Bisnis

Laris Manis, Ini 6 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif!

Admin BFI
17 May 2023
3097
Laris Manis, Ini 6 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif!

Dalam berbisnis, strategi pemasaran online adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengenalkan suatu produk maupun brand ke masyarakat dengan memanfaatkan jaringan internet.

Strategi ini dinilai paling efektif karena pengguna internet terus bertumbuh secara positif dari tahun ke tahun. Khususnya platform sosial media yang memiliki pengguna aktif mencapai jutaan setiap harinya.

Lalu, apa saja strategi pemasaran online yang dapat dijalankan oleh para pebisnis, wirausaha, maupun UMKM? Simak uraian lengkapnya di bawah ini!

 

1. Apa Itu Strategi Pemasaran Online?

Strategi pemasaran online merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dengan memanfaatkan platform digital sebagai salah satu alat pemasaran.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan melalui penerapan strategi pemasaran online. Antara lain yaitu:

1.1 Jangkauan Audiens yang Lebih Luas

Tidak seperti strategi pemasaran pada umumnya yang bersifat konvensional dan cenderung terbatas, strategi pemasaran online memungkinkan Anda untuk menayangkan iklan produk secara global atau lokasi tertentu sesuai keinginan Anda.

1.2. Sistem Tracking yang Mudah

Selayaknya pemasaran yang masih bersifat konvensional, pada strategi pemasaran online Anda bisa menentukan metode seperti apa yang ingin Anda terapkan untuk mencapai keberhasilan dalam beriklan.

Perbedaannya terletak pada layanan atau tools yang ditawarkan oleh platform iklan yang Anda pilih. Setiap platform umumnya memiliki metric yang dapat dihitung sebagai acuan dalam mengambil keputusan dan memaksimalkan budget yang ada.

3. Lebih Mudah Untuk Menargetkan Audiens

Strategi pemasaran online memungkinkan para pemilik bisnis untuk menarget audience secara tepat dan efisien, sesuai dengan demografi, minat, perilaku, dan preferensi lainnya. Hal ini tentunya dapat menguntungkan Anda, khususnya dalam mengoptimalkan modal usaha yang dimiliki.

 

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

 

2. 6 Strategi Pemasaran Online Paling Efektif

Setelah Anda mengetahui apa itu strategi pemasaran online serta manfaatnya, berikut ini 6 strategi pemasaran online paling efektif yang bisa Anda pilih untuk mencapai kesuksesan yang Anda impikan.

2.1. Search Engine Optimization (SEO)

Optimasi mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu strategi marketing yang dapat membantu produk atau layanan Anda dikenal lebih banyak orang secara organik.

Pasalnya, penerapan SEO yang sesuai memungkinkan laman website Anda memperoleh banyak traffic dan menaikan visibilitas website yang akan berpengaruh terhadap brand awareness dan hasil penjualan.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam SEO:

  • On-Page SEO

  • Off-Page SEO

  • Technical SEO

 

Baca Juga: 19 Ide Bisnis Digital Paling Update dan Menguntungkan!

 

2.2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) atau yang juga dikenal sebagai online advertising merupakan metode iklan berbayar secara online. Sistem yang digunakan dalam SEM umumnya berbasis Pay Per Click (PPC) dimana pembayaran iklan yang ada terjadi saat pengguna internet mengklik iklan Anda.

Strategi pemasaran berikut umumnya diterapkan melalui penggunaan google ads dan sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, sampai dengan YouTube. Ada banyak jenis iklan yang bisa Anda pilih, salah satunya yakni iklan berbasis gambar atau display ads.

 

Baca Juga: Cara Menjadi Freelancer dan Daftar Freelance Terpopuler

 

2.3. Email Marketing

strategi pemasaran online

Image Source: Freepik.com

Dilansir dari situs glints.com, sebanyak 35% orang di dunia memiliki email. Data tersebut tentunya bisa menjadi salah satu alasan jika melakukan promosi melalui email adalah salah satu cara yang sebaiknya Anda coba.

Terlebih jika Anda memiliki database yang menyimpan banyak data konsumen berupa email, ini tentunya akan memudahkan Anda dalam menjalankan strategi ini. Salah satu tool gratis yang menawarkan pelayanan berupa pengiriman email sebanyak 2.000 email perbulannya adalah Mailchimp.

Melalui email marketing Anda dapat mengirimkan promo atau penawaran khusus dan konten menarik yang masih berkaitan dengan bisnis Anda. Keuntungan lainnya yakni Anda bisa mengetahui siapa saja yang menerima email Anda, bersifat lebih personal, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal.

2.4. Influencer Marketing / Endorse

Influencer Marketing atau yang kini lebih banyak dikenal sebagai endorse adalah strategi pemasaran online yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan  influencer yang memiliki citra positif dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan.

Endorse juga dinilai menjadi salah satu cara instan dan tercepat untuk menaikan penjualan. Yang terpenting, pastikan untuk memilih influencer yang tepat dengan tarif endorse yang sesuai dengan budget yang Anda milik.
 

Baca Juga: Apa Itu Endorse: Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

 

2.5. Affiliate Marketing

Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak juga sumber pendapatan yang bisa diperoleh. Salah satunya yakni dengan menjalankan strategi pemasaran online berupa affiliate marketing atau afiliasi marketing.

Program affiliasi memungkinkan produk atau layanan yang Anda tawarkan dapat dipromosikan oleh banyak orang secara cuma-cuma. Nantinya, mereka yang berhasil menjual produk tersebut akan mendapatkan imbalan berupa komisi dari setiap penjualan yang ada.

Anda bisa melancarkan strategi ini secara mudah dan aman dengan cara berjualan di platform e-commerce seperti TikTok Shop, Shopee, maupun Tokopedia.

 

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini

 

2.6. Sosial Media Marketing

Tren penggunaan sosial media seperti TikTok, Twitter, Instagram, YouTube, Facebook, dan lain sebagainya kian marak. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang untuk mempromosikan bisnis Anda dengan lebih mudah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya yaitu dengan membangun komunitas dan aktif berinteraksi dengan para pelanggan. Tidak lupa untuk membagikan konten yang bermanfaat untuk menarik lebih banyak audiens.

Social media marketing erat kaitannya dengan content marketing. Bila konten yang dibuat berisikan informasi yang menarik dan bermanfaat, maka besar kemungkinan strategi ini akan berjalan dengan baik.

Sobat BFI, itulah tadi 6 strategi pemasaran online yang bisa Anda pilih untuk membantu mensukseskan bisnis Anda.

Sebagai pemilik usaha yang mempunyai mobilitas tinggi serta keinginan untuk mewujudkan berbagai inovasi untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis, memiliki modal usaha yang cukup adalah salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan.

 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis