Bisnis

Peluang Bisnis Kos-Kosan: Kelebihan, Tips, dan Estimasi Modalnya

Admin BFI
30 January 2023
23507
Peluang Bisnis Kos-Kosan: Kelebihan, Tips, dan Estimasi Modalnya

Bisnis kos-kosan adalah salah satu langkah yang tepat untuk memulai sebuah bisnis. Investasi di bidang properti ini mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan dan dapat menjadi sumber passive income.

Bagi Anda yang memiliki modal terbatas atau baru pertama kali berinvestasi, bisnis kosan merupakan salah satu cara yang menjanjikan. Perihal modal usaha, pinjaman mudah dan terpercaya bisa Anda pilih sebagai solusi apabila dana yang Anda miliki masih minim atau belum mencukupi.

Dengan bantuan dana dari pinjaman terpercaya, Anda bisa memulai bisnis kosan tanpa harus khawatir kekurangan modal usaha. Walaupun di tengah pandemi, bisnis kos-kosan masih memiliki prospek usaha yang menguntungkan karena jumlah orang yang mencari tempat tinggal masih terbilang tinggi, terutama di daerah strategis seperti kawasan industri, perkantoran, ataupun sekolah. Banyak dari para perantau ini lebih memilih untuk tinggal di kosan ketimbang harus membeli sebuah rumah.

Lantas, berapa kiranya modal bisnis kos-kosan, tips untuk menjalankannya, serta hal penting lainnya yang berkaitan dengan bisnis ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

 

1. Kelebihan Bisnis Kos Kosan

Bisnis kos-kosan adalah salah satu jenis aset yang berharga. Pasalnya, bisnis ini tidak akan sepi peminat ataupun tergerus oleh waktu. Kos-kosan selayaknya rumah dan apartment akan terus diminati demi keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, bisnis ini juga memiliki kelebihan lainnya yang meliputi 6 hal menguntungkan di bawah ini.

1.1 Banyak Peminatnya

Kosan yang berada di lokasi strategis seperti dekat dengan kawasan perkantoran, sekolah, industri dengan akses yang mudah akan berpeluang besar untuk mendapatkan banyak penyewa. 

Ini dikarenakan banyak perantau dari luar daerah yang dengan sengaja pindah ke suatu tempat untuk mendapatkan penghidupan yang lebih layak, seperti menimba ilmu maupun mencari pundi-pundi rezeki untuk menyambung hidup.

1.2 Keuntungan yang Menjanjikan

Semakin strategis lokasi kosan yang Anda miliki, maka semakin besar pula keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Kosan yang berada di lokasi strategis banyak diincar oleh orang-orang karena kemudahannya terhadap berbagai akses ke fasilitas publik. Tak heran, harga yang dipatok untuk di daerah ini terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan lokasi lainnya.

Anda juga berkesempatan mendapatkan capital rate yang lebih tinggi tiap tahunnya, sekitar 5%-15% tergantung dari kondisi keuangan atau besaran inflasi yang tengah berlaku saat ini. 

Selain itu, faktor penyumbang keuntungan lainnya adalah fasilitas yang Anda tawarkan. Makin beragam fasilitas yang ditawarkan, maka akan semakin besar pula besaran keuntungan yang bisa Anda kantongi. Menggiurkan, bukan?

1.3 Sebagai Sumber Pemasukan Tambahan (Passive Income)

Banyak ahli keuangan menyarankan untuk memiliki sumber pendapatan lebih dari satu agar dapat meminimalisir efek negatif yang ditimbulkan jika kehilangan sumber utama mata pencaharian. Bisnis kos-kosan merupakan salah satu alternatif yang cocok untuk Anda coba terutama jika Anda ingin memiliki pemasukan tambahan maupun passive income.

 

Baca Juga: Untung Berlipat, Ini Dia Cara Mendapatkan Passive Income dari Rumah

 

1.4 Biaya Pengelolaan dan Perawatan Cenderung Mudah

Jika dibandingkan dengan kontrakan atau apartemen, kos-kosan cenderung lebih mudah untuk dikelola. Anda hanya perlu membuat jadwal rutin untuk memastikan fasilitas yang ada tetap terjaga dengan baik.

1.5 Salah Satu Bentuk Investasi Properti yang Minim Risiko

Tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Dengan membuat bisnis kos-kosan Anda tidak perlu khawatir bisnis yang Anda miliki sepi peminat. Sebab, keberadaan tempat tinggal akan selalu dibutuhkan dari waktu ke waktu, membuat bisnis yang satu ini bisa terus relevan, minim risiko, dan menjadi salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah mati.

1.6 Mudah Untuk Dijual Kembali

Bisnis kosan termasuk dalam properti komersial. Jenis properti ini cenderung lebih disukai dan karenanya akan cepat laku terjual jika suatu hari nanti Anda memiliki rencana untuk menjual nya. Terutama jika kosan tersebut berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau.

 

Baca Juga: 12 Cara Mudah Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Semua Bisa Coba!

 

2. Kelemahan Bisnis Kos Kosan

Bisnis kos-kosan memang memiliki keuntungan yang menggiurkan. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri jika bisnis ini juga memiliki kelemahan yang harus Anda pertimbangkan. Berikut ini 4 kelemahan yang ada pada bisnis kosan.

2.1 Dibutuhkan Skill Management yang Baik

Selayaknya bisnis pada umumnya, bisnis kosan turut membutuhkan perhatian lebih. Terlebih jika kamar kos yang Anda sewakan cukup banyak dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti kamar mandi dalam, AC, kasur, dan sebagainya.

Mengurus kosan berbeda jauh dengan mengurus rumah sendiri. Pasalnya, Anda tidak hanya mengurus bangunan atau fasilitas yang ada, Anda juga harus memperhatikan keamanan bagi seluruh penghuni kosan.

2.2 Berisiko Telat Bayar Sewa Kosan

Selain skill management, masalah lainnya yang turut menghantui pemilik kosan adalah resiko telat bayar. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya dari segi ekonomi. Kita tentu tidak bisa memaksakan keadaan seseorang dan karenanya rasa toleransi haruslah ada.

Namun, pastikan bentuk toleransi yang Anda berikan bisa terukur dengan jelas. Jangan sampai Anda membiarkan para penyewa telat bayar begitu saja, sehingga bisa semena-mena terhadap kebijakan yang Anda buat.

2.3 Sulit Mendapatkan Penyewa

Dalam membangun kosan, Anda harus mempertimbangkan dari segi lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Jika Anda asal membangun, bukan tidak mungkin kosan yang Anda miliki akan sepi penyewa.

2.4 Berisiko Digunakan Untuk Hal Negatif

Selain ketiga hal yang sudah disebutkan sebelumnya, kosan yang Anda miliki berisiko digunakan untuk hal-hal negatif seperti markas gembong narkoba, teroris, maupun prostitusi. Sebagai pemilik kosan, tidak ada salahnya untuk bertanya-tanya kepada calon penyewa terkait status seseorang. Apakah mereka bekerja di suatu perusahaan, masih kuliah, dan lainnya untuk memastikan keamanan bersama.

3. Cara Memulai Bisnis Kos Kosan

bisnis kos kosan

Ilustrasi Bisnis Kos-Kosan / Image Source: Pikiran Rakyat

Yang pertama, Anda harus memastikan bahwa kondisi bangunan yang hendak dijadikan bisnis kos-kosan dalam kondisi baik. Apabila Anda belum memiliki properti sendiri, pastikan bahwa sertifikat properti dan kondisi properti baik. Jangan sampai malah Anda mengeluarkan terlalu banyak uang untuk renovasi. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa fasilitas yang Anda sediakan lengkap dan layak. Termasuk memastikan bahwa sumber air di kawasan tersebut dalam kondisi baik. Sehingga, pelanggan Anda tidak kesulitan untuk beraktivitas dengan adanya fasilitas lengkap dan air bersih. Pastikan juga bahwa lokasi properti yang Anda pilih strategis; misalnya dekat dengan perkantoran, pusat transportasi, atau kampus. 

Sesuaikan juga harga sewa dengan fasilitas yang diberikan, berikut dengan kelayakan bangunan dan lokasi. Jangan sampai Anda memberikan harga sewa yang terlalu tinggi atau rendah. Anda bisa survey lokasi sekitar untuk mengetahui rata-rata harga sewa kos-kosan di daerah tersebut.

Untuk memasarkan kos-kosan yang Anda miliki, Anda bisa berpromosi secara online. Seperti melalui media sosial atau situs khusus kos-kosan yang berfungsi sebagai platform pencarian kosan yang mempertemukan pemilik dan pencari kos.

4. Estimasi Modal Bisnis Kos Kosan

Sebagai langkah awal memulai bisnis kos-kosan, Anda bisa memulai dari kos-kosan skala kecil terlebih dahulu. Contohnya, menjalankan kos-kosan 6 kamar. Untuk biaya pembuatan, Anda harus menyisihkan modal sekitar Rp 40-60 juta. Serta biaya operasional per bulan meliputi biaya air, listrik, serta tenaga kebersihan sekitar Rp4-6 juta rupiah. 

Sebagai tambahan modal usaha kos-kosan, Anda bisa mengajukan pinjaman dana terpercaya di BFI Finance. Cukup dengan menjaminkan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan dana dengan pencairan yang cepat. Plafon pinjaman yang Anda dapatkan pun beragam mulai dari Rp2 juta. Tenornya pun fleksibel mulai dari 12-84 bulan bagi Anda yang berprofesi sebagai karyawan. 

5. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memulai Bisnis Kos Kosan

Untuk mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan kamar kos yang selalu terisi penuh, Anda harus menerapkan sederet strategi untuk mendongkrak keuntungan. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

5.1 Usahakan Bangunan Milik Sendiri

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam bisnis kos-kosan adalah ketersediaan bangunan. Pastikan bangunan kosan yang Anda miliki berada di lahan milik Anda pribadi. Hal ini dilakukan untuk menghindari sengketa lahan ataupun permasalahan lainnya.

Memiliki bangunan kosan yang dibangun di atas tanah milik sendiri turut memudahkan Anda dalam mengurus perpajakan dan urusan lainnya yang berkaitan dengan administrasi.

5.2 Lokasi Kosan yang Strategis

Ramai atau tidaknya suatu kosan banyak dipengaruhi oleh lokasi kosan tersebut berada. Jika kosan yang Anda miliki berada di lokasi yang strategis, tentunya peluang Anda untuk mendapatkan banyak penyewa semakin besar.

Lain halnya jika Anda membuka bisnis kos-kosan di daerah yang terletak cukup jauh dari kawasan industri, perkantoran, maupun universitas atau pun sekolah dengan akses kendaraan yang cukup terbatas. Tentu saja peminatnya tidak begitu banyak.

Lokasi kosan Anda berada bisa juga mempengaruhi segmentasi pasar. Sebagai contoh Anda membangun kos-kosan di dekat universitas, maka mayoritas penyewa yang ada merupakan mahasiswa/mahasiswi dari kampus tersebut. Harga yang perlu Anda berikan pun harus disesuaikan kembali.

5.3 Persiapkan Anggaran yang Dibutuhkan

Setelah Anda menentukan lokasi kosan Anda berada, selanjutnya yaitu mempersiapkan anggaran dana yang dibutuhkan. Jika Anda membangun dari nol, tentu anggaran yang ada akan lebih besar ketimbang merenovasi bangunan yang sudah jadi.

Intinya, Anda harus menyesuaikan anggaran yang ada dengan modal yang Anda miliki dan jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan kosan untuk biaya pemeliharaan.

5.4 Utamakan Kebersihan dan Bangunan yang Terawat

Bukan hanya tampilan eksterior dan interior saja, kebersihan dan kondisi suatu bangunan berperan penting menjadi tolak ukur kesuksesan bisnis kos-kosan Anda. Banyak orang cenderung memilih tempat yang bersih dan terawat karena terasa lebih nyaman dan aman.

Maka dari itu, sebaiknya Anda perlu merawat dan menjaga kosan yang Anda miliki. Salah satu caranya yakni dengan mempekerjakan satu atau dua orang untuk mengurus kosan Anda setiap harinya sekaligus menjadi penjaga kosan.

5.5 Tentukan Target Pasar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, lokasi dibangunnya kosan menentukan target pasar yang akan Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa mempersempit kriteria penyewa yang Anda inginkan. Misalnya kosan yang Anda miliki khusus untuk perempuan, laki-laki, atau kosan campuran. Yang manapun itu pilihannya, setiap keputusan memiliki konsekuensinya masing-masing. Sesuaikan konsekuensi yang ada dengan kemampuan Anda dalam mengelolanya.

5.6 Perhatikan Desain Kosan

Setelah Anda berhasil menentukan target pasar yang dipilih, selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih desain kosan. Desain kosan yang ada meliputi interior dan eksterior. Desain ini harus disesuaikan dengan target pasar yang Anda pilih. Desain kosan laki-laki tidak bisa disamakan dengan kos-kosan perempuan, begitupun sebaliknya.

Desain kosan yang Anda pilih turut mempengaruhi fasilitas yang nantinya bisa Anda tawarkan. Apakah fasilitas yang ada sudah termasuk kamar mandi dalam, listrik, air, dan sebagainya.

5.7 Giat Melakukan Pemasaran

Lokasi kosan yang strategi memang bisa membawa hoki bagi pemiliknya. Namun, jika Anda menyeimbanginya dengan rajin menjalankan promosi atau strategi pemasaran, tentunya hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

Saat ini ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan kegiatan promosi bisnis kos-kosan. Antara lain dengan mengikuti grup/komunitas di sosial media, bekerjasama dengan aplikasi penyedia kosan, maupun bekerjasama dengan para pedagang atau warga sekitar untuk membantu mempromosikan kosan Anda.

Sobat BFI, itulah pembahasan terkait bisnis kos-kosan. Tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini? Yuk, ajukan pinjaman di BFI Finance dan raih kesuksesan bisnis Anda!

Pinjam di BFI Finance Prosesnya cepat dan mudah, dapatkan pinjaman dana jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah pencairan hingga 85% jika persyaratan lengkap.

Kami hadir menawarkan solusi serta kemudahan untuk berbagai masalah keuangan. Antara lain modal usaha, biaya pendidikan anak, sampai dengan gaya hidup.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis