Syariah

Sukses dan Berkah, Ini 8 Cara Berdagang dalam Islam yang Dianjurkan

Admin BFI
4 April 2023
21615
Sukses dan Berkah, Ini 8 Cara Berdagang dalam Islam yang Dianjurkan

Dalam agama Islam berdagang merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Berdagang sangat dianjurkan untuk memperoleh keberkahan, keuntungan yang halal, serta menghindari kemiskinan.

Meskipun begitu perlu kita ketahui bahwasannya berdagang dalam Islam harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, sesuai dengan syariat Islam yang berlaku.

Sobat BFI, sudahkah Anda tahu cara berdagang dalam Islam yang baik dan benar? Jika belum, yuk, mari kita simak selengkapnya di uraian berikut ini.

 

1. 8 Cara Berdagang dalam Islam

Ada 8 cara berdagang dalam Islam yang sebaiknya kita ketahui agar usaha yang kita tekuni senantiasa diberi keberkahan oleh Allah SWT.

1.1. Niatkan Karena Allah

Selain niat untuk mencari rezeki, pastikan niat berdagang dalam Islam yang Anda miliki semata-mata karena Allah SWT. 

Dengan diniatkan karena Allah, kita akan senantiasa terhindar dari keserakahan dan hal buruk lainnya. Selain itu, berdagang dengan niat karena Allah dapat menjadikan segala bentuk transaksi yang ada menjadi amal ibadah dan mendapat ridha-Nya.

1.2. Tanamkan Sifat Jujur

Usahakan untuk selalu bersikap jujur dan transparan saat berdagang. Berdagang dalam Islam harus dilakukan secara jujur dan menghindari praktik-praktik yang tidak semestinya dilakukan. 

Jujur merupakan salah satu sifat Nabi Muhammad yakni ‘Shiddiq’. Salah satu perilaku jujur dalam berdagang adalah dengan tidak melebihkan hasil timbangan yang ada serta tidak berbohong atas kondisi barang yang dijual.

1.3. Jual Barang Halal dengan Kualitas Baik

Sesuai dengan prinsip hukum Islam, hindari segala bentuk transaksi yang diharamkan seperti riba, judi, dan sebagainya. Pastikan untuk tidak menjual barang cacat atau rusak. Sebaliknya, jual lah barang berkualitas agar pembeli merasa senang dan Anda pun diuntungkan dari setiap transaksi yang ada.

 

Baca Juga: Tips Usaha Rumahan Sukses Bagi Usaha Pemula

 

1.4. Ambil Keuntungan Sewajarnya

Sudah bukan rahasia umum lagi jika salah satu tujuan berjualan adalah untuk mendulang keuntungan. Meskipun demikian, ambilah keuntungan yang ada secara wajar agar hasil jualan Anda dapat menjadi berkah. 

Cara mengambil keuntungan yang bijak adalah dengan memperhitungkan biaya dari segi produksi, bahan baku, pemasaran, dan lain sebagainya. Dengan Anda mengambil keuntungan yang wajar, pembeli juga akan merasa puas untuk berbelanja di Anda. 

1.5. Bersikap Ramah dan Sopan Kepada Pembeli

Cara berdagang dalam Islam berikutnya yaitu dengan mengedepankan pelayanan yang baik seperti bersikap ramah dan sopan terhadap para pembeli. Salah satu contohnya yakni dengan tidak membeda-bedakan pembeli berdasarkan gender, status sosial, ataupun jumlah barang yang dibeli. Usahakan untuk tetap memberikan pelayanan yang baik dan sama.

Di sisi lain, pelayanan yang ramah dan sopan dapat membuat pembeli merasa nyaman dan puas untuk membeli di tempat Anda. Sikap ramah dan sopan turut membuat pelanggan merasa dihargai.

1.6. Bersaing Secara Sehat

Dalam berdagang persaingan adalah sesuatu yang sangat wajar. Adapun demikian, pastikan untuk bersaing secara sehat. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bersaing secara sehat adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik, menjual barang berkualitas dengan harga yang bersaing, dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Singkatnya, kedepankan pelayanan dan kualitas.

 

Baca Juga: 13 Ide Usaha Modal 20 Juta Paling Menguntungkan, Pasti Cuan!

 

1.7. Gunakan Strategi Pemasaran

Berdagang sudah seyogyanya dibarengi dengan penggunaan strategi pemasaran untuk menyasar lebih banyak pelanggan sesuai target pasar yang sudah ditetapkan.

Selain itu, berpikirlah secara kreatif dan inovatif untuk menyesuaikan pemasaran yang ada dengan perkembangan zaman masa kini. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin usaha yang Anda miliki mampu berjalan dengan baik.

 

Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk : Alasan dan Hal yang Perlu Dipertimbangkan

 

1.8. Terus Berusaha, Pantang Menyerah

Allah SWT senantiasa memerintahkan kita untuk tidak mudah berputus asa dan senantiasa berikhtiar dalam setiap langkahnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam Al Qur’an, “Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah kaum yang kafir.” (QS. Yusuf: 87).

Oleh karenanya, teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah terhadap berbagai rintangan yang ada di hadapan kita, karena sesungguhnya Allah tidak akan menguji hambanya di luar batas kemampuannya.

 

Baca Juga: 23 Peluang Bisnis Paling Menjanjikan di Tahun 2023

 

2. 5 Manfaat Berdagang dalam Islam

Selain memperoleh keuntungan berupa harta yang bisa dimanfaatkan untuk melangsungkan kehidupan dan berbagai dengan sesama, berdagang dalam Islam juga memiliki sederet manfaat lainnya antara lain sebagai berikut.

cara berdagang dalam islam

Image Source: Freepik/odua

2.1. Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi

Dengan berdagang Anda dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, seperti memenuhi kebutuhan primer dan kebutuhan lainnya yang penting bagi keberlangsungan hidup Anda dan keluarga.

2.2. Melatih Kemandirian

Berdagang mampu melatih kemandirian seseorang. Pasalnya, Anda dituntut untuk menjadi pribadi yang serba bisa dan mampu memimpin usaha yang tengah Anda jalani. Termasuk di antaranya menerapkan berbagai strategi dan berinovasi agar usaha tersebut mampu bersaing dengan kompetitor di bidangnya.

2.3. Memperluas Koneksi dan Menjalin Silaturahmi

Berdagang memungkinkan kita untuk bertemu banyak orang dari berbagai kalangan dengan latar belakang yang berbeda. Hal ini tentunya bisa menjadi sebuah kesempatan yang bagus untuk memperluas jangkauan usaha Anda dan belajar banyak hal dari orang lain. Semakin banyak orang yang Anda kenal maka semakin banyak ilmu pengetahuan yang akan Anda dapatkan.

2.4. Mengasah Kemampuan Berwirausaha

Dengan berdagang Anda dapat menggali potensi dalam diri Anda, salah satunya yaitu kemampuan berwirausaha. Anda akan belajar bagaimana cara memanage suatu usaha agar dapat berjalan dengan baik. 

 

Baca Juga: Wajib Coba, Ini dia 10 Ide Usaha Online Modal Kecil Untung Berlipat!

 

2.5. Memperoleh Keberkahan

Berdagang dalam Islam merupakan tindakan yang mulia dan positif untuk dilakukan, terutama jika diniatkan dengan baik. Seperti halnya dengan menjual barang dengan harga yang wajar, bersaing secara sehat, sampai dengan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Islam mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik terhadap sesama dan seluruh mahluk hidup di muka bumi, Tak ayal, dalam Islam memberikan kesempatan kerja kepada orang lain merupakan suatu amalan yang baik.

Sobat BFI, itu tadi pembahasan terkait 8 cara berdagang dalam Islam yang bisa Anda ikuti. Butuh tambahan dana untuk berbagai keperluan? Ajukan pembiayaan syariah di BFI Finance saja! Solusi pembiayaan syariah mulai dari pembelian mobil, pendidikan, renovasi rumah, hingga kebutuhan untuk pernikahan.

Klik tautan di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Informasi Pembiayaan Syariah: My Cars

Pembiayaan mobil bekas sesuai prinsip syariah dengan menggunakan akad jual-beli tanpa wakalah.

Informasi Pembiayaan Syariah: My Faedah

Pembiayaan pembelian barang (multiguna) dengan jaminan BPKB Mobil, seperti bahan material bangunan, kebutuhan barang rumah tangga, dan barang lainnya yang memiliki manfaat untuk Anda.

Informasi Pembiayaan Syariah: My Hajat

Pembiayaan untuk kebutuhan multijasa dengan jaminan BPKB Mobil, seperti pembiayaan pernikahan, sewa rumah, sewa ruko, pembelian franchise, renovasi rumah dan lainnya.

Informasi Pembiayaan Syariah: My Ta’lim

Pembiayaan untuk pendidikan mulai dari pre school sampai kuliah serta kursus, kini dapat kami biayai dengan menggunakan jaminan BPKB Mobil.

Informasi Pembiayaan Syariah: My BFI Share

Pembiayaan Multiguna Syariah (Dana Tunai) dengan jaminan BPKB Mobil.

 

Temukan informasi inspiratif lainnya hanya di BFI Blog!

Sertifikat Rumah

Bunga rendah mulai dari 0.9% per bulan dan tenor pinjaman panjang hingga 7 tahun. Lihat Syarat

BPKB Motor

Dapatkan pinjaman dengan proses cepat dan tenor maksimal hingga 24 bulan. Lihat Syarat

BPKB Mobil

Dapatkan dana pencairan hingga 85% dari nilai kendaraan dan tenor hingga 4 tahun. Lihat Syarat

Kategori : Syariah