Artikel

Jangan Pusing di Tanggal Tua, Ikuti 6 Tips Ini Agar Bisa Survive!

2022-09-21 00:00:00 232
Jangan Pusing di Tanggal Tua, Ikuti 6 Tips Ini Agar Bisa Survive!

Tanggal tua merupakan momok yang menakutkan bagi Anda yang sudah bekerja. Kondisi ini menggambarkan di saat kondisi keuangan sudah mulai menipis karena sudah banyak diambil sebelum tanggal gajian, atau identik juga dengan akhir bulan, karena umumnya para pekerja menerima gaji pada saat awal bulan. Dalam beberapa kasus, penghasilan yang diterimanya menipis sebelum akhir bulan dikarenakan digunakan untuk membiayai kehidupan pokok, membayar cicilan, atau ada juga yang menyiapkan sebagai dana darurat.

Sebenarnya, kondisi ini tidak akan terjadi jika Anda bisa mengatur cashflow keuangan Anda dengan cermat. Simak strategi berikut ini agar Anda bisa survive menjelang tanggal tua.

 

Penyebab Umum Terjadinya Tanggal Tua

Umumnya tiga hal ini menjadi penyebab utama kejadian yang tidak diinginkan saat tanggal tua. Siasati dengan berbagai hal agar Anda dapat hidup “normal” saat tanggal tua.

1. Untuk Membayar Cicilan

Penyebab umum pertama terjadinya tanggal tua adalah penghasilan yang kita terima setiap bulan digunakan untuk membayar cicilan. Entah itu cicilan kartu kredit, KPR, pinjaman online, dan jenis cicilan lainnya. Sebenarnya, dengan berhutang Anda sudah berkomitmen dan siap dengan segala kondisi yang akan datang, termasuk masalah keuangan di tanggal tua ini. Sehingga, mengatur perencanaan keuangan yang matang adalah hal yang wajib untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan di tanggal tua. Selain itu, agar dapat menikmati hidup normal di tanggal tua, upayakan untuk tidak memiliki rasio hutang atau cicilan lebih dari 30% dari penghasilan per bulan Anda.

2. Kalap Belanja di Awal Bulan atau Tanggal Muda

Keinginan untuk membeli aset atau hal-hal baru yang belum dimiliki adalah wajar. Apalagi saat awal bulan atau tanggal muda. Kontrol pengeluaran Anda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Sekali-kali, melakukan self-reward diawal bulan sangat dianjurkan, namun jangan sampai kebablasan ya!

3. Penghasilan yang Diterima tidak Sebanding dengan Beban yang Ditanggung

Penyebab umum terakhir terjadinya tanggal tua adalah penghasilan yang diterimanya tidak sebanding dengan kewajiban dan kebutuhan yang dikeluarkan. Misalnya jika Anda single income dalam keluarga Anda, sehingga Anda harus membiayai seluruh kebutuhan keluarga dengan sendiri. Dalam kasus ini, Anda harus dapat membuat rincian pengeluaran secara terperinci dan hati-hati agar setiap pos pengeluaran tidak membengkak. Selain itu, ada baiknya jika Anda mencari penghasilan tambahan misalnya dari bisnis sampingan yang berawal dari hobi Anda.

 

Cara menghadapi tanggal tua

Cara Menghadapi Tanggal Tua. Image Source: Unsplash/Katt Yukawa

Tips Agar Dapat Hidup “Normal” Saat Tanggal Tua

Ikuti keenam tips berikut ini agar Anda dapat survive di tanggal tua.

1. Sisihkan Penghasilan Dari Awal Bulan

Setelah menerima pemasukan di awal bulan, sisihkan dan pikirkan untuk kebutuhan-kebutuhan utama agar Anda bisa bertahan hingga akhir bulan. Misalnya, untuk tempat tinggal, transportasi, tabungan, dan dana darurat. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki perencanaan keuangan yang matang dan membantu agar pengeluaran Anda terkontrol setiap bulannya.  

2. Hemat Pulsa dan Internet

Pulsa dan Internet merupakan keperluan sehari-hari, dan tanpa Anda sadari, hal ini turut berpengaruh terhadap pengeluaran Anda. Terutama jika kuota internet Anda seringkali habis sebelum akhir bulan. Anda harus cermat ketika menggunakan internet. Contohnya, dengan memanfaatkan fasilitas wifi di kantor atau tempat-tempat umum. Jangan terlalu sering streaming video, karena hal ini memakan kuota yang cukup besar. Anda juga bisa mematikan paket data Anda ketika tidak sedang digunakan. 

3. Sesuaikan Gaya Hidup

Menyesuaikan gaya hidup juga salah satu hal utama yang harus diutamakan agar keuangan Anda tidak terganggu di saat tanggal tua. Contohnya, hangout atau belanja impulsif yang tentu saja akan memperbesar pengeluaran Anda. Anda harus membuat skala prioritas dan mengurangi gaya hidup yang bersifat hedonisme agar Anda bisa bertahan hingga saatnya Anda gajian. 

4. Kurangi Jajan dan Bawa Bekal Makanan Sendiri

Membawa bekal makanan sendiri ke kantor adalah tips mudah yang dapat Anda jalankan ketika tanggal tua tiba. Memasak atau menyiapkan bekal makanan sendiri dapat memangkas biaya makan siang Anda. Anda dapat menghemat Rp 30.000 per harinya jika tidak membeli makanan dari luar. Selain berhemat, kehigienisan makanan Anda lebih terjamin. Selain membawa bekal makanan sendiri ke kantor, Anda juga dapat mengurangi jajan seperti kopi dan makanan ringan lainnya.

5. Manfaatkan Promo yang Ada

Tips kelima untuk menyiasati “kekeringan” di tanggal tua adalah dengan memanfaatkan promo untuk membeli keperluan membeli makanan atau transportasi. Biasanya, banyak merchant atau e-commerce yang memberikan diskon promo di tanggal tua. Dengan memanfaatkan diskon tersebut, Anda dapat menghemat kurang lebih 20% - 30% dari pengeluaran harian Anda. Untuk mendapatkan promo, Anda harus rajin untuk mencari informasi tersebut ya!

6. Jangan Bergantung pada Satu Jenis Pemasukan

Ada baiknya jika Anda tidak hanya mengandalkan gaji sebagai pemasukan utama, tetapi juga memiliki bisnis atau pemasukan sampingan. Jika Anda memiliki keahlian atau hobi, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai pekerjaan sampingan, contohnya pengajar, barista, desain, fotografi, menjajal bisnis thrift shop, dan lain sebagainya.

Nah, itulah keenam tips dalam menyiasati tanggal tua agar tidak menjadi momok yang menyeramkan. Semakin dewasa, tentunya kita harus paham untuk membuat prioritas dalam mengatur kondisi keuangan masing-masing. Semoga tips di atas bisa membantu Anda agar bisa bertahan sebelum dan sesudah tanggal tua, ya.

Sumber: