Informasi Umum

14 Ide Kado Pernikahan dan Tips Memilih Kado yang Tepat

Admin BFI
20 February 2023
151663
14 Ide Kado Pernikahan dan Tips Memilih Kado yang Tepat

Pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan menjadi momen haru penuh bahagia. Sebagai tamu undangan, tentunya kita ingin memberikan ucapan selamat dan dukungan atas kebahagiaan kedua mempelai pengantin lewat kado pernikahan.

Kado pernikahan merupakan simbol doa, harapan, dan bentuk dukungan bagi kedua mempelai dalam menjalani kehidupan baru bersama pasangan. Selain itu, adanya pemberian hadiah turut menjaga tali silaturahmi antar kedua belah pihak dan mampu mempererat kedekatan yang ada.

Meskipun begitu, ada kalanya kita merasa kebingungan untuk memilih hadiah apa yang kiranya pas untuk dijadikan kado pernikahan. Nah, bagi Anda yang tengah berada di posisi ini, Anda tidak perlu khawatir karena Tim BFI Finance punya tips dan ide kado menarik yang bisa membantu Anda memilih hadiah yang tepat. Yuk, simak selengkapnya di artikel berikut!

 

1. 7 Tips Memilih Kado Pernikahan

Sebelum membeli kado pernikahan, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini supaya Anda tidak salah pilih dalam memilih kado yang sesuai.

1.1. Tentukan Anggaran

Tahukah Anda jika besaran anggaran yang ingin Anda habiskan untuk sebuah hadiah mampu mempersempit pilihan kado pernikahan yang akan dipilih? Dengan menentukan anggaran kado di awal, Anda akan lebih mudah untuk memilih hadiah yang ingin diberikan. 

1.2. Pilih Hadiah Sesuai Minat Pengantin

Tips memilih kado pernikahan yang kedua adalah memberikan hadiah sesuai minat, hobi, atau kesukaan pengantin.

Misalnya mereka suka travelling, maka hadiah seperti voucher liburan, voucher hotel, maupun transportasi akan sangat cocok untuk dipilih. Jika mereka gemar memasak, Anda bisa memberikan peralatan dapur atau buku memasak.

Intinya, sesuaikan hadiah yang ada dengan minat atau hobi pasangan. Selain berkesan, dengan memberikan hadiah sesuai minat pengantin, hadiah tersebut cenderung dikenang untuk waktu yang lama.

Jika Anda masih merasa kebingungan untuk memilih hadiahnya, jangan sungkan untuk bertanya secara langsung.

1.3. Pilih Benda yang Berguna dan Bermanfaat

Sudah bukan rahasia lagi jika kehidupan pernikahan yang baru akan membutuhkan banyak benda untuk menunjang kebutuhan rumah tangga. Oleh karenanya, pilihlah hadiah yang dapat digunakan bagi kedua pasangan di masa depan.

Beberapa contoh pilihan benda yang berguna dan bermanfaat:

  • Peralatan masak

  • Peralatan bersih-bersih

  • Perabotan rumah tangga

  • Peralatan olahraga

1.4. Memberikan Bantuan Jasa

Kado pernikahan dapat berwujud apa saja. Salah satunya yakni berupa bantuan jasa. Adanya bantuan ini akan sangat berarti bagi mereka karena mampu meringankan beban pikiran dan tenaga.

Anda bisa menawarkan bantuan jasa berupa persiapan pernikahan ataupun mengurus acara pernikahan sampai selesai. Apapun itu bantuannya, kedua mempelai pasti akan sangat berterima kasih kepada Anda.

1.5. Pilih Kado Unik dan Anti Mainstream

Untuk menambah kesan yang berbeda dan tidak biasa, Anda bisa memilih kado pernikahan yang unik dan antimainstream. Namun, pastikan hadiah yang Anda pilih masih berkaitan dengan minat dan kepribadian kedua mempelai pengantin, ya!

1.6. Pertimbangkan Untuk Urunan Bersama

Memberikan kado pernikahan boleh dikatakan butuh banyak biaya. Khususnya jika Anda ingin memberikan hadiah yang berguna bagi kehidupan rumah tangga kelak.

Agar tidak menjadi beban dan mampu meringankan pengeluaran, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan urunan dengan teman terdekat. Jangan lupa untuk menyertakan kartu ucapan sekaligus menyebutkan nama pemberi hadiah.

1.7. Pilih Kado Terbaik Setulus Hati

Tips yang terakhir dan tidak kalah penting adalah memilih hadiah terbaik menurut kata hati Anda. Hadiah yang diberikan setulus hati tentu akan lebih dihargai.

 

Baca Juga: Serba-Serbi Biaya Pernikahan Sederhana yang Perlu Disiapkan

 

2. 14 Ide Kado Pernikahan

Pernikahan adalah momen yang spesial bagi kedua mempelai wanita maupun pria. Saat orang terdekat kita melangsungkan pernikahan, tentunya kita mengharap yang terbaik untuk keduanya.

Selain doa, hadiah pernikahan menjadi sebuah tradisi yang umum diberikan kepada pengantin sebagai bentuk ucapan dan tanda selamat. Nah, bagi Anda yang membutuhkan inspirasi kado pernikahan yang bagus dan berkesan, 14 ide kado berikut ini bisa menjadi pilihannya!

kado pernikahan

Ilustrasi Kado Pernikahan | Image Source: Pexels/Karolina Grabowska 

2.1. Barang Elektronik

Barang elektronik adalah ide kado pernikahan yang sangat berguna untuk kehidupan rumah tangga yang baru. Pasalnya, teknologi terkini sudah banyak membantu pekerjaan rumah menjadi lebih mudah dan efektif. Misalnya air purifier, kompor, TV, kulkas mini, mesin cuci, dispenser, dan lain-lain.

2.2. Peralatan Bersih-Bersih

Selain barang elektronik, peralatan bersih-bersih pun tidak kalah pentingnya! Dengan memberikan kado pernikahan ini secara tidak langsung Anda dapat meringankan beban domestik keluarga baru. Beberapa benda yang bisa pilih antara lain yakni vacuum cleaner, sapu, kain pel.

2.3. Bed Cover atau Sprei

Bed cover atau sprei terbukti banyak dipilih sebagai kado pernikahan bagi banyak orang. Selain dapat dengan mudah untuk dicari, hadiah yang satu bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Yang terpenting, pastikan bed cover atau sprei yang Anda pilih memiliki bahan yang lembut, nyaman, dan sesuai dengan karakter penerima hadiah.

2.4. Logam Mulia atau Emas

Punya budget hadiah yang cukup memadai? Kado pernikahan berupa logam mulia atau emas bisa jadi pilihannya! Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki nilai cukup stabil dari tahun ke tahun. Selain itu, saat ini sudah tersedia emas yang bisa dibuat sesuai dengan keinginan kita (custom). Misalnya diberi tulisan atau ucapan tertentu.

2.5. Peralatan Makan dan Masak

Jika Anda mencari hadiah pernikahan yang bermanfaat dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, pertimbangkan untuk membeli peralatan makan dan masak, seperti 1 set alat makan, gelas, toples, panci, dan lain sebagainya.

Hadiah tersebut dapat membantu pengantin baru untuk menekan pengeluaran rumah tangga dan melengkapi kebutuhan rumah tangga. Pasangan yang mendapatkan hadiah ini tentunya akan sangat berterima kasih pada Anda.

2.6. Dekorasi Rumah

Pernikahan identik dengan tempat tinggal baru. Tidak ada salahnya untuk memberikan hadiah yang dapat mempercantik interior rumah. Anda bisa memilih jam dinding, tanaman hias, lukisan, vas bunga, daan ragam jenis dekorasi lainnya.

2.7. Wewangian dan Body Grooming

Wewangian dan body grooming kerap kali dipilih sebagai kado pernikahan karena mampu memberikan kesan yang mewah dan elegan. Wewangian juga memiliki banyak pilihan dan bisa Anda beli hampir di seluruh toko atau swalayan khususnya bagi pasangan yang menyukai wewangian. Beberapa pilihan wewangian yang dapat Anda pilih antara lain yaitu  Lilin aromatherapy, parfum, seperangkat peralatan mandi.

2.8. Tas atau Dompet

Tas dan dompet bisa jadi ide kado yang menarik untuk Anda pilih. Dua barang ini sangat berguna untuk digunakan sehari-hari atau pada kesempatan tertentu. Untuk harganya pun relatif murah dan bisa Anda dapatkan dengan mudah.

2.9. Barang Couple

Pertimbangkan untuk memberikan barang couple seperti baju, jam tangan, sandal, mug, perlengkapan sholat, dan lain sebagainya. Dengan memberikan barang couple kedua pasangan bisa menggunakan hadiah yang ada secara bersamaan, menambah kesan romantis dan kompak di antara keduanya.

 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia 8 Contoh Mahar Pernikahan Paling Unik dan Berkesan

 

2.10. Tiket Bulan Madu

Siapa yang tidak senang jika diberikan tiket liburan? Jika Anda memiliki rezeki lebih untuk dihadiahkan kepada kerabat atau orang terdekat, Anda bisa memilih tiket bulan madu sebagai kado pernikahan!

Namun, tanyakan terlebih dahulu tanggal yang sesuai dengan kedua pengantin. Hal ini dimaksudkan agar tiket yang akan dibeli tidak bentrok dengan jadwal yang ada.

2.11. Voucher

Selain tiket bulan madu, Anda juga bisa memberikan voucher yang dapat ditukar dengan potongan belanja, diskon makanan, dan lain sebagainya. Ide hadiah yang satu ini kerap kali dipilih karena selain mudah, pasangan yang menerimanya bisa lebih fleksibel untuk menggunakannya kapan saja.

2.12. Album Foto Kenangan

Foto album bisa menjadi ide kado pernikahan berikutnya yang tidak kalah memukau, terutama jika kado tersebut dipersembahkan untuk mereka yang memiliki kedekatan secara emosional. Seperti saudara kandung, sahabat, dan lainnya.

 

Baca Juga: Siap Berumah Tangga? Intip Estimasi Biaya Lamaran Sederhana Berikut

 

2.13. Furniture

Perabotan rumah tangga atau furniture bisa menjadi ide berikutnya yang Anda pilih. Pasalnya, pasangan yang baru menikah umumnya belum memiliki banyak furniture untuk tempat tinggal mereka yang baru.

2.14. Aset Investasi

Selain memberikan logam mulia dan emas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memberikan aset investasi berupa saham, obligasi, surat tanah, dan lain sebagainya. Selain berkesan, aset tersebut akan sangat berguna karena memiliki nilai yang cukup besar.

Sobat BFI, demikian pembahasan terkait kado pernikahan. Semoga dengan adanya artikel ini Anda bisa memilih hadiah terbaik untuk diberikan kepada kerabat, teman, saudara, atau siapapun itu yang Anda pedulikan. Pilihlah hadiah yang mampu menciptakan kenangan dan dapat digunakan untuk jangka waktu lama.

Jika Anda dan pasangan berencana untuk melangsungkan hubungan ke jenjang yang lebih serius namun terhalang oleh modal pernikahan, BFI Finance siap sedia membantu Anda! 

Anda bisa mengajukan pinjaman dana dengan jaminan BPKB mobil untuk biaya pernikahan yang lebih besar. Dapatkan berbagai keuntungan serta kemudahan dengan mengajukan pinjaman dana ke BFI Finance. Untuk informasi selengkapnya klik tautan berikut ini, ya!

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan terpercaya sejak tahun 1982. BFI Finance telah melayani dan membantu ribuan masyarakat untuk mewujudkan berbagai kebutuhan dan impian. Terverifikasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pinjam di BFI prosesnya cepat, aman, dan mudah. Tunggu apa lagi? Yuk, dapatkan pinjaman dana hingga 85% dari nilai aset yang dijaminkan jika persyaratan lengkap!

Temukan artikel bermanfaat lainnya hanya di BFI Blog. Artikel terbaru setiap Senin-Jumat!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum