Artikel

Peluang Bisnis Franchise Teh Poci: Cara Daftar dan Tips Berjualan

2023-01-18 00:00:00 1082
Peluang Bisnis Franchise Teh Poci: Cara Daftar dan Tips Berjualan

Tertarik untuk membuka bisnis sendiri? Franchise teh poci bisa jadi pilihannya!

Siapa yang tidak kenal dengan teh poci? Minuman yang satu ini punya citarasa teh yang enak dan banyak disukai orang-orang. Harganya pun sangat terjangkau, umumnya teh poci dijual mulai dari 3 ribuan.

Penasaran bagaimana cara memulainya dan berapa kisaran modal yang perlu disiapkan? Simak selengkapnya di sini.

 

Sekilas Mengenai Teh Poci

Selain kopi, teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Aromanya yang khas, rasanya yang nikmat, serta harganya yang terjangkau membuat minuman yang satu ini menjadi primadona.

Nah, salah satu teh yang sangat populer di kalangan masyarakat ialah franchise teh poci. Teh poci merupakan sebuah merek dari PT Poci Kreasi Mandiri. Perusahaan ini berada di bawah naungan PT Gunung Slamat dan PT Sinar Sosro yang mana perusahaan tersebut memproduksi minuman teh terkenal dengan nama merek Teh Botol. Tak ayal, rasa dan kualitas yang ada tidak jauh berbeda.

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Franchise FnB Mudah dan Menguntungkan

 

Keuntungan Franchise Teh Poci

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis yang satu ini, Anda berada di pilihan yang tepat! Mengapa? Karena bisnis franchise teh poci punya berbagai keuntungan yang menggiurkan seperti di bawah ini.

1. Terjangkau

Harga teh poci dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk segelas teh dengan ukuran reguler umumnya dijual seharga 3 - 5 ribu saja. Kemasannya pun sangat praktis untuk dibawa kemana-mana. Selain harga per produknya, franchise teh poci juga cukup terjangkau bagi Sobat BFI yang ingin memiliki bisnis sendiri.

2. Disukai Masyarakat (Target Pasar Luas)

Teh poci banyak disukai berbagai kalangan. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. Anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya.

3. Bisnis yang Mudah Dijalankan Bagi Pebisnis Pemula

Sebelum memulai berjualan, franchisor akan melakukan pelatihan terhadap para pemilik franchise baru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan saat menjalankan bisnis franchise yang satu ini.

4. Bisa Dijual Dimana Saja

Minuman segar pelepas dahaga banyak dicari orang-orang, terutama jika Anda menjualnya di tempat-tempat ramai seperti event, mall, dan lain sebagainya. Jika Anda merasa keberatan untuk berpergian atau menyewa tempat, Anda bisa menjualnya di rumah sendiri.

5. Salah Satu Brand Teh yang Sudah Terkenal

Popularitas suatu brand sangat berpengaruh pada kesuksesan penjualan dan pemasaran suatu franchise. Brand teh poci adalah salah satu brand teh yang sudah memiliki nama dan banyak dikenal khalayak umum. Ini tentunya menjadi sebuah keuntungan buat Anda karena Anda tidak perlu repot-repot menjelaskan kepada pelanggan mengenai apa yang Anda jual. 

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

Paket Franchise Teh Poci

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, ada tiga pilihan paket yang dapat Anda pilih untuk memulai bisnis franchise teh poci. Paket tersebut terdiri dari paket hemat, paket reguler, dan paket besar. Berikut ini perbedaan ketiga paket tersebut.

1. Paket Hemat

Paket hemat franchise teh poci dimulai dari Rp 5 juta. Dengan harga ini Anda bisa mendapatkan berbagai kelengkapan berjualan dengan ukuran booth yang disesuaikan dengan paket termurah atau paket hemat.

2. Paket Reguler

Pilihan paket kedua yakni paket reguler. Jenis paket ini dibanderol sekitar Rp 7 juta. Dalam paket ini Anda akan mendapatkan berbagai kelengkapan yang dapat menunjang operasional franchise. Mulai dari booth (gerobak), meja counter khas franchise, container es teh, kemasan atau gelas teh poci, termos, teko listrik, mesin seal (penyegel bagian atas gelas), saringan, sendok besar, cooler box, dan centong kayu.

3. Paket Besar

Terakhir, paket besar. Paket yang satu ini dibanderol dengan harga Rp 10 juta. Tidak berbeda jauh dengan fasilitas yang ada di paket hemat dan paket reguler, di paket ini Anda juga akan diberikan berbagai perlengkapan berjualan dengan ukuran yang lebih besar dan pastinya lebih lengkap.

Perbedaan yang paling mencolok antara ketiga paket yang ada terdapat pada ukuran booth dan peralatan yang diberikan. Semakin tinggi harga paket yang Anda pilih, maka semakin lengkap fasilitas yang didapatkan.

 

Baca Juga: Bisnis Franchise Dengan Modal Jaminan BPKB Motor

 

Cara Daftar Franchise Teh Poci

Bagaimana? Apakah Anda semakin tertarik untuk memulai bisnis franchise teh poci? Jika ya, berikut ini cara mudah mendaftar mitra usaha teh poci. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, pertama yaitu menghubungi akun resmi teh poci yang ada di Instagram. Kedua, menghubungi pihak teh poci secara langsung di Facebook.

Untuk lebih jelasnya, simak cara daftar franchise teh poci berikut ini.

Cara Daftar Franchise Teh Poci Melalui Instagram

Brand Teh Poci punya akun resmi (official) di Instagram. Seperti yang dikutip dari bio Instagram @estehpoci, untuk bergabung menjadi franchisenya cukuplah mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Kunjungi dan Follow akun Instagram @estehpoci.

2. Kirim Direct Message (DM) yang berisikan data diri berupa nama, asal kota, dan nomor Whatsapp aktif.

3. Pihak Sales @estehpoci akan menghubungi kontak yang telah terdaftar melalui Whatsapp pada hari kerja (Senin - Sabtu, pukul 08.00 - 17.00), maksimal 2x24 jam setelah kontak diterima.

4. Selanjutnya, pihak @estehpoci akan menindaklanjuti dan melakukan survey permohonan franchise.

5. Jika pengajuan franchise disetujui, dilakukan proses pengiriman peralatan dan perlengkapan serta training karyawan sesuai dengan periode yang telah disepakati.

Perlu diingat, akun Instagram Teh Poci yang asli adalah @estehpoci. Waspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Teh Poci di luar akun resmi yang ada.

Cara Daftar Franchise Teh Poci Melalui Facebook

Sebagaimana dengan akun instagram, Teh Poci juga hadir di Facebook dan Anda bisa langsung mengunjungi akun resminya untuk mendaftar franchise teh poci. Begini caranya.

1. Kunjungi laman Facebook "Mitra Teh Poci".

2. Hubungi nomor Whatsapp 0853-3392-6417.

3. Tim teh poci akan menindaklanjuti dan melakukan survey terhadap pengajuan kemitraan Anda.

4. Jika disetujui, selanjutnya akan dikirimkan perlengkapan dan peralatan penunjang usaha setelah ada bukti pembayaran yang sah.

5. Tim teh poci tidak menerima sistem CoD atau pembayaran di tempat. Karena menghindari pemesan hilang kontak saat perlengkapan dan peralatan sudah dikirimkan ke alamat pemesan.

6. Pengiriman perlengkapan dan peralatan penunjang usaha serta training karyawan.

7. Pembayaran hanya dilakukan ke rekening atas nama PT. Poci Kreasi Mandiri. Pembayaran selain melalui rekening tersebut, tidak menjadi tanggung jawab tim teh Poci.

 

Baca Juga: 13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

 

Tips Memulai Bisnis Franchise Teh Poci

Siapa yang tidak ingin usahanya laris manis? Maka dari itu, memaksimalkan keuntungan yang ada dengan menerapkan tips bisnis franchise teh poci yang satu ini!

Franchise Teh Poci

Contoh Franchise Teh Poci. Image Source: Vagusnet.com

1. Tentukan Lokasi yang Strategis

Lokasi berperan penting dalam mendapatkan pelanggan. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau orang-orang. Seperti di mall, bazaar, food court, dan lain sebagainya. Lokasi yang ramai berpeluang untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

2. Ikuti SOP yang Telah Ditetapkan

Sebagai mitra bisnis franchise teh poci, sudah semestinya kita mengikuti SOP yang diberikan. SOP ini meliputi berbagai hal, salah satunya proses pembuatan teh poci, stok bahan baku, dan tata cara penjualan.

Untuk memastikan kualitas dan rasa produk tetap terjaga, pastikan selama proses pembuatannya Anda mengikuti takaran yang sesuai, tidak lebih dan tidak kurang. Citarasa yang konsisten akan membuat rasa teh poci tetap enak dan menjaga kepercayaan pelanggan.

Selain proses pembuatan, berikutnya ada ketentuan pemenuhan stok bahan baku dan tata cara penjualan. Pastikan bagian ini juga dilakukan sebaik mungkin dan tidak asal-asalan.

3. Pelayanan yang Ramah

Selain citarasa, pelayanan yang baik adalah salah satu kunci suatu bisnis dapat berjalan lancar. Berikan pelayanan yang ramah dan sopan, sehingga para pelanggan merasa nyaman saat membeli produk Anda.

4. Gencar Melakukan Promosi

Untuk meningkatkan penjualan, tentu dibutuhkan berbagai strategi promosi untuk dicoba. Berhubung bisnis jenis ini dijual secara offline, Anda bisa menerapkan beberapa strategi promosi offline seperti membuat banner promosi.

Meskipun demikian, tidak melepas kemungkinan Anda bisa melakukan promosi secara online untuk menggaet lebih banyak orang. Misalnya dengan membuat akun sosial media khusus bisnis Anda dan mempromosikannya ke orang-orang terdekat melalui WhatsApp Story, Instagram Story, Postingan Facebook, dan masih banyak lagi.

Estimasi Perhitungan Modal Usaha dan Keuntungan Franchise Teh Poci

Bisnis franchise teh poci termasuk dalam kategori bisnis yang tidak membutuhkan banyak modal, berikut estimasi perhitungan modal usaha yang Anda perlukan dilansir dari GoBiz.

Estimasi Modal Usaha Franchise Teh Poci
No. Item Kuantitas Harga Per Kuantitas Total
1. Paket Reguler Teh Poci 1 Rp 7.500.000 Rp 7.500.000
2. Sewa Tempat Usaha 1 Rp 1.500.000 Rp 1.500.000
3. Gaji Pegawai 1 Rp 1.500.000 Rp 1.500.000
4. Listrik 1 Rp 200.000 Rp 200.000
5. Air 1 Rp 200.000 Rp 200.000
Modal Awal Rp 10.900.000

Dari rincian di atas dapat disimpulkan jika besaran modal usaha yang Anda butuhkan untuk membuka booth es teh poci dengan pilihan paket reguler adalah Rp 10.900.000. Besaran modal tersebut bisa lebih murah jika Anda menjualnya sendiri dan tidak menyewa tempat berjualan.

Selanjutnya, mari kita hitung keuntungan harian yang bisa Anda peroleh dari berjualan teh poci. Misalkan Anda berjualan teh poci dengan dua ukuran gelas. Gelas ukuran sedang seharga 5 ribu sedangkan ukuran besar dihargai sebesar 7 ribu. Jika dalam sehari Anda berhasil menjual 25 gelas untuk masing-masing ukuran yang ada, maka perolehan keuntungan yang bisa Anda dapatkan:

Rp 5.000 X 25 = Rp 125.000

Rp 7.000 X 25 = Rp 175.000

Rp 125.000 + Rp 175.000 = Rp 300.000

Jadi, estimasi keuntungan harian yang bisa Anda kantongi yakni sebesar Rp 300.000 dan apabila dihitung selama sebulan, Anda berpotensi meraup keuntungan sebanyak Rp 9.000.000. Menggiurkan sekali bukan?

Sobat BFI, itulah tadi serba-serbi mengenai bisnis franchise teh poci. Jika Anda tertarik dengan usaha ini, pastikan Anda langsung menghubungi narahubung yang tertera di Facebook ataupun Instagram. Waspadai segala tindak penipuan yang mungkin terjadi.

Butuh modal tambahan? Ajukan pembiayaan ke BFI Finance saja! Prosesnya cepat dan mudah, dapatkan pinjaman dana jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah pencairan hingga 85% jika persyaratan lengkap. 

Informasi lainnya terkait pinjaman dapat Anda peroleh di tautan berikut ini.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar peluang usaha di BFI Blog.

Sumber: