Bisnis

Kiat Sukses Usaha Keripik Singkong: Tips, Modal, dan Keuntungannya

Admin BFI
6 April 2023
15180
Kiat Sukses Usaha Keripik Singkong: Tips, Modal, dan Keuntungannya

Usaha keripik singkong merupakan salah satu usaha di bidang f&b yang bisa dijalankan dengan modal minim. Tidak hanya itu saja, usaha ini sangat memungkinkan untuk dijalankan dari rumah, khususnya bagi ibu rumah tangga, pelajar, atau siapapun itu yang membutuhkan pemasukan tambahan.

Nah, sebelum memulai usaha keripik singkong, ada baiknya kita pelajari dulu berbagai hal terkait usaha ini. Yuk, scroll artikelnya sampai habis, ya!

 

1. Mengapa Usaha Keripik Singkong?

1.1. Bisa Dijalankan dengan Modal Minim

Usaha keripik singkong tergolong usaha rumahan yang memungkinkan untuk dijalankan dengan modal minim. Oleh karenanya, usaha ini sangat cocok untuk dijalankan pebisnis pemula yang masih awam dan baru terjun ke ranah bisnis.

1.2. Tidak Sulit Membuatnya

Keripik singkong termasuk jenis makanan ringan yang tidak sulit untuk dibuat. Bahkan, Anda bisa menggunakan peralatan sendiri untuk membuatnya, sehingga budget yang dikeluarkan untuk modal usaha bisa lebih murah.

 

Baca Juga: 10 Cara Mendapatkan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal

 

1.3. Target Pasar Luas

Salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk menekuni suatu bisnis adalah mempertimbangkan target pasar yang ada. Apakah pasar yang akan Anda tuju sangat memungkinkan untuk dijangkau oleh pemain baru dan seberapa banyak permintaan (demand) yang ada.

Keripik singkong merupakan salah satu bisnis makanan di bidang F&B dengan target pasar yang luas dan mampu menjangkau berbagai kalangan seperti anak sekolah, mahasiswa, karyawan, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir usaha yang Anda jalankan nantinya akan kesulitan mendapatkan pelanggan. Yang paling penting, pastikan Anda mampu berinovasi dan berpikir kreatif agar usaha keripik singkong yang dijalani mampu bersaing secara sehat dengan kompetitor.

 

Baca Juga: Apa itu Unique Selling Point dan Manfaatnya Bagi Bisnis? 

 

1.4. Mudah Untuk Dijual

Keuntungan lainnya dari berjualan usaha keripik singkong yakni kemudahan dalam menjualnya. Kudapan yang satu ini bisa Anda jual secara offline maupun online. Anda juga bisa menjalankan strategi penjualan yang bisa mendompleng penjualan Anda seperti berjualan dengan sistem pre-order, reseller, dropshipper, bahkan membuka sistem affiliasi jika memang Anda berencana menekuni usaha ini dalam skala besar.

 

Baca Juga: Apa Itu Afiliasi? Simak Penjelasan dan Cara Kerjanya Berikut Ini

 

1.5. Bahan Baku Mudah Didapat

Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang mudah untuk didapat. Anda bisa memperolehnya dari pasar tradisional maupun supermarket. Yang terpenting, pastikan Anda membekali diri sendiri dengan pengetahuan yang cukup terkait pengolahan keripik singkong yang baik dan benar, sehingga hasil akhir yang didapat bisa maksimal dan memudahkan Anda untuk menjualnya.

2. Risiko Usaha Keripik Singkong

Dalam bisnis resiko usaha merupakan sesuatu yang sangat wajar. Dengan mengenali apa saja risiko yang ada, kita mampu mengantisipasi berbagai hal buruk yang mungkin terjadi serta mencari jalan alternatifnya. Berikut ini sederet risiko yang mungkin muncul pada usaha keripik singkong.

Image Source: Freepik/tyasindayanti

2.1. Persaingan Bisnis yang Cukup Ketat

Proses pembuatan keripik singkong cukuplah mudah. Bahan baku yang digunakan pun bisa dengan mudah Anda temui di mana saja. Selain itu, jenis keripik yang satu ini memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan.

Tak ayal, persaingan yang ada pada bisnis ini terbilang cukup ketat. Hal ini bisa dilihat langsung dari banyaknya penjual keripik singkong yang bisa Anda temui di jalanan. Meskipun begitu, risiko ini masih bisa Anda taklukan dengan melakukan analisis peluang usaha dan sederet strategi lainnya, termasuk diantaranya menentukan Unique Selling Point (USP) yang Anda miliki.

2.2. Risiko Bahan Baku

Kedua yaitu adanya risiko bahan baku dimana bahan baku yang Anda gunakan berkemungkinan langka atau mengalami penurunan kualitas akibat faktor musim dan lain sebagainya. Hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap harga jual produk yang Anda miliki.

2.3. Perubahan Selera Konsumen

Dalam berbisnis, selera konsumen menjadi salah satu tolak ukur penentu keberhasilan. Pemenuhan keinginan konsumen dapat kita ketahui dari selera yang saat ini ramai di masyarakat. Perubahan yang ada tentunya dapat menuntut pelaku usaha untuk menyesuaikan dengan keinginan konsumen.

Jika sebagai pebisnis  usaha keripik singkong Anda gagal untuk mengikuti tren terkini dan memahami apa yang dibutuhkan oleh target pasar yang Anda tuju, bukan tidak mungkin usaha Anda bisa collapse atau gulung tikar dalam waktu dekat.

Maka dari itu, di sini lah perlunya untuk selalu berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Pastikan untuk fleksibel dengan segala perubahan yang ada. Salah satu contohnya yakni dengan menjual keripik singkong berbagai rasa.

3. 7 Cara Memulai Usaha Keripik Singkong

Tertarik untuk memulai usaha keripik singkong? Simak 7 cara memulai usaha makanan ringan yang satu ini!

3.1. Siapkan Modal Usaha

Cara yang pertama untuk memulai usaha keripik singkong adalah dengan menyiapkan modal usaha. Kita pasti sudah tahu jika suatu usaha tidak dapat berjalan tanpa adanya modal. Pasalnya, modal digunakan untuk menunjang operasional dan pemenuhan aspek penting lainnya.

Salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal usaha yakni dengan cara mengajukan pinjaman modal usaha dengan Jaminan BPKB Motor. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, seperti pengajuan yang cepat diproses dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

3.2. Pilih Singkong yang Berkualitas

Cara yang kedua yang perlu Anda perhatikan saat memulai usaha keripik singkong adalah memilih bahan baku singkong yang berkualitas. Kualitas singkong yang Anda gunakan dapat berpengaruh terhadap citarasa dan kerenyahan keripik yang Anda buat.

Tips Memilih Singkong Berkualitas:

Dikutip dari wowbabel, berikut ini cara memilih singkong yang perlu Anda perhatikan.

  • Kulit Singkong Berwarna Kemerahan

  • Batangnya Gendut

  • Umbi Berwarna Putih

  • Hindari Singkong dengan Bercak Coklat atau terdapat Bekas Lubang

3.3. Pengemasan dan Pelabelan

Pengemasan dan pelabelan menjadi salah satu poin yang tidak boleh Anda kesampingkan. Sebab, keduanya bisa mempengaruhi kualitas produk yang Anda buat dan kelancaran proses pemasaran.

3.4. Tentukan Harga Jual

Berikutnya yakni menentukan harga jual keripik singkong yang Anda buat. Menentukan harga merupakan salah satu hal krusial dalam operasional bisnis. Pasalnya, harga jual yang Anda tentukan dapat mempengaruhi yang akan Anda peroleh nantinya.

Jika harga yang Anda tetapkan terlalu rendah, maka hal tersebut bisa mempengaruhi besaran keuntungan yang Anda dapatkan atau bahkan rugi. Sebaliknya, jika Anda menetapkan harga terlalu mahal akan mengakibatkan produk Anda sulit dijual karena konsumen tidak mampu membelinya dan membandingkannya dengan kompetitor.

Ada beberapa hal yang bisa jadi penentu harga jual pada produk usaha keripik singkong milik Anda, seperti bahan baku, biaya operasional, dan tingkat persaingan pasar. 

3.5. Berjualan di Tempat yang Strategis

Lokasi dapat mempengaruhi jumlah pembeli yang datang dan berdampak langsung pada perolehan keuntungan yang Anda dapatkan. Pilihlah tempat yang mudah diakses dan dekat dengan target konsumen Anda. Untuk meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa memastikan usaha yang Anda miliki sudah mengantongi surat izin usaha dagang dan surat izin tempat usaha.

 

Baca Juga: Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Sertifikat Halal Terbaru Tahun 2023

 

3.6. Pilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Selain lokasi, bahan baku, citarasa, dan kemasan, strategi pemasaran dapat mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menjual keripik singkong. Memilih strategi pemasaran dapat Anda sesuaikan dengan bisnis model yang Anda jalankan.

Misalnya untuk strategi berjualan secara offline Anda dapat menggunakan word of mouth. Sedangkan untuk berjualan secara online Anda bisa memilih endorse dan menerapkan promo menarik seperti buy 1 get 1 dan sebagainya. 

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

3.7. Manfaatkan Sosial Media dan Marketplace Untuk Berjualan

Sosial media merupakan lahan basah dimana Anda mampu menjangkau lebih banyak pembeli dari berbagai daerah. Tidak boleh kelewatan, Anda juga bisa memanfaatkan kehadiran marketplace seperti Tokopedia dan Shopee untuk memudahkan proses transaksi secara aman dan efisien.

 

Baca Juga: Cara Jualan di TikTok Shop: 6 Langkah Mudah Untuk Pemula!

 

4. Estimasi Modal dan Keuntungan Usaha Keripik Singkong

Bagaimana? Apakah sampai sini Anda semakin tertarik untuk memulai usaha yang satu ini? Jika iya, yuk kita intip estimasi modalnya di tabel berikut ini.

Estimasi Modal Usaha Keripik Singkong
No. Item Kuantitas Harga Per Kuantitas Total
1. Mesin Pemotong Singkong 1 Rp 550.000 Rp 550.000
2. Mesin Press Plastik 1 Rp 180.000 Rp 180.000
3. Alat Masak Lainnya 1 Rp 500.000 Rp 500.000
5. Singkong Kiloan 5 Kg Rp 5.500 Rp 27.500
6. Minyak Goreng 20 Liter Rp 17.0000 Rp 340.000
7. Gas Elpiji 3KG 4 Rp 30.000 Rp 120.000
8. Bumbu Tabur Keripik Singkong 100gr 10 Rp 4.000 Rp 40.000
Total Rp 1.757.500

Berikutnya mari kita hitung estimasi perolehan keuntungan dari usaha keripik singkong. Caranya yaitu dengan menghitung harga satuan produk lalu dikalikan dengan keuntungan yang ada untuk setiap produknya, kemudian Anda kalikan selama 30 hari.

25 Bungkus X Rp 10.000 X 30 = Rp 7.500.000 (Laba Kotor Per Bulan)

Sedangkan untuk menghitung laba bersih, caranya yakni dengan menghitung laba kotor dikurangi modal usaha dan biaya operasional.

Rp 7.500.000 - Rp 1.757.500 = Rp 5.742.500

Jadi, estimasi keuntungan yang dapat Anda peroleh selama satu bulan penuh dengan rata-rata penjualan keripik singkong per harinya Rp 10.000 adalah Rp 5.742.500. Lumayan sekali, bukan? Sobat BFI, perhitungan tersebut tidaklah absolut. Hasil yang Anda dapatkan bisa berbeda dengan simulasi yang ada. Semuanya tergantung dari harga bahan baku, biaya operasional, dan faktor lainnya.

 

Baca Juga: Akurat, Begini Rumus Cara Menghitung Laba yang Mudah dan Benar

 

5. Solusi Mudah Dapatkan Modal Usaha

Punya rencana ingin mengembangkan atau memulai usaha? BFI Finance siap sedia membantu Anda untuk memperoleh modal usaha dengan beragam pilihan pinjaman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis