Informasi Umum

Mobil Hybrid: Mobil Ramah Lingkungan Dengan Dua Sistem Penggerak

Admin BFI
13 December 2022
5257
Mobil Hybrid: Mobil Ramah Lingkungan Dengan Dua Sistem Penggerak

Inovasi teknologi dalam dunia otomotif tidak pernah ada matinya. Berbagai terobosan baru kian muncul satu per satu seiring berkembangnya jaman. Salah satu diantaranya yaitu munculnya mobil hybrid. Mobil yang satu ini diyakini menjadi terobosan alternatif untuk menghemat BBM dan mengurangi emisi gas kendaraan.

Apa saja yang perlu kita ketahui terkait mobil canggih yang satu ini? Mari kita bahas selengkapnya lewat informasi berikut ini.

 

1. Apa Itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan dua sistem penggerak berupa mesin dan motor listrik. Kombinasi yang baik antar keduanya mampu membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien, sehingga mobil ini termasuk ramah lingkungan.

Ada dua jenis mobil hybrid yang beredar saat ini. Pertama yaitu mobil Hybrid Electric Vehicle (HEV). HEV adalah jenis mobil yang menggunakan dua sumber bahan bakar sebagai penggeraknya, yakni BBM dan motor listrik.

Motor listrik digunakan pada saat mobil melaju dalam kecepatan rendah. Sedangkan BBM digunakan ketika pengemudi ingin meningkatkan kecepatan mobil (akselerasi) dan ketika mobil kehabisan baterai listrik.

Jenis yang kedua yaitu Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Teknologi yang satu ini punya kemiripan dengan mobil hybrid, bedanya kapasitas baterai yang dimiliki cenderung lebih besar. Ini memungkinkan mobil tersebut mampu menempuh jarak hingga 80 kilometer tanpa perlu mengaktifkan mesin konvensional (mesin yang menggunakan BBM).

Di sisi lain, mobil dengan jenis PHEV ini mengharuskan para pemiliknya untuk mengisi daya baterai secara manual dengan cara mencoloknya (plug-in) di charging station ataupun di rumah dengan menggunakan converter khusus.

 

Baca Juga: Apa Itu Uji Emisi Kendaraan? Pengertian, Cara, Manfaat, Syarat Lulus

 

2. Perbedaan Mobil Hybrid dengan Mobil Listrik

Perbedaan yang paling mencolok antara mobil listrik dengan mobil hybrid terletak pada komponen penggeraknya. Mobil hibrida masih menggunakan bahan bakar (BBM) sebagai salah satu tenaga penggerak, sedangkan mobil listrik sudah sepenuhnya menggunakan listrik.

Meskipun terlihat lebih sederhana dan lebih ramah lingkungan, Anda perlu mempersiapkan perencanaan yang matang jika ingin beralih ke mobil ini. Pasalnya, tidak semua daerah memiliki charging station yang memadai dan proses pengisian yang ada cenderung memakan waktu yang tidak sebentar. Tentu, hal tersebut membutuhkan penyesuaian yang baru untuk Anda.

 

Baca Juga: Patut Berbangga! Yuk, Kenali Lebih Dalam Jenis Mobil Listrik Buatan Indonesia Ini!

 

3. Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Bicara mengenai kelebihan dan kekurangan, tentunya setiap hal pasti memiliki dua hal tersebut. Tanpa terkecuali dengan mobil hybrid. Nah, kira-kira apa saja yang bisa menjadi kelebihan dari mobil ini dan apa kiranya kekurangan yang mungkin dimiliki?

3.1 Kelebihan dari Mobil Hybrid

Setidaknya ada 5 kelebihan yang dimiliki oleh mobil pintar yang satu ini. Details Nya sebagai berikut.

3.1.1. Ramah Lingkungan

Mobil hybrid adalah alternatif kendaraan yang sangat baik. Mobil jenis ini mampu menghemat bahan bakar dua kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Efisiensi yang terjadi berasal dari baterai listrik yang otomatis menyala saat mobil difungsikan.

Selain itu, pada saat baterai listrik habis, mesin akan otomatis mengisi daya listrik listrik yang kosong lewa saat mobil melaju menggunakan bahan bakar. Adanya dual sistem yang saling mendukung ini tentunya sangat baik untuk penggunaan mobil dalam jangka waktu lama serta efeknya terhadap lingkungan.

3.1.2. Minim Getaran dan Suara Pada Mesin

Tidak seperti mobil konvensional pada umumnya, suara mesin dan getaran di mobil hybrid nyaris tidak terasa sama sekali. Hal ini bisa terjadi karena sistem penggerak yang ada diambil alih oleh baterai listrik, sehingga memungkinkan pengemudi  dan penumpang lebih nyaman saat berkendara.

3.1.3. Irit Bahan Bakar Minyak

Dibekali dengan teknologi hibrida, mobil ini mampu mengirit lebih banyak bahan bakar. Komponen baterai listrik pada mobil bisa otomatis terisi pada saat mobil melaju dengan menggunakan mesin konvensional. Dengan adanya dua penggerak ini bahan bakar yang digunakan bisa lebih hemat.

3.1.4. Bobot Mobil yang Lebih Ringan

Secara keseluruhan, mobil hybrid memiliki bobot yang ringan. Ini bisa menjadi nilai plus tersendiri karena dengan bobot yang ringan mobil mampu melaju lebih cepat tanpa perlu menggunakan banyak bahan bakar.

3.1.5. Menggunakan Transmisi CVT

Transmisi CVT adalah teknologi modern yang memungkinkan penggunaan bahan bakar lebih sedikit namun mampu menghasilkan akselerasi atau kecepatan mobil yang lebih stabil.

3.2 Kekurangan dari Mobil Hybrid

Sedangkan untuk kekurangannya, setidaknya ada dua hal yang menjadi sorotan dari mobil ini; 

3.2.1. Harganya Mahal

Mobil hybrid cenderung dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan mobil konvensional. Hal tersebut cukup masuk akal mengingat teknologi terbaru ini belum digunakan secara masif.

3.2.2. Perawatan yang Lebih Kompleks

Selain harganya yang lebih tinggi, mobil ini juga membutuhkan perawatan yang lebih kompleks khususnya untuk komponen listrik yang terdapat pada mobil. Tidak semua kota menyediakan service lengkap untuk jenis mobil yang satu ini. Karenanya, mungkin Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan mobil ini.

 

Baca Juga: Jenis Jenis Mobil dan Merk Mobil Terlaris di Indonesia

 

4. Merek Mobil Hybrid di Indonesia

Mobil yang satu ini bisa dibilang bukanlah jenis mobil yang baru masuk ke pasar Indonesia. Beberapa produsen kenamaan sudah menjadi pionir masuknya mobil ini seperti yaitu Suzuki, Toyota, Mitsubishi, Nissan. Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas beberapa mobil dari merk kenamaan ini seperti yang dilansir dari otomotif.kompas.com.

4.1. Toyota All New Corolla Altis Hybrid

mobil hybrid

Image Source: Toyota Astra Motor

Mobil Toyota yang satu ini boleh dibilang sebagai mobil hybrid keluaran paling anyar. Mobil ini secara resmi masuk ke pasaran Indonesia pada bulan februari 2022. Dirilis dengan dua versi yakni mesin dan hybrid, harga untuk jenis hybrid dijual sebesar Rp 545 juta.

4.2. Nissan Kicks e-Powermobil hybrid

Image Source: Cintamobil.com

Mulai muncul di pasaran Indonesia sejak 2 september 2020, mobil SUV compact yang satu ini digadang-gadang sebagai mobil hybrid yang memiliki sensasi berkendara seperti mobil listrik sepenuhnya. Ini dikarenakan mesin konvensional yang ada di dalamnya hanya dijadikan sebagai genset atau generator penggerak baterai lithium-ion berkekuatan 1,57 kWh. Untuk harga per unit dari mobil ini dibanderol Rp 432,8 juta.

4.3. Suzuki Ertiga Hybrid

mobil hybrid

Image Source: Kompa Otomotif

Selain Toyota All New Corolla Altis Hybrid, mobil hybrid teranyar lainnya yang masuk pasaran Indonesia adalah Suzuki Ertiga Hybrid. Mobil ini memiliki dua sumber tenaga berupa mesin konvensional dan ISG (Integrated Starter Generator) yang digabungkan dengan baterai jenis lithium-ion. Untuk harganya sendiri mobil ini terbilang murah. Mulai dari Rp 270 juta sampai dengan Rp 290 juta.

4.4. Toyota C-HR Hybrid

mobil hybrid

Image Source: Toyota Astra Motor

Mobil berikut ini ditenagai dengan teknologi hybrid paralel yang memungkinkan komponen mesin konvensional dan baterai listrik berjalan secara bersamaan, sehingga mampu menciptakan efisiensi bahan bakar. Melalui situs resmi Toyota, mobil ini dipasarkan dengan harga Rp 583 juta.

Setelah membaca secara keseluruhan terkait mobil hybrid, apakah sobat BFI tertarik untuk memiliki salah satunya? Memiliki mobil jenis ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat sistem penggeraknya yang unik dengan teknologi yang mumpuni.

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki mobil baru ataupun ingin mewujudkan impian lainnya, BFI Finance siap membantu Anda!

Di BFI Finance Anda bisa mendapatkan pinjaman dana cepat untuk berbagai kebutuhan. Cukup dengan menjaminkan BPKB Kendaraan atau Sertifikat Rumah, pinjaman dana yang Anda butuhkan bisa langsung cair tanpa menunggu lama. Prosesnya aman dan mudah!

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Kategori : Informasi Umum