Informasi Umum

Jangan Salah Pilih, Ini dia Perbedaan SUV dan MPV yang Wajib Diketahui

Admin BFI
9 January 2023
81556
Jangan Salah Pilih, Ini dia Perbedaan SUV dan MPV yang Wajib Diketahui

Jenis mobil di Indonesia sangatlah beragam. Salah satu jenis mobil yang paling banyak diminati adalah mobil SUV dan MPV. Secara sekilas, keduanya mungkin nampak sama. Namun ternyata, ada beberapa perbedaan SUV dan MPV yang harus Anda ketahui.

Khususnya, jika Anda berencana untuk membeli mobil baru dengan kapasitas kabin yang luas dengan dukungan fitur modern. Nah, tanpa menunggu waktu lama, yuk kita bahas mengenai perbedaan keduanya di ulasan yang satu ini. 

 

1. Apa Itu Mobil SUV?

SUV atau kepanjangan dari Sports Utility Vehicle adalah jenis mobil sport yang memiliki ukuran besar dengan bodi yang gagah dan maskulin. Mobil yang satu ini dirancang khusus agar mampu melalui berbagai medan. Mulai dari jalanan bergelombang, terjal, sampai dengan banjir. 

Hal tersebut bisa terjadi berkat dukungan suspensi atau peredam getaran yang sangat baik, sehingga penumpang akan tetap merasa nyaman meskipun melalui jalanan berlubang. Singkatnya, mobil SUV adalah mobil sporty yang kuat dan tangguh.

2. Apa Itu Mobil MPV?

Mobil MPV atau Multi Purpose Vehicle adalah jenis mobil berukuran besar dengan daya tampung mencapai 9 orang. Mobil jenis ini umumnya dilengkapi dengan fitur pendukung seperti audio, televisi, monitor parkir, dan lainnya yang mendukung kenyamanan saat berkendara. Tak ayal, mobil ini sangat cocok untuk dijadikan transportasi keluarga atau bisnis. 

 

Baca Juga: Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

 

3. 10 Perbedaan SUV dan MPV

Ada beberapa perbedaan SUV dan MPV yang bisa dengan mudah Sobat BFI kenali. Apa saja perbedaan tersebut? Berikut kami uraikan 10 perbedaan antara keduanya.

Perbedaan Mobil SUV dan MPV

Image Source: Freepik/azebaijan_stockers

3.1. Tujuan Penggunaan

Perbedaan SUV dan MPV yang pertama tentu saja terletak pada penggunaannya. Mobil SUV dirancang khusus untuk melakukan perjalanan di medan terjal atau jalanan berlubang.

Sedangkan mobil MPV merupakan mobil keluarga yang dirancang untuk kenyamanan saat berkendara dan mampu menampung lebih banyak orang (mobil penumpang).

3.2. Ban Mobil

Ban mobil menjadi perbedaan SUV dan MPV yang kedua. SUV memiliki kontur ban mobil yang dibuat khusus untuk dapat melewati berbagai medan dengan baik. Tak heran, mobil ini memiliki ukuran ban mobil lebih besar dengan ukuran velg 15 inci. Jadi, jika Anda gemar berkendara di jalanan yang cukup ekstrim, bepergian ke daerah pedesaan, dan tempat lainnya yang belum beraspal, mobil ini akan sangat cocok untuk Anda pilih.

Sedangkan untuk mobil MPV, ban yang digunakan berukuran standar atau sama seperti mobil jenis lain pada umumnya, sehingga mobil ini lebih cocok digunakan di daerah perkotaan dengan jalanan halus bebas hambatan.

3.3. Ground Clearance

SUV memiliki ground clearance yang lebih tinggi daripada MPV yakni 200 mm. Hal tersebut tentunya selaras dengan tujuan mobil tersebut dibuat, yakni mampu melewati berbagai medan, sehingga Anda tidak perlu merasa was-was saat melewati medan yang cukup ekstrim.

Sedangkan ground clearance pada mobil MPV mirip dengan mobil jenis lainnya, dimana ground clearance yang ada kurang memadai jika digunakan di area off-road.

3.4. Kapasitas Penumpang

Perbedaan SUV dan MPV yang keempat terletak pada kapasitas penumpang. Mobil SUV memiliki kursi dengan kapasitas 7 orang dan dibuat senyaman mungkin selama perjalanan dengan dukungan suspensi yang lebih baik.

Sedangkan mobil berjenis MPV bisa menampung 7 sampai 9 orang, lebih besar jika dibandingkan dengan SUV karena mobil MPV memang diperuntukan untuk mobil keluarga.

3.5. Fitur yang Ditawarkan

Selain mampu menampung banyak orang, mobil SUV dilengkapi dengan fitur mumpuni yang membuat perjalanan Anda terasa lebih aman dan nyaman, salah satunya adalah keyless system berupa start-stop engine, monitor parkir, 4 airbag, serta fitur canggih dan modern lainnya yang sebanding dengan harga mobil yang mahal.

Tidak jauh berbeda dengan mobil SUV, mobil MPV juga didukung dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang memudahkan penggunanya. Meskipun demikian, fitur yang ada pada mobil MPV tidak akan secanggih dengan mobil SUV.

 

Baca Juga: 11 Motor Listrik Buatan Indonesia, Yang Mana Favoritmu?

 

3.6. Kekuatan atau Kapasitas Mesin

Perbedaan SUV dan MPV yang keenam ada pada kekuatan mesin yang dimiliki masing-masing mobil. Mobil SUV dirancang mampu melewati segala medan. Mulai dari jalanan bergelombang, jalanan berlubang, dan lainnya yang cenderung semi-offroad dengan kapasitas mesin di atas 1500 cc. Sedangkan mesin MPV kurang dari 1.500 cc.

3.7. Desain Mobil

Meskipun sama-sama memiliki bodi yang besar, mobil SUV memiliki desain yang lebih kokoh dan tangguh. Manakala mobil MPV didesain lebih elegan dan fleksibel untuk dimodifikasi.

3.8. Sistem Penggerak

Perbedaan SUV dan MPV berikutnya yaitu terletak pada sistem penggerak. Mobil SUV menggunakan sistem penggerak 4WD (empat roda). Adanya mesin penggerak tersebut memungkinkan mobil ini dapat melaju dengan mudah di medan berlumpur, jalanan berlubang, dan medan lainnya yang sulit dilewati oleh mobil biasa.

 

Baca Juga: Mobil Hybrid: Mobil Ramah Lingkungan Dengan Dua Sistem Penggerak

 

3.9. Bahan Bakar

SUV cenderung lebih boros ketimbang MPV atau jenis mobil lainnya. Ini dikarenakan keempat ban mobil dan fitur canggih yang ada menguras lebih banyak bahan bakar. Sedangkan mobil berjenis MPV jauh lebih irit karena diprakarsai dengan dukungan sistem pengelolaan bahan bakar layaknya mobil LCGC.

3.10. Harga

Terakhir, tentu saja harga mobil. Harga mobil SUV dibanderol lebih mahal dari MPV. Umumnya harga yang dipasarkan mulai dari 230 juta sampai dengan miliaran, sedangkan untuk mobil MPV dijual mulai dari 170 juta.

Dari kesepuluh perbedaan yang ada, perbedaan SUV dan MPV yang paling utama yakni terletak pada fungsi serta fitur yang ditawarkan. Mobil jenis SUV lebih cocok dikendarai di medan off-road karena memiliki suspensi atau peredam getaran yang lebih baik dengan tampilannya yang gagah. Sedangkan mobil MPV lebih cocok dijadikan untuk mobil keluarga atau bisnis, terlebih dengan kelengkapan fitur yang mendukung kenyamanan saat di perjalanan.

Baik mobil SUV dan MPV, keduanya sama-sama memiliki keunggulannya tersendiri. Adapun kekurangan yang dimiliki dari mobil SUV ini adalah bodinya yang besar, sehingga kurang memungkinkan untuk bermanuver di jalanan yang sempit. Penggunaan bahan bakar pun cenderung boros.

Demikian ulasan terkait perbedaan SUV dan MPV, semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu Anda dalam memahami perbedaan serta keunggulan dari kedua mobil tersebut. Jika Anda membeli mobil bekas atau second, jangan lupa untuk melakukan balik nama mobil ya Sobat! Dengan melakukan balik nama mobil, Anda akan lebih mudah untuk mengurus segala keperluan administrasi, termasuk diantaranya pembayaran pajak.

Butuh dana cepat untuk penuhi berbagai kebutuhan? Ajukan pinjaman dana dengan mudah dan cepat di BFI Finance! Prosesnya aman, mudah, suku bunga bersaing, dan plafon pinjaman besar. Penuhi kebutuhan finansial Anda melalui  jaminan BPKB Mobil di BFI Finance!

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Kategori : Informasi Umum