Gaya Hidup

Self Healing Artinya Penyembuhan Diri, Begini Cara Melakukannya!

Admin BFI
19 October 2022
36100
Self Healing Artinya Penyembuhan Diri, Begini Cara Melakukannya!

Self healing, sebuah istilah kekinian yang kian populer di masyarakat. Istilah ini banyak digunakan, khususnya bagi netizen atau para pengguna sosial media.

Tidak sedikit yang menyebutkan self healing artinya pergi berlibur ke suatu tempat atau staycation untuk meredakan stres atau pikiran negatif. Namun, apakah konsep tersebut benar-benar menggambarkan arti kata self healing yang sebenarnya?

Yuk, cari tahu selengkapnya lewat penjelasan berikut ini! 

 

Definisi Self Healing

Istilah self healing berasal dari dua kata yakni self dan healing. Healing memiliki arti penyembuhan, sedangkan self berarti diri. Jadi, istilah self healing memiliki makna penyembuhan diri.

Penyembuhan diri di sini bisa mencakup ranah yang sangat luas. Mulai dari penyembuhan jiwa, penyembuhan luka batin, sampai dengan pikiran. Secara singkat, self healing artinya penyembuhan luka batin yang mempengaruhi kondisi emosi atau kesehatan mental seseorang. 

Adanya luka batin ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya perasaan traumatis yang muncul akibat perlakuan yang tidak semestinya maupun kegagalan di masa silam.

Pada dasarnya, setiap luka batin memiliki rentan waktu yang berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum luka batin yang bersemayam dalam diri seseorang dapat bertahan dalam rentan waktu yang lama.

Luka batin yang terus menerus dibiarkan ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan mental kita. Misalnya, kita jadi mudah terkena gangguan kecemasan, stres, depresi, bahkan beresiko terjadinya self harm yang berujung pada percobaan bunuh dini.

 

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Indonesia yang Populer dan Mendunia

 

Tanda-Tanda Anda Butuh Self Healing

Kehadiran luka batin kadang kala tidak dapat disadari begitu saja sampai akhirnya ada suatu kejadian yang berhasil menyadarkan kita jika self healing artinya perlu dilakukan.

Berikut ini beberapa tanda Anda butuh self healing.

1. Berubah Menjadi Lebih Sensitif

Tanda pertama yang kerap kali terjadi saat seseorang membutuhkan self healing artinya terjadi perubahan sikap yang menjadi lebih sensitif daripada sebelumnya.

Sebagai contoh, mudah menangis terhadap hal-hal kecil, mudah tersinggung terhadap suatu perkataan, sampai dengan mudah marah untuk hal-hal sepele.

Nah, saat kondisi ini terjadi pada Anda, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk self healing

2. Seringkali Berpikir Negatif

Selain menjadi lebih sensitif terhadap hal-hal kecil, orang dengan luka batin yang membutuhkan self healing seringkali dihinggapi pikiran negatif.

Mereka mulai menyusun skenario buruk terhadap suatu hal yang bisa terjadi pada diri mereka, mudah merasa pesimis saat melakukan sesuatu, sampai dengan putus asa dengan hidup mereka.

Bilamana hal ini terjadi pada Anda, self healing artinya sangat diperlukan untuk membantu menyingkirkan pikiran-pikiran negatif tersebut.

3. Membalas Perlakuan Kurang Baik yang Dilakukan Orang Lain

Saat luka batin yang dimiliki seseorang terpendam begitu saja, khususnya dalam waktu yang sangat lama, orang tersebut akan memiliki kecenderungan untuk memperlakukan orang lain sebagaimana mereka diperlakukan. Dengan kata lain, balas dendam.

Mereka akan membalas segala bentuk perlakuan buruk yang pernah dilakukan oleh orang lain atas diri mereka. Tak hanya itu, mereka juga memiliki tendensi untuk selalu ingin diutamakan, dan memuaskan ego yang ada.

4. Sulit Memaafkan dan Mempercayai Orang

Salah satu pemaknaan self healing artinya mencoba menerima sekaligus memaafkan masa lalu. Orang dengan luka batin sering kali merasa sulit memaafkan dan mempercayai orang lain (trust issue).

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengganggu kehidupan sosial seseorang. Mereka akan merasa kesulitan untuk bergaul, kurang bisa berempati, dan hanya mau mementingkan diri sendiri. 

5. Cenderung Tidak Peduli dengan Banyak Hal

Luka batin yang lama dibiarkan dapat merubah seseorang menjadi apatis atau cuek dengan sekitarnya. Mereka tidak peduli orang lain akan bagaimana, sekalipun itu orang terdekat.

Jika hal ini turut Anda rasakan, itu adalah sebuah pertanda self healing artinya harus dilakukan sesegera mungkin.

Meskipun tanda-tanda di atas cukup menggambarkan kondisi Anda saat ini, sebaiknya lakukan konsultasi lebih lanjut ke ahlinya supaya Anda tidak self diagnose. Di samping itu, berkonsultasi juga dapat membantu Anda menyembuhkan luka batin secara tepat dan efisien.

Manfaat Melakukan Self Healing

Melakukan self healing memiliki banyak manfaat terhadap penyembuhan diri, khususnya bagi luka batin yang Anda miliki. Manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan self healing antara lain yaitu:

1. Membantu Anda dalam mengobati luka masa lalu

2. Salah satu proses penerimaan terhadap masa lalu dan masa sekarang

3. Efektif meredakan kecemasan dan stres

4. Berpotensi mengetahui kekurang dan kelebihan yang Anda miliki

5. Salah satu metode yang bisa membuat Anda lebih produktif dan kembali bersemangat

Itulah manfaat yang bisa Anda peroleh dari self healing. Adapun cara melakukan self healing bisa Anda lakukan dengan mengikuti tahapan di bawah ini.

Self Healing Artinya

Image Source: unsplash/Shashi Chaturvedula

Jenis dan Cara Melakukan Self Healing

Dilansir dari hellosehat.com, ada 5 jenis self healing artinya yang bisa Anda terapkan bersamaan dengan cara melakukannya.

1. Berdamai Dengan Diri Sendiri (Forgiveness)

Self healing artinya berdamai dengan diri sendiri dan memaafkan kesalahan yang pernah dibuat orang lain. Berdamai dengan apa yang sudah terjadi memang tidak mudah untuk dilakukan.

Namun, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, hal ini bisa melepas emosi negatif yang ada pada diri kita. Kita kembali menjadi manusia seutuhnya yang mampu bersimpati, berempati, menghargai diri sendiri, dan menikmati hidup.

Berdamai dengan diri sendiri bisa Anda lakukan dengan cara bermeditasi. Caranya sebagai berikut:

1. Tutup kedua mata Anda, tenangkan pikiran seraya mengatur pernapasan agar lebih rileks. Lakukan ini selama kurang lebih 3 menit.

2. Selanjutnya, letakan jari pada kening Anda

3. Mulailah mengucap syukur dan berterima kasih atas semua hal yang Anda miliki

4. Setelah itu, pelan-pelan mengingat kembali kesalahan-kesalahan yang pernah Anda buat dan mulailah meminta maaf pada diri sendiri seraya menerima keadaan

2. Jujur Terhadap Diri Sendiri (Self Compassion)

Selain berdamai dengan keadaan, self healing artinya bersikap jujur terhadap diri sendiri. Terbuka dengan apa yang tengah kita rasakan saat ini.

Hal ini mampu membantu Anda untuk mencintai diri sendiri, mengekspresikan diri, dan lebih mengenal siapa Anda sebenarnya. Saat Anda berusaha jujur terhadap diri sendiri, Anda akan lebih mudah untuk membangun relasi dengan orang di sekitar maupun orang lain. 

3. Bicara Pada Diri Sendiri (Positive Self Talk)

Berbicara pada diri sendiri tidak selamanya memiliki konotasi yang buruk. Jika hal ini dilakukan secara tepat, hal ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks, memperbaharui suasana hati, bersikap lebih positif, menghilangkan rasa cemas ataupun putus asa.

Untuk melakukan self healing yang satu ini cukuplah mudah. Caranya yaitu dengan memilih tempat yang tenang, atur pernafasan Anda, dan mulailah berbicara dengan diri sendiri terkait segala sesuatu yang menyangkut diri Anda maupun lingkungan sekitar.

4. Bersyukur Terhadap Banyak Hal (Gratitude)

Selain ketiga hal di atas, self healing artinya mensyukuri atas semua hal yang Anda miliki dengan cara mengekspresikannya melalui tindakan ataupun perkataan.

Contohnya Anda berterima kasih kepada orang yang selama ini selalu mendukung Anda. Baik itu orangtua, pasangan, maupun kerabat terdekat. Anda bisa mengatakannya secara langsung atau mengirim pesan singkat lewat whatsapp dan platform sosial media lainnya.

5. Meditasi (Mindfulness)

Mindfulness merupakan salah satu cara self healing yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh kesadaran penuh atas diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Dengan menerapkan ini Anda akan lebih berhati-hati saat bertindak, berperilaku, dan mengambil keputusan. Sebab, mereka yang memiliki kesadaran penuh atas dirinya akan lebih mudah untuk mengendalikan segala hal, seperti stres, cemas, dan energi negatif.

 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Buku Self Healing Terbaik 2022, Bikin Tentram Jiwa!

 

Solusi Masalah Keuangan Anda

Butuh pinjaman dana cepat untuk berbagai masalah keuangan Anda? Bisa ajukan pinjaman di BFI Finance!

Prosesnya mudah, aman, dan cepat. BFI Finance membantu Anda mewujudkan berbagai impian. Mulai dari modal usaha, biaya pendidikan anak, dan pembiayaan lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, ajukan pinjaman di BFI Finance! Informasi selengkapnya dapat Anda akses melalui tautan berikut ini.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 3 tahun.

Informasi Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 18 bulan.

Informasi Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 48 bulan.

Sobat BFI, demikian penjelasan mengenai Self Healing Artinya Penyembuhan Diri, Begini Cara Melakukannya! Semoga artikel ini bisa mendorong Anda untuk menjadi individu yang lebih baik lagi. Jangan sungkan untuk melakukan konsultasi terkait kesehatan mental Anda. Semoga Anda senantiasa sehat dan berbahagia.

Ikuti terus artikel kami mengenai bisnis, gaya hidup, informasi umum, dan sebagainya di BFI Blog. Update setiap Senin-Jumat!

Kategori : Gaya Hidup