Informasi Umum

Pahami Apa Itu Introvert: Ciri-ciri, Tipe, dan Cara Menyikapinya

Admin BFI
5 June 2023
7067
Pahami Apa Itu Introvert: Ciri-ciri, Tipe, dan Cara Menyikapinya

Saat mendengar kata introvert, apa yang terlintas dalam benak Anda? Kebanyakan dari kita mungkin akan berpikir jika introvert adalah seseorang yang cenderung tidak banyak bicara dan komunikasi seperlunya atau dengan kata lain ‘pendiam’.

Namun, apa itu introvert yang sebenarnya? Agar Anda tidak salah kaprah dalam memahami istilah yang satu ini, mari kita bahas satu persatu di uraian berikut!

 

1. Apa Itu Introvert?

Sebelum kita masuk ke pembahasan lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu introvert. Secara sederhana, seorang introvert adalah seseorang yang cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri atau dalam lingkungan yang tenang, daripada berinteraksi sosial secara intens.

Mereka cenderung lebih introspektif, memperoleh energi dari waktu sendiri, dan sering kali merasa terlalu banyak interaksi sosial dapat menguras energi mereka. Introvert tidak sama dengan pemalu atau antisosial, tetapi lebih merupakan preferensi kepribadian dalam cara mereka mendapatkan energi dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Jadi, dibandingkan dengan ekstrovert yang merasa energik dan bersemangat jika menghabiskan waktu dengan banyak orang, introvert lebih suka menghabiskan waktu sendirian atau dalam kelompok kecil yang akrab.

2. Ciri-ciri Orang Introvert

Setiap orang memiliki kepribadian yang unik, begitu juga dengan orang introvert. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum yang sering terlihat pada orang introvert.

2.1. Menghabiskan Waktu Sendirian

Orang introvert cenderung menikmati waktu sendirian untuk merenung, berpikir, atau melakukan kegiatan yang mereka sukai tanpa terganggu oleh interaksi sosial yang intens.

2.2. Kecenderungan Mendengarkan Lebih Banyak

Mereka sering menjadi pendengar yang baik dan lebih suka memperhatikan sekitar mereka daripada menjadi pusat perhatian.

2.3. Memilih Teman Dekat dengan Hati-Hati

Meskipun introvert bisa bersosialisasi dengan baik, mereka lebih suka memiliki sedikit teman yang dekat dan akrab dengan mereka, dibandingkan dengan memiliki banyak teman yang hanya sebatas kenalan.

2.4. Cenderung Berpikir Sebelum Bertindak

Mereka cenderung merenung dan memproses segala sesuatu sebelum mengambil tindakan, sering kali berpikir mendalam sebelum berbicara atau mengambil keputusan. Mereka akan berusaha untuk tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan maupun bertindak.

3. Tipe-Tipe Introvert dan Kelebihannya

Dikutip dari mindbodygreen, salah satu situs yang membahas terkait kepribadian introvert, ada empat tipe introvert yang umum kita temui di kehidupan sehari-hari. Di antaranya yaitu:

3.1. Tipe Introvert Sosial (Social Introvert)

Tipe yang satu ini lebih senang untuk menikmati waktunya seorang diri. Namun, mereka merasa tidak keberatan untuk berinteraksi dengan orang terdekat. Misalnya keluarga, sahabat, dan orang terkasih lainnya.

3.2. Tipe Introvert Pemikir (Thinking Introvert)

Orang-orang dengan tipe ini cenderung mendalami pemikiran dan refleksi diri mereka sendiri. Mereka senang menghabiskan waktu sendirian untuk berpikir, membaca, menulis, atau mengeksplorasi minat pribadi mereka.

3.3. Tipe Introvert yang Mudah Gugup (Anxious Introvert)

Tipe berikutnya yakni introvert yang mudah gugup. Orang-orang dengan tipe ini memiliki sensitivitas yang cukup tinggi terhadap lingkungan sekitar. Mereka lebih menyukai lingkungan yang tenang dan damai. Sebaliknya, ketika mereka berada di lingkungan yang ramai, mereka akan mudah merasa gugup.

3.4. Tipe Introvert Ekstrovert (Restrained Introvert)

Ya, Anda tidak salah baca. Tipe ini merupakan gabungan kepribadian antara introvert dan ekstrovert. Orang dengan tipe ini memiliki kemampuan beradaptasi yang baik di lingkungan sosial. Meskipun demikian, mereka akan tetap membutuhkan waktu sendirian untuk me-recharge energi.

Walau pun introvert lebih senang menghabiskan waktu seorang diri. Pada kenyataannya, mereka memiliki kelebihan, seperti kepekaan sosial yang lebih tinggi, kemampuan refleksi diri yang baik, dan menjalin hubungan sosial yang lebih mendalam.

 

Baca Juga: Tipe Pengusaha Berdasarkan Kepribadian dan Jenis Usaha, yang Manakah Anda?

 

4. Perbedaan antara Introvert dan Ekstrovert

Selain introvert, terdapat juga kelompok orang yang disebut ekstrovert. Jadi, apa perbedaan antara keduanya? Perbedaan utama terletak pada sumber energi yang mereka nikmati. Introvert cenderung menarik energi dari dalam diri mereka sendiri, sementara ekstrovert mendapatkan energi dari interaksi sosial dan situasi lingkungan yang ramai.

Hal ini tidak berarti bahwa introvert dan ekstrovert tidak dapat bersosialisasi atau berinteraksi satu sama lain. Mereka hanya memiliki preferensi yang berbeda dalam memanfaatkan energi dan merespon lingkungan.

5. Bagaimana Sebaiknya Kita Menyikapi Orang Introvert?

Ketika berinteraksi dengan orang introvert, penting bagi kita untuk memahami dan menghargai preferensi mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk menyikapi orang introvert:

apa itu introvert

Image Source: Pexels/cottonbro-studio

5.1. Berikan Ruang dan Waktu

Jangan memaksa orang introvert untuk terlibat dalam interaksi sosial yang berlebihan. Berikan mereka waktu dan ruang untuk merasa nyaman.

5.2. Dengarkan dengan Empati

Ketika mereka berbicara, dengarkan dengan sepenuh hati dan tunjukkan minat yang tulus terhadap apa yang mereka sampaikan. Ini dapat membuat mereka merasa dihargai dan didengar.

5.3. Hargai Pilihan Mereka

Mengingat bahwa introvert cenderung mengambil energi dari waktu sendirian, jangan salah paham jika mereka memilih untuk menghabiskan waktu sendirian. Hargai kebutuhan mereka dan berikan dukungan.

5.4. Jangan Menghakimi

Introvert bukanlah seseorang yang harus "diperbaiki" atau dianggap sebagai keanehan. Jangan menghakimi mereka karena preferensi sosial mereka yang berbeda.

6. Test Kepribadian Introvert dan Ekstrovert

Banyak dari kita mungkin belum tahu tipe kepribadian yang kita miliki. Nah, bagi Anda yang penasaran apakah Anda termasuk introvert atau ekstrovert, Anda dapat mencoba melakukan tes kepribadian.

Salah satu situs yang dapat Anda akses secara gratis adalah 16personalities.com. Situs ini menyediakan tes kepribadian yang dapat membantu Anda memahami preferensi dan karakteristik kepribadian Anda secara lebih mendalam. Tes tersebut tidak hanya membedakan antara introvert dan ekstrovert, tetapi juga melibatkan aspek-aspek lain dari kepribadian Anda.

7. Apakah Introvert Bisa Berubah Menjadi Ekstrovert dan Sebaliknya?

Pertanyaan yang sering muncul adalah apakah seseorang yang introvert dapat berubah menjadi ekstrovert, dan sebaliknya. Penting untuk diketahui bahwa kepribadian tidaklah sesuatu yang tetap dan tidak berubah seiring waktu. Meskipun ada kecenderungan bawaan pada kepribadian seseorang, faktor lingkungan, pengalaman hidup, dan perkembangan pribadi dapat mempengaruhi kepribadian seseorang.

Namun, perubahan ini biasanya bukanlah perubahan ekstrem dari sepenuhnya introvert menjadi ekstrovert atau sebaliknya. Seringkali perubahan itu lebih mengarah pada peningkatan keterampilan sosial, kenyamanan dalam berinteraksi, atau penyesuaian dalam situasi tertentu.

Misalnya, seorang introvert dapat belajar untuk lebih nyaman dalam situasi sosial atau belajar berkomunikasi yang lebih baik, tetapi tetap memiliki preferensi bawaan untuk me-recharge energinya dengan cara meluangkan waktu sendirian. Sebaliknya, seorang ekstrovert dapat belajar untuk lebih menghargai waktu sendirian dan mengembangkan keterampilan yang ia miliki.

Sobat BFI, sekarang Anda sudah cukup paham bukan apa itu introvert? Penting untuk diingat bahwa setiap individu unik dan menghargai perbedaan adalah kunci untuk menciptakan hubungan yang harmonis.

Tidak ada kepribadian yang lebih baik atau lebih buruk. Keduanya memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Yang terpenting adalah untuk menerima dan menghargai diri sendiri dan orang lain apa adanya, serta menjalin hubungan yang saling memahami antara introvert dan ekstrovert. Jadi, mari kita terus belajar dan saling menghormati satu sama lain, tanpa menghakimi.

Sekian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat bagi Anda dalam memahami diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Tetaplah menjadi diri Anda yang luar biasa, baik sebagai introvert maupun ekstrovert. Sampai jumpa di artikel berikutnya, sobat BFI!

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum