Artikel

Simak Batas Usia Aset Untuk Pembiayaan Mobil

2021-11-18 00:00:00 367

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana tambahan. Mengajukan jaminan pembiayaan mobil bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan dana cepat dalam waktu singkat. 

Memiliki kendaraan mobil pribadi memang merupakan keuntungan tersendiri. Bagi sebagian pemilik kendaraan, mobil bisa menjadi investasi yang memberikan keuntungan di kemudian hari. Harga mobil memang relatif menyusut seiring waktu dan usia kendaraan. Namun, mobil dapat tetap dimanfaatkan sebagai jaminan untuk pinjaman dana. Tapi, tidak semua BPKB mobil bisa dijadikan agunan. Salah satu faktor penentu dalam proses pengajuan pinjaman adalah usia kendaraan yang akan Anda jaminkan. 

Apa saja persyaratan dalam mengajukan pinjaman dalam bentuk pembiayaan mobil? Berapa batas usia kendaraan yang bisa dijadikan jaminan pinjaman?   

Pembiayaan adalah

Syarat Usia Kendaraan Untuk Pembiayaan Mobil

Umumnya, batas untuk jaminan BPKB mobil adalah mobil produksi 2011 ke atas atau 10 tahun. Syarat ini diterapkan oleh hampir seluruh perusahaan pembiayaan. Selain usia, kondisi kendaraan pun juga turut dinilai apakah mobil tersebut layak untuk dijadikan jaminan pinjaman. 

Kendaraan yang berusia 10 tahun umumnya masih memiliki nilai jual yang tinggi. Itulah sebabnya, syarat usia tersebut diberlakukan. Konsumen yang menjaminkan kendaraannya bisa mendapatkan pencairan dana sekitar 60-80% dari nilai aset yang dijaminkan. 

Syarat Lain Untuk Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Selain usia kendaraan yang dijaminkan, ada persyaratan dokumen yang juga harus dilengkapi untuk mengajukan pembiayaan dengan jaminan BPKB mobil. Sehingga, Anda sebagai konsumen bisa dinilai kredibilitasnya dalam mengajukan pinjaman. 

Umumnya, dokumen yang dibutuhkan adalah: 

  • KTP dan KK 

  • NPWP / Surat Pemberitahuan Pajak

  • Rekening 3 Bulan Terakhir

  • Slip Gaji Karyawan / Surat Keterangan Penghasilan

  • Dokumen Jaminan (STNK, Pajak, BPKB, Faktur)

  • Data Domisili ( ID PEL listrik / Rek listrik terakhir / PBB terakhir / SHM / AJB / PK)

 

Selain itu, beberapa lembaga keuangan juga menetapkan syarat usia, profesi, serta minimal pendapatan bagi calon nasabahnya. 

Contohnya, di BFI Finance, calon peminjam harus berusia 21-60 tahun. Serta memiliki profesi sebagai karyawan atau wiraswasta minimal satu tahun dengan pendapatan tetap. Pastikan bahwa Anda sebagai calon nasabah telah memenuhi dokumen dan persyaratan yang berlaku. 

Itulah serba-serbi hal yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan pembiayaan mobil. Cari pinjaman BPKB mobil terpercaya? Yuk, jaminkan BPKB mobil Anda di BFI Finance! Dapatkan pencairan dana dengan proses mudah, aman, serta pastinya dengan bunga rendah. 

#SelaluAdaJalan untuk kebutuhan finansial Anda dengan BFI Finance. 

Sumber: