Informasi Umum

Surat Keterangan Penghasilan: Fungsi, Cara Membuat, dan Contohnya

Admin BFI
17 February 2023
54023
Surat Keterangan Penghasilan: Fungsi, Cara Membuat, dan Contohnya

Surat keterangan penghasilan kerap kali dianggap sama dengan slip gaji. Padahal, ada perbedaan yang cukup jelas antara keduanya.

Dokumen ini umumnya digunakan sebagai persyaratan administrasi untuk berbagai keperluan seperti mengajukan kredit atau pinjaman, mendaftar beasiswa, membuat VISA, sampai dengan mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Lantaran fungsinya yang penting ini, sudah seyogya kita mengetahui apa itu surat keterangan penghasilan, perbedaannya dengan slip gaji, sampai dengan cara pembuatannya. Sobat BFI, yuk simak detailnya di artikel berikut ini.

 

1. Apa Itu Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan atau yang biasa disingkat sebagai SKP adalah sebuah dokumen resmi yang digunakan untuk menerangkan penghasilan seseorang secara terperinci. 

Dokumen ini umumnya digunakan sebagai syarat administrasi untuk keperluan pengajuan pinjaman, kredit kendaraan bermotor, KPR, mendaftar beasiswa, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengajukan permohonan ke bagian keuangan di perusahaan, instansi, maupun pihak tertentu yang memiliki wewenang seperti ketua RT.

 

Baca Juga: Paklaring Adalah: Pengertian, Fungsi, Syarat dan Cara Membuatnya

 

2. Fungsi Surat Keterangan Penghasilan

Tidak hanya digunakan sebagai dokumen pelengkap untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan, SKP juga seringkali digunakan untuk berbagai hal berikut ini.

2.1. Melamar Pekerjaan

Beberapa perusahaan menjadikan SKP sebagai salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan. Penyertaan dokumen ini dimaksudkan untuk memverifikasi apakah yang bersangkutan benar-benar pernah bekerja di tempat tersebut, meyakinkan jumlah penghasilan dari suatu perusahaan, serta mengetahui besaran gaji yang diharapkan oleh calon karyawan dengan membandingkan penghasilan yang didapatkan dari tempat kerja sebelumnya.

2.2. Membuat VISA

Tidak semua VISA menjadikan SKP sebagai salah satu persyaratannya, akan tetapi jika Anda berencana untuk pergi ke negara-negara maju, Anda sudah pasti ditanya SKP sebagai jaminan jika Anda mampu bertahan di negara tersebut secara finansial.

2.3. Mengajukan Kredit atau Pinjaman

Lembaga keuangan non bank dan bank seringkali mensyaratkan surat keterangan penghasilan sebagai salah satu kelengkapan berkas yang harus dipenuhi. Misalnya untuk kredit motor, KPR, pinjaman modal usaha dengan jaminan BPKB, dan lain sebagainya.

Adanya SKP ini nantinya dijadikan sebagai tolak ukur kemampuan seseorang dalam membayar cicilan secara tepat waktu, sehingga dapat meminimalisir terjadinya gagal bayar atau kredit macet.

2.4. Daftar Beasiswa

Saat hendak mendaftar program beasiswa, SKP kerap kali menjadi salah satu kelengkapan persyaratan administratif. Umumnya SKP tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan orangtua secara finansial.

Selain itu, bagi mereka yang mendaftar beasiswa melalui program profesional, khususnya bagi yang sudah bekerja, SKP digunakan sebagai persyaratan administrasi bersamaan dengan surat rekomendasi dari atasan.

2.5. Persyaratan Pencairan Dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan menjadikan SKP sebagai salah satu persyaratan untuk bisa mencairkan dana JHT (Jaminan Hari Tua).

JHT ini dapat dicairkan saat Anda berhenti bekerja ataupun pada saat masih bekerja dengan ketentuan hanya bisa dicairkan sebesar 30%.

 

Baca Juga: Mudah, Begini Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

 

3. Jenis Surat Keterangan Penghasilan

Melansir dari situs rumahcom, surat keterangan penghasilan (SKP) terdiri dari 3 jenis yang meliputi surat keterangan penghasilan orangtua, kerja/karyawan, dan wirausaha. Berikut ini penjelasan detailnya.

3.1. SKP Wirausaha

SKP yang pertama adalah SKP yang diperuntukan bagi wirausaha. Dokumen yang satu ini biasanya dibuat untuk keperluan pengajuan pinjaman tambahan modal ke perusahaan pembiayaan.  

3.2.  SKP Orangtua

Surat keterangan penghasilan berikutnya adalah surat yang umumnya diperuntukan bagi orangtua mahasiswa untuk mengajukan keringanan biaya pendidikan. Biasanya surat ini diminta saat mendaftar program beasiswa. 

3.3. SKP Kerja / Karyawan

SKP jenis terakhir adalah SKP yang diperuntukan bagi para pekerja atau karyawan. Dokumen ini biasanya dibuat untuk keperluan pribadi seperti mengajukan pinjaman, mendaftar beasiswa melalui jalur profesional, dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Surat Keterangan Domisili Untuk Berbagai Keperluan

 

4. Perbedaan Surat Keterangan Penghasilan dengan Slip Gaji 

Banyak orang belum tahu jika surat keterangan penghasilan dan slip gaji adalah dokumen yang berbeda. Perbedaan yang ada ini terletak pada informasi yang dimuat di dalamnya.

1. SKP dibuat lebih formal dengan adanya kop surat perusahaan. Sedangkan slip gaji cenderung dibuat lebih sederhana.

2. Informasi yang ada pada surat keterangan penghasilan tidak serinci slip gaji. SKP hanya memuat gaji bersih yang diterima, tunjangan, dan lain sebagainya. Sedangkan Slip gaji memuat segala informasi yang berkaitan dengan gaji yang diterima, mulai dari gaji, potongan gaji, pajak penghasilan, dan rincian lainnya. 

5. Komponen Pada Surat Keterangan Penghasilan dan Cara Membuatnya

Tidak ada aturan pasti terkait komponen apa saja yang wajib disematkan pada surat keterangan penghasilan. Meskipun begitu, umumnya dokumen ini tersusun dari komponen penting berikut.

  • Data Diri / Identitas Pemilik SKP

Pada bagian ini berisikan informasi pribadi mengenai pemohon dokumen. Seperti nama, tempat tanggal lahir, No KTP, kartu keluarga, dan lainnya.

  • Status dan Pendapatan

Di dalamnya dimuat informasi mengenai pendapatan bulanan yang diterima, tunjangan, dan hal lainnya yang berkenaan dengan pendapatan.

  • Tanda Tangan dan Cap dari Pihak Berwenang

Bagian terakhir yakni pengesahan dari pihak penanggung jawab. Jika Anda seorang karyawan, bagian ini umumnya akan ditandatangani oleh pimpinan penanggung jawab.

6. Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan penghasilan yang dapat Anda jadikan referensi untuk membuat dokumen ini.

6.1. Contoh Surat Penghasilan Orangtua

surat keterangan penghasilan orangtua

Image Source: img.akademik.ugm.ac.id

surat keterangan penghasilan orangtua

Image Source: iainsalatiga.ac.id

6.2 Contoh Surat Penghasilan Kerja / Karyawan

surat keterangan penghasilan kerja

Image Source: inews.id

surat keterangan penghasilan kerja

Image Source: bindoline.com

6.3 Contoh Surat Penghasilan Wirausaha / Umum

surat keterangan penghasilan wirausaha

Image Source: lezgetreal.com

Sobat BFI, itulah pembahasan terkait surat keterangan penghasilan (SKP) mulai dari pengertian, fungsi, jenis, cara membuat, sampai dengan contohnya. Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini proses pembuatan SKP yang ada dapat berjalan dengan mulus.

Solusi Alternatif Pinjaman Dana Cepat dan Mudah

Butuh Pinjaman Dana Cepat? Untuk keperluan modal usaha, biaya pendidikan, dan keperluan lainnya? BFI Finance Solusinya!

BFI Finance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. BFI Finance menawarkan berbagai keuntungan untuk produk yang ditawarkan. Diantaranya yaitu:

  • Proses kredit cepat, 1-2 hari kerja

  • Plafon pinjaman tinggi hingga 85% dari nilai kendaraan

  • Jaringan luas dengan 340 cabang di seluruh indonesia

  • Perusahaan pembiayaan terbaik & terpercaya di Indonesia (sudah terverifikasi oleh OJK)

Informasi lebih lanjut dapat Anda temui melalui laman web di bawah ini:

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum