Informasi Umum

Kenali Kepribadian Ekstrovert, Ini Ciri dan Fakta Menarik Lainnya!

Admin BFI
21 June 2023
27227
Kenali Kepribadian Ekstrovert, Ini Ciri dan Fakta Menarik Lainnya!

Setelah sebelumnya kami membahas terkait istilah introvert, di kesempatan kali ini mari kita bahas mengenai lawan kata dari istilah tersebut yaitu ‘Ekstrovert’.

Ekstrovert adalah kepribadian yang senang bersosialisasi. Banyak orang beranggapan jika orang dengan kepribadian ini cenderung supel dan mudah berbaur dengan siapa saja. Namun, benarkah demikian? Supaya Anda tidak salah paham, yuk, mari kita kupas tuntas di artikel berikut.

 

1. Apa Itu Ekstrovert?

Ekstrovert adalah sebutan untuk seseorang yang cenderung mendapatkan energi dan kepuasan dari interaksi sosial dan lingkungan sekitarnya.

Mereka merasa energik dan nyaman dalam keramaian, sehingga mudah bagi mereka untuk berbagi pikiran maupun pendapat secara cuma-cuma.

Kegemaran mereka akan bersosialisasi menjadikan mereka mudah bergaul dengan siapa saja dan sangat aktif dalam kegiatan sosial. Singkatnya, mereka sangat pandai bergaul.

2. Ciri-Ciri Orang Ekstrovert

Dilansir melalui salah satu situs bernama verywellmind.com, berikut adalah beberapa ciri-ciri yang umum terlihat pada orang ekstrovert.

2.1. Bersemangat dan Punya Banyak Energi

Orang ekstrovert cenderung merasa energik dan bersemangat saat berada di tengah keramaian dan berinteraksi dengan orang lain. Tak ayal, mereka bisa dengan mudah dikenali melalui tingkah lakunya.

2.2. Senang Berbicara dan Nyaman Dikelilingi Banyak Orang

Mereka yang berkepribadian ekstrovert sangat menikmati berbincang-bincang dan berbagi pendapat dengan orang lain, dan sering kali menjadi pusat perhatian di suatu acara maupun kelompok.

Bagi mereka, berbicara dan dikelilingi oleh banyak orang merupakan sesuatu yang menyenangkan dan mampu me-recharge energi yang sempat hilang.

2.3. Mencari Ide dan Inspirasi Melalui Orang Lain

Ciri berikutnya dari kepribadian ekstrovert adalah gemar mencari ide dan inspirasi dengan berbicara bersama orang lain. Hal ini sejatinya dapat dikatakan sebagai salah satu kelebihan yang dimiliki oleh mereka.

Salah satu contohnya yakni saat mereka bertemu dengan orang lain mereka mampu berbicara dengan durasi waktu yang cukup lama dan tak jarang mereka bisa dengan mudah terinspirasi dari percakapan yang ada.

2.4. Mudah Beradaptasi

Selanjutnya yakni mudah beradaptasi. Orang ekstrovert bisa dengan mudah berbaur dengan lingkungan baru dan menikmati kegiatan sosial yang beragam. Mereka percaya mengenal lebih banyak orang adalah sesuatu yang menyenangkan dan menjadi pengalaman yang berharga.

2.5. Aktif Mengikuti Berbagai Kegiatan

Bukan hal yang aneh maupun janggal jika seorang ekstrovert aktif mengikuti berbagai kegiatan. Pasalnya, mereka sangat suka bergaul dan dikelilingi oleh banyak orang. Jika orang introvert merasa mudah lelah saat terlalu sering berada di keramaian, orang ekstrovert justru sebaliknya.

2.6. Optimis dan Percaya Diri

Meskipun tidak dapat memprediksi masa depan, orang dengan kepribadian ekstrovert adalah pribadi yang optimis dan percaya diri. Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa bersosialisasi dan berkecimpung langsung dengan berbagai kelompok. Tak heran jika lingkup pertemanan yang mereka miliki pun sangat luas.

3. Tipe-Tipe Ekstrovert dan Kelebihannya

Ekstrovert Adalah

Image Source: Unsplash.com/Duy Pham

Menurut teori kepribadian Carl Jung, terdapat empat tipe ekstrovert yang berbeda, antara lain sebagai berikut.

3.1. Ekstrovert Sensorik (Extroverted Sensors)

Ekstrovert yang satu ini mudah terinspirasi oleh dunia luar yang melibatkan indra perasa, seperti pendengaran, penglihatan, dan lain sebagainya.

3.2. Ekstrovert Perasa (Extroverted Feelers)

Lain halnya dengan ekstrovert sensorik, tipe yang satu ini sangat peka terhadap perasaan dan emosi yang dirasakan oleh orang lain atau lawan bicaranya.

3.3. Ekstrovert Intuitif (Extroverted Intuitive)

Ekstrovert adalah mereka yang gemar bergaul dan bersosialisasi dengan siapa saja. Tipe yang satu ini boleh dikatakan sangat menikmati berpikir secara abstrak, berdiskusi dalam percakapan yang mendalam, dan seringkali memiliki ketertarikan pada ide-ide kompleks.

3.4. Ekstrovert Pemikir (Extroverted Thinkers)

Tipe yang terakhir yaitu ekstrovert pemikir. Orang dengan tipe ini cenderung berorientasi pada tujuan goals yang ingin mereka capai, misalnya dalam meraih prestasi tinggi atau karir yang gemilang. Tak heran jika mereka mampu membuat keputusan dengan cepat.

Nah, kira-kira tipe ekstrovert mana yang paling menggambarkan Anda atau orang terdekat?

4. Perbedaan Antara Ekstrovert dengan Introvert

Selanjutnya mari kita bahas mengenai perbedaan ekstrovert dan introvert. Pada dasarnya, setiap individu tidak ada yang 100% introvert maupun sebaliknya.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya jika kita mengenal perbedaan yang ada di antara keduanya. Perbedaan yang paling menonjol yakni terletak pada sumber energi yang mereka nikmati. Introvert cenderung menarik energi dari dalam diri mereka sendiri, sementara ekstrovert mendapatkan energi dari interaksi sosial dan situasi lingkungan yang ramai.

Hal ini tidak berarti bahwa introvert dan ekstrovert tidak dapat bersosialisasi atau berinteraksi satu sama lain. Mereka hanya memiliki preferensi yang berbeda dalam memanfaatkan energi dan merespon lingkungan.

 

Baca Juga: Pahami Apa Itu Introvert: Ciri-ciri, Tipe, dan Cara Menyikapinya

 

5. Tes Kepribadian: Ekstrovert atau Introvert?

Apakah Anda termasuk ke dalam orang dengan kepribadian ekstrovert atau introvert? Jika Anda belum tahu tipe kepribadian yang dimiliki, Anda bisa melakukan tes kepribadian di salah satu situs secara gratis.

Situs ini bernama 16personalities.com. Melalui situs ini Anda dapat memahami preferensi dan karakteristik kepribadian Anda secara lebih mendalam. Tes tersebut tidak hanya membedakan antara introvert dan ekstrovert, tetapi juga melibatkan aspek-aspek lain dari kepribadian Anda.

6. Tips Menjadi Lebih (atau Kurang) Ekstrovert

Kadangkala ada masa di mana kita ingin menjadi pribadi yang ekstrovert dan mudah bergaul dengan siapa saja, khususnya saat bertemu dengan orang baru. Di sisi lain ada masanya kita ingin menjadi pribadi yang tidak terlalu ekstrovert dan menghabiskan lebih banyak waktu seorang diri dengan cara merenung misalnya.

Penelitian menunjukkan jika seorang introvert yang ingin menjadi lebih ekstrovert di saat-saat tertentu, khususnya saat ingin terhubung lebih dengan orang lain mampu mengalirkan emosi yang lebih positif. Walaupun memang tidak dapat ditepis jika genetika seseorang memainkan peranan yang cukup penting dalam menentukan kepribadian seseorang. Meskipun begitu ada cara yang bisa Anda tempuh untuk menjadi sosok yang lebih ekstrovert maupun sebaliknya. Simak tipsnya di bawah ini.

6.1. Tips Menjadi Lebih Ekstrovert:

Jika Anda termasuk pribadi yang lebih condong pada sisi introvert namun ingin merasakan pengalaman selayaknya seorang ekstrovert, tips berikut ini dapat membantu Anda untuk mewujudkan keinginan tersebut.

1. Jelajahi berbagai hobi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan mencoba berbagai hobi dan berinteraksi dengan lebih banyak orang yang memiliki latar belakang serta hobi yang berbeda.

2. Terus berlatih

Menjadi seorang ekstrovert tidak bisa dilakukan secara instan. Dibutuhkan latihan berulang kali untuk dapat memposisikan diri sebagai individu yang terbiasa berinteraksi dengan banyak orang. Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk berbaur dengan siapa saja dan percaya diri saat bertemu dengan orang baru.

6.2. Tips Menjadi Tidak Terlalu Ekstrovert

Apakah Anda merasa terlalu ekstrovert dan ingin menjadi pribadi yang sedikit introvert? Seperti halnya Anda ingin menggali lebih dalam terkait potensi dan berbagai hal seputar diri sendiri. Jika ya, tips di bawah ini bisa Anda praktikan.

1. Tingkatkan kesadaran diri

Kepribadian introvert kerap kali dikenal sebagai pribadi yang gemar berkontemplasi. Untuk itu, Anda bisa melatih diri sendiri melakukan berbagai aktivitas kontemplatif seperti praktik mindfulness atau meditasi yang mampu membantu Anda untuk fokus pada apa yang Anda rasakan dan pikirkan saat ini.

2. Habiskan waktu sendirian

Menghabiskan waktu seorang diri mungkin terkesan sepi dan bukanlah hal yang lumrah bagi Anda. Namun, cobalah untuk menghabiskan waktu seorang diri dengan melakukan berbagai aktivitas positif seperti berjalan di alam, membaca buku, atau makan sendirian sebagai salah satu cara untuk merenung tanpa gangguan dari luar.

Lakukan kegiatan tersebut secara berkala sampai Anda terbiasa menghabiskan waktu seorang diri dan mampu berkontemplasi atas diri sendiri serta hal-hal penting dalam hidup Anda.

3. Menulis jurnal

Terakhir yakni cobalah menulis sesuatu yang ekspresif seperti menulis jurnal untuk memahami lebih dalam tentang perasaan Anda.

Sobat BFI, demikian pembahasan terkait Kenali Kepribadian Ekstrovert, Ini Ciri dan Fakta Menarik Lainnya! Setiap individu pada dasarnya terlahir dengan kepribadian yang unik. Terusalah menjadi diri sendiri dan jangan berhenti untuk  terus belajar dan saling menghormati satu sama lain, tanpa menghakimi.

Dapatkan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan dengan Pinjaman Jaminan BPKB Kendaraan Bermotor atau Sertifikat Rumah hanya di BFI Finance!

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum