Gaya Hidup

11 Inspirasi Warna Cat Rumah dan Tips Memilih Warna Cat yang Tepat

Admin BFI
28 November 2022
8050
11 Inspirasi Warna Cat Rumah dan Tips Memilih Warna Cat yang Tepat

Pemilihan warna cat rumah adalah salah satu hal krusial dalam desain interior. Sebab, warna yang dipilih mampu menciptakan atmosfir tertentu bagi pemilik rumah maupun siapa saja yang melihat ataupun berada di dalamnya.

Nah, bagi Anda yang tengah mencari inspirasi warna cat rumah terbaru, beberapa warna berikut ini bisa jadi pilihannya. Yuk, langsung saja kita bahas satu persatu kesebelas warna yang ada.

 

Inspirasi Warna Cat Rumah

1. Putih

Warna cat putih bisa dibilang menjadi inspirasi warna cat rumah terpopuler. Khususnya saat gaya minimalis kian digandrungi banyak orang. Warna ini mampu menyampaikan citra minimalis dengan sangat baik karena warna yang ada punya kesan bersih, sederhana, dan membuat ruangan yang dilapisi cat putih terasa lebih lapang dan besar.

Meskipun tidak sedikit orang yang cenderung menghindari warna putih karena dianggap mudah kotor dan butuh perawatan yang lebih, namun warna yang satu ini tetap menjadi salah satu warna terbaik yang bisa dikombinasikan dengan warna lainnya.

Selain menciptakan kesan minimalis dan luas, warna putih juga bisa membuat ruangan yang ada terasa lebih nyaman dan hangat bila dipadukan dengan dekorasi alami seperti kayu ringan, rotan, tanaman, ataupun tone warna lembut lainnya seperti coklat atau kuning kecoklatan.

2. Krem

Inspirasi Warna Cat Rumah

Image Source: Pexels/Emre Can Acer

Selain warna putih, warna krem juga menjadi inspirasi warna cat rumah berikutnya yang mampu memberikan kesan lega dan membuat hunian Anda lebih mudah untuk ditata.

Bahkan, warna yang satu ini memiliki efek timeless (tak lekang oleh waktu) yang menjadikannya tetap menjadi tren cat warna terpopuler dari tahun ke tahun.

Warna krem bisa dipilih untuk mengecat ruangan apa saja. Seperti ruang keluarga, kamar tidur, ruang makan, sampai dengan kamar mandi! Pada ruang keluarga, warna krem yang ada akan membuat nuansa ruangan menjadi lega dan elegan.

Beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar warna krem yang ada tidak terkesan monoton yaitu:

  • Memadukan warna krem dengan furnitur yang memiliki unsur kayu

  • Dipadukan dengan warna hitam dan putih

  • Beri sentuhan alami seperti menaruh pot tanaman pada spot tertentu 

3. Biru

Desain interior berwarna biru bisa membuat ruangan yang ada memiliki kesan tenang, lembut, dan nyaman dipandang. Warna ini juga banyak dipercaya memiliki kesan teduh dan menenangkan saat suasana hati sedang tidak baik-baik saja, seperti halnya saat kita menatap langit biru di angkasa. Tak heran jika warna biru bisa dinominasikan sebagai inspirasi warna cat rumah ketiga.

Ingin membuat hunian Anda terkesan segar namun tetap terasa hangat? Anda bisa mengkombinasikan warna biru dengan warna coklat, krem atau pun abu-abu.

Penggunaan warna biru pada dinding hunian juga bisa menampilkan kesan glamour, lho! Caranya yaitu dengan menambah aksen perak atau mengkombinasikan warna biru dengan ungu.

4. Hijau 

Sebagaimana dengan inspirasi warna cat rumah sebelumnya, warna hijau juga banyak digemari orang-orang karena memiliki kesan natural dan sejuk untuk dipandang. Warna ini dinilai mampu memberikan kesegaran pada mata dan membuat mood siapa saja yang ada di dalamnya menjadi lebih baik.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan warna yang satu ini, beberapa tips berikut ini bisa jadi preferensi yang bagus untuk diikuti:

  • Gunakan warna hijau gelap (dark green) pada ruang tamu untuk menonjolkan kesan modern, nyaman, dan luas.

  • Gunakan warna hijau yang tidak terlalu mencolok untuk memberikan sentuhan nyaman dan tenang pada kamar tidur Anda. Misalnya warna hijau hutan (jungle green) dan hijau pudar (soft/celadon). 

  • Sedangkan untuk dapur, Anda bisa mengkombinasikan warna hijau yang ada dengan perabotan antik atau yang memiliki unsur kayu. Hal ini mampu membuat dapur menjadi lebih hidup, klasik, elegan, dan tentunya segar.

Konon, penggunaan warna hijau pada dapur mampu membuat aktivitas memasak menjadi lebih semangat dan menyenangkan.

5. Ungu

Ingin punya ruangan yang bernuansa mewah dan elegan? Warna ungu bisa jadi pilihan Anda! Warna ungu adalah warna yang membawa interferensi dua warna kuat yaitu warna merah dan biru. Kedua warna ini dinilai mampu menggerakan emosi manusia dan memiliki beragam arti yang lekat dengan budaya.

Seperti halnya dua warna tersebut, warna ungu juga memiliki makna yang sangat beragam. Misalnya di Asia, warna ungu dikenal dengan warna kemakmuran, kebangsawanan, dan tak sedikit juga yang mengartikan warna ungu sebagai pertanda buruk.

Manakala dalam budaya barat, warna ungu lebih dikenal dengan warna yang memiliki nuansa mistis dan spiritual. Sebagaimana warna ungu yang identik dalam perayaan Halloween serta ilmu sihir.

Terlepas dari kepercayaan tersebut, warna ungu bisa menjadikan interior hunian Anda lebih menarik. Seperti memadukan warna ungu dengan inspirasi warna cat rumah lainnya seperti putih dan diberi sedikit aksen perak pada furnitur atau bagian tertentu pada dekorasi rumah Anda. Di samping itu, penggunaan warna ungu juga bisa membuat ruangan yang ada memiliki gaya kontemporer dan semi industrialis. 

 

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Interior Apik untuk Renovasi Rumah

 

6. Kuning

Warna interior selanjutnya yang menjadi tren sekaligus inspirasi warna cat rumah di tahun ini yaitu warna kuning! Meskipun terkesan mencolok, pengaplikasian warna kuning pada hunian dapat memancarkan efek yang positif terhadap psikologis seseorang. Seperti perasaan bahagia, percaya diri, serta optimisme.

Agar warna kuning yang digunakan tidak terasa monoton dan nampak modern, beberapa kombinasi warna kuning di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan:

  • Warna Kuning Mustard dan Warna Hijau Tosca

  • Warna Kuning dan Warna Putih dengan Sentuhan Furnitur Kayu

  • Warna Kuning dan Pink Soft

  • Warna Kuning dan Merah

  • Warna Kuning dan Coklat di Ruang Keluarga Untuk Sentuhan Hangat dan Nyaman

  • Warna Kuning dan Abu-Abu

  • Warna Kuning dan Hijau Pastel Untuk Kesan Tenang dan Terang Pada Kamar Tidur

7. Orange

Ingin membuat ruangan dalam hunian Anda nampak segar? Bagaimana kalau memilih warna orange?

Warna orange sebagai inspirasi warna cat rumah dipercaya mampu menghadirkan keceriaan dan meningkatkan selera makan. Misalnya kombinasi warna cat orange dan putih yang disempurnakan dengan elemen kayu pada lantai. Kombinasi tersebut dapat menciptakan ruangan yang ceria, bersih, dan terbuka.

Warna ini akan sangat cocok bagi Anda yang ingin mengusung tema earthy tone ataupun bergaya minimalis dengan menambahkan sentuhan keceriaan dari warna orange yang hadir di dalamnya.

8. Hitam

Inspirasi Warna Cat Rumah

Image Source: Pexels/Hermanth Nirujogi

Meskipun sulit dipercaya bahkan terdengarnya agak ekstrim, warna hitam merupakan salah satu inspirasi warna cat rumah yang bisa Anda pilih. Pasalnya, jika warna yang satu ini dikombinasikan dengan warna lainnya, ruangan yang ada akan terkesan lebih hidup dan elegan.

Tipsnya yaitu mempertimbangkan terlebih dahulu bagian mana yang akan dicat. Dengan begitu pengaplikasian warna hitam pada hunian Anda dapat memberikan kesan elegan dan nyaman untuk dipandang.

Pemilihan jenis cat hitam juga sama pentingnya. Misalnya penggunaan cat hitam pada ruangan dengan mobilitas tinggi seperti dapur. Tentu akan lebih baik jika Anda memilih cat hitam jenis satin ketimbang cat hitam matte. Ini dikarenakan cat berbahan satin lebih tahan lama apalagi jika terkena udara panas yang dihasilkan dari alat masak Anda. 

9. Merah

Warna merah dikenal dengan warna yang berani, perlambang semangat, dan pembawa keberuntungan. Di Asia, warna yang satu ini sangatlah populer dan dipercaya sebagai warna yang mampu menarik perhatian serta menunjukan power seseorang.

Penggunaan warna merah sebagai inspirasi warna cat rumah dapat menjadikan atmosfer ruangan terasa lebih intim, menciptakan nuansa romantis, dan mewah. Warna ini juga cocok untuk dijadikan sebagai titik fokus salah satu bagian di rumah.

Misalnya untuk ruang makan keluarga, warna ini akan memberikan rasa hangat dan kenyamanan. Untuk ruang gym atau olahraga, warna merah mampu menyalakan api semangat dan energi positif.

Beberapa warna merah yang cukup populer dan banyak dikombinasikan dengan warna lainnya yaitu merah tua, merah maroon, dan merah cabai. Pastikan untuk memadu padankan warna yang satu ini dengan warna lainnya yang lebih cerah atau kontras agar ruangan yang ada terasa lebih hidup.

10. Abu-Abu

Dewasa ini, warna abu-abu menjadi salah satu warna yang tengah naik daun khususnya untuk inspirasi warna cat rumah. Sebab, warna yang satu ini punya kesan minimalis, netral, serta fleksibel untuk dikombinasikan dengan warna lainnya. Warna abu-abu juga kerap kali dipilih untuk membuat suatu ruangan terkesan lega atau luas.

Beberapa jenis warna abu-abu yang cocok untuk Anda pilih dan bisa dikreasikan dengan warna lain yaitu abu tua dan abu muda. Nah, untuk kombinasi ala rumah minimalis, Anda bisa menggunakan campuran warna seperti berikut ini.

  • Abu-Abu dan Putih

  • Abu-Abu dan Merah

  • Abu-Abu dan Biru

  • Abu-Abu dan Peach

  • Abu-Abu dan Kuning

  • Abu-Abu dan Hijau

  • Abu-Abu dan Coklat

  • Abu-Abu dan Ungu

11. Pink 

Inspirasi warna cat rumah yang terakhir yaitu warna pink. Siapa yang tidak kenal dengan warna yang memiliki kesan feminim berikut ini? Pink atau merah muda merupakan warna cat yang tengah menjadi tren di 2022.

Berbagai pilihan warna pink yang bisa Anda pilih antara lain pink salem, dusty pink, pink ground, peignoir (campuran antara warna pink dengan abu-abu), sulking pink.

 

Baca Juga: Mau Beli Rumah? Pahami Dulu Kategori dan 7 Tipe Rumah Di Sini!

 

Tips Memilih Warna Cat Rumah

Memilih warna cat rumah tidak bisa dilakukan secara sembarang. Selain untuk mempertimbangkan nilai estetika yang ada, warna yang nantinya Anda pilih banyak sedikit akan mempengaruhi suasana hati orang yang melihat atau berada di dalamnya.

Jadi, penting untuk Anda mempertimbangkan beberapa aspek penting berikut ini agar warna yang dipilih sesuai dengan ekspektasi serta bisa menghemat budget yang ada.

1. Pilih Warna Berdasarkan Karakter dan Mood

Tips pertama yang perlu Anda pertimbangkan terkait pemilihan warna cat rumah yaitu memilih warna berdasarkan karakter dan mood.

Suasana hati seseorang dapat dengan mudah terpengaruh oleh warna yang Ia lihat. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan warna cat yang dipilih.

Misalnya Anda adalah seseorang yang memiliki karakter ceria, senang mengeksplor hal baru, namun tetap senang dengan sesuatu yang sederhana, pemilihan warna kuning dengan perpaduan putih dan furnitur kayu akan sangat pas buat Anda.

2. Kenali Warna Terbaik Untuk Setiap Ruangan

Setiap warna cat yang ada sejatinya memang bisa diaplikasikan ke semua ruangan. Akan tetapi, ada baiknya warna yang Anda pilih bisa disesuaikan dengan fungsi ruangan tersebut.

Seperti halnya warna kalem dan lembut yang akan lebih cocok untuk kamar tidur. Warna ini akan menciptakan kesan tenang dan nyaman yang membuat Anda bisa lebih rileks dan tidur dengan pulas.

3. Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Warna cat yang Anda pilih punya andil besar dalam memberikan kesan terhadap hunian Anda. Salah pilih cat akan membuat ruangan yang ada terasa sempit, pengap, bahkan membuat siapa saja menjadi tidak nyaman saat berada di dalamnya.

Jadi, pastikan memilih warna sesuai dengan pencahayaan yang masuk ke dalam hunian Anda. Anda dapat berkonsultasi terkait ini ke tukang cat ataupun pemilik toko bangunan. 

4. Gunakan Bantuan Cakram Warna

Tips berikutnya yaitu menggunakan bantuan cakram warna untuk memadukan warna yang sesuai dengan ruangan Anda. Selain itu, hal ini juga akan memudahkan Anda untuk memilih warna idaman saat dilanda kebingungan dari banyaknya warna yang ada.

Cara menggunakannya yaitu dengan memilih warna yang saling berlawanan atau warna yang membentuk 90 derajat. Nantinya, warna-warna tersebut akan senantiasa menciptakan warna yang harmonis dan selaras.

5. Gunakan Aturan 60-30-10

Selain mempertimbangkan inspirasi warna cat rumah yang dipilih dan pencahayaan ruangan, Anda juga perlu mempertimbangkan proporsi cat yang akan diaplikasikan ke hunian Anda.

Untuk caranya sendiri cukuplah mudah, yakni dengan menerapkan aturan 60-30-10. 60% untuk warna ruangan tembok, 30% untuk warna furnitur seperti sofa, meja, kursi, dan 10% untuk dekorasi lainnya.

Bicara mengenai renovasi rumah seperti pengecatan ulang, tentunya biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Nah, bagi Anda yang ingin merenovasi namun terhalang dengan budget yang pas-pasan, Anda bisa mengajukan pembiayaan melalui BFI Finance!

Dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor atau sertifikat rumah, Anda dapat memperoleh pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan. Adapun keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan antara lain sebagai berikut.

Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Pencairan dana hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Pinjaman dana dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% dengan tenor panjang hingga 7 tahun.

Sobat BFI, itulah informasi mengenai 11 Inspirasi Warna Cat Rumah dan Tips Memilih Warna Cat yang Tepat. Warna mana yang paling Anda sukai? Apapun pilihan warnanya, pastikan untuk memilih cat yang berkualitas dan aman untuk kesehatan Anda, ya! 

Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di BFI Blog. Artikel terbaru setiap Senin-Jumat!

Kategori : Gaya Hidup