Gaya Hidup

16 Cara Menjadi Orang Sukses Dari Nol, Siapa Saja Bisa Mencobanya!

Admin BFI
28 February 2023
84913
16 Cara Menjadi Orang Sukses Dari Nol, Siapa Saja Bisa Mencobanya!

Siapa yang tidak ingin menjadi orang sukses? Kebanyakan dari kita tentu akan menjawab ‘ya’. Tak heran, berbagai cara menjadi orang sukses rela dilakukan demi meraih kesuksesan yang selama ini ingin dicapai. Mulai dari membaca buku, mengikuti seminar, menonton video kisah-kisah inspiratif, dan lain sebagainya.

Kesuksesan sendiri adalah hal yang kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti latar belakang keluarga, bakat, kesempatan, kerja keras, sampai dengan faktor keberuntungan.

Meskipun demikian, ada sederet cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi orang sukses, salah satunya yakni dengan menerapkan 16 cara berikut ini.

 

16 Cara Menjadi Orang Sukses

Berikut ini adalah 16 cara menjadi orang sukses yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dan menggali lebih dalam potensi yang ada dalam diri Anda.

1. Disiplin

Cara menjadi orang sukses yang pertama adalah dengan bersikap disiplin untuk setiap hal yang Anda kerjakan. Salah satu contohnya yakni dengan berkomitmen untuk mengerjakan segala sesuatunya secara tepat waktu dan terorganisir.

Beberapa contoh sikap disiplin yang dimiliki oleh orang-orang sukses:

  • Bangun lebih awal setiap harinya

  • Rutin berolahraga

  • Mengelola keuangan yang ada seefektif mungkin

  • Makan makanan yang sehat dan bergizi, mengurangi asupan junk food dan makanan berpengawet lainnya

 

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Cerdas dan Tepat

 

2. Konsisten

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan sebuah pepatah yang berbunyi “consistency is the key”. Pepatah tersebut memiliki arti jika konsisten adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Dengan bersikap konsisten dalam hal yang kita lakukan, sekecil apapun kemajuan yang kita buat, pada akhirnya kita akan mampu mencapai tujuan ketimbang dengan membuat kemajuan besar secara sekaligus namun inkonsisten.

 

Baca Juga: Tips Hidup Bahagia dengan Konsep Ikigai

 

3. Mau Terus Belajar

Perkembangan zaman yang sangat cepat dan pesat memaksa kita untuk terus belajar dan beradaptasi dengan keadaan. Mereka yang sukses adalah mereka yang memiliki keinginan kuat untuk terus belajar dari waktu ke waktu tanpa kenal lelah atau merasa terbatasi oleh usia.

Berusahalah untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda. seperti mengikuti pelatihan secara gratis maupun berbayar dan  memanfaatkan kesempatan belajar dari orang lain. Intinya, tidak ada kata terlambat untuk belajar.

4. Bertanggung Jawab

Seperti halnya disiplin, sikap tanggung jawab harus Anda tanamkan ke dalam pola pikir Anda. Usahakan untuk menyelesaikan segala sesuatu yang Anda mulai sebaik mungkin dan jika terdapat masalah di tengah jalan, cobalah untuk berpikir sejenak dan sebisa mungkin menghadapinya dengan kepala dingin.

Lari dari sebuah masalah tidak akan menjadikan Anda seseorang yang sukses. Sejatinya, masalah yang berdatangan silih berganti adalah ujian untuk Anda dapat bersikap lebih dewasa, tegar, dan menjadi pribadi yang bijaksana.

 

Baca Juga: Dana Darurat: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mempersiapkan Dananya

 

5. Memiliki Rencana dan Tujuan

cara-menjadi-orang-sukses

Image Source: Freepik/benzoix

Sukses diraih karena adanya rencana serta tujuan di masa depan. Persiapkan rencana yang perlu Anda lakukan untuk menggapai tujuan yang ada. Jangan lupa untuk rutin melakukan evaluasi dari setiap langkah yang Anda buat.

6. Menghargai Waktu

Cara menjadi orang sukses berikutnya adalah dengan menghargai waktu yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin, Anda memiliki kesempatan untuk selangkah lebih maju dari orang-orang lainnya.

Selain itu, menghargai waktu artinya Anda juga menghargai diri Anda sendiri dengan tidak membuang waktu yang ada untuk hal-hal yang percuma dan merugikan Anda.

7. Menambah Relasi

Lingkungan sosial dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku Anda. Oleh karenanya, cobalah untuk berteman dengan orang-orang yang positif, memiliki tujuan dalam hidupnya, dan senantiasa mendukung Anda menggapai impian. Hindari mereka yang membawa pengaruh buruk dan memiliki gaya hidup hedonisme.

 

Baca Juga: Tips Usaha Sampingan Untuk Gaji Pas-Pasan

 

8. Mempertimbangkan Saran / Masukan dari Orang Lain

Setiap manusia dilahirkan dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya untuk mendengarkan setiap saran atau masukan dari orang lain dengan latar belakang yang berbeda dari Anda.

Pastikan untuk menyaring kembali semua masukan yang Anda terima. Jangan langsung Anda terima secara mentah-mentah. Pilah mana yang bisa Anda terapkan di kehidupan nyata dengan yang tidak.

 

Baca Juga: Untung Berlipat, Ini Dia Cara Mendapatkan Passive Income dari Rumah

 

9. Pola Hidup Sehat

Orang sukses sangat menghargai kesehatan tubuhnya. Mereka akan melakukan sederet kegiatan yang mampu menjaga kebugaran tubuh mereka, misalnya dengan menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga, meditasi, makan-makanan.

10. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan cara menjadi orang sukses berikutnya yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. Dengan berpikir positif Anda dapat mengelola emosi negatif yang muncul pada diri Anda lebih baik lagi, mengurangi perasaan stress dan kecemasan, dan mampu mengontrol hidup kita lebih baik lagi.

 

Baca Juga: Stoikisme: Aliran Filsafat yang Membuat Hidup Lebih Tenang dan Bijak

 

11. Jiwa Pemimpin yang Baik

Cara menjadi orang sukses berikutnya adalah dengan memiliki jiwa pemimpin yang baik atau seringkali disebut sebagai jiwa leadership. Menjadi pemimpin yang baik tidak serta merta harus memiliki sebuah tim atau bawahan untuk dipimpin, Anda bisa mengasah kemampuan leadership dengan memimpin diri Anda sendiri terlebih dahulu untuk menjadi orang yang senantiasa terarah dan bertanggung jawab.

12. Cepat Beradaptasi

Kemampuan beradaptasi seseorang menjadi tolak ukur sebuah kesuksesan. Pasalnya, mereka yang pandai beradaptasi dapat dengan mudah melewati berbagai rintangan yang menghampiri dan tidak takut untuk mengambil kesempatan yang ada.

 

Baca Juga: Pensiun Dini: Cara, Syarat, dan Ide Usaha Setelah Pensiun

 

13. Belajar dari Kesalahan

Selain mendengarkan nasihat atau masukan dari orang lain, hal lainnya yang tidak kalah penting dan perlu Anda pertimbangkan adalah belajar dari kesalahan. Kesalahan yang dimaksud di sini dapat bermaknakan sesuatu yang luas, misalnya belajar dari kesalahan yang pernah Anda buat maupun kesalahan yang terjadi pada orang lain.

14. Selalu Bersyukur

Memiliki sebuah ambisi dan tujuan dalam hidup memanglah bagus. Namun, jangan sampai Anda lupa untuk selalu bersyukur dalam setiap proses dan hasil yang sudah Anda dapatkan. Dengan bersyukur, Anda tidak hanya akan mendapatkan kesuksesan duniawi, namun juga kesuksesan secara rohani.

15. Optimis

Sifat optimis dan pantang menyerah merupakan salah satu cara menjadi orang sukses yang saling berkesinambungan. Tanpa adanya sifat optimis yang ada pada diri Anda, Anda akan memiliki kecenderungan untuk mudah menyerah, takut untuk mencoba, dan merasa ragu untuk melakukan perubahan yang berpotensi membawa kebaikan bagi diri Anda sendiri.

16. Jangan Mudah Merasa Puas

Untuk mencapai sebuah kesuksesan tentu dibutuhkan pengorbanan dan tekad yang kuat. Rintangan demi rintangan harus mampu Anda hadapi dengan baik untuk dapat mencapai puncak kesuksesan.

Jangan mudah merasa puas dengan apa yang Anda dapatkan saat ini. Perasaan puas tersebut hanya akan membuat Anda menikmati kesuksesan sesaat yang mana hal tersebut ternyata memiliki sisi negatif. Antara lain yaitu:

  • Mudah merasa puas hanya akan membuat Anda terjebak di situasi yang sama, membuat Anda tidak ingin berkembang untuk menjadi lebih baik lagi.

  • Memunculkan sifat sombong dalam diri sendiri akibat sudah berhasil mencapai titik tertentu.

Sobat BFI, itulah cara menjadi orang sukses yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga Anda bisa meraih kesuksesan yang Anda idam-idamkan selama ini dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Buka usaha jadi lebih mudah dengan pinjaman dana jaminan BPKB mobil. Prosesnya mudah dan cepat, dapatkan pinjaman dana hingga 85% dari nilai aset yang Anda jaminkan jika persyaratan lengkap!

Informasi selengkapnya dapat Anda dapatkan melalui tautan berikut ini.

Jaminan BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun.

Jaminan BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan.

Jaminan Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor panjang hingga 7 tahun.

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Gaya Hidup