Bisnis

Bisa Dicoba, Ini Dia 23 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000!

Admin BFI
27 February 2023
19626
Bisa Dicoba, Ini Dia 23 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000!

Usaha makanan ringan serba 1000 bisa jadi peluang usaha menguntungkan di bidang kuliner yang dapat Anda coba!

Meskipun usaha yang satu ini terbilang receh karena harganya yang murah meriah, namun nyatanya hal tersebut dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen, loh!

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memiliki usaha sendiri dengan modal minim, Tim BFI Finance telah berhasil merangkum berbagai ide usaha makanan ringan serba 1000 yang bisa Anda coba. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut ini.

 

23 Ide Usaha Makanan Ringan Serba 1000

Makanan ringan sangat cocok untuk dijadikan pilihan cemilan untuk menemani aktivitas santai seperti menonton tv, drama korea, bermain video game, dan lain sebagainya.

Lantaran harganya yang murah dan sangat terjangkau, makanan ringan dengan harga 1000 rupiah tidak akan sulit untuk Anda jual. Begitu pun juga dengan ide usahanya yang sangat beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan minat, segmentasi pasar, serta modal yang Anda miliki.

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, berikut ini 23 ide usaha makanan ringan serba 1000 rupiah yang bisa Anda jadikan usaha sampingan.

1. Kacang Telur

Ide usaha makanan ringan serba 1000 yang pertama adalah kacang telur. Punya cita rasa yang khas, renyah, dan cenderung manis, membuat kacang tanah yang dilapisi adonan tepung ini banyak disukai orang-orang. Kacang telur yang paling disukai orang-orang umumnya yang memiliki tekstur halus pada bagian luar.

2. Tahu Crispy

Siapa yang tidak kenal dengan tahu crispy? Makanan yang terbuat dari bahan dasar tahu dan dipadukan dengan tepung lalu digoreng hingga crispy ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak dan harganya yang sangat terjangkau. Tahu yang menjadi bahan baku utama dari pembuatannya sangat mudah untuk Anda temui di warung sayuran maupun pasar.

 

Baca Juga: Untung Penjualan Tinggi dari Usaha Tahu Crispy

 

3. Jajanan Kue Tradisional

Kue tradisional masih jadi primadona bagi kebanyakan orang. Tak ayal, kudapan yang satu ini memiliki segmen pasar yang luas, mulai dari anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Pilihannya yang sangat beragam serta harganya yang murah membuat jajanan kue tradisional kerap kali dijadikan pilihan kudapan di berbagai acara penting. 

 

Baca Juga: 8 Tips Sukses Memulai Usaha Jajanan Pasar Tradisional. Pasti Untung!

 

4. Keripik Kentang

Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai jenis camilan enak dan renyah, termasuk diantaranya keripik kentang! Anda bisa membuat keripik kentang dengan pilihan rasa yang beragam, seperti rasa pedas, manis, asin, dan lain sebagainya.

5. Keripik Pisang

Selain kentang, olahan makanan berbahan dasar pisang berikut ini tidak kalah ramai diminati oleh masyarakat. Keripik pisang yang beredar di pasaran umumnya memiliki citarasa asin gurih atau manis.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 15 Ide Usaha Korean Street Food Modal Kecil!

 

6. Keripik Singkong

Selain keripik kentang dan pisang, jenis usaha makanan ringan serba 1000 lainnya yang berbentuk keripik adalah keripik singkong. Terbuat dari bahan dasar singkong yang dipotong tipis dan digoreng hingga crispy, makanan satu ini tidak pernah sepi peminat dari masa ke masa.

7. Mie Lidi

Mie lidi, salah satu jajanan SD yang masih ramai peminatnya. Mie lidi yang beredar di pasaran umumnya memiliki warna kuning atau merah sesuai dengan bumbu atau rasa yang dipilih. Cara membuatnya pun terbilang mudah. Anda hanya membutuhkan telur, tepung terigu, tepung sagu, penyedap rasa, baking powder, dan air untuk melarutkan bahan yang ada.

Jika Anda merasa kerepotan untuk membuatnya, Anda bisa menjadi reseller resmi dari supplier terpercaya. Yang terpenting, pastikan barang yang Anda pilih memiliki citarasa yang sesuai dengan harga yang miring, sehingga tidak hanya konsumen yang merasa senang dan puas, namun juga Anda bisa mendapatkan untung dari setiap penjualan yang ada.

 

Baca Juga: 7 Tips Menjadi Reseller Pemula Yang Wajib Diketahui

 

8. Basreng

Basreng atau bakso goreng adalah snack murah dengan rasa enak yang memiliki segmen pasar cukup luas. Basreng umumnya dibuat setipis mungkin untuk menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.

9. Kerupuk Seblak

Seperti halnya dengan seblak yang berasal dari daerah Jawa Barat dan menjadi terkenal di berbagai penjuru daerah, makanan yang satu ini sama populernya. Yang menjadi pembeda antara keduanya adalah tekstur yang disajikan, dimana kerupuk seblak berbentuk kering dan renyah, tidak seperti seblak yang cenderung basah dan lembek.

10. Makaroni

Hadir dengan berbagai varian mulai dari asin, pedas, dan manis, makaroni menjadi salah satu ide usaha makanan ringan serba seribu yang masih tetap eksis sampai saat ini. Anda bisa menjual makaroni dengan pilihan rasa yang beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli (by request).

11. Stik Keju

Stik keju adalah makanan ringan yang terbuat dari tepung terigu, maizena, dan keju sebagai bahan dasarnya. Camilan ini bisa menjadi usaha makanan ringan serba 1000 yang tidak boleh Anda lewatkan.

12. Rempeyek

Rempeyek adalah makanan ringan khas Yogyakarta, Jawa Tengah yang bisa Anda pilih sebagai usaha makanan ringan serba 1000. Aneka rempeyek yang beredar di pasaran umumnya terbuat dari campuran udang, kacang hijau, kacang tanah, sampai dengan ikan teri.

13. Puding / Agar-agar

Ingin menjual sesuatu yang kenyal dan segar? Puding atau agar-agar bisa jadi pilihannya! Memulai usaha yang satu ini terbilang mudah dan bisa dimulai dengan modal yang relatif minim. 

 

Baca Juga: Kumpulan Ide Usaha Kecil-Kecilan yang Bisa Dijalankan di Mana Saja

 

14. Otak-Otak

Selalu laku keras dan banyak diburu oleh orang-orang, camilan yang satu ini cara membuatnya cukup sederhana dengan bahan-bahan yang mudah untuk ditemui di mana saja. Antara lain yaitu otak-otak instan, bumbu penyedap makanan dengan rasa asin, manis, pedas, atau varian rasa lainnya. Anda juga dapat mengkombinasikan varian rasa lainnya yang banyak disukai orang-orang, seperti barbeque, balado, dan bawang putih.

 

Baca Juga: 21 Ide Usaha Modal 1 Juta, Menarik dan Menguntungkan!

 

15. Molen

Camilan yang dibuat dengan cara digoreng memang banyak disukai orang-orang. Tak terkecuali molen yang umumnya diberi isian seperti pisang, nanas, nangka, bahkan selai. Anda bisa mengkreasikan molen yang ada sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki.

16. Pukis 

Kue pukis yang bercita rasa manis dan hangat banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan sore hari ditemani secangkir teh hangat.

17. Pentol

Mirip seperti baso namun dengan komposisi daging yang lebih sedikit, pentol banyak disukai orang-orang terutama anak sekolahan. Anda bisa memilih pentol sebagai salah satu ide usaha makanan ringan serba 1000.

 

Baca Juga: 16 Ide Jajanan Kekinian Untuk Jualan, Tertarik Untuk Mencoba?

 

18. Serabi

Selain seblak, makanan khas Jawa Barat berikutnya yang tidak kalah menarik dan nikmat adalah serabi! Untuk menarik minat konsumen lebih banyak sekaligus menjadi unique selling point usaha Anda, Anda bisa mengkreasikan serabi yang dibuat dengan topping yang lebih variatif namun tetap menekan budget yang ada.

19. Leker

Berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti ‘enak’, makanan yang umumnya bercita rasa manis ini bisa jadi ide usaha makanan ringan serba 1000 yang menjanjikan! Isian leker yang dapat Anda pilih antara lain yaitu buah-buahan seperti pisang atau leker gurih yang dipadukan dengan sosis.

20. Pisang Lumer

Manis, renyah, dengan isiannya yang lumer membuat usaha makanan ringan serba 1000 berikut ini memiliki segmen pasar yang boleh dikatakan lumayan luas. Selain itu bahan untuk membuatnya bisa dengan mudah Anda temui di berbagai tempat, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya.

21. Gorengan

usaha makanan ringan serba 1000

Ilustrasi Usaha Gorengan | Image Source: Freepik/odua

Siapa yang tidak kenal dengan gorengan? Rasanya hampir seluruh masyarakat kita menyukai makanan yang satu ini. Gorengan punya banyak jenis varian yang bisa dipilih. Mulai dari yang bercita rasa gurih cenderung asin, manis, sampai dengan gorengan yang cenderung pedas.

 

Baca Juga: 8 Tips Memulai Usaha Gorengan beserta Rincian Modalnya

 

22. Telur Gulung

Selain mie lidi, jajanan yang terbuat dari dari bahan utama telur ini masih sangat populer dan diminati oleh orang-orang. Selain telur, umumnya para penjual memadukannya dengan sosis atau bahan lainnya supaya lebih menarik konsumen.

23. Pisang Nugget

Pisang nugget adalah camilan yang terbuat dari pisang dan dilumuri dengan tepung roti. Agar tampilannya bisa terlihat lebih menarik, Anda bisa memvariasikannya dengan berbagai macam topping kekinian.

Bagaimana Sobat BFI? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu usaha makanan ringan serba 1000 di atas?

Manfaatkan peluang usaha yang ada, dapatkan pinjaman modal cepat dengan pinjaman jaminan BPKB motor! Proses mudah dan aman, dapatkan pinjaman hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap.

Temukan informasi pinjaman lainnya di tautan berikut.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Informasi Pengajuan Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Sobat BFI, demikian informasi mengenai 23 ide usaha makanan ringan serba 1000. Mudah-mudahan bisa menginspirasi para pembaca sekalian untuk mewujudkan impian memiliki usaha sendiri. Kunci kesuksesan dalam berbisnis selain terpenuhinya modal adalah sikap pantang menyerah dan konsisten. Tetap semangat dan selalu belajar untuk lebih baik lagi. Salam bisnis!

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis