Gaya Hidup

Dear Sandwich Generation, Gini Cara Kamu Atur Uang agar Cukup untuk Diri Sendiri

Admin BFI
16 November 2023
987
Dear Sandwich Generation, Gini Cara Kamu Atur Uang agar Cukup untuk Diri Sendiri

Dalam era modern ini, muncul sebuah fenomena yang dikenal sebagai "Sandwich Generation." Istilah ini merujuk pada generasi orang dewasa yang merasa "terjepit" antara tanggung jawab merawat orang tua yang lanjut usia dan mendukung kebutuhan keluarga mereka sendiri, termasuk anak-anak. Mereka bukan hanya harus mengatur keuangan untuk diri mereka sendiri, tetapi juga harus memenuhi kebutuhan orang tua yang mungkin tidak lagi mampu berdiri sendiri. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa ada generasi ini, serta memberikan beberapa tips dan strategi untuk mengatur keuangan agar cukup untuk diri sendiri.

 

1. Kenapa ada Sandwich Generation?

Generasi Sandwich muncul karena beberapa alasan, dan seringkali, faktor-faktor ini berinteraksi satu sama lain. Berikut adalah beberapa alasan mengapa generasi ini muncul:

 

1.1 Kemampuan Finansial yang Kurang

Salah satu alasan utama adalah keterbatasan kemampuan finansial. Terutama, ketika orang tua memasuki masa pensiun, mereka mungkin menghadapi pendapatan yang lebih rendah atau tidak memiliki tabungan yang cukup untuk mencukupi kebutuhan mereka. Hal ini membuat anak-anak mereka merasa bertanggung jawab untuk memberikan dukungan finansial, atau bahkan merawat mereka secara fisik.

 

1.2 Beli Barang yang Tidak Penting

Faktor lain adalah kebiasaan konsumtif yang dapat mempengaruhi generasi saat ini. Jika seseorang terbiasa membeli barang-barang yang tidak penting atau hidup mewah, mereka mungkin akan kesulitan mengatur keuangan mereka saat menghadapi beban tambahan dalam merawat orang tua mereka. Belanja impulsif dan gaya hidup boros dapat menyebabkan masalah keuangan yang serius.

 

1.3 Sudah Terjadi Secara Turun Temurun

Dalam beberapa keluarga, peran merawat orang tua telah menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Ketika nenek merawat ibu mereka di masa lalu, dan kemudian ibu merawat nenek mereka, anak-anak sekarang merasa bertanggung jawab untuk merawat orang tua mereka. Hal ini dapat menjadi bagian dari budaya dan ekspektasi dalam keluarga.

 

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Melalui BFI Finance Sekarang!

 

2. Tips Atur Keuangan Sandwich Generation

Mengatur keuangan sebagai bagian dari generasi Sandwich bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi ada cara-cara untuk membuatnya lebih mudah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mengatasi tantangan keuangan yang unik ini dan menciptakan stabilitas finansial baik untuk diri Anda maupun orang tua Anda.

 

2.1 Identifikasi

Langkah pertama dalam mengatasi tantangan keuangan sebagai bagian dari generasi Sandwich adalah dengan mengidentifikasi semua aset yang Anda miliki. Ini termasuk tabungan, investasi, aset properti, kendaraan, serta aset lainnya. Dengan memahami dengan jelas apa yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih akurat tentang situasi keuangan Anda. Dengan pemahaman yang kuat tentang aset Anda, Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang lebih baik.

 

Penting untuk terus memantau dan memperbarui daftar aset Anda seiring waktu. Jangan lupa untuk mencatat perkembangan atau perubahan signifikan dalam keuangan Anda. Dengan begitu, Anda akan selalu memiliki pandangan yang jelas tentang kekayaan Anda.

 

2.2 Persiapkan Dana Darurat

Dana darurat adalah komponen penting dalam pengaturan keuangan yang stabil. Ini adalah dana yang dapat digunakan dalam situasi darurat, seperti biaya medis tak terduga, perbaikan mendesak pada rumah, atau keadaan darurat lainnya. Ketika Anda menjadi bagian dari generasi Sandwich, memiliki dana darurat yang mencukupi sangat penting. Anda harus siap untuk menghadapi situasi-situasi tak terduga yang mungkin timbul, baik dalam kehidupan Anda sendiri maupun kehidupan orang tua Anda.

 

Perencanaan keuangan yang bijak melibatkan menentukan jumlah dana darurat yang cukup untuk mencakup kebutuhan sehari-hari Anda dan kebutuhan darurat seperti kesehatan dan perawatan medis. Memiliki dana darurat yang memadai akan memberikan Anda ketenangan pikiran dan kestabilan finansial yang lebih besar.

 

2.3 Pisahkan Anggaran Orang Tua dan Keluarga

Sebuah langkah yang bijak dalam mengatur keuangan sebagai generasi Sandwich adalah dengan memisahkan anggaran untuk merawat orang tua dan anggaran untuk keluarga Anda sendiri. Dengan memisahkan dana ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak meleburkan dana untuk kebutuhan sehari-hari dengan dana yang digunakan untuk merawat orang tua. Ini juga membantu Anda melacak dan mengelola anggaran secara lebih efisien.

 

Dengan memisahkan anggaran, Anda dapat membuat perkiraan biaya yang lebih akurat untuk kedua pihak. Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan berapa banyak yang harus dialokasikan untuk merawat orang tua Anda dan berapa banyak yang tersedia untuk kebutuhan keluarga Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari ketidakpastian dan memastikan bahwa keuangan Anda berada dalam kondisi terbaik.

 

Baca Juga: Pengeluaran Kecil yang Berdampak Besar Bagi Keuangan, Bisa Dipangkas?

 

2.4 Investasi

Pertimbangkan untuk melakukan investasi yang bijak sebagai bagian dari strategi keuangan Anda. Investasi yang cerdas dapat membantu Anda menghasilkan penghasilan pasif yang dapat digunakan untuk merawat orang tua atau memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Meskipun investasi memiliki risiko, mereka juga dapat memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

 

Untuk melakukan investasi yang baik, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang penasihat keuangan yang berpengalaman. Mereka dapat membantu Anda memahami opsi investasi yang sesuai dengan situasi keuangan Anda, tingkat risiko yang dapat Anda terima, dan tujuan keuangan Anda.

 

2.5 Terbuka ke Orang Tua Soal Kebutuhan

Komunikasi adalah kunci dalam mengelola keuangan sebagai generasi Sandwich. Bicarakan secara terbuka dengan orang tua Anda tentang kebutuhan mereka, baik yang bersifat finansial maupun lainnya. Ini akan membantu Anda membuat perencanaan yang lebih baik dan memastikan bahwa Anda dapat memberikan dukungan yang sesuai.

 

Selain itu, penting untuk mendengarkan keinginan dan preferensi orang tua Anda. Mereka mungkin memiliki sumber daya finansial sendiri atau preferensi tentang bagaimana mereka ingin diurus. Jangan ragu untuk membahas rencana keuangan dengan mereka dan memberikan mereka rasa kontrol atas keputusan yang memengaruhi mereka.

 

3. Meminimalisir Rantai Sandwich Generation

Meskipun menjadi bagian dari generasi Sandwich adalah tantangan, ada beberapa strategi yang dapat membantu Anda meminimalisir dampak finansialnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

 

3.1 Gunakan Teori Kelola Keuangan

Terapkan prinsip kelola keuangan dengan bijak. Buat anggaran yang mencerminkan pendapatan dan kebutuhan Anda serta orang tua Anda. Hindari utang yang tidak perlu dan selalu berusaha untuk hidup sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

 

3.2 Cari Penghasilan Dari Beberapa Tempat

Jangan mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Cobalah untuk mencari peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai sumber, seperti pekerjaan paruh waktu, pekerjaan lepas, atau investasi. Ini akan membantu Anda meredakan tekanan keuangan yang mungkin Anda hadapi.

 

Baca Juga: Pekerja Kantoran Bisa Kok Beli Mobil, Simak Tips Nya Disini!

 

3.3 Jangan Lupa Tabung untuk Masa Depan

Sambil merawat orang tua dan keluarga Anda, jangan lupakan masa depan Anda sendiri. Pastikan Anda tetap menyisihkan uang untuk tabungan pensiun dan investasi jangka panjang. Ini akan membantu Anda menjaga kestabilan keuangan Anda di masa depan.

 

Sebagai bagian dari generasi Sandwich, mengatur keuangan Anda dengan bijak adalah penting. Ini adalah tantangan yang kompleks, tetapi dengan perencanaan yang baik dan komunikasi terbuka dengan orang tua Anda, Anda dapat menciptakan keseimbangan yang sehat antara merawat mereka dan memenuhi kebutuhan keluarga Anda. Ingatlah bahwa keuangan adalah alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dan menjaga kualitas hidup Anda. Dengan perencanaan yang baik, Anda dapat menjalani peran ini dengan lebih tenang dan mendapatkan kepuasan dari menjalankan tanggung jawab Anda sebagai anggota generasi Sandwich.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Kategori : Gaya Hidup