Informasi Umum

Mutasi Rekening Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Cek

Admin BFI
2 March 2023
34223
Mutasi Rekening Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Cek

Pernah mendengar kata ‘Mutasi Rekening’? Banyak dari kita mungkin sudah tidak asing dengan istilah perbankan yang satu ini ya. Seperti halnya dengan rekening koran, mutasi rekening adalah salah satu dokumen penting yang harus Anda miliki sebagai salah satu kelengkapan persyaratan. Mulai dari pengajuan pinjaman dana tunai, pengajuan VISA, sampai dengan dokumen pelaporan pajak.

Apapun itu kepentingannya, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut terkait mutasi rekening, mulai dari pengertian, fungsi, sampai dengan cara cek mutasi rekening yang bisa dilakukan melalui berbagai cara. Mari kita simak selengkapnya di sini.

 

1. Apa Itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah sebuah istilah yang ada pada perbankan. Istilah ini memiliki arti daftar transaksi atau aktivitas yang terjadi pada rekening bank dalam periode tertentu, misalnya satu bulan atau satu tahun.

Mutasi rekening memuat informasi tentang setiap transaksi yang dilakukan oleh pemilik rekening, seperti kredit, debit, serta saldo rekening yang ada pada tanggal tertentu.

Mutasi rekening sering kali digunakan oleh nasabah bank untuk berbagai keperluan. Mulai dari melakukan pengecekan keuangan, memastikan segala transaksi yang dilakukan telah tercatat dengan benar, sampai dengan menjadi bukti laporan keuangan untuk keperluan audit, pelaporan pajak, atau pengajuan kredit di perusahaan pembiayaan.

 

Baca Juga: Rekening Koran Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mendapatkannya

 

2. 6 Fungsi Mutasi Rekening Bank

Fungsi utama mutasi rekening adalah untuk memberikan informasi terperinci terkait aktivitas keuangan yang ada di rekening bank Anda.

Adapun fungsi penting lainnya dari mutasi rekening adalah sebagai berikut.

2.1. Memantau Keuangan (Monitoring)

Kehadiran mutasi rekening dapat membantu Anda untuk memeriksa transaksi keuangan yang ada pada rekening secara teratur, memungkinkan Anda untuk memastikan uang yang masuk dan keluar telah sesuai dan valid.

2.2. Bukti Transaksi Keuangan

Jika ada kesalahan dalam transaksi seperti salah memasukkan nomor rekening, mutasi rekening dapat membantu Anda mengidentifikasi kesalahan tersebut sehingga bisa segera diperbaiki.

2.3. Mengelola Keuangan 

Adanya mutasi rekening dapat memudahkan Anda dalam mengelola keuangan. Sebab, dengan mengecek mutasi rekening secara berkala Anda dapat mengetahui segala transaksi keuangan yang terjadi pada periode tertentu.

Dari adanya perincian data tersebut, Anda bisa melakukan refleksi diri terhadap cara Anda membelanjakan uang dan membuat resolusi keuangan yang lebih baik lagi.

 

Baca Juga: 8 Resolusi Keuangan Untuk Tahun 2023 yang Lebih Baik!

 

2.4. Menjaga Keamanan

Dengan memeriksa mutasi rekening secara berkala, Anda dapat mendeteksi segala bentuk transaksi yang mencurigakan dan berbagai tindakan kriminal lainnya.

2.5. Syarat Pengajuan Pinjaman

Mutasi rekening adalah salah satu persyaratan yang perlu Anda lampirkan pada saat ingin mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan non bank maupun bank. Dengan melampirkan bukti mutasi sesuai dengan periode yang telah ditentukan, proses pengajuan pinjaman dapat berjalan dengan lancar.

2.6. Syarat Pengajuan VISA

Saat akan membuat VISA, mutasi rekening kerap kali dijadikan salah satu persyaratan wajib yang harus Anda lampirkan. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk menjamin kondisi finansial selama Anda berada di negara tujuan.

3. Cara Cek Mutasi Rekening Bank

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk cek mutasi rekening. Hal ini bergantung pada bank dan layanan perbankan yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa cara yang umum dilakukan untuk memeriksa mutasi rekening.

3.1. Teller Bank

Cara cek mutasi melalui teller bank cukuplah mudah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kunjungi kantor cabang bank terdekat

  • Sampaikan tujuan Anda pada petugas atau satpam yang berjaga

  • Anda akan diminta untuk mengambil nomor antrian CS

  • Tunggu sebentar sampai dengan nomor antrian Anda dipanggil

  • Sampaikan pada CS bahwa Anda ingin mengecek mutasi rekening sesuai dengan periode tanggal yang telah Anda tentukan

  • Pihak CS akan memproses permintaan Anda

3.2. ATM

Mutasi rekening dapat Anda cek menggunakan mesin ATM dengan cara sebagai berikut.

  • Masukan kartu ATM Anda pada mesin ATM

  • Masukan pin kartu Anda

  • Pada layar yang ditampilkan pilih menu "Mutasi Rekening" untuk melihat daftar transaksi terbaru

  • Masukan periode tanggal yang ingin ditampilkan

  • Tunggu sebentar sampai data yang Anda minta ditampilkan pada layar mesin ATM

3.3. M-Banking

Teknologi perbankan kini sudah semakin canggih berkat hadirnya aplikasi mobile banking yang siap sedia melayani Anda, termasuk diantaranya urusan mutasi rekening. Anda dapat mengecek mutasi di aplikasi m-banking dengan mengikuti panduan berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi mobile banking sesuai bank yang Anda gunakan di Play Store atau App Store

  • Masukan username dan kata sandi

  • Pilih menu “Mutasi Rekening” pada dashboard yang ditampilkan. Menu ini umumnya bisa Anda temui di bagian informasi akun

  • Masukan periode mutasi yang ingin Anda lihat

  • Konfirmasi data yang ada dengan memasukan pin Anda

  • Tunggu sebentar sampai mutasi rekening ditampilkan pada layar

3.4. Internet Banking

Cara cek mutasi rekening melalui internet banking tidak berbeda jauh dengan mobile banking. Berikut tahapannya.

  • Kunjungi situs resmi bank yang Anda gunakan

  • Masukan pin dan username Anda

  • Pilih menu “Mutasi Rekening”

  • Masukan periode mutasi yang ingin Anda lihat

  • Tunggu sebentar sampai data yang Anda minta ditampilkan pada layar

3.5. SMS Banking

Beberapa bank turut menyediakan layanan SMS banking yang memungkinkan para nasabah untuk memeriksa mutasi rekening melalui pesan singkat. Anda cukup mengirimkan pesan dengan format tertentu ke nomor yang telah ditentukan oleh bank.

Itulah 5 cara mengecek mutasi rekening dengan mudah dan aman. Pastikan Anda memeriksa mutasi rekening secara berkala untuk memastikan semua transaksi telah tercatat dengan benar dan tidak ada aktivitas yang mencurigakan pada rekening Anda.

4. Perbedaan Mutasi Rekening dan Rekening Koran

Rekening koran dan mutasi rekening adalah dua hal yang saling berkaitan dalam aktivitas perbankan. Meskipun begitu, terdapat perbedaan antara keduanya.

4.1. Periode Mutasi

Perbedaan yang pertama terletak pada periode mutasi yang ada. Rekening koran adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh bank yang berisi daftar transaksi yang dilakukan pada rekening nasabah dalam periode tertentu, seperti satu bulan atau satu kuartal.

Sementara itu, mutasi rekening adalah daftar transaksi yang terjadi pada rekening nasabah dan ditampilkan dengan batasan waktu tertentu, umumnya hanya berlangsung selama 30 hari. 

4.2. Informasi yang ditampilkan

Rekening koran menampilkan saldo awal dan akhir rekening, kredit, debit, biaya administrasi, dan informasi lainnya yang terkait segala aktivitas keuangan pada rekening tersebut. 

Sedangkan mutasi rekening menampilkan transaksi yang terjadi pada sebuah rekening secara singkat, seperti kredit, debit, tanggal transaksi, dan saldo rekening pada tanggal tertentu. Mutasi rekening juga dapat digunakan untuk memeriksa transaksi terbaru dan mengecek saldo rekening saat ini.

Perbedaan utama antara rekening koran dan mutasi rekening adalah bahwa rekening koran adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh bank untuk memberikan informasi terperinci mengenai aktivitas keuangan pada rekening nasabah, sementara mutasi rekening adalah daftar transaksi yang dapat diperiksa oleh nasabah kapan saja melalui layanan perbankan seperti mobile banking dan sejenisnya.

5. Contoh Mutasi Rekening

Bagi Anda yang belum tahu sama sekali bagaimana rupa mutasi rekening, di bawah ini merupakan salah satu contoh dari mutasi rekening yang ada pada bank.

Mutasi Rekening Adalah

Image Source: rangkulteman.id

Sobat BFI, demikian pembahasan lengkap terkait Mutasi Rekening Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Cek. Harapannya, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Pinjam dana lebih mudah dan aman di BFI Finance! Dapatkan pinjaman dana hingga 85% dari aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap.

Klik tautan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum