Gaya Hidup

Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis Love Language dan Cara Mengetahuinya

Admin BFI
14 February 2023
566914
Mengenal Lebih Dekat 5 Jenis Love Language dan Cara Mengetahuinya

Setiap orang punya cara tersendiri untuk menunjukan jenis love language yang mereka miliki. Love language, pada dasarnya adalah bahasa cinta berupa tindakan, perilaku, maupun sikap yang membuat seseorang merasa dihargai dan disayangi.

Kehadiran love language dinilai sangat krusial karena mampu membuat Anda dan orang tersayang dapat saling memahami secara mendalam dan lebih baik lagi.

Lalu, apa saja jenis love language yang ada dan bagaimana cara yang tepat untuk mengetahui jenis love language seseorang? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini.

 

1. Apa Itu Love Language?

Love language atau bahasa cinta adalah cara-cara yang berbeda dimana seseorang menyatakan dan menerima cinta dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan pertemanan, keluarga, maupun hubungan romantis.

Jenis love language pertama kali dicetuskan oleh Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Five Love Languages: The Secret to Love that Lasts". Kelima bahasa cinta yang Ia sebutkan terdiri dari kata-kata pujian (words of affirmation), waktu yang berkualitas (quality time), pemberian hadiah (receiving gifts), tindakan (act of service), dan sentuhan fisik (physical touch).

Setiap orang mungkin memiliki preferensi yang berbeda dalam hal bahasa cinta yang mereka gunakan dan terima. Memahami love language pasangan atau mereka yang kita sayangi dapat membantu memperkuat hubungan dan memahami keinginan satu sama lain.

2. 5 Jenis Love Language

Ada 5 jenis love language atau bahasa cinta yang dimiliki oleh setiap manusia. Berikut ini kelima jenis bahasa cinta yang mungkin Anda miliki.

jenis love language

Infografis Jenis Love Language / Sumber: BFI Finance Aset

2.1. Act of service (Tindakan)

Acts of Service (Tindakan) adalah jenis love language dimana seseorang merasa dicintai melalui tindakan, bantuan, dan dukungan dari orang terkasih.

Misalnya menerima bantuan atau inisiatif membantu pekerjaan rumah, mengurus anak, memberikan bantuan di tempat kerja, ataupun menawarkan bantuan sebelum diminta.

Contoh Love Language Act of Service:

  • Berinisiatif untuk membantu pekerjaan rumah

  • Memberikan bantuan di tempat kerja

  • Mengantar pulang

  • Memberikan bantuan tanpa diminta

  • Merawat pasangan yang sedang sakit

  • Memutar lagu kesukaan pasangan saat dalam perjalanan di mobil

  • Memasak makanan kesukaan pasangan atau mereka yang disayangi

  • Mengingatkan pasangan akan sesuatu yang hampir Ia lupakan

2.2. Physical Touch (Sentuhan Fisik)

Physical Touch atau sentuhan fisik adalah jenis bahasa cinta yang dirasakan oleh seseorang dari adanya kontak fisik. Afeksi yang muncul di sini bukan lah sesuatu yang negatif, melainkan perwujudan dari perasaan sayang serta tulus yang diberikan oleh seseorang.

Contoh Love Language Physical Touch:

  • Berpelukan

  • Genggaman

  • Tepukan

  • Elusan di kepala

  • Berdekatan dengan orang tersayang

2.3. Words of Affirmation (Kata-Kata Pujian)

Senang menerima pujian dan kata-kata positif lainnya? Bisa jadi jenis love language Anda adalah words of affirmation! Orang yang memiliki bahasa cinta Words of Affirmation (kata-kata Pujian) merasa sangat dihargai dan dicintai saat seseorang memberikan kata-kata positif seperti dukungan, motivasi, dan pujian.

Contoh Love Language Words of Affirmation:

  • Ucapan terima kasih

  • Kata-kata motivasi

  • Pujian atau kata-kata manis

2.4. Quality Time (Waktu yang Berkualitas)

Quality time (waktu yang berkualitas) adalah jenis love language yang keempat. Seseorang dengan love language ini merasa dicintai saat perhatian yang diberikan berupa kebersamaan seperti melakukan kegiatan bersama atau hanya sekadar duduk berdampingan.

Contoh Love Language Quality Time:

  • Tidak bermain gadget saat sedang bersama

  • Liburan bersama

  • Deep talk

  • Menonton film berdua

2.5. Receiving Gifts (Penerimaan Hadiah)

Terakhir, Receiving Gifts (Penerimaan Hadiah) adalah jenis love language dimana seseorang merasa dicintai melalui pemberian hadiah. Hadiah ini tidak harus mahal, tapi bisa berupa benda yang memiliki makna khusus atau kejutan yang menyenangkan.

Contoh Love Language Receiving Gifts:

  • Memberikan kejutan tak terduga

  • Membelikan hadiah yang bersifat cukup pribadi. Misalnya hadiah tersebut mengingatkan orang yang tersayang dengan apa yang mereka suka atau momen kebersamaan.

  • Memberikan kartu ucapan

3. Cara Mengetahui Love Language pasangan Anda

Mengetahui jenis love language yang dimiliki oleh orang yang Anda sayangi adalah hal penting yang perlu diketahui, sehingga Anda bisa mengekspresikan perasaan sayang dan cinta yang tulus terhadap orang tersebut dengan lebih mudah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui bahasa cinta seseorang. Dilansir dari berbagai sumber yang ada, berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk mengetahui jenis love language seseorang.

Jenis Love Language

Image Source: Pexels/Zero Pamungkas

3.1. Perhatikan bagaimana mereka yang Anda sayangi mengekspresikan rasa sayangnya

Cara pertama untuk bisa mengetahui bahasa cinta seseorang adalah dengan memperhatikan bagaimana mereka menunjukan perhatiannya kepada Anda.

Hal ini dapat dengan mudah Anda lihat melalui tindakan atau pun perkataan yang mereka berikan untuk mengekspresikan rasa sayangnya kepada Anda. Misalnya, apakah mereka kerap kali memberikan hadiah, memuji Anda, atau senang menghabiskan waktu berdua dengan Anda.

3.2. Dengarkan bahasa yang digunakan pasangan

Pasangan mungkin mengungkapkan love language mereka secara tidak langsung melalui bahasa yang mereka gunakan. Jika mereka sering mengatakan "saya merindukanmu" atau "aku suka bersama kamu", itu bisa menjadi petunjuk tentang love language mereka.

3.3. Amati bagaimana pasangan merespons

Setiap orang memiliki gaya yang berbeda dalam mengekspresikan cinta, dan cara pasangan merespons terhadap tindakan Anda juga bisa menjadi petunjuk tentang love language mereka. Misalnya, jika pasangan sangat senang saat Anda memberikan hadiah, itu bisa menjadi petunjuk bahwa love language mereka adalah penerimaan hadiah.

3.4. Bertanya langsung

Cara yang paling mudah untuk mengetahui jenis love language seseorang adalah dengan bertanya secara langsung. Tanyakan padanya apa yang mampu membuatnya senang, merasa dicintai, dan merasa bahagia jika seseorang melakukan hal tersebut. Tanyakan bagaimana Ia ingin diperlakukan.

Dengan adanya komunikasi yang terbuka dan jujur, hubungan yang ada akan berjalan dengan baik dan sehat.

4. Tes love language Anda dan Pasangan Anda

Selain mencari tahu mengenai love language pasangan melalui keempat cara di atas, Anda juga bisa mengetahuinya dengan mengajak orang terkasih untuk melakukan serangkaian tes yang ada pada beberapa tautan berikut ini.

1. Test Love Language Bahasa Indonesia: https://satupersen.net/quiz/tes-love-language

2. Test Love Language Bahasa Inggris: https://5lovelanguages.com/quizzes/love-language 

Sobat BFI, itulah 5 jenis love language yang ada. Mana yang merupakan love language Anda dan orang tersayang?

Jika Anda membutuhkan tambahan biaya untuk mewujudkan impian Anda, BFI Finance siap sedia membantu Anda!

Cukup dengan mengajukan pinjaman BPKB kendaraan atau sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana sampai dengan 85% dari nilai aset yang dijaminkan selama persyaratan lengkap.

Informasi lainnya terkait pinjaman dapat Anda peroleh di tautan berikut ini.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

 

 

 

Kategori : Gaya Hidup