Informasi Umum

CV ATS Friendly: Kunci Kesuksesan dalam Pencarian Kerja

Admin BFI
16 November 2023
2019
CV ATS Friendly: Kunci Kesuksesan dalam Pencarian Kerja

Pencarian pekerjaan di era digital seringkali melibatkan penggunaan sistem pelacakan pelamar atau ATS (Applicant Tracking System). ATS adalah program perangkat lunak yang membantu perusahaan dalam proses seleksi dan penilaian CV para pelamar. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa CV Anda dapat dengan mudah dibaca oleh ATS. Inilah yang disebut sebagai CV ATS Friendly. Dalam artikel ini, kami akan mengulas pengertian CV ATS Friendly, manfaatnya, dan bagaimana cara membuat CV yang dapat melewati sistem pelacakan pelamar dengan baik.

 

 

1. Pengertian ATS Friendly

1.1 Definisi 'ATS Friendly'

CV ATS Friendly adalah Curriculum Vitae (CV) atau resume yang dapat dengan mudah diakses dan dianalisis oleh sistem pelacakan pelamar. Sistem ini digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan menyaring pelamar. CV ATS Friendly dirancang khusus untuk memenuhi persyaratan teknis ATS agar informasi yang terkandung dalam CV dapat diambil dan dianalisis oleh program tersebut.

 

1.2 Ciri CV ATS Friendly

Untuk memahami ciri-ciri CV ATS Friendly, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Format Teks Sederhana: CV ATS Friendly harus menggunakan format teks sederhana. Hindari penggunaan format yang rumit, seperti tabel atau grafik, karena ATS mungkin tidak dapat membaca informasi dalam format tersebut.
  2. Pemformatan Konsisten: Pastikan pemformatan CV Anda konsisten. Gunakan gaya font yang sama, ukuran font yang konsisten, dan aturan yang sama untuk judul, subjudul, dan teks.
  3. Pemakaian Kata Kunci: CV ATS Friendly harus mencakup kata kunci yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. ATS akan mencari kata kunci tertentu dalam CV untuk mencocokkannya dengan persyaratan pekerjaan.
  4. Gunakan Heading yang Jelas: Gunakan heading atau subjudul yang jelas untuk setiap bagian CV Anda, seperti "Pendidikan," "Pengalaman Kerja," "Keterampilan," dan lain-lain. Ini membantu ATS mengidentifikasi bagian-bagian yang berbeda dalam CV Anda.
  5. Gunakan Format Tanggal yang Konsisten: Jika Anda menyertakan tanggal dalam CV Anda, pastikan bahwa format tanggalnya konsisten. Misalnya, jika Anda menggunakan format "Bulan Tahun" (Contoh: Juni 2020), gunakan format yang sama untuk semua entri.
  6. Hindari Gambar dan Grafik: ATS tidak dapat menganalisis gambar, grafik, atau tabel yang kompleks. Oleh karena itu, hindari menggunakan elemen-elemen visual tersebut dalam CV ATS Friendly Anda.

 

Baca Juga: Ajukan Pinjaman Melalui BFI Finance Sekarang!

 

2. Manfaat ATS Friendly

2.1 Lebih Profesional

Membuat CV ATS Friendly menunjukkan tingkat profesionalisme yang tinggi kepada perusahaan yang Anda lamar. Ini menunjukkan bahwa Anda memahami dan mempersiapkan diri dengan baik untuk proses seleksi yang melibatkan teknologi ATS. Dalam dunia kerja yang semakin terkait dengan teknologi, kemampuan untuk menyusun CV yang memenuhi standar ATS adalah indikator kompetensi yang berharga. Ini menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam upaya yang diperlukan untuk memahami proses seleksi yang modern dan dapat meningkatkan citra Anda sebagai pelamar yang serius.

 

2.2 Simpel dan Efektif

CV ATS Friendly biasanya memiliki tata letak yang sederhana dan mudah dibaca. Ini memudahkan perekrut atau tim HR dalam mengevaluasi CV Anda. Dengan tampilan yang bersih dan sederhana, CV Anda akan lebih mudah diakses dan dianalisis. Kejelasan dalam penyajian informasi juga merupakan indikator keterampilan komunikasi yang baik. Dalam dunia bisnis, kemampuan untuk menyampaikan informasi secara efisien adalah nilai tambah yang dihargai.

 

2.3 Hemat Waktu

CV ATS Friendly dapat menghemat waktu Anda dalam mencari pekerjaan. Dengan CV yang dirancang khusus untuk ATS, Anda dapat dengan cepat mengajukan lamaran untuk banyak pekerjaan tanpa harus melakukan perubahan besar-besaran pada CV Anda setiap kali. Hal ini terutama bermanfaat jika Anda sedang mencari pekerjaan dalam skala yang luas atau sedang menjalani proses pencarian pekerjaan yang intens. Dengan CV yang sudah tersusun dengan baik untuk ATS, Anda dapat dengan mudah mengirimkan lamaran Anda ke berbagai perusahaan dan posisi dengan sedikit upaya tambahan. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada aspek-aspek lain dari pencarian pekerjaan, seperti menyesuaikan surat pengantar Anda atau mempersiapkan diri untuk wawancara.

 

Baca Juga: Pekerja Kantoran Bisa Kok Beli Mobil, Simak Tips Nya Disini!

 

3. Cara Membuat CV ATS Friendly

3.1 Layout Sederhana

Menggunakan layout sederhana adalah langkah awal penting dalam membuat CV ATS Friendly. Hindari kompleksitas dalam tata letak dan pemformatan. Gunakan format teks yang biasa dan sederhana tanpa elemen yang mengganggu seperti tabel atau kolom yang rumit. ATS cenderung lebih efektif dalam mengidentifikasi informasi dalam CV yang memiliki tampilan bersih dan mudah dibaca. Hindari penggunaan gambar atau elemen visual yang berpotensi membingungkan sistem ATS.

 

3.2 Sesuaikan CV dengan Posisi

Penting untuk menyesuaikan CV Anda dengan persyaratan posisi yang Anda lamar. Ini berarti Anda perlu memahami dengan baik deskripsi pekerjaan dan persyaratan yang diberikan. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan tersebut. Jika posisi tersebut memerlukan keterampilan khusus atau sertifikasi, pastikan untuk mencantumkannya dengan jelas dalam CV Anda. Fokuskan pengalaman dan keterampilan Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar.

 

3.3 Gunakan Kata Kunci yang Sesuai

Sistem ATS mencari kata kunci tertentu dalam CV Anda untuk mencocokkannya dengan persyaratan pekerjaan yang diberikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukkan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Ini dapat mencakup istilah-istilah khusus, keterampilan, sertifikasi, dan pengalaman kerja yang relevan. Untuk menentukan kata kunci yang tepat, baca dengan cermat deskripsi pekerjaan dan identifikasi kata kunci yang paling relevan.

 

3.4 Gunakan Poin dan Angka

Menggunakan poin dan angka dalam CV Anda dapat membuat informasi lebih mudah diakses dan dipahami oleh ATS. Alih-alih hanya memberikan pernyataan umum, contohnya, "meningkatkan penjualan," sebaiknya sertakan data konkret seperti "mengalami peningkatan penjualan sebesar 20% dalam setahun terakhir." Ini membantu sistem ATS dalam mengevaluasi pencapaian Anda dengan lebih baik. Penggunaan poin dan angka juga memudahkan pembaca manusia yang mungkin melihat CV Anda setelah melewati proses ATS.

 

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengelola Stres di Lingkungan Kerja

 

3.5 Perhatikan Format

Pastikan format CV Anda konsisten dan terstruktur dengan baik. Ini mencakup penggunaan heading yang jelas untuk setiap bagian seperti "Pendidikan," "Pengalaman Kerja," "Keterampilan," dan lainnya. Format tanggal juga harus konsisten, misalnya, apakah Anda menggunakan format "Bulan Tahun" (Contoh: Juni 2020) atau format lainnya, pastikan konsistensinya. Pemformatan teks, seperti penggunaan huruf tebal, miring, atau gaya font, juga harus seragam. Hindari perubahan format atau gaya teks yang drastis dalam berbagai bagian CV Anda.

 

Dengan memahami apa itu CV ATS Friendly dan bagaimana cara membuatnya, Anda dapat meningkatkan peluang Anda dalam mencari pekerjaan. CV yang dirancang khusus untuk ATS dapat membantu Anda melewati seleksi awal dan membuat kesan yang baik pada perekrut. Ingatlah untuk selalu menyesuaikan CV Anda dengan posisi yang Anda lamar menggunakan kata kunci yang relevan. Dengan demikian, Anda akan memiliki CV yang efektif dan siap untuk memasuki dunia kerja.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motor, bpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Informasi Umum