapnya!

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang lebih dikenal sebagai ITS adalah salah satu universitas terbaik dan terpopuler di Kota Surabaya. 

ITS memiliki 3 kampus yang terletak di beberapa daerah berbeda, seperti Kampus ITS Sukolilo, Kampus Manyar, dan Kampus Cokroaminoto.

Program studi yang paling banyak dipilih di ITS diantaranya yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, dan lain sebagainya. Selain itu, ITS juga dikenal sebagai universitas negeri yang kerap kali memenangkan kompetisi sains bergengsi tingkat nasional maupun internasional.

Dilansir dari situs UniRank, per tahun 2023 ITS menempati posisi ke 13 sebagai Top Universities in Indonesia.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga adalah salah satu top university di Indonesia. Nama yang tersemat pada universitas ini diambil dari salah satu nama raja yang pernah memerintah Jawa Timur pada tahun 1019 – 1042.

Berdiri tanggal 10 November 1954 atau bertepatan dengan hari pahlawan yang ke 9, Universitas Airlangga memiliki beberapa jurusan dengan akreditasi yang sangat baik dan banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Antara lain yaitu program studi kedokteran, manajemen, psikologi, ilmu hukum, dan farmasi.

Berlokasi di Jl. Airlangga No.4 – 6, Airlangga, Kec. Gubeng, Surabaya dan dua lokasi gedung kampus lainnya, UNAIR berhasil menduduki peringkat ke 6 sebagai Top Universities in Indonesia menurut UniRank 2023.

3. Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya atau yang dikenal sebagai UNESA merupakan salah satu universitas negeri di Surabaya yang menjadi incaran banyak orang.

Terdiri dari dua kampus berbeda, yakni Kampus Lidah Wetan dan Kampus Ketintang, sebelum berganti nama menjadi Universitas Negeri Surabaya pada tahun 1999, universitas ini dulunya dikenal sebagai IKIP Surabaya.

UNESA memiliki beberapa fakultas dan program studi yang cukup beragam. Mulai dari Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan lain sebagainya.

Menurut laman UniRank 2023, UNESA berada di ranking 31 secara nasional sebagai Top Universities in Indonesia 2023.

 

Baca Juga: 14 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Untuk Dicoba, Nikmat Tenan!

 

4. Universitas Surabaya

Universitas di Surabaya berikutnya yang kerap kali dipilih oleh calon mahasiswa yaitu Universitas Surabaya. Universitas yang satu ini menjadi salah satu universitas tertua di Kota Surabaya dengan 3 kampus berbeda, yakni terletak di Ngagel, Rungkut, dan Trawas.

Universitas Surabaya yang seringkali disebut UBAYA menempati ranking 61 menurut UniRank 2023 sebagai Top Universities di Indonesia tahun 2023. Adapun jurusan favorit yang banyak dipilih yaitu Ilmu Hukum, Psikologi, dan Akuntansi.

5. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN Sunan Ampel)

UIN Sunan Ampel menjadi universitas di Surabaya selanjutnya yang menempati peringkat tertinggi yakni peringkat 29 dalam kategori Top Universities in Indonesia 2023 menurut UniRank. 

Selain biasa disebut sebagai UIN Sunan Ampel, universitas negeri yang satu ini kerap kali disebut sebagai UINSA. Nama Sunan Ampel yang tersemat diambil dari salah satu nama Walisongo atau tokoh penyebar agama Islam di Indonesia.

UINSA memiliki 9 fakultas berbeda dan beberapa jurusan terfavorit incaran calon mahasiswa, seperti program studi Manajemen Dakwah, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Teknik Lingkungan, dan Politik Islam.

6. Universitas Kristen Petra

universitas di surabaya

Image Source: Freepik/@Lifestylememory

Menjadi salah satu universitas tertua yang ada di Kota Surabaya, Universitas Kristen Petra dikenal dengan sebutan UK Petra atau UKP. Kata ‘Petra’ yang ada merupakan bahasa Yunani yang memiliki arti ‘batu karang’.

Beralamat di Jl. Siwalankerto No.121-131, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Surabaya, Universitas Kristen Petra memiliki program studi sarjana (S1) dan pascasarjana atau program magister (S2). Beberapa jurusan yang paling diminati di universitas ini antara lain yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika, dan Teknik Elektro.

 

Baca Juga: Sayang Untuk Dilewatkan, Ini Spot Foto Surabaya Paling Instagramable!

 

7. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas di Surabaya selanjutnya yakni Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau yang biasa dikenal sebagai UNTAG. Perguruan tinggi yang satu ini termasuk yang tertua yang ada di Surabaya dimana UNTAG berdiri sejak 17 Agustus 1958.

Beralamat di Jl. Semolowaru No.45, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Surabaya, beberapa jurusan favorit yang banyak dipilih diantaranya yaitu Ilmu Komunikasi, Ekonomi Bisnis, dan Teknik Informatika.

8. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

UPN Veteran Jawa Timur merupakan salah satu kampus negeri yang berada di Surabaya. DIresmikan sebagai kampus negeri pada tanggal 6 Oktober 2014, UPN Veteran Jawa Timur dulunya merupakan kampus swasta.

Nama ‘Veteran’ yang tersemat pada universitas ini diambil dari nama para pendiri universitas yang mana mereka adalah para veteran pejuang perang kemerdekaan Indonesia. UPN Veteran Jawa Timur berhasil meriah ranking 68 di Top Universities in Indonesia versi UniRank 2023.

Terdiri dari 7 fakultas bergengsi, UPN Veteran Jawa Timur memiliki program studi favorit seperti Agroteknologi, Administrasi Bisnis, Informatika, Teknik Industri, dan Agribisnis.

Sobat BFI, itulah 8 Universitas di Surabaya Terfavorit versi Tim BFI Finance. Universitas mana yang tertarik untuk Anda pilih?

Jangan lupa untuk mempersiapkan dana pendidikan Anak sedini mungkin. Meskipun mempersiapkan dana pendidikan tidaklah mudah, namun dengan perencanaan yang matang, segala sesuatunya tidak mustahil untuk dilakukan.

Jika Anda butuh dana tambahan untuk biaya pendidikan anak, Anda bisa mengajukan pinjaman ke BFI Finance!

 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum