Bisnis

Franchise Mixue: Harga, Syarat Lengkap, dan Cara Daftar

Admin BFI
9 February 2023
88292
Franchise Mixue: Harga, Syarat Lengkap, dan Cara Daftar

Siapa yang tidak kenal dengan Mixue? Kehadiran franchise Mixue cukup mudah ditemui di berbagai kota dan menarik perhatian banyak orang karena persebarannya yang cukup masif.

Mixue adalah salah satu brand minuman kekinian yang banyak digandrungi oleh masyarakat karena harganya yang terjangkau dan rasanya yang enak. 

Minuman ini berasal dari China yang dibuat oleh seorang mahasiswa bernama Zhang Hongchao yang terinspirasi dari tempat kerjanya dimana tempat tersebut menjual minuman dingin. Pada tahun 1997, bermodalkan pinjaman dana sebesar 4.000 yuan dari neneknya ia membuka kedai Mixue pertama. Selang 2 tahun, tepatnya di tahun 1999, ia resmi membuka kedai keduanya yang diberi nama Mixue Bingcheng.

Mixue pertama kali membuka gerai di Indonesia pada tahun 2020 tepatnya di daerah Cihampelas, Bandung. Hingga saat ini, Mixue telah berhasil membuka lebih dari 300 gerai dalam kurun waktu 2 tahun.

Nah, kira-kira berapa ya besaran biaya yang diperlukan dan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi untuk membuka franchise Mixue? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

 

1. Apakah Mixue Halal?

Dilansir dari laman resmi LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia) bernama halalmui.org, outlet Mixue dari PT ZHINSENG PACIFIC TRADING sedang dalam proses sertifikasi halal.

Meskipun belum mengantongi sertifikat halal, melalui postingan di akun Instagram resmi Mixue Indonesia, pihak manajemen menegaskan jika bahan yang digunakan dalam proses pembuatan es krim maupun minuman franchise Mixue dapat dipastikan dari bahan-bahan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Adapun 3 alasan mengapa sertifikasi halal masih diproses sampai saat ini diantaranya yakni:

1. 90% bahan baku yang digunakan diimpor dari Tiongkok. Sehingga, proses sertifikasi halal yang diajukan cukup memakan waktu karena perlu mengajukan ke Shanghai Al - Amin terlebih dahulu.

2. Sumber bahan baku yang ada tidak terpusat di satu kota yang sama.

3. Lockdown dan pandemi covid-19 turut mempengaruhi proses pengujian sertifikasi.

 

Baca Juga: Syarat, Biaya, dan Cara Membuat Sertifikat Halal Terbaru Tahun 2023

 

2. Biaya Franchise Mixue

Dikutip dari laman The Low Down Momentum, franchise Mixue menjadi salah satu franchise tersukses di dunia dengan jumlah gerai yang dimiliki mencapai 21.582 per Oktober 2022. Besaran jumlah tersebut bahkan telah berhasil mengalahkan jumlah gerai brand ternama lainnya seperti Burger King dan Domino’s Pizza. Fantastis sekali bukan?

Melansir dari berbagai sumber, biaya yang dibutuhkan untuk membuka waralaba Mixue Ice Cream & Tea terbagi kedalam 2 jenis. Detailnya sebagai berikut ini.

franchise mixue infografis

Ilustrasi Infografis Franchise Mixue / Image Source: BFI Finance Digital Aset

2.1. Franchise Mixue di Ibu Kota Provinsi

Jenis franchise yang pertama yakni gerai Mixue di ibu kota provinsi. Jenis yang satu ini membutuhkan biaya sebesar +- 380 juta dengan rincian seperti di bawah ini.

  • Deposit: Rp 40 Juta

  • Biaya Manajemen Per Tahun: Rp 24 Juta

  • Mesin dan Peralatan: -+ Rp 183 Juta

  • Bahan Baku Gelombang Pertama: -+ Rp 130 Juta

  • Biaya Pelatihan: Rp 3 Juta

2.2. Franchise Mixue di Kota / Kabupaten

Jenis gerai Mixue yang kedua adalah franchise untuk di kota / kabupaten yang membutuhkan biaya +- Rp 374 juta dengan rincian sebagai berikut.

  • Deposit: Rp 40 Juta

  • Biaya Manajemen Per Tahun: Rp 18 Juta

  • Mesin dan Peralatan: -+ Rp 183 Juta

  • Bahan Baku Gelombang Pertama: -+ Rp 130 Juta

  • Biaya Pelatihan: Rp 3 Juta

Biaya diatas sudah termasuk biaya manajemen 18 - 24 juta, deposit 40 juta, biaya peralatan 183 juta, biaya bahan baku 130 juta, dan biaya pelatihan 3 juta. Biaya diatas belum termasuk biaya sewa tempat usaha dan gaji pegawai.

3. Syarat Membuka Franchise Mixue

Pada tahap konsultasi dan pengisian form pendaftaran, ada sejumlah persyaratan yang harus Anda perhatikan. Pasalnya, persyaratan ini dapat menentukan persetujuan yang Anda ajukan disetujui ataupun ditolak oleh pihak manajemen franchise Mixue.

1. Lokasi terbaik dan potensial

2. Luas bersih minimal 25m2 (tidak terhalang oleh tiang, tangga, atau elemen lainnya)

3. Lebar Sisi Minimum 3,7m

4. Tinggi plafon terendah 2,7m

5. Sumber Air yang Memadai

6. NPWP

7. Daya listrik -+ 33.000 watt

Adapun besaran angka yang disebutkan di atas dapat berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku saat ini. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi secara langsung ke manajemen Mixue Indonesia, ya!

4. Cara Daftar Franchise Mixue

Sebagaimana dengan informasi yang tertera di laman resmi Mixue, setidaknya ada 8 langkah yang harus Anda jalani untuk bisa memiliki franchise Mixue. Delapan langkah tersebut antara lain:

franchise mixue

Image Source: en.mxbc.com

1. Lakukan konsultasi kemitraan melalui telepon atau Whatsapp di nomor 0819-9360-6666

2. Mengajukan permohonan kemitraan dengan cara mengisi form pendaftaran

3. Pihak manajemen Mixue akan kembali menghubungi Anda untuk melakukan evaluasi terkait form pendaftaran melalui telepon

4. Jika setuju, pihak manajemen akan melakukan survey kelayakan lokasi

5. Selanjutnya, dilakukan penandatanganan kontrak antara kedua belah pihak

6. Pihak manajemen Mixue akan membantu dalam proses dekorasi toko

7. Pelatihan karyawan terkait SOP dan lain sebagainya

8. Pembukaan gerai Mixue baru

 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Franchise FnB Mudah dan Menguntungkan

 

5. 4 Alasan Mengapa Gerai Mixue Populer

Popularitas Mixue di Indonesia tidak didapat begitu saja. Ada beberapa alasan yang memungkinkan franchise Mixue diterima dengan baik di Indonesia.

1. Kualitas Rasa

Mixue memiliki rasa yang enak dan berkualitas. Tak ayal, banyak orang berbondong-bondong untuk mencobanya dan menjadi pelanggan setia.

2. Harga yang Terjangkau

Harga untuk satu es krim atau minuman Mixue dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga memungkinkan berbagai lapisan masyarakat untuk menjangkaunya.

3. Kemudahan Akses

Alasan ketiga yakni adanya kemudahan akses. Franchise Mixue tersebar di berbagai kota dan daerah, membuat banyak orang tergoda untuk membelinya.

4. Strategi Marketing yang Efektif

Selain adanya kualitas rasa yang enak serta harga yang terjangkau, adanya iklan dan promosi turut memainkan peranan penting dalam kesuksesan franchise Mixue. Brand yang satu ini cukup getol dalam melakukan promosi yang mampu menarik perhatian banyak orang, terlebih adanya kehadiran maskot Mixue yang menggemaskan dan mudah dikenali oleh orang-orang, membuat brand yang satu ini diterima sangat baik di masyarakat Indonesia.

Di samping itu, Mixue juga turut melancarkan strategi lainnya yang membuat mereka sukses besar melalui beberapa hal berikut.

  • Supply Chain Management

Mixue sebagai brand ice cream & tea ternama memiliki gudang dan pabrik sendiri. Hal ini memungkinkan supply bahan baku lebih murah dan mutunya tetap terjaga.

  • Distribusi yang Luas

Berkat kehadirannya yang diterima dengan sangat baik, Mixue memanfaatkan peluang tersebut untuk memperluas jangkau pasarnya ke berbagai kota di seluruh Indonesia.

  • Product Development

Adanya inovasi serta modifikasi produk membuat minat masyarakat terhadap brand ini nyaris tidak pernah sepi. 

  • Kemasan yang Menarik dan Berkualitas

Harga yang ditawarkan untuk setiap produk Mixue mungkin tidak semahal dengan kompetitor lain di kelasnya. Meskipun demikian, kualitas kemasan yang mereka gunakan bisa dibilang sama-sama berkualitas premium dengan desain kemasan yang tidak kalah menarik (eye-catching). 

Sobat BFI, itulah pembahasan terkait franchise Mixue. Mixue saat ini sedang menjamur di berbagai kota atau kabupaten yang ada di Indonesia. Rasanya yang enak dan murah membuat waralaba satu ini nyaris tidak pernah sepi pengunjung!

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis franchise yang satu ini? Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis ini, pastikan Anda langsung menghubungi narahubung yang ada. Waspadai segala bentuk penipuan yang mungkin terjadi dan mengatasnamakan Mixue.

Butuh modal tambahan untuk buka usaha? Ajukan pembiayaan ke BFI Finance saja! Prosesnya cepat dan mudah, dapatkan pinjaman dana jaminan BPKB kendaraan atau sertifikat rumah dengan pencairan hingga 85% jika persyaratan lengkap. 

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

 

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar bisnis hanya di BFI Blog.

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis