Bisnis

Raup Banyak Keuntungan, Ini 10 Cara Jualan di Facebook Paling Ampuh!

Admin BFI
20 December 2022
24567
Raup Banyak Keuntungan, Ini 10 Cara Jualan di Facebook Paling Ampuh!

Facebook adalah salah satu platform sosial media terbesar masa kini. Penggunanya di Indonesia mencapai 116 juta, terbesar ketiga di dunia berdasarkan databoks. Sehubungan dengan fakta ini, tentunya kehadiran Facebook dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.

Nah, bagi Anda yang ingin meraup lebih banyak untung ataupun baru terjun ke dunia bisnis, 10 cara jualan di Facebook berikut ini bisa Anda terapkan dengan mudah!

 

1. Mengapa Harus Jualan di Facebook?

Ada beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan mengapa berjualan di facebook dinilai efektif dan lebih menguntungkan. Antara lain yaitu:

1. Sosial Media dengan Pengguna Terbanyak

Pangsa pasar yang luas serta audience yang beragam akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Sebab, hal ini memungkinkan bisnis Anda menjangkau lebih banyak orang, meningkatkan brand awareness, dan menerapkan strategi penjualan.

2. Tidak Perlu Sewa Tempat

Berjualan secara online bisa menghemat modal usaha yang Anda miliki. Anda tidak perlu repot-repot untuk menyewa lokasi usaha seperti toko, ruko, dan sejenisnya. Intinya, cara jualan di Facebook ini lebih simple dan murah.

3. Fitur Facebook ‘Marketplace

Adanya fitur ini memungkinkan pembelian secara langsung melalui aplikasi dengan tampilan yang lebih tertata dan menarik. Anda juga dapat melihat laporan insight dari performa masing-masing produk yang Anda tampilkan. Sehingga, Anda bisa membuat strategi kedepannya yang dapat menaikan penjualan Anda.

 

Baca Juga: 10 Cara Jualan di Instagram Paling Efektif

 

2. 10 Cara Jualan di Facebook yang Tepat Ala BFI

Selain 3 kelebihan yang sudah disebutkan sebelumnya, kabar baik lainnya yaitu Anda bisa mewujudkan impian Anda untuk meraih lebih banyak profit dengan menggunakan cara jualan di facebook berikut ini. Cara ini efektif sekalipun Anda pemula.

Cara Jualan di Facebook

Image Source: Freepik/ichaznong

2.1. Buat Akun Bisnis di Facebook

Cara jualan di facebook yang pertama yaitu dengan membuat akun bisnis di facebook. Caranya cukuplah mudah. Pertama-tama Anda harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Login ke akun Anda.

  • Pada halaman awal pilih ‘Halaman’ lalu klik ‘Buat Halaman Baru’.

  • Lengkapi semua data yang diminta meliputi:

  • Nama Halaman (Isikan Nama Bisnis atau Toko Anda)

  • Kategori (Pilih Kategori Sesuai Jenis Barang/Jasa yang Anda Tawarkan)

  • Keterangan (Beritahu Apa yang Anda Jual dan Informasi Singkat Lainnya Terkait Bisnis Anda)

  • Cek kembali data yang sudah diisi, selanjutnya klik ‘Buat Halaman’

  • Lanjutkan proses penyuntingan halaman dengan melengkapi profil Anda dengan foto profil dan foto banner. Pastikan gambar yang Anda pilih merepresentasikan bisnis Anda. Pilih foto dengan resolusi berikut ini:

  • Logo / Foto Profil 180 X180 Pixels

  • Foto Sampul / Banner 851 X 315 Pixels

  • Berikutnya, Anda bisa mempercantik halaman bisnis Anda dengan menyematkan informasi kontak penjual seperti nomer whatsapp bisnis, email, website, sampai dengan link ecommerce.

  • Terakhir, siapkan username Facebook bisnis Anda. Pilihlah username yang singkat dan jika memungkinkan gunakan nama brand Anda, misalnya facebook.com/bajumurah.

2.2. Bergabung di Grup Facebook

Facebook merupakan jejaring sosial media yang berisikan banyak komunitas atau grup. Kemunculan komunitas ini bisa membantu Anda untuk mencari pelanggan potensial.

Cara jualan di facebook melalui grup ini terbilang cukuplah mudah, yang terpenting adalah memilih grup khusus berjualan, umumnya memiliki nama grup sejenis “Komunitas Jual Beli” dan  “Forum Jual Beli”. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah berikut ini:

  • Pada kolom pencarian ketik nama komunitas yang selaras dengan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Klik ‘Gabung Grup’ dan tunggu sampai permintaan Anda dikonfirmasi oleh pemilik grup

  • Jika Anda sudah tergabung ke dalamnya, pastikan membaca aturan grup yang tertera.

  • Mulai posting jualan yang Anda tawarkan.

Sebagai tips tambahan agar brand atau bisnis Anda bisa dikenal oleh banyak audience, Anda bisa ikut membalas diskusi-diskusi yang ada di grup tersebut. Dengan Anda menjadi aktif di dalamnya, perlahan-lahan orang-orang akan menyadari kehadiran akun Anda dan tidak sedikit juga yang akan berkunjung untuk melihat-lihat. Pastikan akun facebook Anda tidak terkunci, ya!

2.3. Gunakan Fitur Facebook Marketplace

Cara jualan di facebook yang ketiga yaitu menggunakan fitur Marketplace. Fitur yang satu ini sangat membantu para penjual atau pebisnis untuk memudahkan pelanggan membeli produknya.

Cara menggunakan fitur ini sebagai berikut:

  • Klik tombol bergaris tiga pada halaman paling atas facebook Anda

  • Pilih Marketplace

  • Pada bagian atas klik ‘Jual

  • Masukan judul dan harga lalu pilih kategori

  • Tambahkan foto produk dengan cara mengklik ‘Tambahkan Foto

  • Jika sudah dirasa pas dan tidak ada informasi yang terlewat, klik ‘Terbitkan

2.4. Manfaatkan Fitur Facebook Ads

Setiap platform umumnya memiliki fitur iklan yang memudahkan para penggunanya, khususnya bagi para pebisnis yang ingin menargetkan lebih banyak pelanggan. Nah, di facebook Anda juga bisa menggunakan fitur iklan yang dinamai dengan Facebook Ads.

Penggunaan fitur iklan pada facebook ini memiliki harga yang bervariatif, tergantung dari pilihan dan audiens yang Anda pilih. Semakin mengerucut tentu harganya akan semakin mahal. Hal ini dikarenakan harga iklan yang ada bergantung pada CPC (Cost Per Click). Jika Anda ingin menerapkan cara ke-tempat ini sebagai cara jualan di facebook, pastikan Anda menargetkan iklan berdasarkan usia, lokasi, minat, dan hal lainnya yang berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

2.5. Gunakan Foto Produk Berkualitas

Penggunaan foto produk yang berkualitas memainkan peranan penting pada bisnis Anda. Foto yang jelas, beresolusi bagus, serta menampilkan produk asli yang Anda jual akan lebih menarik jika dibandingkan dengan foto yang diambil dari Google.

Selain itu, penggunaan foto produk yang asli bisa menambah tingkat kepercayaan para pelanggan. Apalagi jika Anda barengi dengan video produk yang tidak kalah bagusnya.

Jadi tips selanjutnya untuk cara berjualan di facebook adalah dengan menggunakan foto produk berkualitas.

  • Foto yang digunakan menampilkan produk secara jelas

  • Resolusi gambar yang baik, gambar tidak pecah

  • Foto asli produk yang Anda jual, bukan foto produk serupa dari Google

  • Jika memungkinkan, sematkan video produk untuk lebih meyakinkan calon pembeli

 

Baca Juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube dan Tips Menjadi Content Creator

 

2.6. Berikan Informasi Produk/Jasa yang Jelas

Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan tidak menyesatkan pembeli. Caranya yaitu dengan membuat deskripsi atau caption pada postingan Anda semenarik mungkin melalui teknik copywriting. Teknik ini digunakan dalam cara jualan di facebook untuk memungkinkan orang lain memahami produk Anda lebih jauh.

Untuk membuat caption yang menarik, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini sebagai preferensi Anda:

  • Buat caption menarik yang membuat orang tertarik untuk membacanya. Caption yang menarik dapat berupa pertanyaan, kutipan, ataupun statemen yang mampu memancing rasa penasaran para pembaca.

  • Sertakan hashtag yang relevan untuk memudahkan audience menemukan konten Anda. Selain relevan dengan konten yang akan dipublish, Anda juga bisa menggunakan hashtag populer dengan user terbanyak selama masih relevan dengan niche bisnis Anda.

  • Hindari membuat caption terlalu panjang. Caption yang terlalu panjang dapat menghilangkan fokus pembaca dan membuat siapa saja yang melihatnya enggan untuk membacanya sampai tuntas. Buatlah caption yang singkat, padat, dan jelas.

  • Gunakan emoji untuk menambah kesan visual pada caption Anda. Penggunaan emoji pada caption dapat membuat caption Anda lebih menyenangkan untuk dibaca dan tidak membosankan.

  • Gunakan kalimat aktif saat menuliskan caption. Kalimat aktif mampu membuat caption Anda lebih hidup, segar, dan terdengar menarik.

 

Baca Juga: Laris Manis, Ini Dia 7 Cara Jualan Online Untuk Pemula!

 

2.7. Respon dengan Cepat Pertanyaan dari Calon Pembeli

Saat Anda memulai berjualan di Facebook, tentunya akun yang Anda miliki telah disetting menjadi publik. Ini memungkinkan visibilitas akun Anda bisa dilihat oleh siapa saja. Nah, dari sini tentunya ada saja orang-orang yang penasaran ataupun tertarik untuk membeli Anda dengan menanyai langsung melalui pesan masuk (inbox) ataupun berkomentar di postingan Anda.

Usahakan pada saat meresponnya Anda tidak memilih-milih dan responlah secepat yang Anda bisa sesuai dengan jam operasional bisnis Anda. Balasan yang cepat dan jelas lebih disukai orang-orang karena mereka merasa dihargai dan semakin yakin untuk membeli produk Anda.

2.8. Berikan Strategi Pemasaran yang Menarik 

Berjualan, di mana pun itu tidak mungkin terlepas dari strategi pemasaran. Ada beberapa strategi yang bisa Anda coba sebagai cara jualan di Facebook. Beberapa diantaranya yaitu dengan menerapkan diskon pada produk tertentu ataupun pembelian dengan jumlah yang sudah ditetapkan, giveaway produk atau voucher belanja, sampai dengan menyebarkan testimoni positif dari para pembeli.

2.9. Membuat Konten yang Bermanfaat

Hanya memposting terkait jualan saja tentu tidak akan terlalu menarik. Orang-orang yang berkunjung mungkin hanya bertahan sebentar lalu pergi begitu saja. Lain halnya jika Anda ikut berkontribusi dalam komunitas dengan memposting konten bermanfaat yang masih ada kaitannya dengan produk yang Anda jual. Konten ini dapat berupa infografis, video tutorial, dan informasi lainnya yang bisa mengedukasi.

 

Dengan begini, pengunjung profil Anda bisa lebih meningkat dan para pembaca yang merasa terbantu dengan konten Anda akan sukarela membantu menyebarkannya. Singkatnya, Anda bisa mendapatkan promosi secara cuma-cuma!

 

Baca Juga: Mau Dapat Uang Tambahan? Ini Dia 6 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok!

 

2.10. Analisa Penjualan

Cara jualan di Facebook yang terakhir yaitu menganalisa hasil penjualan. Ini dilakukan agar setiap bulannya Anda bisa memperoleh hasil yang cukup memuaskan dan tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka halaman facebook bisnis Anda.

  • Klik tombol ‘insight’ yang ada di bagian kanan atas.

  • Pilih periode waktu sesuai rentang tanggal dan bulan yang ingin Anda ketahui.

  • Setelah itu klik Ok.

  • Semua data yang ingin Anda lihat terkait performa Marketplace milik Anda akan ditampilkan pada layar.

  • Ambil data sesuai keperluan dan lakukan analisa terkait produk apa yang paling banyak terjual dan bandingkan dengan laporan engagement yang Anda peroleh dari akun Anda di luar marketplace.

Bagaimana? Apakah sampai sini Anda sudah cukup paham tentang cara jualan di Facebook? Jika Anda ingin memulai berjualan di Facebook namun modal yang dimiliki masih kurang, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha ke BFI Finance.

 

BFI Finance adalah perusahaan yang melayani pinjaman multiguna jaminan bpkb motorbpkb mobil, dan sertifikat rumah atau ruko

Pembiayaan Syariah

Pembelian mobil bekas dan Multiguna syariah dengan fitur Tanpa Denda dan Tanpa Penalti Lihat Syarat

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Bisnis