Pinjaman

7 Pinjaman Modal Usaha Kecil dan Masing-Masing Keuntungannya

Admin BFI
8 March 2023
7728
7 Pinjaman Modal Usaha Kecil dan Masing-Masing Keuntungannya

Kehadiran pinjaman modal usaha kecil sangatlah penting untuk membantu para pebisnis dalam memulai maupun mengembangkan bisnisnya.

Dengan adanya pinjaman ini, berbagai aktivitas yang terjadi dapat berlangsung dengan baik, mulai dari urusan operasional, kebutuhan dana darurat, modal tambahan, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui jenis pinjaman modal apa saja yang ada di Indonesia. Untuk itu, mari kita bahas pinjaman modal usaha kecil dan keuntungan dari masing-masing pinjaman tersebut di artikel yang satu ini, ya!

 

1. 7 Alternatif Pinjaman Modal Usaha Kecil

Kemajuan jaman dan teknologi turut mendukung pertumbuhan bisnis yang ada di Indonesia. Lembaga keuangan non bank maupun bank saling berlomba-lomba untuk menawarkan produk terbaiknya, tanpa terkecuali pinjaman modal usaha kecil!

Nah, bagi Anda yang memiliki rencana untuk memulai atau mengembankan bisnis Anda saat ini, 7 alternatif pinjaman berikut ini dapat menjadi pilihan Anda.

1. Pinjaman dengan Agunan

Sesuai dengan namanya, pinjaman dengan agunan adalah jenis pinjaman yang mengharuskan peminjaman untuk menjaminkan aset yang mereka miliki sebagai salah satu syarat pinjaman. Aset yang dijaminkan umumnya berupa BPKB kendaraan bermotor dan sertifikat rumah

Keuntungan Mengajukan Pinjaman dengan Agunan

  • Plafon pinjaman yang cukup tinggi

  • Tenor yang panjang

  • Jumlah dana yang didapatkan cenderung lebih besar

 

Baca Juga: 5 Manfaat Pinjaman Modal Usaha dan Cara Mudah Mendapat Modal

 

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat atau yang disingkat menjadi KUR adalah jenis pinjaman yang diberikan oleh pemerintah, baik itu untuk UMKM maupun pebisnis pemula yang membutuhkan modal.

Manfaat pinjaman yang satu ini dapat dengan mudah dirasakan bagi perusahaan yang bergerak di sektor industri, pertanian, perikanan, kelautan, perhutanan, maupun sektor keuangan berupa jasa simpan pinjam.

Untuk mendapatkan kredit usaha rakyat, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank menjalankan program ini.

pinjaman modal usaha kecil

Image Source: freepik/odua

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di Kredit Usaha Rakyat (KUR)

  • Bunga rendah 2% - 6%

  • Limit pinjaman cukup besar hingga 500 juta

  • Tenor panjang berkisar 1 - 3 tahun

  • Persyaratan tidak berbelit-belit

  • Dapat diajukan tanpa jaminan

 

Baca Juga: UMKM Adalah: Definisi, Jenis, Sampai Dengan Ide Usaha

 

3. Koperasi

Mendengar kata koperasi mungkin kebanyakan dari kita sudah tidak lagi asing dengan kata ini. Mengacu pada UU No. 17 Th 2012, koperasi memiliki tugas yang mirip dengan bank yaitu menghimpun dana dari para anggota koperasi lalu menyalurkannya ke anggota maupun non anggota.

Perbedaan yang paling kentara antara koperasi simpan pinjam dengan bank yaitu besaran bunga yang diberikan. Koperasi simpan pinjam biasanya mematok besaran bunga yang lebih besar.

Meskipun demikian, koperasi simpan pinjam dinilai cukup menguntungkan bagi para anggotanya karena di akhir periode akan dilakukan pembagian hasil dari selisih usaha yang didapatkan selama satu tahun setelah dikurangi dengan beban usaha.

Umumnya, syarat pengajuan pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam adalah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, slip gaji, formular pengajuan pinjaman dana, fotokopi PBB atau rekening listrik.

Keuntungan Mengajukan Pinjaman di Koperasi

  • Proses pengajuan pinjaman lebih mudah

  • Pencairan dana umumnya lebih cepat

  • Memungkinkan untuk meminjam tanpa jaminan

  • Terdapat pembagian hasil dari selisih usaha

 

Baca Juga: UMKM Adalah: Definisi, Jenis, Sampai Dengan Ide Usaha

 

4. P2P lending

P2P lending atau kepanjangan dari peer to peer lending adalah salah satu produk fintech (financial technology) yang menawarkan pinjaman modal usaha kecil yang dapat membantu Anda dalam mengembangkan usaha maupun memulainyal

Cara kerja P2P lending cukuplah unik. Platform yang satu ini bekerja dengan cara mempertemukan kreditur (pemilik modal) dengan debitur (peminjam modal).

Ada banyak P2P yang tersedia di luaran sana dengan bunga pinjaman yang terjangkau. Namun, pastikan P2P yang Anda pilih berasal dari perusahaan yang terjamin legalitasnya, ya!

Kelebihan P2P Lending Bagi Debitur

  • Pinjaman tanpa jaminan

  • Suku bunga rendah

  • Mudah dan cepat

  • Persyaratan tidak ribet

  • Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan

5. Kredit Modal Kerja

Kredit modal kerja merupakan salah satu produk bank yang turut menawarkan alternatif pinjaman modal usaha bagi mereka yang ingin merintis bisnis namun terhalang oleh modal.

Produk finansial yang satu ini merupakan salah satu program besutan bank yang diperuntukan untuk pinjaman modal usaha kecil. Cakupan penggunaan Kredit Modal Kerja lebih luas yaitu dapat digunakan sebagai modal operasional bisnis maupun membayar hutang dagang. Periode kredit ini umumnya hanya 1 tahun. Maka dari itu, jenis kredit ini tergolong ke dalam kredit jangka pendek.

Syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi agar dapat merasakan manfaat pinjaman jenis ini antara lain yaitu memiliki izin usaha, usaha yang ada telah berjalan kurang lebih satu tahun, sampai dengan melampirkan kelengkapan dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), buku tabungan, keterangan penghasilan, bukti adanya tanggungan atau cicilan jika ada.

Kelebihan Kredit Modal Kerja Bagi Debitur

  • Mempercepat pengembangan bisnis atau usaha

  • Membantu operasional bisnis tetap berjalan lancar

  • Melindungi bisnis dari krisis modal kerja

 

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

 

6. Ventura

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perusahaan modal ventura dapat diartikan sebagai perusahaan yang mendanai suatu usaha atau perusahaan dengan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Adapun bentuk kegiatannya bisa berupa kesepakatan dalam pembagian hasil, saham, dan lain sebagainya.

Untuk dapat mengajukan pinjaman ke perusahaan jenis ini Anda diharuskan untuk membuat proposal yang menerangkan terkait bisnis yang Anda bangun serta skema keuntungan yang akan diperoleh oleh pihak ventura.

Kelebihan Ventura Bagi Debitur

  • Pemasaran produk lebih efisien

  • Mendapat kepercayaan dari bank

  • Modal usaha yang didapatkan cenderung besar

  • Membantu proses ekspansi atau pengembangan bisnis menjadi lebih mudah

7.  Pinjaman Tanpa Agunan

KTA atau singkatan dari kredit tanpa agunan adalah salah satu jenis pinjaman yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha. Dengan memilih jenis pinjaman yang satu ini, Anda tidak perlu menjaminkan aset yang Anda miliki seperti surat-surat berharga, BPKB kendaraan, maupun sertifikat rumah.

Keuntungan Memilih Pinjaman Tanpa Agunan Bagi Debitur

  • Tanpa jaminan

  • Bunga yang ditawarkan cukup rendah

  • Tenor hingga 60 bulan atau 5 tahun (tergantung dari kebijakan perusahaan pembiayaan)

  • Proses mudah dan cepat

Salah satu perusahaan pembiayaan yang menawarkan pinjaman untuk usaha Anda adalah BFI Finance. BFI Finance telah berdiri sejak tahun 1982 dan menjadi Perusahaan Pembiayaan pertama di Indonesia yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Anda tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman di BFI Finance karena BFI Finance sudah terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Tunggu apa lagi? Kembangkan usaha Anda dan raup lebih banyak keuntungan dengan pinjaman jaminan BPKB kendaraan maupun sertifikat rumah!

Nah sobat BFI, seperti itulah beberapa pilihan alternatif pinjaman modal usaha kecil yang dapat Anda manfaatkan untuk usaha Anda. Pastikan untuk teliti dan melakukan riset terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman ke perusahaan pembiayaan.

Kategori : Pinjaman